Cara Lapor SPT Tahunan Badan serta Persiapan Dokumennya - Klikpajak

Cara Lapor SPT Tahunan Badan serta Persiapan Dokumennya

Lapor SPT Tahunan tidak hanya dilakukan oleh wajib pajak orang pribadi saja, namun juga wajib pajak badan. Cara lapor SPT Tahunan badan dapat dilakukan secara langsung dengan mendatangi KPP terdekat atau dengan bisa juga secara online

Pelaporan SPT Tahunan badan berisikan bukti pajak penghasilan (PPh) yang dipungut dari laba usaha badan. Batas penyampaian SPT Tahunan badan adalah tanggal 30 April setiap tahunnya.

Diimbau untuk jangan sampai terlambat dalam pelaporan SPT agar Anda tidak dikenakan sanksi berupa denda. 

Cara Lapor SPT Tahunan Badan Online 

E-SPT PPh Badan 2019, Ketahui Cara Pelaporannya!

Direktorat Jenderal Pajak telah menyediakan layanan e-Filing untuk mempermudah penyampaian SPT Tahunan badan. Anda dapat mengakses layanan e-Filing pada laman DJP online

Sebelum dapat menggunakan layanan e-Filing, Anda diwajibkan untuk memiliki nomor identitas untuk melakukan transaksi online

Anda dapat melaporkan SPT Tahunan badan secara online dengan layanan e-Filing KlikPajak. Cara lapor SPT Tahunan badan online dengan KlikPajak sangatlah mudah.

Tinggal upload CSV formulir SPT 1771 dan PDF yang dibutuhkan kemudian laporkan dengan mudah sesuai petunjuk di KlikPajak. 

Untuk mempermudah proses penyampaian SPT Tahunan badan, sebaiknya Anda siapkan beberapa dokumen yang nanti akan dibutuhkan. 

Note: Lapor SPT Tahunan bisa di mana saja ya! Jadi, Social Distancing Bukan Alasan Belum Lapor SPT Tahunan

Dokumen yang Perlu Dipersiapkan untuk Lapor SPT Tahunan Badan

Perlu diketahui, untuk mempermudah cara lapor SPT Tahunan badan, sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa dokumen berikut ini:

1. Formulir 1771

Pertama, Anda harus memiliki formulir SPT Tahunan badan 1771 pada software e-SPT dari DJP Online. Data dari formulir ini yang nantinya harus Anda laporkan pada saat login di portal e-Filing SPT Tahunan Badan. 

2. EFIN

EFIN adalah Electronic Filing Identification Number yang merupakan nomor identifikasi wajib pajak pada saat melakukan lapor pajak online. Untuk mendapatkan EFIN, Anda harus mendatangi KPP terdekat.

Dalam proses mengajukan EFIN di KPP, Anda perlu mempersiapkan dokumen-dokumen ini:

  • Formulir EFIN;
  • Fotokopi dan asli NPWP perusahaan;
  • Alamat email aktif.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk bisa mendapatkan EFIN:

  • Download formulir EFIN pada laman DJP Online;
  • Isi formulir, kemudian cetak dan bawa ke KPP tempat perusahaan Anda terdaftar;
  • Aktivasi EFIN pada laman DJP Online;
  • Masukkan NPWP perusahaan, EFIN, dan alamat email Anda;
  • Selanjutnya Anda akan memperoleh password sementara yang dikirimkan melalui email.

Setelah mendapatkan EFIN, jangan tunda pendaftaran karena nomor identitas ini hanya berlaku selama satu bulan setelah aktivasi.

3. Data Laporan Keuangan Perusahaan dan Bukti Potong PPh Badan

Untuk mempermudah cara lapor SPT Tahunan badan, Anda perlu mempersiapkan laporan keuangan berupa neraca dan laba rugi, termasuk laporan audit akuntan publik. Serta data pendukung lain seperti rekening koran/ tabungan perusahaan, akte perusahaan, lampiran SPT tahunan dan PPh badan, serta buku besar.

Dokumen yang berkaitan perpajakan seperti SPT Masa, bukti potong PPh 23 dan 22, serta bukti pembayaran atas Surat Tagihan Pajak (STP) jika ada. 

Pastikan Anda menyampaikan SPT Tahunan badan dengan formulir SPT 1771 secara tepat waktu. Nikmati berbagai fasilitas kemudahan dalam urusan perpajakan Anda bersama aplikasi pajak KlikPajak. 

KlikPajak adalah mitra resmi DJP yang akan membantu Anda menyampaikan semua jenis SPT. Setiap transaksi yang terjadi di KlikPajak adalah sah dan valid menurut hukum. 

Lapor SPT Pajak Anda Dengan Mudah Melalui eFiling

Laporkan SPT Badan tahunan Anda dengan eFiling Klikpajak. Upload CSV formulir SPT 1771 dan PDF yang dibutuhkan lalu laporkan dengan mudah di Klikpajak.

  • Bukti Lapor Resmi

Klikpajak merupakan mitra resmi DJP yang memberikan Bukti lapor (NTTE) resmi dari Ditjen Pajak Indonesia.

  • Gratis Lapor Selamanya

Laporkan seluruh jenis SPT Anda secara gratis selamanya melalui fitur eFiling di Klikpajak.

  • Proses Cepat dan Mudah

Proses lapor pajak yang cepat dan mudah, dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun dengan eFiling Klikpajak.

Gunakan eFiling Klikpajak dengan Gratis Selamanya

Kemudahan pelaporan pajak melalui eFiling Klikpajak, mitra resmi Ditjen Pajak Indonesia. Lakukan pembetulan jika dibutuhkan dan simpan seluruh arsip pelaporan pajak Anda di Arsip Klikpajak. Daftar Klikpajak sekarang juga.


PUBLISHED23 Jul 2020
Septina Muslimah
Septina Muslimah

SHARE THIS ARTICLE: