Manfaat Membuat NPWP Online Lebih Dari yang Anda Pikirkan - Klikpajak

Manfaat Membuat NPWP Online Lebih Dari yang Anda Pikirkan

Sebagai warga Negara yang tertib hukum, memiliki NPWP adalah hal yang wajib. Karena dengan memiliki NPWP, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan, mulai dari mempermudah dalam berbagai administrasi pajak, Negara, maupun bisnis. Risiko terkena sanksi juga semakin kecil. Kepemilikan NPWP sudah diatur dalam peraturan pemerintah yaitu Menurut Peraturan Menteri Keuangan Nomor 147/PMK.03/2017. Dalam peraturan ini dijelaskan bahwa ada beberapa kriteria orang yang harus memiliki NPWP. Adapun orang yang harus memiliki NPWP antara lain.

  1. Orang pribadi wanita yang sudah menikah akan dikenai pajak secara terpisah dikarenakan memiliki kehidupan yang terpisah berdasarkan keputusan dari hakim, adanya penghendakan secara tertulis berdasarkan dari perjanjian pada pemisahan penghasilan dan harta. Memilih dalam melaksanakan hak dan memenuhi semua kewajiban pajaknya yang dilakukan secara terpisah dari suami, walaupun tidak terdapat adanya perjanjian dari pemisahan penghasilan dan harta.
  2. Wajib pajak badan, yang mana memiliki kewajiban dalam perpajakan sebagai yang membayarkan pajak, memotong dan memungut pajak yang disesuaikan dengan peraturan undang-undang perpajakan.
  3. Wajib pajak badan, yang mana hanya memiliki kewajiban dalam perpajakan sebagai yang memotong atau memungut pajak yang disesuaikan dengan ketentuan peraturan undang-undang perpajakan.
  4. Bendahara yang mana ditunjuk sebagai yang memotong atau memungut pajak yang disesuaikan dengan ketentuan peraturan undang-undang perpajakan.
  5. Wajib pajak pribadi, selain semua yang disebutkan di atas Anda dapat memilih mendaftarkan diri untuk memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Kini, membuat NPWP menjadi lebih mudah dengan adanya fitur online yang telah disediakan oleh Pemerintah. Anda tidak perl lagi menghabiskan waktu yang lama dan mengeluarkan biaya lebih untuk datang ke kantor pajak. Membuatnya juga sangat singkat dan bisa Anda lakukan di mana pun. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan membuat NPWP secara online.

Membuatnya Kapan & Di Mana Saja

Salah satu yang tidak dapat dipungkiri ketika Anda melakukan suatu hal secara online adalah Anda dapat melakukannya di mana saja dan kapan saja. Jika Anda adalah salah seorang perantau dan Anda mendapatkan pekerjaan di luar kota asal, Anda tidak perlu lagi kembali ke kampung halaman hanya untuk membuat NPWP. Karena Anda dapat membuat NPWP secara online hanya dalam hitungan menit saja. Setelah Anda selesai melakukan pendaftaran, Anda hanya perlu menunggu pengiriman NPWP.

NPWP Langsung diantarkan ke Rumah

Selain Anda dapat mendaftarkan diri di mana saja dan kapan saja, Anda juga tidak perlu repot untuk pergi ke kantor pelayanan pajak. Karna setelah Anda menyelesaikan proses pembuatan NPWP online, Anda hanya perlu menunggu kartu NPWP Anda di antar ke rumah atau ke alamat Anda saat ini. Jika pembuatan kartu ini ternyata membutuhkan waktu yang cukup lama dan Anda membutuhkannya secepat mungkin, Anda dapat mengonfirmasi dengan menelepon kantor pelayananan pajak sesuai domisili KTP Anda

Lebih Ramah Lingkungan

Hal yang pasti tidak terpikirkan adalah poin yang satu ini. Jika Anda melakukan pembuatan NPWP secara offline, Anda harus menyiapkan berkas-berkas berupa hard copy bukan? Seperti fotokopi KTP, Passport, dan lain-lain. Namun, jika Anda membuatnya secara online, berkas-berkas yang Anda siapkan berupa soft file scan atau file-file dari perusahaan Anda. Ini sangat menghemat kertas yang digunakan (paper less) seperti yang kita ketahui kampanye ramah lingkungan sering disosialisasikan dengan adanya pemanasan global yang sedang dihapi seluruh masyarakat dunia. Serta berbagai permasalahan lingkungan hidup yang ada. Dengan langkah sederhana ini, anda sudah dapat memberikan dampak yang positif terhadap lingkungan.

Lebih Mudah dan Sederhana

Jika Anda ragu bahwa membuat NPWP online adalah hal yang rumit, karena Anda kurang menguasai teknologi Internet. Jawabannya adalah salah, karena pembuatan NPWP online ini sangat mudah. Di mana DJP (Direktorat Jenderal Pajak) menyediakan layanan online atau aplikasi yang sederhana yang dapat dengan mudah Anda pahami dan ikuti.

Berikut beberapa ulasan mengenai NPWP dan berbagai manfaat membuat NPWP online. NPWP adalah salah satu dokumen yang perlu Anda miliki sebagai wajib pajak untuk memudahkan dalam berbagai urusan administrasi Negara maupun bisnis. Jika Anda memiliki kartu NPWP, Anda akan lebih banyak mendapatkan manfaatnya. Apalagi dengan kehadiran internet lebih mempermudah urusan administrasi perpajakan Anda. Oleh Karena itu, tunggu apa lagi? Ayo buat NPWP Anda secara online agar semua urusan pajak lebih mudah dan cepat!


PUBLISHED09 Jul 2018
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: