Ketentuan Agar Tidak Terjadi Kesalahaan Saat Buat NPWP Online

Ketentuan yang Harus Anda Ketahui Agar Tidak Terjadi Kesalahaan Saat Buat NPWP Online

Setiap warga negara Indonesia yang telah berpenghasilan diwajibkan oleh negara untuk memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Terlebih, jika Anda memiliki Badan Usaha yang sedang melakukan kegiatan operasional. Karena, NPWP berperan sebagai salah satu syarat untuk melaksanakan aktivitas perpajakan seperti pengisian e-Filling dan pembayaran pajak. Pembuatan NPWP saat ini sudah bisa dilakukan secara online dari mana saja dan kapan saja. Namun, dalam pemanfaatan layanan buat NPWP online, masyarakat sering mengeluh tentang permasalahan yang terjadi dalam prosesnya. Maka dari itu, dalam artikel ini akan dibahas secara khusus tentang solusi dalam menghadapi kesalahan yang mungkin terjadi ketika sedang membuat NPWP online.

Ketentuan Buat NPWP Online

Kesalahan dalam pembuatan NPWP online biasanya terjadi karena wajib pajak belum mengetahui ketentuan atau cara dalam melakukan aktivitas perpajakan. Maka dari itu, Anda harus memahami hal-hal berikut agar dapat menghindari kesalahan dalam membuat NPWP Online.

  1. Untuk pembuatan atau aktivasi EFIN, hanya bisa Anda lakukan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat bagi Wajib Pajak Orang Pribadi, dan di KPP terdaftar untuk Wajib Pajak Badan.
  2. EFIN tidak dapat dibuat maupun diaktivasi secara online dikarenakan untuk memastikan keamanan data wajib pajak.
  3. Berdasarkan PER-41/PJ/2015, permohonan aktivasi EFIN dilakukan oleh Wajib Pajak sendiri, dan tidak diperkenankan untuk dikuasakan kepada pihak lain.
  4. Berdasarkan PER-41/PJ/2015, permohonan EFIN dapat dilakukan secara langsung di Kantor Pelayanan Pajak oleh yang bersangkutan. Jika tidak bisa membuat EFIN, pelaporan SPT bisa dikirim melalui Pos.
  5. Untuk melaporkan SPT Tahunan, Anda dapat menggunakan Formulir 1770. Bagi Anda yang Wajib Pajak tidak memiliki penghasilan, Anda bisa melampirkan Surat Pernyataan tidak memiliki penghasilan.
  6. Lakukan konfirmasi ke KPP Pemroses untuk informasi pengiriman NPWP.
  7. Pendaftaran NPWP bisa melalui e-registration, kemudian NPWP sementara harus dikonfirmasikan dengan KPP terdaftar. Jika pendaftaran NPWP online disetujui, maka Anda akan langsung mendapatkan NPWP tetap melalui email dan kartu fisik akan dikirimkan melalui pos.
  8. Pendaftaran NPWP langsung secara online dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja.
  9. Pendaftaran NPWP Pribadi tidak dapat dikuasakan, namun dapat diwakilkan dalam pengurusannya.
  10. Untuk NPWP pusat hanya diisi jika permohonan NPWP merupakan NPWP cabang usaha. Hal ini dikarenakan Anda memilih melakukan kegiatan usaha, untuk itu wajib melampirkan keterangan yang bisa Anda dapatkan dari Dinas Perizinan atau kepala daerah setempat.
  11. Pengurusan percetakan ulang NPWP yang hilang boleh diwakilkan atau tidak tergantung kebijakan KPP setempat.
  12. Berdasarkan ketentuan Pasal 2 UU KUP, Anda seharusnya baru mendaftarkan diri setelah memiliki penghasilan, jadi tidak mungkin NPWP digunakan sebagai syarat melamar kerja. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan sumber penghasilan lain yang diperoleh, semisal hibah atau warisan.
  13. Dalam membuat NPWP secara EREG pada pilihan sumber penghasilan lain biasanya tidak perlu mengunggah dokumen lain selain KTP, dokumen hanya diperlukan ketika memilih penghasilan dari usaha atau pekerjaan bebas
  14. Jika Anda sudah mendaftar NPWP online, akan tetapi ditolak dengan alasan Nomor Induk Kependudukan (NIK) tidak terdaftar di Kementerian Dalam Negeri, maka Anda harus menghubungi dahulu kantor catatan sipil setempat untuk konfirmasi NIK. Karena terdapat kemungkinan data NIK yang berbeda.

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) wajib dimiliki oleh setiap wajib pajak, karena NPWP menjadi persyaratan utama dalam pengisian e-Filing pajak. Sementara untuk mengajukan pembuatan e-FIN, wajib pajak harus melakukan permohonan sendiri tanpa perwakilan.

Demikian penjelasan tentang ketentuan yang harus Anda ketahui agar tidak terjadi kesalahan saat buat NPWP online. Lebih jauh mengenai perpajakan terkait dapat Anda akses di Klikpajak. Tidak hanya perpajakan badan usaha, namun Anda juga bisa mendapatkan bukti lapor resmi secara gratis. Coba sekarang di sini!


PUBLISHED13 Feb 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: