Apa Saja Pentingnya e-Nofa Pajak bagi Pengusaha?

Pentingnya e-Nofa Pajak bagi Pengusaha

Kehadiran e-Nofa pajak mempermudah Pengusaha Kena Pajak (PKP) mendapatkan NSFP yang biasanya diajukan secara manual. Apa saja manfaat e-Nofa pajak bagi pengusaha?

e-Nofa pajak memiliki peran yang penting bagi PKP untuk dapat membuat Faktur Pajak. Sebab PKP harus terlebih dahulu memiliki Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) sebelum proses pembuatan e-Faktur. 

Untuk lebih jelasnya pentingnya aplikasi e-Nofa ini bagi para pelaku usaha khususnya PKP, berikut Klikpajak by Mekari ulas untuk Anda.

Sekilas Faktur Pajak dan NSFP

Faktur Pajak sendiri didefinisikan sebagai bukti pemotongan pajak atas Barang Kena Pajak (BKP) atau Jasa Kena Pajak (JKP) oleh PKP. Sedangkan NSFP adalah nomor seri yang terdiri dari 13 digit dan diterbitkan satu kali per satu tahun pajak oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada PKP.

Dahulu, PKP harus langsung mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat hanya untuk mendapatkan NSFP. Tentu saja cara ini dianggap cukup merepotkan dan boros waktu lantaran prosesnya mengharuskan PKP bolak-balik ke KPP.

Dalam beberapa kasus, proses permintaan NSFP bahkan tidak bisa dilakukan hanya dalam satu kali pertemuan. Di tengah banyaknya urusan bisnis yang harus dituntaskan, tentunya hal ini menimbulkan dilema  tersendiri bagi PKP.

Sebagai solusi untuk mengatasi hal tersebut, DJP sebagai badan otoritas perpajakan Indonesia, mengupayakan agar proses permintaan NSFP bagi PKP lebih dipermudah. Dari sinilah diluncurkannya aplikasi pembuatan Nomor Seri Faktur Pajak Elektronik.

Tata Cara Permohonan NSFP dengan e-Nofa OnlineIlustrasi penomoran Faktur Pajak yang diperoleh dari e-Nofa Pajak

Pengertian e-Nofa Pajak

e-Nofa merupakan singkatan dari Elektronik Penomoran Faktur Pajak. Pada dasarnya, e-Nofa dapat didefinisikan sebagai sistem atau aplikasi modernisasi yang diluncurkan oleh DJP untuk mengajukan permintaan NSFP secara daring bagi PKP.

Melalui sistem e-Nofa yang mulai diberlakukan sejak 1 Juni 2013 ini, proses permohonan NSFP dapat dilakukan jauh lebih mudah ketimbang cara manual yang menyita banyak waktu.

Note: Setiap transaksi barang dan jasa kena pajak, wajib membuat e-Faktur. Ketahui Cara Membuat Faktur Pajak jika Pembeli Tidak Punya NPWP

Dasar hukum terkait e-Nofa mengacu pada Peraturan Ditjen Pajak Nomor PER-17/PJ/2014 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Ditjen Pajak Nomor PER-24/PJ/2012 tentang Bentuk, Ukuran, Tata Cara Pengisian Keterangan Prosedur Pemberitahuan dalam Rangka Pembuatan, Tata Cara Pembetulan atau Penggantian, dan Tata Cara Pembatalan Faktur Pajak.

Ilustrasi membuat Faktur Pajak mudah setelah melalui tahap e-Nofa pajak

Manfaat Layanan e-Nofa bagi PKP

Ada banyak sekali manfaat yang dirasakan oleh PKP dengan hadirnya sistem permohonan NSFP daring atau e-Nofa, di antaranya adalah:

1. Meningkatkan fleksibilitas

Mengingat sistem e-Nofa berbasis online, maka PKP dapat mengaksesnya di mana dan kapan saja asalkan terhubung dengan internet.

2. Hemat waktu dan tenaga

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, menggunakan e-Nofa sangatlah menghemat waktu dan tenaga. Sebab PKP tak perlu repot-repot mendatangi KPP untuk mengajukan permintaan NSFP.

Hanya bermodalkan komputer dan internet, PKP sudah langsung dapat mengajukan permintaan NSFP tanpa menunggu lama.

3. Ramah pengguna

Sistem e-Nofa dirancang dengan tampilan yang ramah pengguna, sehingga wajib pajak dapat dengan mudah mengaksesnya. 

4. Memantau aksi ilegal

e-Nofa membantu meminimalisir terjadinya penyalahgunaan faktur pajak serta timbulnya faktur pajak ilegal, karena setiap NSFP yang diterbitkan akan disetujui oleh DJP terlebih dahulu.

Ilustrasi pengusaha kena pajakk yang dimudahkan dengan adanya e-Nofa Pajak

Syarat menggunakan Layanan e-Nofa

Agar dapat mengajukan permintaan NSFP melalui layanan e-Nofa, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh wajib pajak, yakni:

a. Terdaftar sebagai PKP

Untuk dapat mengajukan permohonan NSFP melalui e-Nofa, maka wajib pajak perlu terdaftar dan ditetapkan sebagai PKP.

PKP dalam artian lebih luas adalah pengusaha yang menyediakan atau menjual barang dan jasa kena pajak yang dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Syarat lain sebagai PKP adalah memiliki penghasilan tahunan di atas Rp4,8 miliar. Bagi pengusaha yang penghasilannya di bawah angka tersebut dapat memilih untuk menjadi PKP maupun Non-PKP. 

Note: Pajak memang jadi bagian dari biaya yang ahrus dianggarkan. Tapi ternyata juga bisa jadi sebuah pendapatan. Dear Pebisnis, Ini Cara Jadikan PPN Sumber Penerimaan Usaha

b. Memiliki Sertifikat Elektronik Pajak

Penting bagi PKP untuk memiliki sertifikat elektronik pajak. Sertifikat elektronik pajak sendiri merupakan sertifikat yang berisi informasi pribadi wajib pajak yang dirilis oleh DJP.

Sertifikat ini umumnya digunakan sebagai bukti otentifikasi untuk melakukan transaksi perpajakan online.

Bagaimana cara mendapatkannya? Wajib pajak hanya perlu mengajukan permohonan sertifikat elektronik beserta berkas terkait ke KPP di mana PKP terdaftar. Apabila sudah didapat, untuk dapat meminta NSFP, PKP harus mengunduh sertifikat tersebut kemudian menginstalnya di peramban.

c. Mengantongi Kode Aktivasi dan ‘Password’

Untuk dapat mengakses akun e-Nofa, wajib pajak harus mengantongi kode aktivasi dan password yang diberikan oleh DJP.

Ilustrasi sertifikat elektronik untuk mengaktifkan e-Nofa Pajak

Praktisnya Membuat Faktur Pajak di Klikpajak

Setelah mendapatkan Nomor Seri Faktur Pajak melalui situs e-Nofa, Anda dapat langsung membuat faktur pajak melalui aplikasi online Klikpajak. 

Klikpajak adalah Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) serta mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang disahkan dengan Keputusan DJP Nomor KEP-169/PJ/2018 untuk membantu memenuhi kewajiban perpajakan dengan cepat dan praktis.

Anda tidak perlu khawatir saat menggunakan aplikasi Klikpajak. Keamanan dan kerahasiaan data akan terjamin lantaran Klikpajak sudah bersertifikat ISO 27001 dari Badan Standar ISO yang menjamin standar keamanan sistem teknologi informasi.

Note: Panduan lengkap pembuatan e-Faktur dan pelaporan SPT Masa PPN bisa Anda lihat di SINI.

Berbasis cloud, Klikpajak memungkinkan Anda mudah mengelola administrasi perpajakan perusahaan kapan pun dan di mana pun, mulai dari membuat dan mengelola:

  • Faktur Pajak Masukan
  • Faktur Pajak Keluaran
  • Faktur Pajak Retur

Anda akan dipandu dengan langkah-langkah penggunaan fitur e-Faktur yang mudah dan sederhana. Fitur e-Faktur Klikpajak juga memudahkan Anda mengelola Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) dan memperoleh Surat Pemberitahuan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sesuai data yang diunggah ke DJP.

Contoh membuat Faktur Pajak di Klikpajak setelah mendapatkan NSFP melalui e-Nofa Pajak

Fitur Lengkap Klikpajak

Klikpajak memiliki fitur lengkap sebagai aplikasi pajak online yang membantu mempermudah urusan perpajakan bagi Anda para pelaku usaha, konsultan pajak, maupun bagi Anda yang bekerja sebagai tax officer di perusahaan.

e-Bupot

Klikpajak juga dilengkapi fitur e-Bupot yang memudahkan Anda menerbitkan Bukti Potong dan mengelola bukti pemotongan dalam jumlah banyak. Karena alur yang efisien dan ramah penggunaan.

Note: Seperti diketahui, pembuatan Bukti Potong PPh Pasal 23/26 wajib menggunakan e-Bupot yang berlaku mulai 1 Agustus 2020 yang ditetapkan dalam Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-269/PJ/2020.

Kelebihan lain Klikpajak adalah bisa menarik data langsung dari laporan keuangan pengguna aplikasi akuntansi online seperti Jurnal by Mekari – Simple Online Accounting Software.

Ini adalah teknologi canggih berbasis API integration. Membuat proses pengolahan data pajak dari bagian accounting (keuangan) lebih cepat dan mudah. Sehingga proses pengelolaan pajak jadi makin gampang dan tepat hanya dengan Klikpajak.

e-Billing

Anda juga bisa membuat ID Billing di e-Billing Klikpajak sebagai syarat yang harus dipenuhi pada saat Anda akan melakukan pembayaran pajak. Karena Klikpajak.id juga menerbitkan ID Billing resmi dari DJP

Sistem e-Billing akan membimbing Anda mengisi Surat Setoran Pajak (SSP) elektronik dengan benar sesuai transaksi. Sebelum menyetor pajak, Anda perlu mendapatkan Kode Billing atau ID Billing terlebih dahulu dari DJP melalui e-Billing.

Anda bisa membuat ID Billing untuk semua jenis Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS) dengan mudah dan gratis.

Semua riwayat ID Billing dan SSP akan tersimpan dengan aman sesuai jenis dan masa pajak yang diinginkan. Begitu juga Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) juga akan disimpan dengan rapi dan aman pada Arsip Pajak di Klikpajak.

Contoh fitur lapor pajak online di Klikpajak

e-Filing

Anda bisa melaporkan seluruh jenis SPT secara gratis selamanya melalui fitur e-Filing Klikpajak kapan saja dengan mudah.

Setelah menyampaikan SPT Pajak, Anda akan peroleh bukti lapor dalam bentuk elektronik, yakni Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) dari DJP, yang berisi:

  • Informasi Nama Wajib Pajak (WP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Tanggal pembuatan BPE
  • Jam pembuatan BPE
  • Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE)

Melalui Klikpajak, Anda juga akan mendapatkan NTTE resmi dari DJP sebagai bukti lapor.

Note: Langkah-langkah membuat ID Billing dan Lapor SPT Pajak melaluie-Filing selengkapnya bisa dilihat di SINI

Semua jenis SPT bisa dilaporkan melalui e-Filing di Klikpajak, di antaranya:

  • SPT Tahunan Pajak Badan
  • SPT Masa (Bulanan) Pajak
  • SPT Tahunan Pajak Pribadi

Semua itu bisa dilakukan dengan mudah dan cepat karena panduan pengisian SPT yang simpel.

Ketahui Batas Waktu Lapor SPT Tahunan/Masa

Hindari sanksi atau denda telat bayar dan lapor pajak, lebih mudah lihat semua jadwal pembayaran dan pelaporan pajak pada kalender saku di Kalender Pajak Klikpajak

Tim Support Klikpajak Siap Membantu Anda!

Sebagai mitra resmi DJP, KlikPajak akan membantu Anda dalam menghitung, membayar hingga melaporkan kegiatan perpajakan. Tinggal klik, semua urusan pajak Anda selesai dalam sekejap!

Ingin melihat bagaimana Klikpajak dapat membantu bisnis Anda dalam membuat Faktur Pajak secara efektif yang dapat menghemat banyak waktu Anda? Kami senang berbicara dengan Anda. Jadwalkan demo dan kami dapat menunjukkan caranya.

Ilustrasi tim support Klikpajak yang selalu siap membantu kebutuhan perpajakan Anda

Cukup daftarkan email Anda di www.klikpajak.id dan manfaatkan kemudahan dalam mengurus perpajakan Anda mulai dari menghitung, membayar hingga melaporkan pajak hanya dalam satu platform.


PUBLISHED22 Aug 2020
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: