e SPT adalah Fitur Perbedaan e SPT dan e Filing serta Apa itu e SPT

Perbedaan e-SPT, e-Faktur, & e-Billing untuk Administrasi Pajak Bisnis

Sebagai Wajib Pajak Badan (WP Badan), tidak akan lepas dengan beberapa fitur dari aplikasi pajak online seperti e-SPT, e-Faktur, e-Billing maupun e-Filing. Lalu, apa itu e SPT PPN? Klikpajak by Mekari akan membahas dasar pengertian e SPT adalah perbedaan e SPT dan e Filing sebagai bagian dari administrasi pajak bisnis.

Seiring perkembangan teknologi informasi, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah mengembangkan berbagai aplikasi yang memudahkan administrasi perpajakan bagi setiap wajib pajak, khususnya WP Badan.

Beberapa aplikasi tersebut di antaranya adalah e-SPT, e-Faktur, e-Billing, dan lain sebagainya.

Kesemua fitur aplikasi pajak online tersebut memiliki fungsi yang berbeda dalam proses pengelolaan administrasi perpajakan perusahaan.

Lebih mudah kelola administrasi pajak bisnis dengan fitur lengkap pajak online Klikpajak by Mekari.

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klikpajak Sekarang!

Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini untuk mengenal lebih jauh tentang aplikasi perpajakan yang dikembangkan oleh DJP dan disediakan oleh penyedian jasa aplikasi perpajakan mitra DJP, Klikpajak.id.

e SPT adalah Aplikasi untuk WP Badan

e SPT adalah sebuah aplikasi untuk membuat Formulir Surat Pemberitahuan (SPT) elektronik WP Badan.

Aplikasi ini dibuat untuk menggantikan formulir yang biasanya diisi dengan data perhitungan pajak setiap Wajib Pajak secara manual ke formulir SPT.

Saat masih menggunakan sistem manual, Wajib Pajak Badan harus membawa berlembar-lembar formulir SPT beserta dokumen-dokumen pendukung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Pasti itu cukup merepotkan dan dinilai tidak efisien bagi perusahaan saat ingin memenuhi kewajiban pelaporan SPT pajaknya.

e-SPT PPh Badan: Cara Lapor SPT Tahunan Badan 1771

Menyadari hal tersebut, maka DJP meluncurkan aplikasi yang mampu membuat formulir SPT secara elektronik pada tahun 2008 lalu.

Aplikasi itu diberi nama e-SPT. Dengan adanya aplikasi tersebut, Wajib Pajak cukup melakukan perhitungan atau menyiapkan data-data pendukung.

Selanjutnya, WP Badan cukup memasukkan data-data dan hasil perhitungan pada aplikasi e-SPT untuk diunduh dan siap dilaporkan melalui e-Filing.

Sehingga, waktu dan upaya yang dikeluarkan setiap WP Badan menjadi lebih ringan. Berikut ini berbagai keunggulan e-SPT yang perlu diketahui oleh setiap Wajib Pajak.

Sudah tahu? Daluwarsa Pajak & Jatuh Tempo SKPKB yang WP Badan Wajib Tahu

e SPT adalah Fitur Perbedaan e SPT dan e Filing serta Apa itu e SPT

e-SPT, Tempat Pengambilan SPT Badan

Seperti yang sudah disinggung di atas, sebelum WP Badan mulai melaporkan SPT pajaknya, terlabih dahulu harus membuat SPT yang formulirnya diperoleh melalui e-SPT.

SPT berfungsi sebagai formulir untuk melaporkan dan mempertanggungjawabkan perhitungan jumlah pajak terutang.

SPT juga berfungsi untuk melaporkan mengenai pembayaran pajak atau pelunasan pajak yang telah dilaksanakan sendiri atau melalui pemotongan atau pemungutan pihak lain dalam satu tahun pajak.

Selain itu, penghasilan objek pajak atau bukan objek pajak, harta dan kewajiban, pemungutan pajak orang atau badan lain dalam satu masa pajak juga masuk ke dalam SPT.

Sudah tahu? Begini Cara Pilih Tarif Pajak Perusahaan yang Tepat dan Persiapan Lapor SPT Pajak WP Badan PT

Mau tahu cara lapor SPT PPh Badan yang mudah dan cepat?

Segera hubungi konsultan Klikpajak by Mekari, dengan senang hati kami akan membantu mengurus pajak bisnis Sobat Klikpajak.

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klikpajak Sekarang!

e SPT adalah Fitur Perbedaan e SPT dan e Filing serta Apa itu e SPT

Bagaimana dengan SPT e-Faktur?

Faktur Pajak merupakan bukti pungutan pajak yang dibuat oleh PKP yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) dan/atau Jasa Kena Pajak (JKP).

Sedangkan e-Faktur merupakan Faktur Pajak yang dibuat melalui aplikasi atau sistem elektronik yang ditentukan dan/atau disediakan oleh DJP maupun melalui layanan mitra resmi DJP, e-Faktur Klikpajak.id.

Pengembangan aplikasi e-Faktur dilatarbelakangi oleh kondisi penggunaan Faktur Pajak manual yang banyak disalahgunakan oleh oknum PKP yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu juga karena beban pengadministrasian yang cukup besar baik bagi PKP sebagai Wajib Pajak maupun DJP.

Oleh karena itu, tujuan pengembangan aplikasi e-Faktur adalah untuk menghilangkan penyalahgunaan Faktur Pajak fiktif serta dapat memberikan kemudahan pengadministrasian Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Selain digunakan untuk membuat Faktur Pajak elektronik, e-Faktur juga dapat digunakan untuk membuat eSPT PPN yang digunakan untuk melaporkan SPT Masa PPN & PPnBM terutang.

Begini Cara Lapor SPT Masa PPN Online Terbaru di e-Faktur Klikpajak

eSPT PPN atau e-Faktur juga berfungsi untuk mengkreditkan Pajak Masukan setelah proses pambayaran PPN terutang dilakukan.

e SPT adalah Fitur Perbedaan e SPT dan e Filing serta Apa itu e SPT

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klikpajak Sekarang!

Makin Praktis! Fitur Baru Klikpajak: Cara Bayar Pajak Terutang dari Halaman SPT PPN

Bicara soal e-Faktur, DJP telah melakukan serangkaian pembaruan sistem aplikasi pembuatan Faktur Pajak elektronik ini.

Terbaru adalah sistem e-Faktur 3.0 yang menggantikan versi lamanya pada e-Faktur 2.2.

Bagi yang menggunakan e-Faktur client desktop DJP, tentu saja harus melakukan update e-Faktur 3.0 dengan cara download dan install patch terbaru ini pada perangkat komputernya.

Tahukah? Sobat Klikpajak tidak perlu repot dan ribet unduh serta update dan install aplikasi e-Faktur 3.0 sendiri pada perangkat jika menggunakan e-Faktur Klikpajak.

Sebab e-Faktur Klikpajak berbasis web dan sudah terupdate dengan sistem terbaru e-Faktur 3.0.

Sehingga Sobat Klikpajak dapat membuat Faktur Pajak elektronik tanpa install aplikasi dan dapat langsung lapor SPT Masa PPN dalam platform yang sama.

Kenalkan! Fitur Baru Klikpajak by Mekari: Cara Mudah & Cepat Rekonsiliasi Pajak

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klikpajak Sekarang!

Cara Kerja e-Billing untuk Setor Pajak

Selain menghitung dan melaporkan pajak terutang, setiap Wajib Pajak Badan juga memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran pajak terutang tersebut.

Pembayaran dapat dilakukan melalui pos atau bank persepsi dengan menggunakan formulir yang disebut Surat Setoran Pajak (SSP).

Pengisian SSP yang dilakukan secara manual dan diserahkan kepada teller bank, bisa saja menimbulkan terjadi kesalahan input.

Sehingga untuk menghindari kesalahan tersebut, dikembangkanlah aplikasi e-Billing.

Prinsip e-Billing ini hampir serupa dengan pembelian tiket pesawat secara online.

Analoginya, konsumen menginput kota asal, kota tujuan, tanggal, serta jam keberangkatan. Selanjutnya menerima kode pemesanan yang menjadi dasar pembayaran harga tiket tersebut.

Dengan e-Billing, setiap Wajib Pajak harus mengisi pembayaran pajak sesuai dengan kewajibannya dan kemudian menerima Kode Billing atau ID Billing.

Mudah membuat Kode Billing langsung Bayar Billing dalam tanpa keluar platform hanya di e-Biilling Klikpajak. Begini Cara Membuat Kode Billing untuk Bayar Pajak ‘Online’ di e-Billing.

Ketika akan melakukan pembayaran baik di bank, kantor pos, ATM, internet banking, maupun mobile banking, Wajib Pajak cukup menyebutkan atau mengetik Kode Billing tersebut.

Sehingga demikian, kesalahan input yang mungkin dilakukan oleh teller bank tidak akan terjadi lagi.

Dengan menggunakan e-Billing, proses pembayaran pajak menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan lebih akurat.

e SPT adalah Fitur Perbedaan e SPT dan e Filing serta Apa itu e SPT

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klikpajak Sekarang!

Sudah paham tentang e SPT adalah, ya?

Itulah penjelasan tentang e SPT adalah dan perbedaannya dengan fitur aplikasi pajak online lainnya seperti e-Faktur dan e-Billing.

Bukan hanya kelola e-Faktur dan bayar pajak serta lapor pajak online, Sobat Klikpajak juga memiliki Fitur Lengkap Pajak Online lainnya semakin memudahkan Sobat Klikpajak kelola pajak bisnis.

Melalui Klikpajak.id sebagai mitra resmi DJP, Sobat Klikpajak juga akan merasa aman dan nyaman karena dilengkapi dengan Fitur Arsip Pajak.

Sehingga Sobat Klikpajak dapat dengan mudah menemukan semua file dari transaksi perpajakan yang pernah dilakukan.

Bukan hanya itu, mengelola banyak NPWP sekaligus dalam satu akun pajak dan berbagi tugas mengerjakan pajak perusahaan dengan rekan internal juga dapat dilakukan karena Klikpajak.id dilengkapi dengan Fitur Multi User & Multi Company.

Tunggu apalagi? Segera hubungi tim konsultan kami untuk kelancaran urusan pajak bisnis sekarang juga.

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klikpajak Sekarang!

Kategori : Berita Pajak

PUBLISHED31 Aug 2021
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: