Mudah, Begini Cara Lapor Pajak 'Online' Lewat HP

Mudah, Begini Cara Lapor Pajak ‘Online’ Lewat HP

Kini lapor pajak semakin mudah melalui e-Filing yang merupakan aplikasi pelaporan pajak secara daring. Lebih gampangnya lagi, begini cara lapor pajak ‘online’ lewat HP (handphone) atau ponsel.

Sistem ini dapat diakses pada situs resmi DJP maupun melalui Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau Aplication Service Provider (ASP) yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP), yaitu Klikpajak.id.

Bagaimana cara lapor pajak online lewat HP ini? Berikut ulasan Klikpajak by Mekari.

Kemudahan Lapor SPT ‘Online’ Melalui Ponsel

Sejak fitur lapor pajak online diluncurkan, pengguna aplikasi ini terus meningkat. Peningkatan ini terjadi karena masyarakat merasakan manfaat e-Filing yang praktis dan juga efisien.

Wajib pajak (WP) tidak perlu lagi mencetak Surat Pemberitahuan (SPT) dan mengantre di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) untuk lapor pajak tahunan pribadinya.

Melainkan, cukup mengisi SPT secara online dan tanda terima akan dikirimkan melalui email. 

Selain itu, aplikasi ini cukup user friendly. WP yang belum terbiasa dengan pembuatan SPT pun dapat menggunakannya.

Sebab formulir elektronik dibuat dengan wizard atau panduan di setiap tahapnya, sehingga WP dapat langsung mengisi dan menggunakannya dengan cepat.

Apa itu eNofa Pajak, Fungsi, dan Cara MendapatkannyaIlustrasi lapor pajak online lewat HP

Permintaan dan Aktivasi EFIN

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk bisa lapor pajak online lewat HP adalah meminta EFIN (Electronic Filing Identification Number) ke KPP terdekat.

EFIN tersebut digunakan untuk mendaftarkan akun Anda pada DJP. Selanjutnya Anda dapat melakukan berbagai transaksi perpajakan.

Berikut tata cara pengajuan EFIN:

1. WP datang ke KPP atau mendownload formulir permohonan EFIN

2. WP mengisi, menandatangani, serta menyampaikan Formulir Permohonan Aktivasi EFIN

3. WP menunjukkan dokumen asli serta menyerahkan fotokopi identitas diri sebagai berikut:

  • KTP (untuk WNI) atau Paspor dan KITAS/KITAP (untuk WNA)
  • NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar (SKT)

Note: Tak sulit, jika Anda Lupa EFIN saat PSBB? Jangan Panik, Lakukan Cara Ini!

Kantor Pajak akan memberikan EFIN di hari yang sama pada saat Anda mengajukan EFIN.

Kemudian Anda harus melakukan aktivasi EFIN dalam kurun waktu 30 hari sejak diterbitkan.

Jika Anda tidak melakukan aktivasi hingga batas waktu yang ditentukan, EFIN akan hangus. Setelah diaktivasi, EFIN berlaku untuk selama-lamanya.

Ilustrasi aktivasi akun untuk lapor pajak online lewat HP

Cara Mengurus EFIN Jika Lupa

Jika Anda lupa menyimpan surat pemberitahuan EFIN dan lupa pula mencatat nomornya, Anda dapat mencoba beberapa langkah berikut ini untuk mendapatkan nomor EFIN Anda kembali:

1. Periksa inbox email anda, dan search “EFIN”, 

2. Telepon ke KringPajak 1500200, sebelumnya siapkan nomor NPWP Anda kemudian konfirmasikan  data diri anda,

3. Datang ke KPP terdekat untuk mencetak ulang EFIN dengan cara menunjukkan fotokopi KTP dan NPWP. Cara ini untuk sementara tidak dapat digunakan selama masa pandemi Covid-19.

4. Kunjungi website www.pajak.go.id, kemudian Anda dapat melakukan chatting dengan petugas pajak melalui logo “Chat Pajak”. Siapkan data berikut ini:

  • Nama Lengkap
  • NPWP
  • Alamat yang didaftarkan pada registrasi EFIN
  • Alamat email dan nomor ponsel yang didaftarkan saat mendaftar EFIN
  • Tahun pajak SPT terakhir.

5. Anda juga dapat menghubungi DJP melalui akun twitter @kring_pajak. Siapkan data pendukung sebagaimana tersebut pada angka 4 di atas.

Ilustrasi lupa EFIN saat lapor pajak online

Aplikasi E-Filing 1770 SS di Android

Efiling dapat diakses di komputer/laptop serta HP Anda. Khusus untuk formulir 1770 SS, DJP meluncurkan mobile Android e-filing SPT 1770 SS.

Aplikasi ini makin memudahkan pengisian serta penyampaian SPT Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) secara online karena dapat diakses melalui perangkat berbasis Android.

Aplikasi e-Filing SPT 1770 SS ini dapat diunduh melalui Play Store dengan kata kunci “efiling 1770 SS” atau diunduh melalui browser pada tautan https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.pajak.efiling.

Note: Ada beberapa macam formulir SPT Tahunan Pribadi, Cermati Perbedaan Formulir SPT Tahunan 1770, 1770ss dan 1770s agar Tidak Salah Pelaporannya

Cara Lapor Pajak ‘Online’

Apabila Anda telah mengakses e-Filing, baik menggunakan komputer ataupun ponsel, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan lapor pajak online:

1. Siapkan bukti potong formulir 1721 A1 dan bukti potong PPh 21 Final jika ada 

2. Siapkan data harta yang dimiliki, daftar hutang, serta Kartu Keluarga

3. Lakukan pengisian e-SPT pada aplikasi e-Filing dengan mengikuti panduan yang tersedia pada e-Filing

4. Jika semua tabel telah diisi dengan lengkap, mintalah kode verifikasi untuk pengiriman kode verifikasi  

5. Kode verifikasi tersebut akan dikirim oleh sistem DJP ke email Anda yang terdaftar

6. Lakukan pengiriman SPT secara online dengan cara mengisikan kode verifikasi tersebut di atas lalu Submit

7. Notifikasi status e-SPT serta Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) akan dikirimkan kepada WP melalui email  yang sudah didaftarkan

Agar semakin lebih mudah lagi dalam lapor pajak online lewat HP, gunakan aplikasi pajak online Klikpajak.

Klikpajak.id adalah Penyedia Jasa Aplikasi Pajak (PJAP) atau Application Service Provider (ASP) mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang disahkan dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-169/PJ/2018.

Contoh fitur lapor pajak online di Klikpajak

 

Kemudahan Cara Lapor Pajak ‘Online’ di Klikpajak

Anda akan mendapatkan kemudahan cara lapor SPT Tahunan dengan menggunakan aplikasi e-Filing Klikpajak. Sebab Anda akan dipandu dengan langkah-langkah mudah.

Anda bisa melaporkan seluruh jenis SPT secara gratis selamanya melalui e-Filing Klikpajak kapan saja dan di mana saja, seperti:

  • SPT Tahunan Pajak Badan
  • SPT Masa (Bulanan) Pajak
  • SPT Tahunan Pajak Pribadi

Setelah menyampaikan SPT Pajak, Anda akan peroleh bukti lapor dalam bentuk elektronik, yakni Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) dari DJP, yang berisi:

  • Informasi Nama Wajib Pajak (WP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Tanggal pembuatan BPE
  • Jam pembuatan BPE
  • Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE)

Melalui Klikpajak, Anda juga akan mendapatkan NTTE resmi dari DJP sebagai bukti lapor.

Note: Selengkapnya kemudahan dalam urusan penyampaian pajak mulai dari Membuat ID Billing hingga lapor SPT online lewat aplikasi e-Filing Klikpajak juga gratis, baca di SINI.

Ketahui Batas Waktu Bayar dan Lapor SPT Pajak

Hindari sanksi atau denda telat bayar dan lapor pajak, lebih mudah lihat semua jadwal pembayaran dan pelaporan pajak pada kalender saku di Kalender Pajak Klikpajak.

Manfaatkan Fitur Lengkap Klikpajak

“Klikpajak memiliki fitur lengkap sebagai aplikasi pajak online yang membantu mempermudah urusan perpajakan bagi Anda para pelaku usaha, konsultan pajak, maupun bagi Anda yang bekerja sebagai tax officer di perusahaan.”

Anda dapat nyaman menggunakan aplikasi Klikpajak karena keamanan dan kerahasiaan data terjamin. Sebab Klikpajak sudah bersertifikat ISO 27001 dari Badan Standar Internasional ISO yang menjamin standar keamanan sistem teknologi informasi.

Apa saja fitur lengkap Klikpajak yang semakin memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas perpajakan?

Contoh fitur membuat Faktur Pajak di e-Faktur Klikpajak

e-Faktur

Klikpajak merupakan aplikasi pajak online lengkap dan terintegrasi dalam satu platform yang memungkinkan Anda bisa mengelola administrasi perpajakan, mulai dari:

  • Membuat Faktur Pajak Masukan
  • Membuat Faktur Pajak Keluaran
  • Membuat Faktur Pajak Retur
  • Mengelola Faktur Pajak Masukan, Keluaran, dan Retur

Anda akan dipandu dengan langkah-langkah penggunaan fitur e-Faktur yang mudah dan sederhana.

Contoh perhitungan PPN, panduan langkah-langkah pembayaran dan pelaporan SPT Masa PPN selengkapnya bisa dilihat di SINI.

Fitur e-Faktur Klikpajak juga memudahkan Anda mengelola Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) dan memperoleh Surat Pemberitahuan (Pajak Pertambahan Nilai) PPN sesuai data yang diunggah ke DJP.

Note: Anda juga dapat input data Faktur Masukan menggunakan Scan QR Code e-Faktur Klikpajak secara gratis. Untuk langkah-langkah input Faktur Pajak Masukan lewat handphone selengkapnya lihat di SINI.

Contoh fitur membuat Bukti Potong PPh 23/26 di e-Bupot Klikpajak

e-Bupot

Klikpajak juga dilengkapi fitur e-Bupot yang memudahkan Anda menerbitkan Bukti Potong dan mengelola bukti pemotongan dalam jumlah banyak lebih mudah. Karena alur yang efisien dan ramah penggunaan (user friendly).

Seperti diketahui, pembuatan Bukti Potong PPh Pasal 23/26 wajib menggunakan e-Bupot yang berlaku mulai 1 Agustus 2020 ditetapkan dalam Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-269/PJ/2020.

Contoh BPE yang diterbitkan Klikpajak resmi dari DJP

e-Billing

Sistem e-Billing akan membimbing Anda mengisi Surat Setoran Pajak (SSP) elektronik dengan benar sesuai transaksi. Sebelum menyetor pajak, Anda perlu mendapatkan Kode Billing atau ID Billing terlebih dahulu dari DJP melalui e-Billing.

Anda bisa membuat ID Billing untuk semua jenis Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS) dengan mudah dan gratis.

Semua riwayat ID Billing dan SSP akan tersimpan dengan aman sesuai jenis dan masa pajak yang diinginkan.

Begitu juga Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) juga akan disimpan dengan rapi dan aman pada Arsip Pajak di Klikpajak.

Contoh fitur aplikasi akuntansi keuangan Jurnal.id

Terintegrasi dengan Aplikasi Akuntansi ‘Online’

Kelebihan lain Klikpajak adalah bisa menarik data langsung dari laporan keuangan pengguna aplikasi akuntansi online. Salah satunya adalah Jurnal.id.

Anda semakin mudah dalam membuat dan mengelola e-Faktur serta e-Bupot karena Klikpajak bisa menarik data langsung dari laporan keuangan pengguna aplikasi akuntansi online seperti Jurnal by Mekari – Simple Online Accounting Software.

Ini adalah teknologi canggih berbasis API integration yang membuat proses pengolahan data pajak dari bagian accounting (keuangan) lebih cepat dan mudah. Sehingga proses pengelolaan pajak jadi makin gampang dan tepat hanya dengan Klikpajak.

Tim ‘Support’ Klikpajak Siap Membantu Anda!

Sebagai mitra resmi DJP, KlikPajak akan membantu Anda dalam menghitung, membayar hingga melaporkan kegiatan perpajakan. Tinggal klik, semua urusan pajak Anda selesai dalam sekejap!

Ingin melihat bagaimana Klikpajak dapat membantu bisnis Anda dalam membuat Faktur Pajak secara efektif yang dapat menghemat banyak waktu Anda? Kami senang berbicara dengan Anda. Jadwalkan demo dan kami dapat menunjukkan caranya.

Cukup daftarkan email Anda di www.klikpajak.id dan manfaatkan kemudahan dalam mengurus perpajakan Anda mulai dari menghitung, membayar hingga melaporkan pajak hanya dalam satu platform.


PUBLISHED01 Sep 2020
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: