Faktur Pajak Elektronik: Faktur Elektronik & Apa itu Faktur Elektronik

Faktur Pajak Elektronik & Kesalahan Pembuatannya yang PKP Wajib Tahu

Tentu saja, membuat Faktur Pajak elektronik di aplikasi e-Faktur itu tidak bisa asal jadi. Tetap saja ada ketentuan yang berlaku agar Faktur Pajak itu benar dan sah. Klikpajak by Mekari akan mengulas apa itu Faktur Elektronik dan kesalahan pembuatan faktur yang dibuat secara elektronik mealui aplikasi tersebut.

Semakin canggihnya teknologi dan meluasnya pertumbuhan perusahaan, baik di bidang perdagangan, jasa, manufaktur, dan lainnya, seluruh Pengusaha Kena Pajak (PKP) di Indonesia wajib membuat Faktur Pajak Elektronik atau yang disebut sebagai e-Faktur mulai 1 Juli 2016.

Faktur Pajak Elektronik (e-Faktur) merupakan terobosan dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dalam  pengawasan Faktur Pajak.

Maklum saja, sebelumnya negara banyak dirugikan atas penyalahgunaan Faktur Pajak seiring maraknya Faktur Pajak fiktif karena pembuatan Faktur Pajak manual.

Dengan adanya sistem aplikasi e-Faktur untuk membuat Faktur Pajak elektronik, selain memudahkan pembuatan Faktur Pajak dan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Masa PPN, juga sebagai upaya meningkatkan ketertiban administrasi perpajakan.

Sudah tahu cara membuat Faktur Pajak elektronik dan kelola e-Faktur yang mudah?

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klikpajak Sekarang!

Faktur Pajak Elektronik: Faktur Elektronik & Apa itu Faktur Elektronik

Sebelum lebih lanjut membahas tentang ketentuan pembuatan Faktur Pajak elektronik dan kesalahan pembuatannya yang harus diketahui serta dipahami PKP, Klikpajak.id akan memberikan ulasan seputar e-Faktur secara umum.

Pengertian Faktur Pajak Elektronik

e-Faktur adalah Faktur Pajak yang dibuat melalui aplikasi atau sistem elektronik yang ditentukan dan disediakan oleh DJP atau melalui Penyedia Jasa Palikasi Perpajakan (PJAP) mitra resmi DJP, Klikpajak.id.

Pembuatan Faktur Pajak Elektronik melalui aplikasi e-Faktur ini bertujuan lebih memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan bagi PKP dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya.

Dengan adanya Faktur Pajak, maka PKP memiliki bukti bahwa ia telah melakukan pemungutan, penyetoran, dan pelaporan PPN sesuai peraturan yang berlaku.

Manfaat e-Faktur bagi PKP & DJP

Seperti yang sudah disinggung di atas, ada beberapa keuntungan dalam penggunaan aplikasi e-Faktur atau adanya Faktur Pajak elektronik.

Bagi PKP, pembuatan Faktur Pajak dengan menggunakan aplikasi e-Faktur, akan dimudahkan karena:

  • Tidak lagi membubuhkan tanda tangan basah (tinta)
  • Tidak berkewajiban print out Faktur Pajak
  • Aplikasi e-Faktur terpadu dengan pelaporan SPT PPN
  • Dapat mengkreditkan Pajak Masukan

Adapun manfaat bagi DJP, dengan e-Faktur pajak akan semakin mudah melakukan pengawasan proses validasi Pajak Keluaran-Pajak Masukan (PK-PM).

Selain itu, juga lebih mudah pengawasan dalam hal kelengkapan data setiap Faktur Pajak.

Bagi DJP, e-Faktur mempercepat proses pemeriksaan, pelaporan, dan pemberian Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP).

Kewajiban Pembuatan Faktur Pajak Elektronik & Kesalahan Pembuatannya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa wajib pajak yang sudah dikukuhkan sebagai PKP atau berstatus PKP wajib membuat membuat Faktur Pajak atas transaksi yang dilakukannya.

Pembuatan Faktur Pajaknya pun juga harus benar dan sesuai ketentuan yang berlaku dalam peraturan perundang-undangan perpajakan di Indonesia.

Lalu, apa saja jenis transaksi yang wajib dibuatkana Faktur Pajaknya?

a. Transaksi yang Wajib Dibuatkan Faktur Pajak

  • Penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) di dalam daerah pabean yang dilakukan oleh pengusaha dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dikenakan atas penyerahan Barang Kena Pajak berupa aktiva yang menurut tujuan semula tidak untuk diperjualbelikan oleh Pengusaha Kena Pajak;
  • Penyerahan Jasa Kena Pajak (JKP) di dalam daerah pabean yang dilakukan oleh pengusaha.

b. Tahapan Pengisian Faktur Pajak Elektronik

Sebelum mengisi e-Faktur pastikan sudah terdaftar dan memiliki akun e-Faktur.

Masuk ke menu penjualan lalu buat draft baru Faktur Pajak elektronik dengan tahapan pengisian Faktur Pajak keluaran.

Faktur Pajak Elektronik: Faktur Elektronik & Apa itu Faktur Elektronik

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klikpajak Sekarang!

Bentuk Penyalahgunaan Faktur Pajak

Masih seperti yang sempat dijelaskan di atas, Faktur Pajak elektronik juga berguna untuk mencegah penyelewengan pembayaran pajak oleh oknum tidak bertanggung jawab.

DJP mewajibkan PKP untuk menggunakan e-Faktur untuk menghindari penyalahgunaan Faktur Pajak.

a. Bentuk-bentuk penyalahgunaan Faktur Pajak di antaranya:

  • Wajib Pajak non PKP yang menerbitkan Faktur Pajak, padahal sesuai ketentuannya tidak berhak menerbitkan Faktur Pajak.
  • Faktur Pajak terlambat diterbitkan
  • Faktur Pajak fiktif
  • Faktur Pajak ganda
  • Beban administrasi yang begitu besar

Sudah tahu? Ada cara simpel bayar PPN terutang yang jadi kewajiban PKP. Makin praktis! Fitur baru Klikpajak: Cara Bayar Pajak Terutang dari Halaman SPT PPN

b. Cara Cek Validitas e-Faktur

Cetakan Faktur Pajak elektronik dilengkapi dengan QR Code sebagai pengaman e-Faktur.

QR Code menampilkan informasi terkait transaksi penyerahan BKP/JKP yaitu nilai Dasar Pengenaan Pajak (DPP) PPN dan lainnya.

Informasi dalam QR Code dapat dilihat menggunakan aplikasi pembaca QR Code (QR Code Scanner) yang dapat dilakukan melalui smartphone atau gadget lainnya yang mempunyai fitur pendukung.

Apabila informasi yang terdapat dalam QR Code tersebut berbeda dengan yang ada dalam cetakan e-Faktur, maka Faktur Pajak tersebut tidak valid.

Ilustrasu mengecek validasi Faktur Pajak elektronik yang diterima

Kesalahan Pembuatan Faktur Pajak Elektronik & Solusinya

Beberapa kekeliruan atau kesalahan yang sering terjadi sangat manusiawi dalam pembuatan Faktur Pajak Elektronik.

Namun semua dapat diatasi melalui aplikasi atau sistem elektronik yang ditentukan dan disediakan DJP & PJAP mitra Ditjen Pajak, dengan kriteria:

  • Penggantian

Jika terjadi kesalahan dalam pengisian atau penulisan, sehingga tidak memuat keterangan yang lengkap, jelas dan benar, maka dapat membuat e-Faktur pengganti.

  • Pembatalan

Apabila terdapat pembatalan transaksi penyerahan BKP dan/atau penyerahan JKP, harus melakukan pembatalan e-Faktur.

Kenalkan! Fitur baru Klikpajak by Mekari: Cara Mudah & Cepat Rekonsiliasi Pajak

  • Rusak atau hilang

Berikutnya, atas hasil cetak e-Faktur yang rusak atau hilang, maka Sobat Klikpajak dapat melakukan cetak ulang.

  • Keadaan tertentu

Apabila dalam hal terjadi keadaan tertentu yang menyebabkan PKP tidak dapat membuat e-Faktur, PKP diperkenankan untuk membuat Faktur Pajak berbentuk kertas (hardcopy).

Dalam hal keadaan tertentu meliputi keadaan yang disebabkan oleh peperangan, kerusuhan, revolusi, bencana alam, pemogokan, kebakaran, dan sebab lainnya di luar kuasa PKP yang ditetapkan oleh DJP.

Apabila keadaan tertentu tersebut ditetapkan telah berakhir oleh DJP, maka data Faktur Pajak berbentuk kertas yang dibuat, diunggah (upload) untuk mendapatkan persetujuan dari DJP.

Berikut tutorial langkah-langkah Cara Membuat Faktur Pajak Elektronik di e-Faktur

Faktur Pajak Elektronik: Faktur Elektronik & Apa itu Faktur Elektronik

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klikpajak Sekarang!

Data e-Faktur Aman, Tidak Dapat Dihapus

Data administrasi perpajakan dalam aplikasi e-Faktur tidak dapat dihapus karena telah terekam data history dalam database e-Faktur.

Apabila admin pengguna e-Faktur telah berpindah, maka admin utama dapat mengubah password admin yang bersangkutan, tidak ada kebocoran data sehingga tidak dimanfaatkan atau disalahgunakan oleh pihak yang tidak berwenang.

Dapatkan kemudahan dan keamanan menggunakan Faktur Pajak Elektronik dan segera setor, lapor PPN dengan cara simpel!

Tahukah? Sobat Klikpajak dapat lebih mudah kelola pajak perusahaan karena dapat berbagi tugas secara intern melalui Fitur Multi User & Multi Company dari Klikpajak by Mekari.

Kelola Pajak Lainnya dengan Fitur Lengkap Pajak Online Klikpajak.id

Bukan hanya mudah kelola e-Faktur, melalui aplikasi pajak online mitra resmi DJP Klikpajak, Sobat Klikpajak dapat mudah dan cepat kelola pajak lainnya.

Apa saja fitur lengkap Klikpajak yang semakin memudahkan urusan pajak perusahaan?

Berikut ini adalah Fitur Lengkap Aplikasi Pajak Online Klikpajak untuk Kemudahan Pajak Bisnis

Aktifkan akun pajak sekarang juga dan lakukan urusan pajak perusahaan dengan cara efektif dan efisien!

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klikpajak Sekarang!

Kategori : Tips Pajak

PUBLISHED02 Sep 2021
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: