E-SPT PPh Badan

Lapor Semua Jenis PPh Badan di Aplikasi e-SPT PPh Badan Klikpajak by Mekari

Lapor PPh Mudah dan Cepat Pakai Aplikasi e-SPT PPh Badan Klikpajak by Mekari

Lapor SPT Pajak PPh Badan

E-SPT PPh Badan Klikpajak bisa melaporkan semua jenis pajak penghasilan, seperti PPh Pasal 4 ayat 2 (PPh Final), PPh Pasal 15, PPh Pasal 22 hingga PPh Pasal 23/26. Anda akan menerima Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) lengkap dengan Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE) resmi dari DJP.

Lapor SPT Tahunan Pribadi

Hanya dengan mendaftarkan NPWP dan EFIN di e-Filing Klikpajak, Anda bisas melaporkan SPT Tahunan online GRATIS. Klikpajak akan mengirimkan Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) SPT Tahunan PPh 21 langsung ke email Anda.


Image

Posting SPT PPh Badan Mudah

Membuat laporan PPh badan jadi mudah dengan langkah-langkah yang sistematis, mulai dari pengisian Laporan Keuangan, lampiran SPT PPh hingga menambahkan Surat Setoran Pajak (SSP).

Buat laporan pajak PPh badan lebih cepat melalui eSPT online Klikpajak jika ada kesalahan hitung dan perlu Pembetulan SPT. Anda bisa langsung membuat ID Billing di Klikpajak tanpa pindah platform.


Image

Kelola Pajak PPh Badan

Aplikasi eSPT PPh Badan Klikpajak dapat digunakan oleh berbagai industri bisnis untuk mengelola semua jenis pajak PPh Badan.


Image

Download Bukti Lapor SPT Resmi

Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) yang diterbitkan Klikpajak merupakan bukti lapor resmi dari Ditjen Pajak Indonesia. Anda bisa men-download BPE kapan pun. Riwayat pajak serta BPE juga bisa diakses dengan mudah melalui smartphone.

Apa itu e-Filing Pajak?

Fitur dari aplikasi pajak Klikpajak yang membantu dalam proses pelaporan SPT (Surat Pemberitahuan) pajak secara online.
Klikpajak dari Mekari adalah mitra resmi dari Ditjen Pajak yang diawasi secara langsung sehingga sangat aman dan juga akurat. Fitur e-Filing dari Klikpajak bisa Anda gunakan untuk melakukan lapor SPT Masa/Tahunan WP Badan maupun WP Pribadi.
Jadi, Anda dapat fokus dalam mengembangkan perusahaan Anda tanpa harus khawatir pajak terbengkalai! Klikpajak adalah solusi yang tepat untuk menjawab keresahan proses pelaporan yang ribet menjadi lebih mudah dan praktis.

Betul, Klikpajak adalah Aplikasi Pajak resmi yang sudah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk pelaporan dan pembuatan ID Billing. Jadi, bukti lapor/NTTE yang Anda dapatkan dari Klikpajak sudah resmi dari Ditjen Pajak

Formulir SPT 1771 adalah formulir SPT Tahunan Pajak Penghasilan yang digunakan oleh wajib pajak badan untuk melaporkan penghasilan, biaya, serta perhitungan PPh terutang dalam jangka waktu satu tahun pajak. Dalam formulir tersebut, WP Badan akan diminta untuk memberitahukan informasi sebagai berikut :

  • Identitas lengkap
  • Penghasilan kena pajak
  • PPh terutang
  • Kredit pajak
  • PPh kurang/lebih bayar
  • Angsuran PPh Pasal 25 tahun berjalan
  • Kompensasi kerugian fiskal
  • PPh final
  • Penghasilan lain yang bukan objek pajak

Berikut dokumen yang harus disiapkan saat melakukan pengisian SPT Tahunan Badan :

  • SPT Tahunan PPh Badan 1771
  • SPT Masa PPN, yang didalamnya termasuk faktur masukan dan faktur keluaran pada satu tahun pajak tersebut.

Pelaporan SPT Tahunan Badan dapat dilakukan dengan menggunakan layanan e-Filling. Sebelum menggunakan e-Filling, anda diharuskan untuk memiliki nomor EFIN.
Setelah itu, anda harus menyiapkan formulir terkait seperti SPT formulir 1771, nomor EFIN, dan formulir pendukung lainnya.

Jika dokumen telah siap, anda bisa melaporkan SPT Tahunan Badan menggunakan layanan e-Filling di Klikpajak. (Baca selengkapnya di Pelaporan SPT Tahunan Badan)

Menurut Peraturan Menteri Keuangan Nomor 243/PMK.03/2014, SPT Tahunan merupakan Surat Pemberitahuan Tahunan untuk suatu tahun pajak atau bagian tahun pajak.
Sedangkan, SPT Masa adalah SPT untuk suatu masa pajak. Masa pajak diatur pada UU No 28 tahun 2007 mengenai ketentuan umum dan tata cara pelaporannya.

Berikut perbedaan SPT Tahunan dan SPT Masa :

  • Formulir yang digunakan
    Formulir yang digunakan sebagai dokumen pelaporan berbeda-beda tergantung jenis SPT nya. Untuk SPT Tahunan pribadi, dibagi menjadi tiga jenis formulir yaitu SPT 1770, 1770 S, dan 1770 SS.
    Sedangkan untuk formulir SPT Masa, formatnya berbeda-beda tergantung pada objek dan tarif pajaknya. SPT Masa harus melampirkan bukti potong.
  • Jenis
    SPT Tahunan hanya dibagi menjadi SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi dan Badan. Sedangkan jenis pajak yang harus dilaporkan pada SPT Masa, terdiri dari :
    – Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21
    – PPh Pasal 22
    – PPh Pasal 23
    – PPh Pasal 25
    – PPh Pasal 26
    – PPh Pasal 4 Ayat (2)
    – PPh Pasal 15
    – Pajak Pertambahan Nilai (PPN)
  • Batas pelaporan
    SPT Tahunan dilaporkan satu kali dalam setahun. Untuk pelaporan SPT Tahunan Pribadi, paling lama 3 bulan setelah akhir tahun pajak (31 Maret). Dan SPT Tahunan Wajib Pajak Badan dilaporkan paling lama 4 bulan setelah akhir tahun pajak (30 April).
    Sedangkan SPT Masa harus dilaporkan setiap bulan sekali. Pelaporan SPT Masa, paling lama setiap tanggal 20 pada bulan berjalan.
  • Denda terlambat lapor
    Untuk SPT Tahunan Pribadi, jika terlambat lapor maka akan dikenakan denda sebesar Rp 100.000. Dan bagi wajib pajak badan akan dikenakan denda sebesar Rp 1.000.000 jika terlambat lapor.
    Sedangkan untuk SPT Masa, jika terlambat lapor maka akan dikenakan sanksi administrasi sebesar Rp 500.000 untuk SPT Masa PPN. Untuk SPT Masa lainnya, seperti PPh 21 akan dikenakan sebesar Rp 100.000. Adapun denda telat bayar dikenakan sebesar 2% per bulan dari pajak yang belum dibayarkan.

Bergabunglah dengan puluhan ribu pengguna Klikpajak

Klikpajak menghadirkan solusi terbaik untuk menjadikan urusan perpajakan Anda lebih mudah, aman dan terintegrasi.

“Terima kasih Klikpajak sudah memermudah pelaporan SPT pajak baik masa dan tahunan. Klikpajak sangat membantu sekali untuk WP dalam melaporkan pajaknya. Dan yang paling asyik lagi semua Team Klikpajak sangat suport dan cepat respon apabila ada kendala. Kami dari RS Pertamina Jaya - PT. Pertamina Bina Medika IHC sangat terbantu.
 
“Dengan Klikpajak saya jadi lebih mudah untuk melakukan pelaporan pajak tanpa menghabiskan waktu banyak untuk lapor manual ke KPP sehingga mempermudah perkerjaan menjadi lebih singkat”
“Pelaporan pajak jadi lebih praktis dengan penggunaan yang mudah, terlebih lagi sudah terintegrasi dengan DJP, sangat membantu urusan perpajakan bisnis kami.”
“Saya terbantu dengan adanya e-filling melalui klikpajak karena sudah terintegrasi dengan DJP sehingga bukti lapor resmi dan riwayat lapor juga terekam, bisa menghemat waktu pekerjaan perpajakan saya.”