Mendaftar NPWP Online, Cara Cepat dan Praktis Taat Pajak - Klikpajak

Mendaftar NPWP Online, Cara Cepat dan Praktis Taat Pajak

Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan kewajiban bagi setiap warga negara Indonesia dan WNA yang menetap dan melakukan kegiatan ekonomi di Indonesia, yang telah memenuhi syarat. Kini, pembuatan NPWP tidak lagi harus dengan mendatangi Kantor Pelayanan Pajak. Namun dapat dilakukan dengan cara pembuatan NPWP online.

Pendaftaran NPWP secara online bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi wajib pajak. Pendaftaran NPWP secara online dapat dilakukan dengan mudah, prosesnya cepat serta tidak memakan biaya sama sekali. Simak artikel ini untuk mengetahui langkah-langkahnya.

Fungsi NPWP

NPWP berfungsi sebagai identitas yang dimiliki oleh wajib pajak dalam sistem administrasi perpajakan di Indonesia. Jika pada konteks kependudukan warga negara memiliki Nomor Induk Kependudukan yang tertera di KTP, maka NPWP berlaku sama dalam konteks perpajakan. Nomor identitas ini akan digunakan dalam pembayaran dan pelaporan kewajiban pajak yang harus dilaksanakan.

Selain itu, NPWP juga berfungsi sebagai syarat dalam pengajuan beberapa berkas terkait bisnis dan urusan perbankan. Biasanya ketika melakukan kerjasama bisnis, penyertaan NPWP bersifat sebagai validasi pada mitra bisnis yang diajak kerjasama. Penyertaan NPWP menunjukkan pebisnis tersebut merupakan warga negara yang taat hukum.

Dalam dunia perbankan, NPWP juga diperlukan dalam pengajuan kredit atau ketika membuka rekening koran baru. Mungkin dahulu hanya diperlukan Nomor Induk Kependudukan saja, namun kini identitas yang juga harus disertakan adalah NIK dalam KTP dan NPWP dalam kartu NPWP.

Syarat Kepemilikan dan Pendaftaran NPWP Online

Syarat utama yang diperlukan adalah memiliki Kartu Tanda Pengenal dan penghasilan yang sudah berada di atas jumlah Penghasilan Tidak Kena Pajak. PTKP yang ditetapkan pemerintah sejumlah Rp. 54.000.000 untuk wajib pajak belum kawin dan tanpa tanggungan. Ketika mengajukan kepemilikan NPWP, dua hal ini akan menjadi syarat utama.

NPWP kini juga banyak menjadi syarat yang disertakan dalam surat lamaran kerja. Nah, untuk yang memiliki penghasilan per tahunnya tidak melebih PTKP, Anda masih bisa mengajukan pendaftaran NPWP online maupun manual.

Berikut syarat lengkap pembuatan NPWP online:

  • Berusia 17 tahun ke atas dengan bukti KTP untuk WNI dan KIT atau KITAS untuk WNA atau berkas sejenis.
  • Untuk pekerja bebas atau wiraswasta, Surat Izin Usaha dan menandatangani pernyataan bermaterai yang menyebutkan bahwa wajib pajak benar-benar menjalankan usaha tersebut.
  • Untuk wajib pajak perempuan yang ingin memisahkan kewajiban pajak dengan suaminya. Harus disertai dengan salinan Kartu Keluarga dan surat perjanjian pemisahan kewajiban perpajakan suami dan istri.

Langkah-Langkah Mendaftar NPWP Online

Ikuti beberapa langkah berikut ini untuk melakukan pengajuan pendaftaran NPWP secara online:

  • Kunjungi laman DJP pada www.pajak.go.id dan masuk ke laman pendaftaran https://ereg.pajak.go.id/daftar.
  • Pilih menu E-Registration.
  • Buat akun pendaftaran dengan mengisi alamat email yang Anda gunakan, setelah selesai, periksa email Anda untuk melakukan verifikasi pendaftaran.
  • Isi formulir pendaftaran secara lengkap.
  • Kirim formulir tersebut lalu cetak formulir yang sudah dikirimkan secara online. Setelah melakukan pengiriman berkas, Anda akan mendapatkan surat keterangan terdaftar sementara.
  • Serahkan berkas fisik pendaftaran dan salinan dokumen yang diperlukan ke KPP tempat Anda terdaftar sementara. Penyerahan bisa dilakukan melalui layanan pengiriman dokumen.
  • Periksa status pendaftaran pada lama E-Registration. Jika diterima, kartu NPWP Anda akan dikirimkan ke alamat yang tercantum di formulir dalam kurun waktu kurang dari 14 hari.
  • Jika ditolak, maka Anda harus mengulang proses tersebut karena diindikasikan ada data yang diisikan secara tidak tepat.

Selain sederhana dan cepat, proses pendaftaran NPWP ini juga dapat dilakukan di mana saja. Sehingga Anda tidak perlu mendatangi KPP secara fisik. Melalui layanan online yang disediakan dan pengiriman dokumen, Anda bisa mendapatkan NPWP dalam waktu cepat, ringkas dan tidak perlu repot serta bebas biaya pendaftaran.

Baca Juga : 12 Syarat Penting Mengurus Penghapusan NPWP

Pendaftaran secara online menjadi upaya untuk menjaring lebih banyak wajib pajak baru. Pembuatan NPWP seringkali terhambat dengan ketiadaan waktu dan niat dari wajib pajak yang sebenarnya sudah memenuhi persyaratan kepemilikan NPWP. Maka dengan kanal online ini diharapkan setiap wajib pajak yang memenuhi syarat dapat segera mengajukan kepemilikan NPWP.

Jadilah wajib pajak yang taat pajak dengan membayar dan lapor pajak tepat waktu. Agar menjadi wajib pajak yang baik, gunakan KlikpajakKlikpajak merupakan mitra resmi DJP yang dapat mempermudah transaksi perpajakan Anda secara online dan praktis.

 


PUBLISHED10 Oct 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: