Cara Lapor SPT Tahunan Badan Online Mudah di Klikpajak

Cara Lapor SPT Tahunan Badan Online Mudah di Klikpajak

Surat Pemberitahuan (SPT) pajak penghasilan tidak hanya disampaikan oleh wajib pajak pribadi, tapi juga wajib pajak badan. Seperti apa cara lapor SPT Tahunan Badan online yang mudah? Bisa dilakukan di aplikasi pajak online Klikpajak.

Seiring dengan semakin majunya inovasi teknologi, pelaporan SPT Tahunan Badan dapat dilakukan dengan mudah secara daring. Penyampaikan SPT dilakukan melalui sistem e-filing yang tersedia  di situs Direktorat Jenderal Pajak (DJP) atau Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau Application Service Provider (ASP) mitra resmi DJP, yakni Klikpajak.

Metode ini jauh lebih efektif dan efisien ketimbang cara manual, yakni mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat. Seperti apa cara lapor SPT Tahunan Badan online di Klikpajak ini? Simak ulasan Klikpajak by Mekari berikut.

Mengenal SPT Tahunan Badan

SPT Tahunan Badan merupakan formulir yang umumnya digunakan oleh wajib pajak badan untuk melaporkan pajak, objek/bukan objek pajak dan harta secara tahunan.

Wajib pajak badan yang dimaksud di sini adalah subjek pajak badan yang ada di dalam negeri dan telah memenuhi kualifikasi objektif berdasarkan Undang-Undang terkait perpajakan.

Wajib pajak badan yang sah ini meliputi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Yayasan, Firma, Persekutuan Komanditer (CV/Commanditaire Vennotschap), Perseroan Terbatas (PT) dan lain lainnya.

Jenis formulir yang digunakan perusahaan untuk melaporkan SPT Tahunan adalah formulir 1771. Tenggat waktu pelaporan SPT Tahunan ini pada tanggal 30 April setiap tahunnya.

Namun, wajib pajak badan harus melaporkan SPT Tahunan tepat waktu. Jika tidak, akan dikenakan sanksi berupa denda sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk memudahkan pelaporan SPT tahunan, DJP telah menyediakan layanan e-Filing yang dapat diakses di laman DJP Online.

Jenis Formulir SPT tahunan yang Wajib Anda TahuIlustrasi SPT Pajak

Persiapan Lapor SPT Tahunan Badan

Sebelum melaporkan SPT Tahunan Badan, wajib pajak perlu mempersiapkan beberapa hal agar proses pelaporan berjalan lancar dan cepat. Apa saja yang perlu disiapkan dalam pelaporan SPT Pajak?

Memiliki Nomor EFIN

Setiap wajib pajak yang melaporkan SPT Tahunan melalui e-Filing diwajibkan untuk memiliki nomor EFIN (Electronic Filing Identification Number) adalah nomor identifikasi wajib pajak yang diterbitkan oleh DJP pada saat melakukan lapor pajak online.

Proses pengajuan nomor EFIN dapat dilakukan dengan mendatangi KPP terdekat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Download formulir EFIN pada laman DJP Online
  • Isi formulir, kemudian cetak dan bawa ke KPP tempat perusahaan Anda terdaftar
  • Aktivasi EFIN pada laman DJP Online
  • Masukkan NPWP perusahaan, EFIN, dan alamat email Anda
  • Selanjutnya Anda akan memperoleh password sementara yang dikirimkan melalui email

Note: Makin mudah dan simpel karena inovasi DJP yakni OTP Akan Diluncurkan, Solusi bagi Wajib Pajak yang Lupa EFIN

Mengisi Formulir SPT Tahunan 1771

Wajib pajak badan harus mengisi formulir SPT Tahunan badan 1771 menggunakan software e-SPT dari DJP Online. Formulir yang berisi data itulah yang nantinya harus dilaporkan melalui e-filing SPT Tahunan Badan.

Note: Langkah-langkah mengisi formulir SPT Tahunan Badan 1771 selengkapnya bisa dilihat di SINI.

Menyampaikan Laporan Keuangan Perusahaan dan Bukti Potong PPh Badan

Selain kedua dokumen di atas, agar dapat melapor SPT Tahunan badan, wajib pajak badan harus menyampaikan laporan keuangan yang berupa neraca serta laba rugi, tak terkecualikan laporan audit akuntan publik. Rekening koran, akte perusahaan, lampiran SPT Tahunan atau bukti potong PPh badan, buku besar dan bukti pelunasan SPT kurang bayar (apabila ada) juga perlu dilaporkan.

Contoh fitur aplikasi e-Filing Klikpajak

Mengapa Pilih Klikpajak untuk Lapor SPT Tahunan?

“Klikpajak memiliki fitur lengkap sebagai aplikasi pajak online yang membantu mempermudah urusan perpajakan bagi Anda para pelaku usaha, konsultan pajak, maupun bagi Anda yang bekerja sebagai tax officer di perusahaan.”

Anda bisa membuat ID Billing sebagai syarat untuk membayar pajak ini melalui fitur e-Billing. Klikpajak dapat menerbitkan ID Billing untuk semua jenis Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS) dengan mudah dan gratis.

Arsip riwayat Surat Setoran Pajak (SSP) dan ID Billing juga tersimpan aman sesuai dengan jenis dan masa pajak yang diinginkan.

Pelaporan SPT Tahunan Badan yang lebih mudah dan praktis dapat Anda dilakukan dengan Klikpajak.id. Klikpajak merupakan mitra resmi DJP yang menawarkan berbagai solusi cerdas untuk mempercepat proses penghitungan, pembayaran dan pelaporan pajak.

Melalui fitur e-Filing dari Klikpajak, Anda dapat melaporkan seluruh jenis SPT Tahunan termasuk SPT Tahunan Orang Pribadi dan SPT Tahunan/Masa Badan secara gratis. Selain itu, tidak perlu khawatir, Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE) yang diberikan Klikpajak juga resmi dari DJP. 

Prosesnya yang fleksibel memungkinkan pelaporan SPT Tahunan melalui Klikpajak dapat diakses kapan pun dan di mana saja asalkan tersambung dengan koneksi internet. Data-data terkait perpajakan juga dapat tersimpan dengan aman di aplikasi online berbasis cloud ini.

Anda dapat nyaman menggunakan aplikasi Klikpajak karena keamanan dan kerahasiaan data terjamin, karena Klikpajak bersertifikat ISO 27001 dari Badan Standar ISO yang menjamin standar keamanan sistem teknologi informasi.

Contoh fitur bukti pemotongan PPh Pasal 23/26 di e-Bupot Klikpajak

Lengkap dengan e-Faktur dan e-Bupot

Klikpajak juga memungkinkan Anda jadi lebih mudah mengelola administrasi perpajakan perusahaan melalui fitur e-Faktur Klikpajak yang memudahkan Anda untuk membuat dan mengelola:

  • Faktur Pajak Masukan
  • Faktur Pajak Keluaran
  • hingga Faktur Pajak Retur

Klikpajak dilengkapi fitur e-Bupot yang memudahkan Anda menerbitkan Bukti Potong dan mengelola bukti pemotongan dalam jumlah banyak lebih mudah. Karena alur yang efisien dan ramah penggunaan (user friendly).

Note: Seperti diketahui, pembuatan Bukti Potong PPh Pasal 23/26 wajib menggunakan e-Bupot yang berlaku mulai 1 Agustus 2020 yang ditetapkan dalam Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-269/PJ/2020.

Kelebihan lain Klikpajak adalah bisa menarik data langsung dari laporan keuangan pengguna aplikasi akuntansi online seperti Jurnal by Mekari – Simple Online Accounting Software.

Ini adalah teknologi canggih berbasis API integration yang membuat proses pengolahan data pajak dari bagian accounting (keuangan) lebih cepat dan mudah. Sehingga proses pengelolaan pajak jadi makin gampang dan tepat hanya dengan Klikpajak.

Sanksi Telat Lapor SPT

Hindari sanksi atau denda telat bayar dan lapor pajak, lebih mudah lihat semua jadwal pembayaran dan pelaporan pajak pada kalender saku di Kalender Pajak Klikpajak

Ingin melihat bagaimana Klikpajak dapat membantu bisnis Anda dalam membuat Faktur Pajak secara efektif yang dapat menghemat banyak waktu Anda? Kami senang berbicara dengan Anda. Jadwalkan demo dan kami dapat menunjukkan caranya.

Cukup daftarkan email Anda di www.klikpajak.id dan manfaatkan kemudahan dalam mengurus perpajakan Anda mulai dari menghitung, membayar hingga melaporkan pajak hanya dalam satu platform.


PUBLISHED13 Aug 2020
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: