4 Cara Singkat Mendaftar NPWP Secara Online - Klikpajak

4 Cara Singkat Mendaftar NPWP Secara Online

Memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) adalah suatu kewajiban bagi warga Negara Indonesia maupun asing yang sudah berpenghasilan. Hal ini sudah diatur oleh Peraturan pemerintah yang berguna untuk pelaporan pajak. NPWP adalah serangkaian nomor seri yang digunakan kantor pajak untuk mengidentifikasi para wajib pajak. NPWP sendiri terdiri dari 2 jenis, yaitu NPWP Pribadi dan NPWP badan. NPWP dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dalam bentuk kartu tanda pengenal. NPWP diperlukan sebagai syarat untuk melakukan berbagai transaksi perpajakan lainnya.

Seperti kita ketahui Dirjen Jenderal Pajak (DJP) sudah menyediakan layanan fitur yang cukup lengkap bagi masyarakat. Hampir semua transaksi pajak yang dulu dilakukan secara konvensional, sekarang sudah dapat dilakukan dengan online. Dengan mendaftar NPWP secara online, Anda dapat meringkas operasional yang dilakukan di kantor pelayanan pajak. Melakukan pendaftaran NPWP secara online juga menjadi solusi bagi Anda yang tinggal di luar kota dari alamat asli Anda. Di mana, Anda tidak perlu pulang ke kampung halaman hanya karena ingin mendaftar atau membuat NPWP. Agar memudahkan Anda dalam melakukan pendaftaran secara online, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini secara urut dan saksama.

Siapkan Berkas

Pada dasarnya, jika Anda ingin melakukan sesuatu lewat online, Anda hanya perlu duduk di depan laptop atau komputer yang memiliki konkesi Internet. Namun, dalam proses melakukan pendaftaran NPWP, alangkah lebih baiknya Anda mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan, yang perlu Anda scan dan jadikan soft file terlebih dahulu. Dengan menyiapkan berkas yang dibutuhkan terlebih dahulu akan memudahkan Anda dalam menginput data di formulir pendaftaran. Jadi, ketika Anda melakukan daftar online NPWP, Anda hanya perlu fokus pada proses pendaftaran, tidak perlu repot lagi mencari-cari berkas yang dibutuhkan. Adapun berkas yang perlu disiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan pendaftaran ialah;

a. Wajib Pajak Orang Pribadi yang tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas

  • Kartu Identitas (KTP) bagi WNI
  • Paspor dan KITAS / KITAP bagi WNA

b. Wajib Pajak orang pribadi yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas atau pengusaha tertentu

  • Kartu identitas (KTP) bagi WNI
  • Paspor dan KITAS / KITAP bagi WNA
  • Dokumen izin kegiatan usaha yang diterbitkan oleh instansi berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dari pejabat pemerintah dengan sekurang – kurangnya Lurah atau Kepala Desa.

c. Wajib pajak orang pribadi dengan status wanita kawin yang dikenai pajak terpisah dari suaminya

  • Kartu identitas (KTP) bagi WNI
  • Paspor dan KITAS / KITAP bagi WNA
  • Fotokopi kartu NPWP suami
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Fotokopi surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta atau surat pernyataan menghendaki melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan terpisah dari hak dan kewajiban perpajakan suami.

Daftar Akun

Setelah semua berkas yang dibutuhkan lengkap, Anda dapat memulai untuk melakukan pendaftaran NPWP online. Anda dapat mengakses ereg.pajak.go.id , kemudian melakukan daftar akun. Pertama, Anda hanya perlu memasukkan alamat email dan kode captcha. Kemudian Anda akan mendapatkan balasan email untuk melakukan pendaftaran akun. Di sini Anda akan diminta untuk mengisi nama dan password akun. Kemudian Anda akan mendapatkan balasan email kembali. Balasan email yang keduda inilah akun yang akan Anda gunakan untuk membuat NPWP.

 

Mengisi Form

Setelah berhasil membuat akun, kemudian lakukan login menggunakan user name dan password yang telah dibuat. Kemudian Anda siap untuk melakukan pengisian form. Dalam pengisian form ini, Anda akan melewati 8 langkah. Isi semua data dengan cermat.

Konfirmasi

Setelah anda menyelesaikan semua pengisian form, klik finish dan minta token. Nomor token akan dikirimkan ke email yang telah Anda daftarkan. Buka email Anda dan copy paste nomor token yang dikirimkan ke email tersebut ke laman dashboard pajak, kemudian klik kirim. Anda akan menemukan laman jika pendaftaran NPWP Anda segera diproses. Ini tandanya pendaftaran NPWP Anda telah selesai. Anda hanya tinggal menunggu kartu NPWP dikirim ke alamat Anda. Jika  membutuhkan kartu NPWP lebih cepat, Anda dapat menelepon kantor pelayanan pajak tempat asal Anda untuk diproses lebih cepat.

Itulah cara daftar NPWP online, Anda hanya butuh mempersiapkan berkas, melakukan pendaftaran akun, mengisi formulir, dan mendapatkan konfirmasi. Hanya hitungan menit, Anda sudah menyelesaikan pendaftaran NPWP di rumah, di kantor, ataupun di mana pun Anda berada. Tidak perlu lagi pergi ke kantor pajak untuk membuat NPWP. Sangat mudah bukan? Bagi Anda wajib pajak, lebih baik Anda segera membuat NPWP, karena akan lebih banyak keuntungan dengan memiliki NPWP, apalagi sekarang pendaftaran sudah dapat dilakukan dengan online. Urusan perpajakan jadi terasa lebih mudah.


PUBLISHED09 Jul 2018
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: