Daftar Isi
16 min read

Perusahaan Pemungut PPN PPMSE Terbaru, Cara Input Dokumen

Tayang 18 Mar 2024
Perusahaan Pemungut PPN PPMSE Terbaru, Cara Input Dokumen

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) terus merilis sejumlah perusahaan pemungut Pajak Pertambahan Nilai ( PPN ) Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE). Apa itu PMSE atau PPMSE dan perbedaannya dengan PSE?

Hingga saat ini, jumlah perusahaan yang ditetapkan sebagai pemungut PPN PMSE terus bertambah.

Mekari Klikpajak akan merangkum daftar perusahaan pemungutan PPN PMSE terbaru, juga cara input data dokumen lain dari transaksi PMSE di eFaktur untuk Anda.


Apa itu PMSE dan PPMSE serta Perbedaan dengan PSE

Pengertian PMSE adalah perdagangan yang transaksinya dilakukan melalui serangkaian perangkat dan prosedur elektronik, sebagaimana disebutkan dalam Pasal 4 ayat (2) Perppu No. 1 Tahun 2020 yang telah ditetapkan menjadi UU No. 2 Tahun 2020 dan PP No. 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Sedangkan Penyelenggara Sistem Elektronik atau PSE adalah penyelenggara yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan sistem elektronik kepada pengguna sistem elektronik.

Perbedaan PSE dan PMSE berikutnya dari sisi dasar hukumnya, yakni PSE diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informasi (Permenkominfo) No. 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik.

Sementara itu, PMSE diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 60/PMK.03/2022 tentang Tata Cara Penunjukan Pemungut, Pemungutan, Penyetoran, dan Pelaporan PPN atas Pemanfaatan BKP Tidak Berwujud dan/atau JKP dari Luar Daerah Pabean di Dalam Daerah Pabean Melalui Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

DJP melalui SP-47/2022 menjelaskan, dari definisi PSE dan PMSE tersebut terdapat irisan istilah, yakni setiap PMSE pasti merupakan PSE, sebaliknya tidak semua PSE menjadi pelaku PMSE.

Contoh, Zenius.net, merupakan PSE yang tidak/belum menjadi pemungut PPN PMSE karena tidak menjual produk luar negeri kepada konsumen di Indonesia atau transaksinya belum memenuhi batas minimal nilai transaksi melebihi Rp600 juta setahun atau traffic melebihi 12.000 setahun.

Ada PMSE, juga ada PPMSE. Lalu, apa yang dimaksud dengan PPMSE?

Pebisnis yang melakukan usaha atau berbisnis melalui PMSE dapat menjalankan usahanya melalui sarana yang dibuat dan dikelola sendiri secara langsung maupun melalui sarana milik pihak Penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PPMSE).

Berdasarkan Pasal 6 ayat (4) jo. Pasal 1 PP No. 80 Tahun 2019, PPMSE adalah pelaku usaha penyedia sarana komunikasi yang digunakan untuk transaksi perdagangan.

Tentu saja, pihak yang menjadi PPMSE ini bisa dari dalam negeri maupun luar negeri.

Pemerintah dapat menetapkan pihak PPMSE dari luar negeri sebagai BUT jika memenuhi ketentuan kehadiran ekonomi secara signifikan.

Sesuai Pasal 6 ayat (7) UU No. 1 Tahun 2020, tiga ketentuan kehadiran ekonomi signifikan yang ditetapkan adalah:

  1. Peredaran bruto konsolidasi grup usaha sampai dengan jumlah tertentu
  2. Penjualan di Indonesia sampai dengan jumlah tertentu
  3. Pengguna aktif media digital di Indonesia sampai dengan jumlah tertentu

Baca Juga : ETAX 40001: Penyebab eFaktur Error 40001 dan Solusinya


A. Pembelian produk dan jasa digital kena PPN PMSE

Produk Digital adalah setiap barang tidak berwujud yang berbentuk informasi elektronik atau digital meliputi barang yang merupakan hasil konversi atau pengalihwujudan maupun barang yang secara originalnya berbentuk elektronik, termasuk tetapi tidak terbatas pada piranti lunak, multimedia, dan/atau data elektronik.

Jasa Digital adalah jasa yang dikirim melalui internet atau jaringan elektronik, bersifat otomatis atau hanya melibatkan sedikit campur tangan manusia, dan tidak mungkin untuk memastikannya tanpa adanya teknologi informasi, termasuk tetapi tidak terbatas pada pelayanan jasa berbasis piranti lunak.

Pembelian produk dan jasa digital dari pedagang atau penyelenggara perdagangan melalui sistem elektronik, baik dari luar maupun dalam negeri, yang mencapai nilai transaksi atau jumlah traffic dan pengakses tertentu dalam kurun waktu 12 bulan, dikenakan PPN.

Aturan ini tertuang dalam PMK No. 48/PMK.03/2020 tentang Tata Cara Penunjukan Pemungut, Pemungutan, dan Penyetoran, serta Pelaporan PPN atas Pemanfaatan Barang Kena Pajak (BKP) Tidak Berwujud dan/atau Jasa Kena Pajak (JKP) dari Luar Daerah Pabean di Dalam Daerah Pabean Melalui PMSE.

Ini merupakan aturan turunan untuk melaksanakan Pasal 6 ayat 13a Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) No. 1 Tahun 2020, yang sudah disahkan menjadi UU No. 2/2020.

Jenis produk dan jasa digital luar negeri yang dikenakan PPN sesuai PMK 48/2020 di antaranya:

    • Langganan streaming music
    • Langganan streaming film
    • Aplikasi dan games digital
    • Jasa online

Produk-produk digital luar negeri itu diperlakukan sama seperti produk dan jasa konvensional yang dikonsumsi masyarakat sehari-hari yang dikenai PPN, serta produk digital sejenis yang diproduksi pelaku usaha dalam negeri.

Ini sebagai bentuk kesetaraan atau perlakuan yang sama terhadap semua Wajib Pajak (WP), antara WP Dalam Negeri maupun WP Luar Negeri guna menjaga iklim persaingan usaha yang sehat.

Ketentuan dasar mengenai Perdagangan Melalui Sistem Elektronik atau PMSE ini sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 28 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Tepatnya pada 1 Juli 2020, produk digital dari luar negeri kena PPN 10% resmi diberlakukan.

Kemudian tarif PPN PMSE menjadi 11% dari Dasar Pengenaan Pajak ( DPP ) seiring berlakunya PMK No. 60/PMK.03/2022 sebagai regulasi pelaksana dari UU HPP untuk penerapan tarif PPN terbaru.

Baca Juga: Cara Menghitung PPN Kurang Bayar, PPN Lebih Bayar dan PPN Nihil


B. Pihak yang melakukan transaksi PPN PMSE

Penyelenggara PMSE disebut Pelaku usaha penyedia sarana komunikasi elektronik yang digunakan untuk transaksi perdagangan.

Pihak yang melakukan perdagangan melalui sistem elektronik adalah:

  • Pelaku Usaha
  • Konsumen
  • Pribadi
  • Instansi penyelenggara negara sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang selanjutnya disebut para pihak

PMSE juga dianggap sebagai hubungan hukum privat yang dapat dilakukan antara:

  • Pelaku Usaha dengan Pelaku Usaha
  • Pelaku Usaha dengan Konsumen
  • Pribadi dengan Pribadi, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
  • Instansi penyelenggara negara dengan Pelaku Usaha, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

Sedangkan pelaku usaha yang termasuk PPN PMSE adalah:

  • Pelaku usaha perdagangan dalam negeri dan/atau luar negeri
  • PPMSE dalam negeri dan/atau luar negeri
  • Penyelenggara sarana perantara dalam negeri dan/atau luar negeri

Sesuai peraturan ini, artinya tidak ada perbedaan perlakuan atas kewajiban perpajakan dari perdagangan melalui sistem elektronik antara pelaku usaha dalam negeri dengan luar negeri.


C. Ketentuan Pelaku Usaha PPN PMSE Luar Negeri

Sesuai Pasal 7 ayat (1) PP No. 80 Tahun 2019, untuk pelaku usaha PMSE luar negeri yang secara aktif melakukan penawaran kepada konsumen yang ada di Indonesia, dapat dianggap memenuhi kehadiran secara fisik atau ditetapkan Bentuk Usaha Tetap (BUT) jika memenuhi kriteria tertentu.

Kriteria untuk menetapkan PMSE sebagai BUT adalah:

  • Jumlah transaksi
  • Nilai transaksi
  • Jumlah paket pengiriman
  • dan/atau jumlah traffic atau pengakses

Baca juga: Pajak Usaha Perdagangan, Bagaimana Peranannya?


Syarat Perdagangan Melalui Sistem Elektronik

Persyaratan umum dalam PMSE ini di antaranya:

  • Pihak PMSE harus memiliki, mencantumkan, atau menyampaikan identitas subyek hukum yang jelas.
  • Setiap PMSE yang bersifat lintas negara, wajib memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur ekspor atau impor dan peraturan perundang-undangan bidang informasi dan transaksi elektronik.
  • Pihak yang melakukan PMSE aras barang dan/atau jasa yang berdampak terhadap kerentanan keamanan nasional, harus mendapatkan security clearance dari instansi berwenang.
  • PPMSE dalam negeri maupun luar negeri wajib menggunakan sistem elektronik yang memiliki sertifikat kelaikan sistem elektronik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

A. Siapa yang Memungut, Menyetorkan, dan Melaporkan PPN PMSE?

Khusus produk dan jasa digital luar negeri, DJP menunjuk pemungut, penyetor dan pelaporan PPN atas PMSE, yaitu:

  • Pedagang/penyedia jasa luar negeri
  • Penyelenggara PMSE luar negeri
  • Penyelenggara PMSE dalam negeri

Sedangkan kriteria pelaku usaha PMSE pemungut PPN produk digital dan jasa digital luar negeri ini adalah:

  • Nilai transaksi Rp600 juta setahun dan Rp50 juta per bulan.
  • Jumlah traffic atau pengakses melebihi jumlah tertentu dalam waktu 12 bulan.
  • Pelaku usaha yang telah memenuhi kriteria tetapi belum ditunjuk sebagai pemungut PPN, dapat menyampaikan pemberitahuan secara online ke DJP.
  • Nilai transaksi dan jumlah traffic yang harus dikenakan PPN ditentukan DJP.
  • Pemungut PPN PMSE ini adalah diberikan nomor identitas sebagai sarana administrasi perpajakan yang digunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas pemungut.

B. Ketentuan Pemungutan PMSE

Pemungut PPN Perdagangan Melalui Sistem Elektronik harus membuat bukti pungut PPN.

Sama seperti pemotongan PPN pada umumnya, bukti pungut ini berupa Faktur Pajak elektronik untuk PPMSE dalam negeri.

Sementara itu, bagi PPMSE luar negeri, bukti pungut PPN PMSE produk dan jasa digital dari luar negeri ini adalah dapat berupa commercial invoice, billing, order receipt, atau dokumen sejenis.

Hal ini sesuai Pasal 7 ayat (3) PMK No. 48/2020 bahwa bukti pungut PPN merupakan dokumen yang kedudukannya dipersamakan dengan Faktur Pajak, dibuat berdasarkan pedoman yang diterbitkan oleh DJP.

Baca juga: Aturan Baru PPh Peralihan Usaha Migas

Dalam Pasal 2 PMK No. 60/2022 dijelaskan ketentuan pemungutan, penyetoran dan pelaporan PPN PMSE, yakni:

1. PPN Terutang

PPN yang terutang atas pemanfaatan barang dan/atau jasa kena pajak tidak berwujud dan/atau jasa kena pajak dari luar daerah pabean di dalam daerah pabean yang berasal dari transaksi antara pedagang luar negeri atau penyedia jasa luar negeri dan pembeli barang dan/atau penerima jasa secara langsung, dipungut, disetorkan, dan dilaporkan oleh pedagang/penyedia jasa luar negeri tersebut yang ditunjuk sebagai pemungut PPN PMSE.

2. Pedagang/Penyedia Jasa

Dalam hal pedagang/penyedia jasa luar negeri melakukan transaksi dengan pembeli barang dan/atau penerima jasa melalui PMSE luar negeri atau PPMSE dalam negeri, PPN yang terutang atas pemanfaatan barang kena pajak tidak berwujud dan/atau jasa kena pajak luar daerah pabean di dalam daerah pabean tersebut, dipungut, disetorkan, dan dilaporkan oleh pedagang/penyedia jasa luar negeri, penyelenggara PMSE atau PPMSE luar negeri, atau PPMSE dalam negeri yang:

  • ditunjuk sebagai pemungut PPN PMSE
  • menerbitkan commercial invoice, billing, order receipt, atau dokumen lain yang sejenis

Baca Juga: Cara Mengajukan Restitusi PPN di e-Faktur dan Syaratnya


Daftar Perusahaan Pemungut PPN PMSE ( PPMSE )

Dalam Siaran Pers DJP Nomor SP-13/2024 yang diumumkan, terdapat penambahan penunjukan perusahaan pemungut PPN PMSE terbaru.

Pada Februari 2024, juga dilakukan pembetulan elemen data dalam surat keputusan penunjukan dan pencabutan perusahaan sebagai pemungut PPN PMSE.

Setidaknya, dari yang sudah dirangkum Mekari Klikpajak, jumlah daftar perusahaan pemungut PPN PMSE terbaru hingga sekarang ini sebanyak ratusan perusahaan, setelah ada beberapa perusahaan PPMSE yang dicabut.

Berikut daftar perusahaan pemungut PPN PMSE atau pelaku usaha PPMSE gelombang pertama yang dimulai pada Juli 2020 hingga gelombang selanjutnya yang terbaru pada Februari 2023:

1. Amazon Web Service Inc.
2. Google Asia Pacific Pte. Ltd.
3. Google Ireland Ltd.

(pembetulan pada Maret 2022 [menjadi Meta Platform Ireland Limited] dan pembetulan kedua pada Juli 2022 [menjadi Meta Platforms Technologies Ireland Limited])

4. Google LLC.
5. Netflix International B.V.

(dicabut Maret 2022 dan digantikan oleh Netflix Pte Ltd)

6. Spotify AB.
7. Facebook Ireland Ltd.
8. Facebook Payments International Ltd.
9. Facebook technologies International Ltd.
10. Amazon.com Service LLC.
11. Audible, Inc.
12. Alexa Internet
13. Audible Ltd.

(dilakukan pembetulan pada Juli 2023)

14. Apple Distribution International Ltd.
15. Tiktok Pte. Ltd.
16. The Walt Disney Company (Southeast Asia) Pte. Ltd.
17. LinkedIn Singapore Pte. Ltd.
18. McAfee Ireland Ltd.
19. Microsoft Ireland Operations Ltd.
20. Mojang AB
21. Novi Digital Entertainment Pte. Ltd.
22. PCCW Vuclip (Singapore) Pte. Ltd.
23. Skype Communication SARL
24. Twitter Asia Pacific Pte. Ltd.
25. Twitter International Company
26. Zoom Video Communications, Inc
27. PT Jingdong Indonesia Pertama
28. PT Shopee International Indonesia
29. Alibaba Cloud (Singapore) Pte. Ltd.
30. GitHub, Inc.

(dilakukan pembetulan pada Juni 2022)

31. Microsoft Corporation
32. Microsoft Regional Sales Pte. Ltd.
33. UCWeb Singapore Pte. Ltd.
34. To The New Pte. Ltd.
35. Coda Payments Pte. Ltd.

(dilakukan pembetulan pada Februari 2024)

36. Nexmo Inc.
37. Cleverbridge AG Corporation
38. Hewlett-Packard Enterprise USA

(diubah Maret 2022 berganti nama menjadi Hewlett-Packard Enterprise Company)

39. Softlayer Dutch Holding B.V. (IBM)

(dilakukan pembetulan elemen data dalam surat keputusan penunjukan pada Januari 2024)

40. PT Bukalapak.com
41. PT Ecart Webportal Indonesia (Lazada)
42. PT Fashion Eservices Indonesia (Zalora)

(dicabut pada 28 Desember 2020 karena dijual ke pengusaha Indonesia)

43. PT Tokopedia
44. PT Global Digital Niaga (Blibli.com)
45. Valve Corporation (Steam)
46. beIN Sport Asia Pte. Limited
47. Etsy Ireland Unlimited Company
48. Proxima Beta Pte. Ltd.

(dilakukan pembetulan pada Juli 2022)

49. Tencent Mobility Limited.

(dicabut Januari 2024)

50. Tencent Mobile International Limited

(dilakukan pembetulan pada Juli 2022)

51. Snap Group Limited
52. Netflix Pte. Ltd.
53. eBay Marketplace GmbH
54. Nordvpn S.A.
55. Amazon.com.ca.Inc.
56. Image Future Investment (HK) Limited

(dilakukan pembetulan pada Juli 2022)

57. Dropbox International Unlimited Company
58. Freepik Company S.L.
59. Epic Games International S.a.r.l., Bertrange, Root Branch
60. Expedia Lodging Partner Service Sarl
61. Hotels.com, L.P.
62. BEX Travel Asia Pte. Ltd.

(dicabut pada Maret 2023)

63. Travelscape, LLC.

(dilakukan pembetulan elemen data pada Mei 2023)

64. TeamViewer Germany GmbH
65. Scribd, Inc.
66. Nexway Sasu
67. TunnelBear LLC
68. Xsolla (USA), Inc.
69. Paddle.com Market Limited
70. Pluralsight, LLC
71. Automatic Inc.
72. Woocommerce Inc.
73. Bright Market LLC
74. PT Dua Puluh Empat Jam Online
75. PT Fashion Marketplace Indonesia (Zalora)

(kembali ditunjuk sebagai pemungut PPN PMSE pada 1 Juli 2021)

76. Pipedrive OU

(dilakukan pembetulan elemen data dalam surat keputusan penunjukan pada Juni 2023)

77. Shutterstock, Inc.
78. Shutterstock Ireland Ltd.
79. Fenix International Limited

(dicabut pada April 2022)

80. Bold LLC
81. High Morale Developments Limited

(dilakukan pembetulan pada Juli 2022)

82. Aceville Pte Ltd.

(dilakukan pembetulan pada Juli 2022)

83. WeTransfer B.V
84. OffGamers Global Pte Ltd.
85. Chegg Inc.

(dilakukan pembetulan pada Juli 2022)

86. NBA Properties Inc.

(dicabut pada Maret 2023)

87. Activision Blizzard International B.V

(dicabut pada Maret 2022 (digantikan oleh Blizzard Entertainment Inc.)

88. Economist Digital Service Limited
89. Booking.com BV

(dilakukan pembetulan elemen data pada Mei 2023)

90. EA Swiss Sarl
91. Native Instrument GMBH
92. Upcloud Limited
93. Mega Limited
94. Airbnb Ireland Unlimited Company
95. Udemy Inc.,
96. Vonage Business Inc.,
97. Blizzard Entertainment Inc.,
98. Twitch Interactive Singapore Pvt., Ltd
99. Canva Pty Ltd.,
100. New York Times Digital LLC
101. Degreed Inc.,

(dilakukan pembetulan elemen data pada Agustus 2023)

102. Home Box Office (Singapore) Pte. Ltd.,
103. LNRS Data Service Limited
104. LexisNexis Risk Solution FL Inc
105. Ask FM Europe Limited
106. Iqiyi International Singapore Pte. Ltd.

(dilakukan pembetulan elemen data pada Desember 2023)

107. Global Cloud Infrastructure Limited
108. John Wiley & Cons, Inc.
109. Springer Nature Customer Service Center Gmbh.
110. Springer Nature Limited
111. Paypro Europe Limited
112. Biomed Central Limited

(dilakukan pembetulan pada Juni 2022)

113. Unity Technologies Aps

(dicabut pada Januari 2024)

114. Coursera, Inc.
115. Groundhog Inc.
116. Groundhog Technologies Inc.
117. Surfshark B.V.
118. To The New Singapore Pte. Ltd.
119. Ezviz International Limited
120. Zendrive Inc.
121. University Of London
122. CVmaker B.V
123. Evernote, GMBH.

(dilakukan pembetulan elemen data pada Mei 2023)

124. Asana, Inc.
125. Patreon, Inc.
126. Change. Org
127. PT. Ocommerce Capital Indonesia
128. ESET, Spol, s.r.o
129. CGTrader UAB
130. Waves, Inc.
131. Tradingview, Inc.

(dilakukan pembetulan elemen data pada Agustus 2023)

132. Match Group, LLC.
133. Hewlett Packard International Sarl.
134. Adobe Systems Software Ireland Limited.
135. Coupa Software, Inc.
136. NBA Digital Service International, Inc.
137. Alpha Lit, Pte. Ltd.
138. Wondershare Global Limited.
139. Asiaplay Taiwan Digital Entertainment Ltd.
140. Taxamo Checkout Ltd.
141. Amplitude, Inc.
142. Unity Technologies SF.
143. Epic Games Entertainment International GmbH.
144. Epic Games Entertainment International GmbH.
145. Amazon Advertising LLC.
146. Amazon Service Europe S.a.r.l.
147. UpToDate, Inc.
148. Cambridge University Press & Assessment UK
149. Prezi, Inc.
150. Agoda Company Pte. Ltd.
151. Tencent Music Entertainment Hong Kong.

(dilakukan pembetulan elemen data pada November 2023)

152. Supercell Oy
153. WPEngine, Inc.
154. Garmin (Europe) Limited.
155. Hotjar Limited.
156. DigitalOcean, LLC.
157. Corel Corporation
158. Foxit Software Incorporated
159. Sendinblue SAS
160. Twitch Interactive, Inc.
161. NCS Pearson, Inc.
162. Salesforce.com Singapore Pte. Ltd.
163. Grammarly, Inc.
164. DeepL. SE
165. Squarespace Ireland Ltd.
166. Trendstream Ltd.
167. Aptoide, S.A.
168. NortonLifeLock Singapore Pte. Ltd.
167. Sandbox Interactive GmbH
168. Zwift, Inc.
169. Tencent Cloud International Pte. Ltd.
170. Blacklane GmbH
171. Social Online Payments Limited.

Baca juga: Pajak Hingga Cara Membuat NPWP Usaha Dagang dan Mengurus Izin Usahanya


Kapan Penyetoran & Pelaporan PPN Pajak Pertambahan Nilai PMSE?

Sama halnya seperti pemungut PPN dalam negeri, pelaku usaha (baik pribadi maupun badan) yang ditunjuk sebagai pemungut PMSE produk/jasa digital luar negeri juga wajib menyetorkan dan melaporkan PPN PMSE.

Penyetoran PPN yang telah dipungut dari konsumen wajib dilakukan paling lama akhir bulan berikutnya.

Merujuk Pasal 8 ayat 3 PMK No. 60/PMK.03/2022, pemungut PPN PMSE dapat menyetorkan PPN yang dipungut menggunakan:

  1. Mata uang rupiah, dengan kurs yang ditetapkan Keputusan Menteri Keuangan (kurs pajak) yang berlaku pada tanggal penyetoran.
  2. Mata uang dolar Amerika Serikat.
  3. Mata uang asing lainnya yang ditetapkan oleh Ditjen Pajak.

Sedangkan pelaporan PPN yang telah dipungut dan dibayarkan itu dilakukan secara triwulanan.

Paling lama akhir bulan berikutnya setelah periode triwulanan berakhir.

Pasal 9 ayat 2 PMK 60/2022 menyebutkan, pelaporan PPN PMSE paling sedikit memuat:

  1. Jumlah pembeli barang dan/atau penerima pajak
  2. Jumlah pembayaran
  3. Jumlah PPN yang dipungut
  4. Rincian transaksi PPN yang dipungut

PPN Terutang dan Pengkreditan PPN dari PMSE Pajak

PPN atas PMSE pajak ini dapat diklaim sebagai Pajak Masukan oleh Pengusaha Kena Pajak (PKP).

Artinya, Pajak Masukan dari produk digital luar negeri ini juga bisa dikreditkan.

Tata cara mengkreditkan Pajak Masukan dari PMSE adalah:

  • Bukti pungut harus mencantumkan informasi pembeli yakni Nama dan NPWP ( Nomor Pokok Wajib Pajak )
  • Pajak Masukan tetap dapat dikreditkan meski bukti pungut hanya mencantumkan alamat email pembeli yang terdaftar sebagai alamat email PKP pada sistem informasi DJP
  • Atau terdapat dokumen yang menunjukkan bahwa akun pembeli pada sistem elektronik penjual memuat nama dan NPWP pembeli, atau alamat email pembeli

Agar lebih mudah melakukan pemungutan PPN dengan membuat Faktur Pajak elektronik dan pelaporan Surat Pemberitahuan ( SPT ) Masa PPN, gunakan aplikasi e-Faktur Mekari Klikpajak.

Baca juga: Aturan Baru Membuat e-Faktur dan Cara Mengkreditkan Pajak Masukan di UU Cipta Kerja


Pemungutan PPN dari Transaksi PMSE Termasuk Dokumen Lain

Ketika perusahaan Anda melakukan transaksi dengan perusahaan yang ditunjuk sebagai pemungut PPN atas PMSE tersebut, maka perusahaan Anda akan mendapatkan sales invoice dari perusahaan tersebut.

Perlu dipahami, pungutan atas PPN dari produk digital tersebut berbentuk Dokumen Lain yang kedudukannya dipersamakan dengan Faktur Pajak.

Jadi, bagi Anda yang perusahaannya melakukan transaksi dengan perusahaan-perusahaan yang ditunjuk sebagai pemungut PPN tersebut, bukti transaksi yang berbentuk Dokumen Lain ini dapat digunakan untuk mengkreditkan Pajak Masukan.

Tepatnya pada 2 Juli 2019, pemerintah resmi memberlakukan perluasan jenis dokumen yang kedudukannya disamakan dengan Faktur Pajak.

Ketentuan ini diatur dalam Peraturan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) No. PER-13/PJ/2019 tentang Dokumen Tertentu yang Kedudukannya Dipersamakan dengan Faktur Pajak.

Melalui beleid tersebut, jumlah jenis dokumen yang kedudukannya sama dengan Faktur Pajak bertambah menjadi 16 jenis dokumen dari sebelumnya hanya 14 dokumen saja.

Kemudian dalam jumlahnya bertambah menjadi 25 dokumen lain yang ditetapkan dalam PER-16/PJ/2021 dengan rincian sebagai berikut dokumen lain yang dipersamakan dengan faktur pajak terbaru.


Cara Input Dokumen Lain PPN PMSE di e-Faktur

Berikut langkah-langkah cara input data dokumen lain atas pemungutan PPN dari transaksi PMSE:

1. Anda harus login ke akun Klikpajak terlebih dahulu. Belum punya akun pajak Mekari Klikpajak, registrasi di sini.

2. Setelah masuk pada halaman e-Faktur Mekari Klikpajak.

Beda PSE dan PMSE, Perusahaan Pemungut PPMSE dan Cara Input Data Dokumen Lain PPN PMSE

3. Anda dapat memilih menu “Dokumen Lain”.

Beda PSE dan PPN PMSE, Perusahaan pemungut PPMSE, Cara Input Data Dokumen Lain PPN PMSE

4. Kemudian muncul dropdown dan pilih “Dokumen Lain Masukan”.

Beda PSE dan PMSE, Perusahaan Pemungut PPMSE dan Cara Input Data Dokumen Lain PPN PMSE

5. Berikutnya Anda akan masuk ke halaman input dokumen lain pajak masukan. Lalu klik button “Buat dok. lain pajak masukan”.

Beda PSE dan PMSE, Perusahaan Pemungut PPMSE dan Cara Input Data Dokumen Lain PPN PMSE

6. Kemudian Anda akan masuk ke halaman input Dokumen Lain Pajak Masukan.

Lanjutkan dengan pengisian dokumen atas transaksi pada kolom yang tersedia, klik kolom pada Jenis Transaksi, akan muncul dropdown pilihan, lalu pilih nomor “2. Perolehan JKP/BKP Dalam Negeri”.

Lalu untuk pengisian kolom Detail Transaksi, klik kolom dan akan muncul dropdown pilihan pengisian detail transaksi, pilih nomor “04. DPP Nilai Lain”.

Beda PSE dan PMSE, Perusahaan Pemungut PPMSE dan Cara Input Data Dokumen Lain PPN PMSE

7. Berikutnya mengisi data lawan transaksi & dokumen, input nomor sales invoice yang diterima dari perusahaan pemungut PPN PMSE.

Lalu isi kolom nama lawan transaksi dan isikan data NPWP lawan transaksi pada kolom yang tersedia.

Isi kolom tanggal dokumen dan masa/tahun pajak sales invoice tersebut. Berikutnya centang pilihan apakah dokumen lain pajak masukan ini dapat dikreditkan atau tidak.

Kemudian isikan nilai dari transaksi yang tertera dalam sales invoice atau dokumen lain atas pemungutan PPN PMSE tersebut.

Setelah itu, klik “Simpan.” Maka dokumen lain pajak masukan akan tersimpan sebagai draft.

Beda PSE dan PMSE, Perusahaan Pemungut PPMSE dan Cara Input Data Dokumen Lain PPN PMSE

8. Maka dokumen lain pajak masukan akan tersimpan sebagai draft dengan status “Belum Approve”. Lalu klik button “Upload”.

Beda PSE dan PPN PMSE, Perusahaan Pemungut PPMSE, Cara Input Data Dokumen Lain PMSE

9. Setelah klik button “Upload”, maka dokumen lain pajak masukan akan berstatus “Approve”.

Beda PSE dan PMSE, Perusahaan Pemungut PPMSE dan Cara Input Data Dokumen Lain PPN PMSE

10. Anda dapat memilih Dokumen Lain yang berhasil di-input pada menu “Dokumen Lain Pajak Masukan” untuk melihat list yang sudah berhasil di-upload dan yang belum.

Beda PSE dan PMSE, Perusahaan Pemungut PPMSE dan Cara Input Data Dokumen Lain PPN PMSE

Bagi Anda yang bertransaksi dengan perusahaan pemungut PPN PMSE, sudah tahu cara input data Dokumen Lain Faktur Masukan di e-Faktur, ya?

Kini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas perpajakan lainnya, mulai dari mengelola e-Bupot PPh 23/26, bayar dan lapor Surat Pemberitahuan (SPT) Masa/Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) dengan mudah dengan fitur lengkap Mekari Klikpajak.

Tahukah? Kini Anda dapat dengan mudah bayar/setor PPN terutang melalui halaman SPT PPN.

Tentu saja, ini semakin membuat kelola e-Faktur Anda lebih simpel dan praktis.

Untuk mengetahui tata cara bayar/setor PPN terutang ini, selengkapnya baca Makin Praktis! Cara Bayar Pajak Terutang dari Halaman SPT PPN

Baca Juga: Fitur Klikpajak Multi User & Multi Company: Cara Efektif Kelola Pajak Bisnis, Gratis!

Itulah penjelasan tentang PMSE pajak atau PPMSE dan perbedaannya dengan PSE serta daftar lengkap perusahaan pemungut PPN PMSE pajak. Semoga dapat membantu Anda dalam mengelola pajak perusahaan!

Kategori : Regulasi Pajak

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak