Daftar Isi
4 min read

Cara Lapor Pajak Online untuk Semua Jenis SPT Tahunan

Tayang 06 Dec 2023
cara lapor pajak online
Cara Lapor Pajak Online untuk Semua Jenis SPT Tahunan

Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) pajak harus benar sesuai ketentuan. Ketahui cara pelaporan pajak online untuk SPT Tahunan, SPT Masa PPh dan laporan SPT PPN.

Mekari Klikpajak akan menunjukkan bagaimana cara pelaporan pajak online dari masing-masing jenis SPT agar terhindar dari kesalahan yang menyebabkan kegagalan pelaporan pajak.

Cara Pelaporan Pajak Online

Setelah mengetahui persiapan apa saja yang harus dipenuhi sebelum menyampaian SPT pajak, hal berikutnya yang bisa dilakukan adalah mulai melaporkan sesuai dengan jenisnya.

Berikut langkah-langkah cara lapor SPT pajak dari masing-masing jenis pajak yang harus disampaikan ke Ditjen Pajak secara online:

A. SPT Tahunan PPh Pribadi

Lapor SPT Tahunan PPh Pribadi, baik bagi yang berstatus karyawan/pegawai maupun pengusaha/pekerja bebas, sama-sama harus dilakukan secara elektronik melalui e-Filing. dengan cara berikut:

  1. Siapkan dokumen pendukung.
  2. Buka situs resmi Ditjen Pajak, lalu pilih ‘Login’, kemudian masukkan NPWP, kata sandi dan kode keamanan, lalu klik ‘Login‘.
  3. Pilih menu ‘Lapor’, lalu ‘Pilih Layanan: e-Filing’.
  4. Pilih ‘Buat SPT’.
  5. Ikuti panduan yang diberikan, termasuk yang berbentuk pertanyaan. Isi SPT mengikuti panduan yang ada.
  6. Jika SPT sudah dibuat, sistem akan menampilkan ringkasan SPT. Untuk mengirim SPT tersebut, ambil terlebih dahulu kode verifikasi. Kode verifikasi akan dikirim melalui email WP.
  7. Masukkan kode verifikasi dan klik ‘Kirim SPT’.
  8. Jika belum ingin mengirimkan SPT, klik ‘Selesai’ dan SPT akan tersimpan untuk dapat dilihat dan diedit kembali di menu ‘Submit SPT’.

Bagi Anda yang masih bingung tentang formulir SPT dan ketentuan cara lapornya, bisa simak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Cara Lapor SPT Tahunan Pribadi Formulir 1770SS

2. Cara Lapor SPT Tahunan Pribadi Formulir 1770S

3. Cara Lapor SPT Tahunan Pribadi Formulir 1770

B. Lapor SPT Tahunan PPh Badan

Setelah menyiapkan semua dokumen yang diperlukan untuk lapor pajak penghasilan tahunan badan, lanjukan dengan mengikuti langkah-langkah menyampaikan SPT Tahunan Badan berikut ini:

Baca juga: Berkas yang Harus Disiapkan Jadi Persyaratan Lapor SPT Badan Terbaru

C. SPT Masa PPh

Khusus untuk pelaporan pajak SPT Masa PPh terdapat dua jenis platform yang digunakan, yaitu e-Filing dan e-Bupot.

Aplikasi eFiling digunakan untuk melaporkan SPT Masa PPh 21 atau disebut laporan pajak e Filing, sedangkan eBupot Unifikasi digunakan untuk lapor SPT Masa PPh Unifikasi yang terdiri dari PPh 4 Ayat 2, PPh 15, PPh 22, PPh 23, PPh 26.

Berikut tutorial langkah-langkah penyampaian SPT Masa PPh:

D. SPT Masa PPN

Untuk mengetahui langkah-langkah melaporkan SPT Masa PPN, ikuti tutorial berikut:

Jenis Aplikasi untuk Pelaporan Pajak Online

Baik Wajib Pajak Badan ( WP Badan ) maupun Wajib Pajak Orang Pribadi ( WP Pribadi ) diharuskan melaporkan perpajakan secara daring.

Secara umum ada dua jenis SPT pajak, yakni jenis SPT Pajak Penghasilan (SPT PPh) dan jenis SPT Pajak Pertambahan Nilaia (SPT PPN).

Keduanya memiliki ketentuan dan tata cara pelaporan pajak yang berbeda dan penggunaan fitur atau aplikasi yang berbeda pula, di antaranya:

1. Aplikasi Lapor SPT Tahunan PPh

Tata cara pelaporan SPT Tahunan PPh antara Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP) dengan Wajib Pajak Badan (WP Badan) tidaklah sama.

Jika cara lapor SPT Tahunan online WP Pribadi bisa melalui e-Filing, sedangkan cara laporan SPT Tahunan online WP Badan melalui aplikasi perpajakan online e-SPT Tahunan Badan.

Cara laporan SPT online WP Pribadi dan WP Badan melalui aplikasi pelaporan perpajakan mitra resmi Ditjen Pajak e-Filing dan eSPT Tahunan Badan Klikpajak.

2. Aplikasi Lapor SPT Masa PPh

Baik WP Badan maupun WP Pribadi pengusaha yang melakukan pemungutan PPh Pasal 21 dapat melaporkan SPT Masa PPh 21 melalui e-Filing.

Sementara itu, apabila pelaporan SPT Masa PPh Pasal 4 ayat 2, PPh 15, PPh 22, PPh 23, PPh 26 melalui  e-Bupot Unifikasi.

3. Aplikasi Lapor SPT Masa PPN

Sedangkan untuk cara pelaporan pajak SPT Masa Pajak Pertambahan Nilai harus dilaporkan melalui e-Faktur.

Lalu, apa saja persiapan yang harus dilakukan dalam cara pelaporan pajak online?

Baca juga tentang Lapor SPT Tahunan Pribadi Online, Jangan Lupa Siapkan Dokumen ini

Lapor Pajak Lebih Mudah dan Cepat hanya di Mekari Klikpajak

Bukan hanya kemudahan dalam laporan pajak e Filing untuk SPT Masa PPh dan SPT Masa PPN serta cara laporan SPT Tahunan Badan online saja, fitur lengkap Mekari Klikpajak akan membuat administrasi perpajakan lainnya juga semakin efektif dan efisien.

Seperti membuat bukti pemotongan perpajakan dari berbagai jenis transaksi PPh, maupun membuat Faktur Pajak elektronik dan pengisian formulir pelaporan SPT Masa PPN dengan mudah.

Mekari Klikpajak adalah cara simpel untuk melakukan berbagai aktivitas perpajakan Sobat Klikpajak, mulai dari menghitung, membayar dan cara lapor pajak secara online dalam satu platform.

Berikut Fitur Lengkap Klikpajak yang Terintegrasi memudahkan urusan perpajakan bisnis lebih efektif dan efisien.

Kategori : Lapor

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak