NIK KTP Jadi NPWP: Fungsi NIK sebagai NPWP, NIK KTP NPWP Berlaku

NIK KTP Jadi NPWP, Bagaimana dengan NPWP Perusahaan?

Sudah tahu NIK KTP jadi NPWP? Lalu, bagaimana dengan ketentuan NPWP Perusahaan? Terus simak di sini penjelasan tentang kebijakan baru NIK KTP NPWP, Klikpajak by Mekari akan mengulas seputar fungsi NIK sebagai NPWP untuk Sobat Klikpajak.

Sudah sejak lama pemerintah berencana menggabungkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Artinya, kepemilikan KTP ini sama dengan identitas NPWP alias NIK KTP jadi NPWP.

Sebelum lanjut ke pembahasan NIK KTP jadi NPWP, Klikpajak.id akan kembali mengingatkan ada cara mudah dan cepat kelola pajak bisnis.

Pajak bisnis secara efektif dapat dilakukan hanya melalui aplikasi pajak online terintegrasi mitra resmi DJP, Klikpajak by Mekari.

Ingin tahu cara kelola pajak bisnis seperti membuat Faktur Pajak Keluaran dan kelola Pajak Masukan di e-Faktur?

NIK KTP Jadi NPWP: Fungsi NIK sebagai NPWP, NIK KTP NPWP Berlaku

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

Apa sih alasan yang jadi tujuan penggabungan NIK KTP jadi NPWP?

Tentunya ada banyak alasan dari penggabungan NIK KTP NPWP ini. Salah satunya untuk mendapatkan data akurat Wajib Pajak (WP), baik WP Pribadi maupun WP badan.

Sehingga ide menggabungkan NIK KTP dengan NPWP dinilai sebagai langkah efektif untuk menertibkan administrasi perpajakan pada seluruh lapisan masyarakat wajib pajak.

Harapannya, tak ada lagi alasan bagi masyarakat menghindari pajak atau tidak bayar pajak karena enggan mengurus administrasi NPWP atau hal lainnya.

Tak dimungkiri, saat ini pun nyatanya masih saja ada Wajib Pajak (WP) yang belum punya NPWP.

Ada saja alasannya. Bisa jadi karena malas atau enggan mengurus administrasi NPWP, hingga menganggap belum penting untuk memiliki NPWP.

Apapun alasannya, kesadaran membayar pajak memang harus dipupuk sedari mungkin, toh uang pajak yang kita bayarkan pada akhirnya juga akan kembali pada kita semua sebagai masyarakat Indonesia dalam bentuk lain seperti:

  • Pembangunan fasilitas umum mulai dari jalan, rumah sakit, pengelolaan lingkungan, sarana dan prasarana pendidikan, dan masih banyak lagi.
  • Ketahanan pangan di dalam negeri dan lainnya
  • Bahkan hasil dari uang pajak juga diberikan berupa uang tunai bagi masyarakat kurang mampu yang berhak menerima.

Seperti apa pelaksanaan fungsi NIK sebagai NPWP ini dan kapan NIK KTP jadi NPWP berlaku, terus simak ulasan dari Klikpajak by Mekari tentang NIK KTP NPWP yang diatur dalam UU HPP di bawah ini.

NIK KTP NPWP: Integrasi Data Dinas Kependudukan & Ditjen Pajak

Pemerintah terus meningkatkan reformasi perpajakan dengan melakukan struktur pengolahan data antar Kementerian dan Lembaga (K/L) menjadi lebih efektif. Salah satunya dengan integrasi data fungsi NIK sebagai NPWP.

Dengan integrasi NIK KTP NPWP ini, maka antara data kependudukan dengan data perpajakan individu menjadi data tunggal (single identification number).

Data tunggal ini menggunakan satu nomor akun yakni dari akun NIK.

Bukan hanya sebagai akun NPWP, data tunggal dari akun NIK ini juga akan digunakan untuk melakukan berbagai layanan pemerintah lainnya.

Harapannya, perubahan fungsi NIK sekaligus menjadi NPWP ini dapat membuat administrasi perpajakan lebih baik dengan pemantauan Wajib Pajak yang efektif dan akurat.

Baca juga tentang Siap-siap, Pajak Karbon Berlaku! Ini Tarif Pajak Karbon Perusahaan

Integrasi NIK NPWP ini tertuang dalam Revisi Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (RUU KUP) yang menjadi Rancangan Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (RUU HPP) yang kini sudah dalam pembahasan di tingkat pengesahan pada sidang paripurna pemerintah dan DPR.

Jika NIK menjadi NPWP, apakah kartu NPWP tidak berlaku lagi?

Dalam RUU Pajak tersebut disebutkan, integrasi basis data kependudukan dengan basis data perpajakan untuk implementasi penggabungan fungsi NIK dengan NPWP akan diatur dengan Peraturan Pemerintah (PP) buat pelaksanaannya.

Sedangkan untuk sebuah aturan turunan sebagai pelaksanaan dari ketentuan dalam undang-undang, tentunya harus menunggu sebuah RUU tersebut resmi disahkan menjadi undang-undang terlebih dahulu.

Sehingga, rincian tahap dan cara pelaksanaan dari NIK menjadi NPWP ini pun masih harus menunggu aturan pelaksana dari revisi UU KUP yang akan diatur lebih lanjut dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

Kapan RUU HPP atau RUU Pajak yang di dalamnya memuat tentang kebijakan penggunaan fungsi NIK menjadi NPWP ini disahkan?

Kita tunggu saja ketok palu DPR dalam sidang paripurna RUU HPP antara pemerintah dan parlemen yang diagendakan Oktober ini.

Terbaru, DPR telah mengesahkan RUU HPP menjadi Undang-Undang Pajak pada 7 Oktober 2021.

Selanjutnya, RUU HPP ini akan ditandatangani oleh presiden serta akan diundangkan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM) 30 hari pasca disahkan DPR.

Ketahui di sini Alur Pembuatan e-Faktur: Cara Bayar PPN & Lapor SPT Masa PPN

NIK KTP Jadi NPWP: Fungsi NIK sebagai NPWP, NIK KTP NPWP BerlakuIlustrasi NIK KTP jadi NPWP atau fungsi NIK sebagai NPWP

KTP Ber-NPWP Tidak Otomatis Kena Pajak

DJP pun pernah menegaskan, kendati penggabungan fungsi NIK KTP sebagai NPWP dilakukan, bukan berarti setiap KTP yang ber-NPWP itu otomatis dikenakan pajak.

Tetap saja, bagi WP dengan penghasilan di bawah Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) terbebas dari pajak.

Pajak akan dikenakan pada WP dengan penghasilan di atas PTKP.

Penghasilan yang dikenakan pajak pun adalah penghasilan yang sudah dikurangi dengan jumlah PTKP sesuai dengan status WP.

Kemudian Pajak Penghasilan (PPh) juga hanya akan dikenakan pada wajib pajak dengan peredaran bruto di atas Rp500.000.000 per tahun untuk pengusaha yang bayar PPh Final 0,5% sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2018.

Perhitungan penghasilan kena pajak WP Pribadi selengkapnya baca tentang Batas PTKP dan Cara Menghitung Pajak Penghasilan (PPh) Pribadi.

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

Bagaimana dengan NPWP Badan atau Perusahaan?

Seperti yang sudah dijabarkan di atas, implementasi fungsi NIK sebagai NPWP ini untuk wajib pajak orang pribadi.

Lalu, bagaimana dengan NPWP Badan atau perusahaan? Mengingat nomor identitas usaha atau perusahaan tentunya tidak menggunakan NIK, melainkan nomor izin usaha.

Tentu, dalam hal NPWP Badan atau perusahaan, tetap saja menggunakan penerbitan dan penggunaan NPWP perusahaan sesuai ketentuan.

Tapi tetap saja, untuk mengurus NPWP Badan atau perusahaan akan selalu dibutuhkan NPWP Pribadi yang dilebur dalam NIK tersebut sebagai pihak yang mengurus NPWP perusahaan.

Selengkapnya baca di sini tentang Syarat dan Cara Membuat NPWP Badan Online.

Sebagai Wajib Pajak Badan, tentunya memiliki segudang urusan perpajakan dari bisnis/perusahaan yang dijalankan atau dikelola.

NIK KTP Jadi NPWP: Fungsi NIK sebagai NPWP, NIK KTP NPWP Berlaku

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

Kewajiban pajak perusahaan mulai dari memungut atau memotong Pajak Penghasilan (PPh) hingga Pajak Pertambahan Nilai (PPN) & Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dan lainnya.

Omong-omong kewajiban memungut/memotong PPh, WP Badan atau perusahaan harus membuat bukti pemotongan pajak PPh 23/26, PPh Pasal 22, PPh Pasal 25 dan PPh Pasal 4 ayat (2) melalui e-Bupot Unifikasi dan pelaporan SPT Masa PPh Unifikasi.

Bagaimana cara kerja dan penggunaan e-Bupot Unifikasi?

Untuk lebih memahaminya, selengkapnya baca tentang Pentingnya e-Bupot Unifikasi untuk Pengelolaan Perpajakan Perusahaan Tbk.

Perusahaan atau WP Badan Pengusaha Kena Pajak (PKP) juga akan selalu membutuhkan pengelolaan e-Faktur atas transaksi barang/jasa kena PPN atau PPnBM.

Kelola e-Faktur mulai dari membuat Faktur Pajak Keluaran hingga mengelola Dokumen Lain yang dipersamakan dengan Faktur Pajak lebih mudah dan cepat di e-Faktur Klikpajak.

Bahkan, Sobat Klikpajak dapat melakukan rekonsiliasi pajak secara otomatis dari laporan keuangan online Jurnal.id.

Bersama Klikpajak by Mekari, kelola pajak bisnis lebih efektif, mulai dari menghitung, bayar dan lapor pajak dengan Fitur Lengkap Aplikasi Pajak Online Terintegrasi Mitra Resmi DJP.

Tunggu apa lagi? Segera aktifkan akun Klikpajak Anda sekarang juga dan nikmati kemudahan urus perpajakan lebih efektif kapan saja dan di mana saja.

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

Buat e-Faktur dan Lapor SPT Masa PPN Langsung di Klikpajak by Mekari

Kategori : Berita Regulasi

PUBLISHED06 Oct 2021
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: