Ini Dokumen Pendaftaran NPWP yang Diperlukan, Sudah Tahu? - Klikpajak

Ini Dokumen Pendaftaran NPWP yang Diperlukan, Sudah Tahu?

Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP, merupakan nomor seri dengan kode tertentu yang digunakan oleh kantor pajak untuk mengidentifikasi para Wajib Pajak. NPWP harus dimiliki oleh Wajib Pajak apabila telah memperoleh penghasilan dari usaha milik sendiri dengan syarat-syarat tertentu. Dengan adanya NPWP, Anda akan mendapat berbagai keuntungan dalam melakukan aktivitas perpajakan. Pemerintah bahkan memiliki layanan pembuatan NPWP online untuk memudahkan masyarakat dalam menyerahkan dokumen pendaftaran NPWP. Hal ini dilakukan mengingat pentingnya fungsi pajak bagi keberjalanan pemerintahan, dan dalam pemerataan pembangunan baik di tingkat nasional maupun daerah.

Apa Saja Dokumen Pendaftaran NPWP yang Perlu Dipersiapkan Perusahaan?

Berdasarkan informasi yang dimuat di situs resmi Dirjen Pajak Kementerian Keuangan, terdapat lima kriteria Wajib Pajak Badan yang masing-masing memiliki syarat yang berbeda-beda.

1. Wajib Pajak Badan yang Melakukan Investasi Dengan Kriteria Tertentu

  1. Fotokopi akta pendirian badan yang didirikan di Indonesia atau surat keterangan penunjukkan dari kantor pusat bagi usaha tetap;
  2. Fotokopi dokumen izin investasi yang diterbitkan oleh pejabat yang berwenang pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pusat di BKPM,  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi, DPMPTSP Kabupaten/Kota, PTSP KPBPB atau PTSP KEK;
  3. Fotokopi identitas salah satu pengurus atau pemegang saham, berupa:
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kartu NPWP pengurus atau pemegang saham dalam hal pemegang saham atau pengurus badan tersebut merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), atau;
  • Paspor dan Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) yang masih berlaku dalam hal pengurus atau pemegang saham merupakan Warga Negara Asing (WNA)

2. Wajib Pajak Badan yang Berorientasi Profit

  1. Fotokopi akta pendirian atau dokumen pendirian dan perubahannya bagi Wajib Pajak dalam negeri, atau;
  2. Fotokopi surat keterangan penunjukkan dari kantor pusat, bagi bentuk usaha tetap atau kantor perwakilan perusahaan asing;
  3. Dokumen yang menunjukkan identitas dari salah satu Badan. Yakni Fotokopi KTP dan kartu NPWP bagi WNI, serta Fotokopi paspor dan NPWP dalam hal bagi WNA yang terdaftar sebagai Wajib Pajak;
  4. Surat pernyataan bermaterai dari salah satu pengurus Wajib Pajak Badan yang menyatakan kegiatan usaha yang dilakukan dan tempat atau lokasi usaha tersebut dijalankan.

3. Wajib Pajak Badan yang Tidak Berorientasi Profit

  1. Dokumen yang menunjukkan identitas diri dari salah satu pengurus Badan, yakni fotokopi KTP jika pengurus adalah WNI, serta fotokopi paspor apabila pengurus adalah WNA.
  2. Surat pernyataan bermaterai dari salah satu pengurus Wajib Pajak Badan yang menyatakan kegiatan yang dilakukan dan tempat atau lokasi kegiatan tersebut dijalankan.

4. Wajib Pajak Badan Berbentuk Kerja Sama Operasi

  1. Fotokopi perjanjian kerja sama atau akta perjanjian sebagai bentuk kerja sama operasi.
  2. Fotokopi kartu NPWP masing-masing anggota bentuk kerja sama operasi yang diwajibkan memiliki NPWP
  3. Dokumen yang menunjukkan identitas diri salah satu pengurus perusahaan anggota bentuk kerja sama operasi. Bagi WNI yakni fotokopi KTP dan kartu NPWP, sedangkan bagi WNA adalah fotokopi paspor dan fotokopi kartu NPWP dalam hal WNA tersebut telah terdaftar sebagai Wajib Pajak.
  4. Surat keterangan bermaterai dari salah satu pengurus Wajib Pajak Badan yang menyatakan kegiatan usaha yang dilakukan dan tempat atau lokasi kegiatan usaha tersebut dijalankan.

5. Wajib Pajak Status Cabang dari Wajib Pajak Badan

  1. Fotokopi kartu NPWP pusat atau induk.
  2. Surat keterangan bermaterai dari pimpinan cabang yang menyatakan kegiatan usaha yang dilakukan dan tempat atau lokasi kegiatan usaha dijalankan.

Jika melihat poin satu sampai lima di atas, sebenarnya dokumen pendaftaran NPWP yang diperlukan cukup mudah dan sederhana. Ditambah lagi dengan adanya fasilitas pendaftaran NPWP online dari pemerintah yang semakin memudahkan kita dalam melakukan aktivitas perpajakan.


PUBLISHED06 Sep 2018
Anthony Kosasih
Anthony Kosasih

SHARE THIS ARTICLE: