Tutorial Lengkap Daftar NPWP Elektronik via Online dan Offline

Tutorial Lengkap Daftar NPWP Elektronik via Online dan Offline

Sebagian besar dari kita pasti pernah mendengar istilah NPWP, termasuk mengetahui fungsi utama NPWP yakni sebagai tanda pengenal atau identitas setiap Wajib Pajak dalam melakukan aktivitas perpajakan. Seperti halnya Kartu Tanda Penduduk (KTP), NPWP juga memiliki kode nomor unik yang berbeda-beda antara Wajib Pajak yang satu dengan yang lainnya. Dengan memiliki NPWP elektronik kita semakin mudah dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan, serta mendapat keuntungan lainnya, seperti dalam layanan publik tertentu.

Membuat NPWP Elektronik via Online

1. Mendaftarkan Akun

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka website resmi dari Dirjen Pajak, yakni ereg.pajak.go.id.
  2. Berikutnya adalah melakukan pendaftaran akun dengan klik “daftar”, tujuannya agar Anda memiliki akun di website tersebut.
  3. Isilah data dengan benar seperti nama, email, kata sandi, dan seterusnya. Setelah semuanya terisi, klik “save” untuk menyimpan data.
  4. Aktifkan akun Anda dengan cara membuka kotak masuk email yang sebelumnya didaftarkan di website ereg.pajak.go.id. Buka email masuk dari Dirjen Pajak, kemudian ikuti petunjuk yang tertera di email tersebut.

2. Mengisi Formulir Pendaftaran

Selamat, hingga tahap ini akun Anda telah berhasil diaktifkan. Langkah berikutnya adalah:

  1. Melakukan login di ereg.pajak.go.id dengan menggunakan email dan password yang telah didaftarkan.
  2. Setelah login berhasil, Anda akan diminta untuk mengisi formulir registrasi Wajib Pajak untuk memulai proses pembuatan NPWP. Pastikan isi semua data dengan benar pada form yang tersedia.
  3. Jika data yang dimasukkan sudah benar, akan muncul surat keterangan bahwa Anda telah terdaftar sementara.
  4. Setelah semua data pada form terisi lengkap, klik “daftar” untuk mengirimkan formulir registrasi Wajib Pajak secara online ke Kantor Pelayanan Pajak di tempat Wajib Pajak terdaftar.

3. Cetak dan Tanda Tangan

  1. Selanjutnya Anda harus mencetak dokumen yang tampak pada layar komputer, yaitu formulir registrasi Wajib Pajak dan Surat Keterangan Terdaftar Sementara.
  2. Tandatangani formulir registrasi yang telah dicetak.

4. Kirim Formulir Wajib Pajak ke KPP

  1. Siapkan berkas-berkas yang akan di-scan, di antaranya adalah formulir registrasi Wajib Pajak yang telah ditandatangani, Surat Keterangan Terdaftar sementara, serta dokumen pendukung lain yang diperlukan.
  2. Setelah semua dokumen di-scan, unggah semua dokumen tersebut melalui website e-registrasi di atas.

5. NPWP Elektronik Akan Dikirim ke Alamat Anda

Setelah mengunggah semua dokumen, Anda dapat memeriksa status perkembangan pendaftaran NPWP melalui riwayat pendaftaran di website resminya, atau melalui email yang sudah Anda daftarkan sebelumnya. Jika statusnya ditolak, artinya ada beberapa dokumen yang harus Anda perbaiki. Jika disetujui, artinya kartu NPWP akan segera dikirim melalui Pos Tercatat.

Membuat NPWP Elektronik via Offline

Bagi Anda yang merasa kurang nyaman dengan pendaftaran NPWP via online, masih ada jalan lain yaitu secara konvensional atau offline. Langkah-langkah yang harus dilakukan pun cukup mudah. Berikut apa-apa saja yang harus Anda lakukan untuk mendaftar NPWP secara offline:

1. Mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP)

  1. Anda bisa datang langsung ke KPP terdekat dari domisili perusahaan dengan membawa berkas persyaratan yang dibutuhkan.
  2. Semua dokumen persyaratan difotokopi. Jangan lupa untuk menyertakan formulir pendaftaran Wajib Pajak yang sudah diisi, lalu tandatangani. Formulir ini bisa Anda peroleh dari petugas pendaftaran di KPP.
  3. Selanjutnya serahkan seluruh berkas ke petugas pendaftaran. Anda akan mendapatkan tanda terima pendaftaran Wajib Pajak yang menunjukkan bahwa perusahaan Anda telah didaftarkan untuk mendapatkan NPWP Badan atau Perusahaan.

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kartu NPWP kurang lebih satu hari kerja tanpa dikenai biaya sepeserpun. Kartu NPWP dan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) akan dikirim melalui Pos Tercatat setelah satu hari kerja, atau di tempat-tempat tertentu bahkan langsung bisa diambil pada hari yang sama.

2. Melalui Jasa Pos atau Ekspedisi

Metode ini bisa Anda pilih jika lokasi KPP terlalu jauh dari tempat Anda menjalankan usaha. Anda cukup mendatangi kantor pos atau jasa ekspedisi terdekat, di sana Anda hanya perlu mengisi formulir pendaftaran sekaligus mengirimkannya ke KPP dengan melampirkan dokumen persyaratan yang telah Anda siapkan sebelumnya.

Berdasarkan pemaparan di atas, pendaftaran NPWP dapat dikatakan cukup mudah dan tidak memakan banyak waktu. Baik NPWP elektronik maupun offline, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


PUBLISHED07 Sep 2018
Anthony Kosasih
Anthony Kosasih

SHARE THIS ARTICLE: