Pemahaman Dasar: Pengertian, Jenis dan Fungsi Faktur Pajak

Pemahaman Dasar Faktur Pajak: Pengertian, Jenis dan Fungsi Faktur Pajak

Faktur Pajak merupakan salah satu komponen penting dalam perpajakan. Pemahaman dasar Faktur Pajak, mulai dari pengertian Faktur Pajak, jenis Faktur Pajak dan fungsi Faktur Pajak bisa ditemukan dalam artikel ini.

Di Indonesia, soal perpajakan diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 28 Tahun 2007 tentang Perubahan Ketiga UU No. 6 Tahun 1983. Undang-undang ini mengatur perihal yang terkait dengan kewajiban membayar pajak bagi wajib pajak.

Setiap wajib pajak Pengusaha Kena Pajak (PKP) harus mengerti betul apa yang dinamakan Faktur Pajak. Tentu saja dimaksudkan untuk menghindari kerancuan dalam hal pembayaran pajak. Pemahaman dasar tentang Faktur Pajak akan memudahkan PKP untuk memenuhi kewajiban perpajakannya.

Seperti apa ulasan seputar dasar pemahaman tentang Faktur Pajak ini berikut Klikpajak by Mekari hadirkan untuk Anda.

Pengertian Faktur Pajak

Pada dasarnya, Faktur Pajak merupakan bukti dari pungutan pajak, yang dibuat oleh Pengusaha Kena Pajak (PKP) sebagai bagian dari kewajiban pajaknya saat melakukan transaksi penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) atau penyerahan Jasa Kena Pajak (JKP). 

PKP yang menjual BKP atau JKP perlu menerbitkan Faktur Pajak sebagai bukti bahwa perusahaan telah memungut pajak dari pihak yang membeli BKP atau JKP tersebut.

PKP wajib membuat Faktur Pajak untuk setiap:

  • Penyerahan BKP
  • Penyerahan JKP
  • Ekspor BKP tidak berwujud
  • Ekspor JKP
  • Setiap BKP dan JKP yang diperdagangkan sudah dikenai pajak di luar harga aslinya.

Menghitung Bea Masuk dan Pajak Impor Belanja Online 2020Ilustrasi penyerahan barang kena pajak yang harus dibuatkan Faktur Pajaknya

Jenis-jenis Faktur Pajak

Faktur Pajak merupakan dokumen penting sebagai bukti bahwa wajib pajak sudah membayar pajak. Ada beberapa jenis Faktur Pajak yang berlaku, setidaknya ada tujuh jenis Faktur Pajak yang perlu diketahui, yaitu:

Faktur Pajak Keluaran

Faktur Keluaran adalah Faktur Pajak yang diterbitkan PKP saat melakukan transaksi pada BKP, JKP, dan atau BKP yang termasuk barang mewah.

Faktur Pajak Masukan

Faktur Pajak Masukan adakah Faktur Pajak yang didapat PKP saat membeli BKP atau JKP dari PKP lain.

Untuk lebih lengkapnya, ini Perbedaan Faktur Pajak Masukan-Faktur Pajak Keluaran dan Cara Hitung

Faktur Pajak Pengganti

Dokumen pengganti atas Faktur Pajak yang sudah diterbitkan sebelumnya karena terjadi kesalahan dalam pengisian, selain kesalahan pengisian NPWP sehingga perlu dibuat perbaikan agar sesuai dengan keadaan sebenarnya.

Faktur Pajak Gabungan

Faktur Pajak Gabungan adalah Faktur Pajak dari PKP yang mencakup seluruh penyerahan terhadap pembeli BKP atau JKP yang sama selama satu bulan kalender.

Faktur Pajak Digunggung

Faktur Pajak Digunggung adalah Faktur Pajak yang hanya boleh dibuat oleh pedagang eceran sehingga tidak berisi identitas nama pembeli dan penjual beserta tanda tangannya.

Tak sulit, begini Cara Membuat Faktur Pajak Digunggung

Faktur Pajak Cacat

Faktur Pajak Cacat adalah Faktur Pajak yang disebut cacat karena dokumen tidak dilengkapi atau tidak diisi secara jelas/benar, baik nama maupun kode serta nomor seri. Faktur Pajak cacat dapat diperbaiki dengan menerbitkan faktur pajak pengganti.

Faktur Pajak Batal

Faktur Pajak Batal adalah Faktur Pajak yang dibatalkan karena disebabkan oleh transaksi yang batal. Pembatalan juga berlaku saat terjadi kesalahan pengisian NPWP dalam Faktur Pajak.

Ilustrasi membuat Faktur Pajak

Fungsi Faktur Pajak

Tentu saja, Faktur Pajak merupakan dokumen yang sangat penting bagi pengusaha. Dengan adanya Faktur Pajak, pengusaha dapat terbebas dari tuduhan manipulasi atau penggelapan pajak pada saat ada pemeriksaan.

Faktur Pajak juga berfungsi sebagai bukti bahwa perusahaan yang bersangkutan telah memungut pajak dari pihak yang membeli barang atau jasa.

Dengan begitu, perusahaan yang memiliki Faktur Pajak bisa dianggap telah melakukan pemungutan, penyetoran, dan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Masa Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sesuai seperti yang telah diamanatkan oleh UU.

Fungsi lain dari Faktur Pajak adalah melakukan pembetulan jika di masa mendatang terjadi kesalahan sehingga perusahaan tidak menghadapi kesulitan saat petugas pajak datang dan menemukan ketidaksesuaian dalam Faktur Pajak.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian, jenis, dan fungsi faktur pajak. Setiap wajib pajak, dalam hal ini khususnya PKP, harus memahami apa saja ketentuan terkait Faktur Pajak, serta diharapkan dapat melaporkan pajak tepat waktu apabila tidak ingin dikenai sanksi keterlambatan.

Contoh fitur e-Faktur Klikpajak

Mudah Buat Faktur Pajak di e-Faktur Klikpajak

Untuk lebih mudah dalam pembuatan Faktur Pajak, Anda dapat membuatnya melalui aplikasi e-Faktur Klikpajak. Aplikasi pajak online Klikpajak yang dikembangkan oleh Mekari ini merupakan Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau Application Service Provider (ASP) mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang disahkan dengan Surat Keputusan DJP No. KEP-169/PJ/2018.

Klikpajak merupakan aplikasi pajak online berbasis cloud, dan memungkinkan Anda mengelola administrasi perpajakan dengan baik. Anda dapat nyaman menggunakan aplikasi Klikpajak karena keamanan dan kerahasiaan data terjamin, karena Klikpajak bersertifikat ISO 27001 dari Badan Standar ISO yang menjamin standar keamanan sistem teknologi informasi.

“Klikpajak memiliki fitur lengkap sebagai aplikasi pajak online yang membantu mempermudah urusan perpajakan bagi Anda para pelaku usaha, konsultan pajak, maupun bagi Anda yang bekerja sebagai tax officer di perusahaan.”

Klikpajak memungkinkan Anda jadi lebih mudah mengelola administrasi perpajakan perusahaan, mulai dari membuat dan mengelola faktur pajak masukan, faktur pajak keluaran, hingga faktur pajak retur.

Anda akan dipandu langkah-langkah penggunaan fitur e-Faktur yang mudah dan sederhana. Fitur e-Faktur Klikpajak memudahkan Anda mengelola Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) dan memperoleh Surat Pemberitahuan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sesuai data yang diunggah ke Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Kelebihan lain Klikpajak adalah bisa menarik data langsung dari laporan keuangan pengguna aplikasi akuntansi online seperti Jurnal by Mekari – Simple Online Accounting Software.

Ini adalah teknologi canggih berbasis API integration yang membuat proses pengolahan data pajak dari bagian accounting (keuangan) lebih cepat dan mudah. Sehingga proses pengelolaan pajak jadi makin gampang dan tepat hanya dengan Klikpajak.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa membuat bukti pemotongan PPh 23/26 elektronik dan menyampaikan SPT Masa PPh 23/26 melalui e-Bupot Klikpajak.

Note: Untuk mengetahui cara membuat Faktur Pajak di e-Faktur bisa lihat di SINI.

Dapatkan informasi lengkap mengenai pajak online lainnya dan fitur-fitur apa saja yang bisa Anda manfaatkan untuk kemudahan dan kelancaran perpajakan Anda, daftarkan email Anda di www.klikpajak.id. Tinggal klik, semua urusan pajak Anda selesai dalam sekejap!


PUBLISHED01 Aug 2020
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: