Ketahui Berita Acara Pembatalan Faktur Pajak, Seperti Apa? - Klikpajak

Ketahui Berita Acara Pembatalan Faktur Pajak, Seperti Apa?

Dalam perpajakan dikenal istilah faktur pajak. Pengusaha Kena Pajak (PKP) harus mengerti serta memahami tentang faktur pajak ini. Faktur Pajak adalah bukti pungutan pajak yang dibuat PKP atas penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) atau Jasa Kena Pajak (JKP). Dalam prosesnya mungkin saja terjadi pembatalan faktur pajak. Penyebab suatu faktur pajak yang telah diterbitkan dibatalkan karena kesalahan NPWP atau pembatalan transaksi jual beli. Saat akan mengurusnya, Anda wajib melampirkan Berita Acara Pembatalan Faktur Pajak.

Alasan Pembatalan Faktur Pajak Karena Transaksi yang Dibatalkan

Menurut PER–24/PJ/2012, satu dari dua alasan pembatalan faktur pajak adalah karena adanya pembatalan transaksi penyerahan Barang Kena Pajak atau Jasa Kena Pajak (BKP atau JKP) dimana faktur pajaknya telah diterbitkan. Sebagai Pengusaha Kena Pajak yang menerbitkan faktur pajak, Anda perlu memahami betul alasan pembatalan faktur pajak.

Apabila Anda berada di posisi PKP Penjual, ketika pembatalan dilakukan setelah melaporkan SPT Masa PPN Normal, maka akan terjadi kondisi lebih bayar yang dapat dikompensasikan ke masa pajak berikutnya. Sementara itu, apabila Anda berada di posisi PKP Pembeli, faktur pajak batal sama dengan kondisi SPT Masa PPN Kurang Bayar. Status Kurang Bayar menandakan terdapat pajak terutang yang terlebih dahulu harus dilunasi.

Alasan Pembatalan Faktur Pajak Karena Kesalahan dalam Pengisian

Alasan kedua faktur pajak dibatalkan adalah kesalahan dalam pengisian Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) lawan transaksi. PKP penjual atau pembeli perlu memperbaiki NPWP yaitu dengan cara membatalkan faktur pajak lama kemudian menerbitkan faktur pajak baru. Sebagaimana yang telah Anda pahami bahwa NPWP merupakan identitas wajib pajak yang memiliki fungsi sangat penting.

Apa itu Berita Acara Pembatalan Faktur Pajak?

Sewaktu Anda melakukan transaksi jual beli, Anda harus menerbitkan faktur pajak sebagai tanda bukti telah memungut pajak dari pembeli barang atau jasa kena pajak tersebut. Perlu diketahui bahwa barang atau jasa kena pajak yang diperjualbelikan, telah dikenai biaya pajak selain harga pokoknya. Faktur pajak dapat dibatalkan apabila terjadi dua penyebab utamanya, yaitu terdapat kesalahan NPWP atau transaksi jual beli dibatalkan.

Pembatalan faktur pajak wajib melampirkan dokumen pembatalan faktur pajak. Berita acara pembatalan faktur pajak merupakan salah satu dokumen yang wajib dilampirkan apabil hendak membatalkan faktur pajak. Dokumen pembatalan faktur pajak ini berfungsi sebagai bukti atas transaksi dimana faktur pajaknya telah dibatalkan dan akan diarsip atau disimpan.

Susunan dalam Berita Acara Pembatalan Faktur Pajak

Dalam penyusunan dokumen pembatalan faktur pajak ini, sebenarnya tidak didasarkan pada bentuk dan susunan yang pasti. Dokumen ini saat penyerahannya juga disertai dengan beberapa dokumen yang wajib dilampirkan. Dokumen pembatalan faktur pajak ini setidaknya harus berisikan:

  • Nama instansi atau perusahaan yang akan melakukan pembatalan faktur pajak atau pihak penjual disertai dengan alamat yang diletakkan pada bagian paling atas berita acara.
  • Kemudian diikuti dengan keterangan dokumen “Berita Acara Pembatalan Faktur Pajak” disertai dengan nomor berita acara.
  • Keterangan yang memuat nomor faktur, tanggal faktur, serta identitas yang mencakup Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), nama lengkap dan alamat.
  • Berita acara yang berisikan pembatalan faktur pajak ini juga berisi alasan pembatalan faktur pajak bersangkutan.

Persyaratan Bagi Pihak Penjual dan Pihak Pembeli

Syarat Bagi Pihak Pembeli

  • Pembeli wajib menyediakan dokumen yang menyatakan pembatalan transaksi.
  • Dokumen dapat berupa pembatalan kontrak kerja atau dokumen lainnya yang sejenis.

Syarat Bagi Pihak Penjual

  • Penjual wajib melaporkan pembatalan faktur pajak ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat penjual terdaftar.
  • Penjual diharuskan melampirkan faktur pajak yang dibatalkan dengan nilai sebesar Rp 0 dalam SPT Masa Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Jenis Faktur Pajak yang Dibatalkan

  • Retur Pajak Keluaran: untuk pembatalan e-Faktur Pembelian barang yang dikembalikan
  • Retur Pajak Masukan: untuk pembatalan e-Faktur Penjualan Barang yang dikembalikan

Klikpajakhadir sebagai solusi lapor pajak online melalui e-Filing pajak resmi dari Ditjen Pajak.  Klikpajak adalah aplikasi penyedia jasa elektronik SPT (e SPT) dan e Filing pajak online yang resmi dan telah disahkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sesuai Surat Keputusan Nomor KEP-193/ PJ/ 2015. Lapor SPT Tahunan Pribadi dan Badan Anda dengan mudah melalui eFiling Klikpajak. Sebelum pelaporan pajak badan tahunan berakhir pada 30 April nanti, segera penuhi segala kewajiban perpajakan Anda.

Hindari sanksi administrasi karena terlambat lapor. Simpan dengan baik kode EFIN Anda demi kelancaran pembayaran pelaporan perpajakan Anda. Daftar sekarang juga agar Anda bisa lapor SPT GRATIS selamanya tanpa dipungut biaya tambahan dan Anda akan memperoleh Bukti Lapor resmi seperti DJP Online.

Kategori : Perencanaan Pajak

PUBLISHED12 Sep 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: