e-Nofa Online: Cara Instal Sertifikat Elektronik di e-Nofa

e-Nofa Online: Cara Instal Sertifikat Elektronik di e-Nofa

Keberadaan aplikasi e-Nofa sangat penting dalam urusan pembuatan Faktur Pajak. Begini cara instal Sertifikat Elektronik di e-Nofa online.

Jika Anda ingin menginstal sertifikat elektronik pajak di e-Nofa online, pastikan Anda telah dikukuhkan menjadi Pengusaha Kena Pajak (PKP).

Dengan status PKP, Anda memiliki kode aktivasi dan password e-Nofa dan siap untuk membuat Faktur Pajak Elektronik secara melalui aplikasi e-Faktur.

Namun, sebelum membahas lebih lanjut tentang cara instal Sertifikat Elektronik di e-Nofa online, Klikpajak by Mekari akan mengulas sedikit terkait pengertian Sertifikat Elektronik dan e-Nofa itu sendiri.

Pengertian Sertifikat Elektronik Pajak

Sertifikat Elektronik pajak merupakan sertifikat yang berisi tanda tangan elektronik serta identitas Wajib Pajak (WP) yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Sertifikat Elektronik (digital certificate) ini diberikan pada Pengusaha Kena Pajak (PKP), yang fungsinya adalah sebagai bukti otentikasi pengguna saat PKP menggunakan layanan pajak secara elektronik. 

Note: Tak sulit, begini Tata Cara Permohonan NSFP dengan e-Nofa Online

Layanan perpajakan yang memerlukan otentikasi Sertifikat Elektronik pajak antara lain:

  • Layanan permintaan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP)
  • Layanan pembuatan Faktur Pajak berbentuk elektronik (e-Faktur)

Ilustrasi permintaan NSFP melalui e-Nofa ‘online’

Pengertian e-Nofa Online

Aplikasi e-Nofa merupakan aplikasi berbasis internet yang fungsinya adalah melakukan permintaan NSFP kepada DJP secara online. NSFP merupakan bagian dari nomor faktur pajak yang wajib dibuat oleh PKP. 

Sebenarnya, Anda dapat meminta NSFP dengan datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Namun, tentu saja pengajuan permintaan NSFP secara online akan memberikan kemudahan serta kenyamanan dalam prosesnya.

Karena aplikasi e-Nofa berbasis internet, aplikasi ini dapat diakses dari mana saja sepanjang Anda terhubung dengan internet. Ini memungkinkan Anda meminta Nomor Seri Faktur Pajak lebih cepat dan praktif. 

Note: Untuk mengetahui penggunaan aplikasi e-Nofa, selengkapnya baca Gerbang e-Nofa Online: Cara Meminta ‘Password’ dan Kode Aktivasi e-Nofa

Namun demikian, ada hal-hal yang mesti Anda penuhi terlebih dahulu:

  • Telah dikukuhkan statusnya sebagai  Pengusaha Kena Pajak (PKP) dan telah memiliki Akun PKP
  • Telah memiliki sertifikat elektronik pada peramban internet yang akan digunakan
  • Membuka aplikasi e-Nofa melalui komputer atau laptop yang telah diakui/ disertifikasi oleh e-Nofa

NPWP Sudah Terdaftar Tetapi Gagal LoginIlustrasi menggunakan aplikasi e-Nofa ‘online’ di perangkat mana pun

Cara Instal Sertifikat Elektronik 

Agar laptop atau komputer yang akan Anda dapat menggunakan aplikasi e-Nofa, sebelumnya Anda harus menginstal Sertifikat Elektronik pada peramban internet Anda.

Berikut langkah-langkah memasang Sertifikat Elektronik pada perangkat:

1 . Mengunduh Sertifikat Elektronik e-Faktur

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh Sertifikat Elektronik. Sertifikat dapat diunduh setelah Anda mendapatkan email bahwa permohonan disetujui oleh DJP. 

Cara yang bisa dilakukan adalah membuka laman resmi DJP di https://efaktur.pajak.go.id. Kemudian, masukkan username berupa Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan password yang telah didaftarkan pada proses sebelumnya.

Pilih Download Sertifikat Digital. Kemudian, simpan sertifikat pada folder yang mudah ditemukan. Cara melakukan eksekusi file sertifikat adalah mengklik dua kali dan ikuti prosesnya hingga selesai. 

Note: Faktur Pajak terdiri dari beberapa macam. Untuk mengetahui lebih lanjut, selengkapnya baca Jenis dan Contoh Faktur Pajak: Ada Faktur Pengganti. Apa itu?

2 . Memasang Sertifikat Elektronik di ‘Browser’

Untuk memulai proses instalasi, Anda harus melakukan klik sebanyak dua kali pada file sertifikat yang telah disimpan tersebut di atas.

Ketika proses instalasi Sertifikat Elektronik pajak telah dijalankan, Anda hanya perlu melakukan klik pada tombol ‘Next’ pada kotak dialog ‘Certificate Import Wizard’. 

Selanjutnya, pada bagian form ‘Private Key Protection’, masukkan passphrase/password yang telah Anda isikan pada saat permintaan sertifikat digital sebelumnya.

Lalu klik ‘Next’ hingga proses instalasi Sertifikat Elektronik pajak telah selesai. Setelah semua langkah selesai, Sertifikat Elektronik pajak sudar terimpor.

Ilustrasi membuat e-Faktur setelah berhasil dapatkan NSFP melalui e-Nofa online

Mudah Dapatkan NSFP, Lancar Buat e-Faktur di KlikPajak

Dengan sistem online, proses membuat Faktur Pajak mulai dari pengajuan NSFP hingga aktivasi e-Nofa Online sangat mudah dan cepat. Untuk semakin memudahkan Anda dalam membuat Faktur Pajak, gunakan aplikasi pajak online Klikpajak.id.

KlikPajak adalah Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau Application Service Provider (ASP) mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang disahkan dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pajak No. KEP-169/PJ/2018.

Klikpajak berbasis cloud yang memudahkan Anda mengelola administrasi perpajakan dengan baik kapan pun dan di mana pun.

“Klikpajak memiliki fitur lengkap sebagai aplikasi pajak online yang membantu mempermudah urusan perpajakan bagi Anda para pelaku usaha, konsultan pajak, maupun bagi Anda yang bekerja sebagai tax officer di perusahaan.”

Anda dapat nyaman menggunakan aplikasi Klikpajak karena keamanan dan kerahasiaan data terjamin. Sebab Klikpajak sudah bersertifikat ISO 27001 dari Badan Standar Internasional ISO yang menjamin standar keamanan sistem teknologi informasi.

Note: Makin cepat input data Pajak Masukan. Ketahui secara detail langkah-langkah Cara Input Faktur Pajak Masukan Lewat Handphone Scan QR Code e-Faktur

Di Klikpajak, Anda semakin mudah mengelola administrasi perpajakan perusahaan seperti:

  • Faktur Pajak Masukan
  • Faktur Pajak Keluaran
  • Faktur Pajak Retur

Anda akan dipandu dengan langkah-langkah penggunaan fitur e-Faktur yang mudah dan sederhana.

Fitur e-Faktur Klikpajak juga memudahkan Anda mengelola Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) dan memperoleh Surat Pemberitahuan (Pajak Pertambahan Nilai) PPN sesuai data yang diunggah ke DJP.

Ilustrasi membuat ID Billing di Klikpajak setelah urusan e-Nofa online selesai

Klikpajak Terbitkan ID Biling Resmi dari DJP

Anda juga bisa membuat ID Billing sebagai syarat yang harus dipenuhi pada saat Anda akan melakukan pembayaran pajak. Buat ID Billing di e-Billing Klikpajak, karena Klikpajak menerbitkan ID Billing resmi dari DJP.

Sistem e-Billing akan membimbing Anda mengisi Surat Setoran Pajak (SSP) elektronik dengan benar sesuai transaksi. Sebelum menyetor pajak, Anda perlu mendapatkan Kode Billing atau ID Billing terlebih dahulu dari DJP melalui e-Billing.

Anda bisa membuat ID Billing untuk semua jenis Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS) dengan mudah dan gratis.

Semua riwayat ID Billing dan SSP akan tersimpan dengan aman sesuai jenis dan masa pajak yang diinginkan. Begitu juga Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) juga akan disimpan dengan rapi dan aman pada Arsip Pajak di Klikpajak.

Buat Bukti Potong di e-Bupot Klikpajak

Klikpajak juga dilengkapi fitur e-Bupot yang memudahkan Anda menerbitkan Bukti Potong dan mengelola bukti pemotongan dalam jumlah banyak lebih mudah. Karena alur yang efisien dan ramah penggunaan (user friendly).

Note: Seperti diketahui, pembuatan Bukti Potong PPh Pasal 23/26 wajib menggunakan e-Bupot yang berlaku mulai 1 Agustus 2020 yang ditetapkan dalam Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-269/PJ/2020.

Kelebihan lain Klikpajak adalah bisa menarik data langsung dari laporan keuangan pengguna aplikasi akuntansi online seperti Jurnal by Mekari – Simple Online Accounting Software.

Ini adalah teknologi canggih berbasis API integration. Membuat proses pengolahan data pajak dari bagian accounting (keuangan) lebih cepat dan mudah. Sehingga proses pengelolaan pajak jadi makin gampang dan tepat hanya dengan Klikpajak.

Contoh fitur e-Bupot Klikpajak yang memudahkan membuat bukti potong setelah urusan e-Nofa online selesai

Lapor SPT Pajak di e-Filing Klikpajak

Anda bisa melaporkan seluruh jenis SPT secara gratis selamanya melalui fitur e-Filing Klikpajak kapan saja dengan mudah.

Setelah menyampaikan SPT Pajak, Anda akan peroleh bukti lapor dalam bentuk elektronik, yakni Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) dari DJP, yang berisi:

  • Informasi Nama Wajib Pajak (WP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Tanggal pembuatan BPE
  • Jam pembuatan BPE
  • Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE)

Melalui Klikpajak, Anda juga akan mendapatkan NTTE resmi dari DJP sebagai bukti lapor.

Note: Langkah-langkah membuat ID Billing dan Lapor SPT Pajak melaluie-Filing selengkapnya bisa dilihat di SINI

Semua jenis SPT bisa dilaporkan melalui e-Filing di Klikpajak, di antaranya:

  • SPT Tahunan Pajak Badan
  • SPT Masa (Bulanan) Pajak
  • SPT Tahunan Pajak Pribadi

Semua itu bisa dilakukan dengan mudah dan cepat karena panduan pengisian SPT yang simpel.

Jangan Sampai Terlambat Lapor SPT Tahunan

Hindari sanksi atau denda telat bayar dan lapor pajak, lebih mudah lihat semua jadwal pembayaran dan pelaporan pajak pada kalender saku di Kalender Pajak Klikpajak

Tim Support Klikpajak Siap Membantu Anda!

Sebagai mitra resmi DJP, KlikPajak akan membantu Anda dalam menghitung, membayar hingga melaporkan kegiatan perpajakan. Tinggal klik, semua urusan pajak Anda selesai dalam sekejap!

Ingin melihat bagaimana Klikpajak dapat membantu bisnis Anda dalam membuat Faktur Pajak secara efektif yang dapat menghemat banyak waktu Anda? Kami senang berbicara dengan Anda. Jadwalkan demo dan kami dapat menunjukkan caranya.

Cukup daftarkan email Anda di www.klikpajak.id dan manfaatkan kemudahan dalam mengurus perpajakan Anda mulai dari menghitung, membayar hingga melaporkan pajak hanya dalam satu platform.


PUBLISHED19 Aug 2020
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: