E-SPT PPN

Cara Mudah Lapor SPT Masa PPN di Aplikasi eSPT Klikpajak by Mekari

Bayar dan Lapor SPT Masa PPN Lebih Praktis di Klikpajak by Mekari

Buat Faktur dan Bayar PPN Online

Integrasi eSPT PPN dan eBilling mempercepat proses pembayaran PPN secara online. Anda bisa langsung bayar PPN sesuai dengan hasil perhitungan otomatis di faktur pajak yang sudah dibuat.

Pelaporan SPT Masa PPN Otomatis

Integrasi eSPT PPN dan eFaktur 3.0 membuat pengelolaan SPT Masa PPN lebih mudah. Dilengkapi fitur prepopulated pajak masukan, SPT PPN 1111 dan sinkronisasi kode cap fasilitas, membantu Anda melaporkan SPT Masa PPN secara otomatis tanpa perlu upload CSV.


lapor spt masa ppn

Mudah Posting SPT PPN Online

Buat laporan SPT Masa PPN lebih mudah dengan langkah yang sistematis, mulai dari pembuatan faktur pajak, hitung PPN otomatis dengan fitur prepopulated, hingga pengisian lampiran formulir SPT 1111.

Bayar dan lapor PPN online bisa dilakukan tanpa perlu pindah platform, melalui integrasi eSPT PPN dengan fitur e-Billing Klikpajak by Mekari.


aplikasi spt masa ppn

Kelola SPT PPN

Aplikasi SPT Masa PPN Klikpajak dapat digunakan oleh berbagai industri bisnis untuk mengelola pajak pertambahan nilai (PPN atau PPnBM) hingga urus dokumen PIB.


bukti bayar lapor ppn online

Download Bukti Lapor SPT Resmi

Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) yang diterbitkan Klikpajak merupakan bukti lapor resmi dari Ditjen Pajak Indonesia. Anda bisa men-download BPE kapan pun. Riwayat pajak serta BPE juga bisa diakses dengan mudah melalui smartphone.

Apa itu eSPT PPN?

Aplikasi eSPT PPN merupakan aplikasi untuk membuat Formulir Surat Pemberitahuan (SPT) terkait pajak PPN. Dokumen SPT PPN berfungsi sebagai formulir pelaporan dan pertanggungjawaban perhitungan PPN terutang, termasuk pelaporan pajak PPN yang sudah dilaporkan sendiri maupun pemungutan oleh pihak lain.

ESPT PPN juga bagian dari e-Faktur 3.0 yang bisa digunakan untuk mengkreditkan Pajak Masukan setelah proses pambayaran PPN terutang dilakukan. Dokumen eSPT PPN juga digunakan untuk melaporkan SPT Masa PPN & PPnBM terutang.

Pelaporan SPT Masa PPN umumnya dilakukan setiap akhir bulan berikutnya setelah berakhirnya masa pajak. Saat ini, ketentuan dalam melakukan pelaporan SPT Masa PPN harus dilakukan menggunakan e-Faktur 3.0 yang terintegrasi dengan aplikasi SPT Masa PPN.

SPT Masa PPN adalah formulir laporan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang harus diisi dan dilaporkan oleh Pengusaha Kena Pajak (PKP). Formulir SPT Masa PPN ini berisi perhitungan jumlah pajak, termasuk PPN dan PPnBM yang terutang.

SPT Masa PPN adalah sebuah form yang digunakan oleh WP Badan untuk melaporkan penghitungan jumlah Pajak Pertambahan Nilai (PPN) maupun Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) yang terhutang, serta dilaporkan secara berkala setiap bulan.

Pembuatan dan pengisian SPT Masa PPN dilakukan secara online melalui eSPT PPN yang juga terintegrasi dengan aplikasi eFaktur 3.0.

Batas waktu pelaporan SPT Masa yaitu paling lama 20 hari setelah akhir tahun pajak. Apabila tanggal jatuh tempo pelaporan pajak untuk SPT Masa jatuh pada hari libur, maka pembayaran pajak dilakukan pada hari kerja berikutnya.
Berikut informasi mengenai batas waktu pelaporan SPT Masa :
– PPh Pasal 4 ayat 2, pada tanggal 20 bulan berikutnya
– PPh Pasal 15, pada tanggal 20 bulan berikutnya
– PPh Pasal 21, pada tanggal 20 bulan berikutnya
– PPh Pasal 23/26, pada tanggal 20 bulan berikutnya
– PPh Pasal 25, pada tanggal 20 bulan berikutnya
– PPh Pasal 22 migas, pada tanggal 20 bulan berikutnya
– PPh Pasal 22 pemungutan oleh WP badan tertentu, pada tanggal 20 bulan berikutnya

Informasi lebih lengkap bisa dilihat disini.

Pelaporan SPT Masa PPN dapat dilakukan secara online melalui web e-Faktur 3.1. Berikut langkah-langkah pelaporannya :
– Masuk ke web e-Faktur DJP di https://web-efaktur.go.id
– Isi password akun PKP
– Masuk ke database SPT
– Pilih SPT Masa PPN yang akan dilaporkan

Pelaporan SPT Masa PPN pun dapat dilakukan melalui mitra resmi DJP. Klikpajak menyediakan layanan pelaporan ppn secara online melalui e-Faktur terbaru versi 3.1. Berikut cara lapor SPT Masa PPN di e-Faktur Klikpajak :
– Login ke akun Klikpajak anda di https://my.klikpajak.id/login
– Pilih menu e-Faktur, lalu pilih submenu SPT
– Pada list SPT pilih dengan “Status SPT yang siap Lapor”, masuk ke detail SPT
– Pilih Formulir Induk, dan klik tombol Lapor SPT

Bergabunglah dengan puluhan ribu pengguna Klikpajak

Klikpajak menghadirkan solusi terbaik untuk menjadikan urusan perpajakan Anda lebih mudah, aman dan terintegrasi.

“Terima kasih Klikpajak sudah memermudah pelaporan SPT pajak baik masa dan tahunan. Klikpajak sangat membantu sekali untuk WP dalam melaporkan pajaknya. Dan yang paling asyik lagi semua Team Klikpajak sangat suport dan cepat respon apabila ada kendala. Kami dari RS Pertamina Jaya - PT. Pertamina Bina Medika IHC sangat terbantu.
 
“Dengan Klikpajak saya jadi lebih mudah untuk melakukan pelaporan pajak tanpa menghabiskan waktu banyak untuk lapor manual ke KPP sehingga mempermudah perkerjaan menjadi lebih singkat”
“Pelaporan pajak jadi lebih praktis dengan penggunaan yang mudah, terlebih lagi sudah terintegrasi dengan DJP, sangat membantu urusan perpajakan bisnis kami.”
“Saya terbantu dengan adanya e-filling melalui klikpajak karena sudah terintegrasi dengan DJP sehingga bukti lapor resmi dan riwayat lapor juga terekam, bisa menghemat waktu pekerjaan perpajakan saya.”