Cara Mudah Membuat NPWP Online 2018 dan Keuntungannya

Cara Mudah Membuat NPWP Online dan Keuntungan yang Bisa Anda Dapatkan!

Nomor Pajak Wajib Pajak atau yang biasa disingkat dengan NPWP ternyata bisa dibuat secara online. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum menyadari adanya kemudahan dalam membuat NPWP online ini. Sehingga cara konvensional pembuatan langsung di kantor pajak masih menjadi pilihan membuat NPWP yang paling populer. Padahal, mengurusnya secara online akan memberikan Anda banyak keuntungan lho.

Syarat & Cara Membuat NPWP Secara Online

Sebelum melakukan pembuatan NPWP secara online, Anda perlu mengetahui persayaratan apa saja yang dibutuhkan. Setelah mengetahui dan menyiapkan segala persayaratannya, Anda bisa melakukan pembuatan NPWP online dengan lancar tanpa ada persyaratan yang terlewat. Tetapi, untuk pembuatan NPWP online ini hanya bisa dilakukan khusus pembuatan NPWP ribadi saja, seperti NPWP PNS atau ASN, NPWP Karyawan, dan NPWP Wiraswasta. Sementara, untuk membuat NPWP perusahaan, belum disediakan layanan online. Berikut syarat-syarat pembuatan NPWP pribadi secara online yang harus Anda ketahui.

  1. Surat Keterangan Kerja yang bisa Anda minta dari tempat Anda bekerja
  2. Email yang masih aktif
  3. Scan KTP
  4. Scan SK PNS, jika Anda berprofesi sebagai PNS atau ASN
  5. Surat Keterangan Usaha atau SIUP, jika Anda adalah pengusaha atau wiraswasta

Jika semua berkas persyaratan telah Anda siapkan, pembuatan NPWP online bisa dilakukan. Untuk memulai pembuatan NPWP secara online, ada 3 tahapan penting yang harus Anda lakukan.

  1. Pertama, Anda diharuskan untuk melakukan pendaftaran akun NPWP pada portal online. Jika Anda sudah berhasil menyelesaikan pendaftaran akun tersebut, lanjutkan dengan pengisian formulir.
  2. Tahap kedua adalah pengisian formulir NPWP online. Isi dan lengkapi formulir NPWP online yang telah disediakan.
  3. Tahap terakhir, lakukan penyelesaian dengan pengajuan formulir NPWP online yang telah Anda isi tadi.

Melalui 3 langkah pembuatan NPWP online tersebut, tidak lama lagi NPWP Anda akan segera di tangan.

Keuntungan Membuat NPWP Online

Ketersediaan layanan online untuk pembuatan Nomor Pajak Wajib Pajak memberikan kemudahan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan administrasi. Selain praktis dan cepat, berikut keuntungan yang Anda dapatkan dari membuat NPWP secara online.

a. Pembuatan NPWP online bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja

Melakukan pembuatan NPWP secara online merupakan pilihan yang tepat. Karena, bagi Anda yang memiliki pekerjaan atau tanggung jawab lain yang meminta harus segera diselesaikan, Anda bisa tetap fokus pada pekerjaan. Sembari mencicil syarat- syarat dari tempat Anda bekerja atau dari rumah, tentu saja tidak akan mengganggu prioritas kegiatan Anda. Kemudian, pembuatan secara online juga dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun Anda berada. Jadi, cara ini pastinya akan memudahkan Anda untuk bisa segera memiliki NPWP.

b. Mudah dan cepat

Pembuatan NPWP online sangatlah mudah. Selain itu, membuat NPWP online juga tidak membutuhkan waktu yang lama dan proses yang berkepanjangan. Berbeda dengan cara pembuatan NPWP secara manual, yang mengharuskan Anda datang langsung ke kantor pajak, serta harus mengantre. Dengan melakukannya secara online, Anda hanya akan berhadapan dengan komputer. Kadang, jika mengurusnya secara manual Anda harus menghadapi petugas yang menginginkan ini itu dan bahkan tidak jarang terjadi penolakan.

c. Hemat waktu dan tenaga

Anda tidak perlu melakukan cuti atau mengosongkan waktu khusus untuk membuat NPWP. Sebab, pembuatan melalui layanan online bisa Anda lakukan di tengah-tengah kesibukan sekalipun, asal syarat administrasi sudah Anda siapkan terlebih dahulu. Sehingga Anda bisa mengoptimalkan waktu untuk kepentingan yang lain. Selain hemat waktu, membuat NPWP online juga hemat tenaga. Anda tidak perlu berkendara dari rumah atau dari tempat Anda bekerja ke kantor pajak, yang mungkin jaraknya tidak dekat.

Itulah penjelasan tentang cara membuat NPWP online 2018 dan keuntungannya. Cara tersebut menunjukkan kepada Anda akan betapa mudahnya membuat NPWP di zaman sekarang. Anda tidak perlu khawatir lagi dan merasa sulit untuk mengurusnya. Jadi, segera buat NPWP Anda sekarang juga secara online dan jadilah warga Negara yang taat pajak.


PUBLISHED18 Jul 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: