E-Nofa Online, Permohonan Nomor Seri Faktur Pajak Menjadi lebih Praktis

Lewat E Nofa Online Permohonan NSFP Menjadi Lebih Praktis

E Nofa merupakan layanan yang dapat Anda manfaatkan untuk mengajukan permohonan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) online. Layanan tersebut dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dengan tujuan memberikan kemudahan Pengusaha Kena Pajak (PKP) dalam meminta NSFP. Sebab sebelum adanya e-Nofa, permintaan Nomor Seri Faktur Pajak masih dilakukan secara manual.

Dasar Hukum e-Nofa

  • Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-17/PJ/2014 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-24/PJ/2012 tentang Bentuk, Ukuran, Tata Cara Pengisian Keterangan Prosedur Pemberitahuan dalam Rangka Pembuatan, Tata Cara Pembetulan atau Penggantian, dan Tata Cara Pembuatan Faktur Pajak.
  • PER-17/PJ/2014 telah mengubah dua pasal dalam PER-24/PJ/2012 mengenai tata cara permohonan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) online serta permohonan kode aktivasi dan password untuk Pengusaha Kena Pajak (PKP).

Baca juga: Cara Meminta Nomor Seri Faktur Pajak Online melalui e-Nofa

Prosedur Permohonan NSFP Online

PER-17/PJ/2014 merupakan hasil perubahan dari Pasal 9 dalam PER-24/PJ/2012 yang mengatur proses permohonan Nomor Seri Faktur Pajak online, terkait dengan prosedur permintaan serta penggantian Nomor Seri Faktur Pajak adalah sebagai berikut:

  1. Pengusaha Kena Pajak wajib melakukan permohonan Nomor Seri Faktur Pajak. Permintaan dapat dilakukan dengan mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat pengukuhan Pengusaha Kena Pajak. Selain itu, permintaan NSFP dapat pula dilakukan melalui laman resmi Direktorat Jenderal Pajak atau biasa dikenal dengan e-Nofa online.
  2. Tata Cara Permohonan Nomor Seri Faktur Pajak dapat dilakukan melalui Kantor Pelayanan Pajak yang menjadi tempat pengukuhan Pengusaha Kena Pajak. Anda dapat melakukan permohonan dengan menyiapkan surat permohonan Nomor Seri Faktur Pajak. Jika ingin menggunakan cara yang lain yang lebih praktis, Anda dapat memanfaatkan layanan e Nofa online atau situs yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak.
  3. Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) hanya dapat diberikan kepada PKP dengan kualifikasi persyaratan yang telah ditentukan sebagai berikut:
  • Memiliki kode aktivasi dan password
  • Sudah melakukan aktivasi akun Pengusaha Kena Pajak
  • Pengusaha Kena Pajak (PKP) telah melaporkan SPT Masa PPN pada tiga masa pajak terakhir yang dinyatakan jatuh tempo secara berturut-turut pada saat di mana Pengusaha Kena Pajak melakukan pengajuan Nomor Seri Faktur Pajak.

Segala bentuk peraturan pemerintah yang berhubungan dengan kebijakan perpajakan turut diikuti dengan pembaruan layanan perpajakan online, termasuk aplikasi e-Faktur. Aplikasi pajak online terintegrasi dalam satu layanan yaitu Aplikasi pajak online. Aplikasi pajak online dapat mempermudah Anda dalam menyelesaikan urusan perpajakan seperti melakukan perhitungan, penyetoran, serta pelaporan pajak pribadi dan badan secara otomatis. Melalui aplikasi perpajakan online, Anda dapat memenuhi kewajiban perpajakan Anda dengan mudah, cepat, dan gratis.

Baca juga: e-Nofa Dan Solusi Error Permintaan NSFP Elektronik

Permohonan Kode Aktivasi dan Password serta Sertifikat Elektronik Bagi Pengusaha Kena Pajak

Ketika Anda akan menggunakan layanan DJP, e Nofa online atau aplikasi e-Faktur, terlebih dahulu miliki kode aktivasi, password, dan sertifikat elektonik yang dapat diajukan ke Kantor Pelayanan Pajak tempat PKP dikukuhkan. Permohonan kode aktivasi, password dan sertifikat elektronik bagi Pengusaha Kena Pajak telah dimuat dalam Pasal 9A PER-17/PJ/2014.

  • Kode Aktivasi dan Password

Pengusaha Kena Pajak harus menyiapkan kelengkapan berikut ini ketika akan melakukan permohonan kode aktivasi dan password:

  • Surat Permohonan yang telah ditandatangani sebelum diajukan ke Kantor Pelayanan Pajak. Penandatanganan Surat Permohonan dapat dilakukan oleh pihak ketiga dengan menyertakan surat kuasa.
  • Selain itu, kartu identitas asli juga diperlukan PKP sebagai syarat administrasi di Kantor Pelayanan Pajak.

Aktivasi akun layanan perpajakan online oleh PKP harus dilakukan terlebih dahulu dengan mendatangi langsung KPP tempat Pengusaha Kena Pajak dikukuhkan. Aktivasi akun dapat juga dilakukan melalui laman resmi Direktorat Jenderal Pajak.

  • Sertifikat Elektronik

Sertifikat elektronik pajak adalah sertifikat yang bersifat elektronik yang memuat tanda tangan elektronik dan identitas yang menujukkan status subjek hukum para pihak dalam Transaksi Elektronik yang dikeluarkan oleh penyelenggara sertifikasi elektronik. Sertifikat elektronik pajak berisikan tanda tangan digital beserta identitas wajib pajak yang resmi dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Anda dapat langsung mengunduh dan memasang sertifikat elektronik pajak pada laptop atau komputer Anda.

Sertifikat elektronik ini diberikan kepada PKP sebagai bukti otentifikasi pengguna layanan pajak elektronik berupa:

  1. Layanan permintaan Nomor Seri Faktur Pajak melalui laman (website) yang ditentukan oleh Direktorat Jenderal Pajak.
  2. Penggunaan aplikasi atau sistem elektronik yang ditentukan oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk pembuatan e-Faktur Pajak.

Sertifikat elektronik akan diberikan pihak DJP kepada PKP yang berfungsi sebagai otentifikasi pemanfaatan layanan perpajakan secara elektronik berdasarkan ketetapan dalam PER-1/PJ/2014 Pasal 9A tantang Pemberian Sertifikat Elektronik sejak 1 Januari 2015 yaitu website e-Nofa online sebagai fasilitas untuk PKP melakukan permohonan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP).

Laporkan SPT PPN Anda Segera Bersama Klikpajak

Setelah mengetahui dan memahami mudahnya cara meminta Nomor Seri Faktur Pajak melalui aplikasi e Nofa, sebagai Pengusaha Kena Pajak, Anda akan merasakan banyak keuntungannya. Baik dari segi waktu maupun biaya dalam mengurus permohonan Nomor Seri faktur Pajak. NSFP disertakan dalam penerbitan faktur pajak yang wajib diurus oleh Pengusaha Kena Pajak dalam segala transaksinya. Selain itu, Pengusaha Kena Pajak juga diwajibkan melaporkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang telah dicantumkan di dalam faktur pajak.

Penyampaian faktur pajak melalui e-Faktur merupakan terobosan dari DJP untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi Pengusaha Kena Pajak (PKP) dalam melaporkan jumlah pajak yang harus dibayarkan. Anda tidak perlu lagi mengantre untuk membuat faktur pajak dan melakukan pelaporan SPT Masa PPN. Tata cara pembuatan faktur pajak elektronik dan pembuatan SPT Masa PPN secara prosedur sama dengan tata cara pembuatan faktur pajak dan SPT Masa PPN manual. Secara umum, tahapan yang harus dilalui adalah: Register Aplikasi, Registrasi User, Administrasi Faktur dan Pembuatan SPT Masa PPN.

Pembayaran dan pelaporan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) baik Masa maupun Tahunan, dapat dilakukan melalui Klikpajak. Layanan Perpajakan Klikpajak membantu para Pengusaha Kena Pajak untuk memenuhi kewajiban perpajakan secara mudah, cepat, dan praktis. Segera penuhi kewajiban pajak Anda dan dapatkan Bukti Penerimaan Elektronik yang SAH dan GRATIS selamanya. Daftarkan diri Anda sekarang juga di sini!

 


PUBLISHED14 May 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: