e Nofa Online: Cara Instal Sertifikat Elektronik di e-Nofa (e-Nofa Pajak)

e-Nofa Online: Cara Install Sertifikat Elektronik di e-Nofa Pajak

Keberadaan aplikasi e-Nofa sangat penting dalam urusan pembuatan Faktur Pajak. Sudah tahu cara install Sertifikat Elektronik di e Nofa online? Klikpajak by Mekari akan menunjukkan cara instal Sertifikat Elektronik di e Nofa pajak untuk Sobat Klikpajak melalui eNofa online ini.

Sebelum mengulas tentang e-Nofa pajak atau e Nofa online, Klikpajak.id akan mengingatkan Sobat Klikpajak pentingnya kelola pajak dan keuangan bisnis yang efektif untuk meningkatakan efisiensi perusahaan.

Ingin mengetahui cara kelola pajak dan keuangan bisnis yang mudah dan cepat?

Ikuti demo online cara mengelola perpajakan dan laporan keuangan perusahaan atau usaha di Klikpajak Demo Jurnal, kami dapat menyesuaikan waktu Sobat Klikpajak kapan saja.

Klikpajak by Mekari adalah Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau Application Service Provider (ASP) mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang disahkan dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-169/PJ/2018.

Melalui Klikpajak.id, Sobat Klikpajak dapat membayar dan melaporkan pajak dengan mudah dan cepat kapan pun dan di mana saja, serta menyimpan arsip perpajakan dengan aman dalam satu platform aplikasi pajak online berbasis web yang terintegrasi.

Kelola e-Faktur dan e-Bupot juga lebih efektif dan efisien karena Klikpajak terintegrasi dengan software akuntansi online Jurnal by Mekari.

Temukan kemudahan kelola pajak dari integrasi Klikpajak.id dan Jurnal.id

Jurnal by Mekari adalah software akuntansi online berbasis cloud dengan laporan keuangan lengkap, seperti:

  • Neraca keuangan
  • Arus kas
  • Laba-rugi

Kembangkan bisnis tanpa batas dengan software akuntansi terintegrasi Jurnal by Mekari Coba Gratis 14 hari sekarang!

Klikpajak juga akan menghitung kewajiban pajak Sobat Klikpajak dengan tepat dan akurat karena dilengkapi sistem hitung otomatis.

Sobat Klikpajak pun tidak perlu bingung dan pusing bagaimana cara menghitung kewajiban pajak yang harus dibayarkan.

Bukan hanya itu, Sobat Klikpajak juga dapat mengelola karyawan dengan mudah melalui sistem Human Resources Information System (HRIS) Talenta by Mekari.

Jaga bisnis tetap produktif dengan software payroll dan HRIS terautomasi Talenta by Mekari. Coba Talenta Gratis sekarang!

“Serahkan semua urusan perpajakan, keuangan perusahaan dan manajemen SDM melalui support system yang lengkap dan terintegrasi untuk mendukung kinerja perusahaan dan perkembangan bisnis Sobat Klikpajak.”

Kembali pada topik cara install Sertifikat Elektronik melalui e-Nofa atau e Nofa online, apa saja yang harus diketahui dan dipahami?

Jika Anda ingin menginstal sertifikat elektronik pajak di e-Nofa online, pastikan Anda telah dikukuhkan menjadi Pengusaha Kena Pajak (PKP).

Dengan status PKP, Anda memiliki kode aktivasi dan password e-Nofa dan siap untuk membuat Faktur Pajak Elektronik secara melalui aplikasi e-Faktur.

Namun, sebelum membahas lebih lanjut tentang cara instal Sertifikat Elektronik di e-Nofa online, Klikpajak by Mekari akan mengulas sedikit terkait pengertian Sertifikat Elektronik dan e Nofa pajak atau e-Nofa itu sendiri.

e-Nofa Pajak atau e Nofa Online & Sertifikat Elektronik

Apa hubungannya itu e Nofa Online atau e-Nofa pajak dengan Sertifikat elektronik?

a. Pengertian Sertifikat Elektronik Pajak

Sertifikat Elektronik pajak adalah sertifikat yang berisi tanda tangan elektronik serta identitas Wajib Pajak (WP) yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Sertifikat Elektronik (digital certificate) ini diberikan pada Pengusaha Kena Pajak (PKP), yang fungsinya adalah sebagai bukti otentikasi pengguna saat PKP menggunakan layanan pajak secara elektronik. 

Tak sulit, begini Tata Cara Permohonan NSFP dengan e Nofa Online

Layanan perpajakan yang memerlukan otentikasi Sertifikat Elektronik pajak antara lain:

  • Layanan permintaan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP)
  • Layanan pembuatan Faktur Pajak berbentuk elektronik (e-Faktur)

e Nofa Online: Cara Instal Sertifikat Elektronik di e-Nofa (e-Nofa Pajak)Ilustrasi permintaan NSFP melalui e-Nofa pajak atau e Nofa online

b. Pengertian e-Nofa Pajak atau e Nofa Online

Aplikasi e-Nofa atau e Nofa online adalah aplikasi berbasis internet yang fungsinya melakukan permintaan NSFP kepada DJP secara online atau daring.

NSFP merupakan bagian dari nomor Faktur Pajak yang wajib dibuat oleh PKP. 

Sebenarnya, Sobat Klikpajak dapat meminta NSFP dengan datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Namun, tentu saja pengajuan permintaan NSFP secara online akan memberikan kemudahan serta kenyamanan dalam prosesnya.

Karena aplikasi e Nofa online atau e-Nofa pajak berbasis internet, aplikasi ini dapat diakses dari mana saja sepanjang Anda terhubung dengan internet. Ini memungkinkan Anda meminta Nomor Seri Faktur Pajak lebih cepat dan praktif. 

Untuk mengetahui penggunaan aplikasi e-Nofa, selengkapnya baca Gerbang e Nofa Online: Cara Meminta ‘Password’ dan Kode Aktivasi e-Nofa

Namun demikian, ada hal-hal yang mesti Anda penuhi terlebih dahulu:

  • Telah dikukuhkan statusnya sebagai  Pengusaha Kena Pajak (PKP) dan telah memiliki Akun PKP
  • Telah memiliki sertifikat elektronik pada peramban internet yang akan digunakan
  • Membuka aplikasi e-Nofa melalui komputer atau laptop yang telah diakui/ disertifikasi oleh e Nofa online

e Nofa Online: Cara Instal Sertifikat Elektronik di e-Nofa (e-Nofa Pajak)Ilustrasi menggunakan aplikasi e-Nofa pajak atau e Nofa online di perangkat mana pun

c. Syarat Membuat Sertifikat Elektronik 

Sebelum instal Sertifikat Elektronik, tentunya Sobat Klikpajak terlebih dahulu harus membuat Sertifikat Elektronik untuk e-Faktur atau e-Bupot ini.

Bagaimana cara membuat Sertifikat Elektronik dan syaratnya?

Ikuti petunjuk di bawah ini:

d. Bagaimana Cara Mengaktifkan Sertifikat Elektronik?

Berikut cara mengaktifkan maupun cara update Sertifikat Elektronik:

e. Ketahui Batas Berlaku Sertifikat Elektronik Sobat Klikpajak

Bagaimana cara mengecek apakah Sertifikat Elektronik Sobat Klikpajak masih berlaku?

e Nofa Online: Cara Instal Sertifikat Elektronik di e-Nofa (e-Nofa Pajak)Ilustrasi pembuatan Sertifikat Elektronik di e-Nofa pajak atau e Nofa online sudah kedaluwarsa

Cara Instal Sertifikat Elektronik di e Nofa Online (e-Nofa Pajak)

Agar laptop atau komputer yang akan Sobat Klikpajak dapat menggunakan aplikasi e-Nofa atau e Nofa online, sebelumnya Sobat Klikpajak harus menginstal Sertifikat Elektronik pada peramban internet Sobat Klikpajak.

Berikut langkah-langkah memasang Sertifikat Elektronik pada perangkat:

1 . Mengunduh Sertifikat Elektronik e-Faktur di e Nofa Online

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh Sertifikat Elektronik di eNofa online.

Sertifikat Elekronik dapat diunduh setelah Sobat Klikpajak mendapatkan email bahwa permohonan disetujui oleh DJP. 

Cara yang bisa dilakukan adalah membuka laman resmi e-Nofa Pajak atau e Nofa online DJP di https://efaktur.pajak.go.id.

Kemudian, masukkan username berupa Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan password yang telah didaftarkan pada proses sebelumnya.

Pilih Download Sertifikat Digital. Kemudian, simpan sertifikat pada folder yang mudah ditemukan.

Cara melakukan eksekusi file Sertifikat Elektronik adalah mengklik dua kali dan ikuti prosesnya hingga selesai. 

Faktur Pajak terdiri dari beberapa macam. Untuk mengetahui lebih lanjut, selengkapnya baca Jenis dan Contoh Faktur Pajak: Ada Faktur Pengganti. Apa itu?

2 . Memasang Sertifikat Elektronik di ‘Browser’ (e Nofa Online)

Untuk memulai proses instalasi Sertifikat Elektronik dari eNofa online, Sobat Klikpajak harus melakukan klik sebanyak dua kali pada file sertifikat yang telah disimpan tersebut di atas.

Ketika proses instalasi Sertifikat Elektronik pajak telah dijalankan, Sobat Klikpajak hanya perlu melakukan klik pada tombol ‘Next’ pada kotak dialog ‘Certificate Import Wizard’

Selanjutnya, pada bagian form ‘Private Key Protection’, masukkan passphrase/password yang telah Anda isikan pada saat permintaan sertifikat digital sebelumnya.

Lalu klik ‘Next’ hingga proses instalasi Sertifikat Elektronik pajak telah selesai.

Setelah semua langkah selesai, Sertifikat Elektronik pajak sudah terimpor.

e Nofa Online: Cara Instal Sertifikat Elektronik di e-Nofa (e-Nofa Pajak)Ilustrasi membuat e-Faktur setelah berhasil dapatkan NSFP melalui e-Nofa pajak atau e Nofa online

Cara Minta NSFP setelah Peroleh Sertifikat Elektronik dari e Nofa Online

Setelah memasang sertifikat elektronik pada perangkat komputer atau laptop Sobat Klikpajak, masuk tahap permintaan NSFP.

Bagaimana cara mendapatkan atau meminta NSFP di e Nofa online?

Berikut adalah langkah-langkah meminta NSFP di e Nofa Pajak atau eNofa online yang mudah:

1. Login e-Nofa (e Nofa online) di laman efaktur.pajak.go.id/login

2. Pilih menu Permintaan NSFP

3. Akan muncul pemberitahuan untuk memilih Sertifikat Elektronik yang sudah diinstal

4. Pilih Sertifikat Elektronik dan klik “OK”

5. Jika muncul pemberitahuan Your connection is not private, pilih “Advanced”

6. Setelah itu pilih Proceed to efaktur.pajak.go.id (unsafe)

7. Lalu di halaman selanjutnya isi tahun pajak, nama pemohon (nama PKP), jabatan pemohon (jabatan PKP), dan jumlah NSFP yang diminta. Klik “Proses”

8.  Masukkan kata sandi e-Nofa (e Nofa online) dan klik “Ya”

9. Akan muncul pemberitahuan Permohonan NSFP telah disetujui dan surat akan dicetak. Pilih “OK”

10. Setelah itu muncul pemberitahuan bahwa browser akan mengunduh otomatis Nomor Seri Faktur Pajak

11. Seandainya NSFP tidak terunduh, buka menu Riwayat Permintaan NSFP dan unduh secara manual.

Cara membuat atau meminta NSFP atau Nomor Seri Faktur Pajak mudah, bukan?

e Nofa Online: Cara Instal Sertifikat Elektronik di e-Nofa (e-Nofa Pajak)Ilustrasi meminta NSFP setelah membuat Sertifikat Elektronik di e-Nofa pajak atau e Nofa online

Mudah Dapatkan NSFP, Lancar Buat e-Faktur di KlikPajak by Mekari

Dengan sistem online, proses membuat Faktur Pajak mulai dari pengajuan NSFP hingga aktivasi e-Nofa pajak atau e Nofa Online sangat mudah dan cepat.

Untuk semakin memudahkan Sobat Klikpajak dalam membuat Faktur Pajak elektronik dan lapor Surat Pemberitahuan (SPT) Masa Pajak Pertambahan Nilai (PPN), gunakan e-Faktur Klikpajak.

Buat dan kelola e-Faktur serta lapor SPT Masa PPN lebih cepat dengan tarik data langsung dari akuntansi online di e-Faktur Klikpajak by Mekari. Coba sekarang!

Seperti diketahui, DJP telah mewajibkan pengguna e-Faktur untuk melakukan update e-Faktur 3.0 menggantikan e-Faktur 2.2 mulai 1 Oktober 2020.

Wajib Pajak (WP) Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang selama ini menggunakan aplikasi e-Faktur Client Desktop DJP, harus install dan download patch terbaru untuk update e-Faktur 3.0 pada perangkat komputernya agar bisa menggunakan aplikasi yang dilengkapi dengan fitur prepopulated ini.

Sobat Klikpajak dapat membuat e-Faktur dan Lapor SPT Masa PPN tanpa ‘install’ aplikasi di e-Faktur Klikpajak

Dengan fitur prepopulated e-Faktur 3.0, maka DJP sudah menyiapkan data yang dibutuhkan untuk kemudian PKP tinggal mencocokkan saja saat pembuatan e-Faktur maupun pelaporan SPT Masa PPN-nya.

Ingat, meskipun PKP pengguna e-Faktur Client Desktop sudah update e-Faktur 3.0, tapi tetap harus berpindah ke aplikasi e-Faktur Web Based DJP di web-efaktur.pajak.go.id saat akan melaporkan SPT Masa PPN.

Karena DJP telah menutup pelaporan SPT Masa PPN di e-Filing dan e-SPT. Tapi lapor SPT Masa PPN wajib di aplikasi e-Faktur.

Update sistem terbaru e-Faktur 3.0 DJP ini juga harus dilakukan pada server PJAP mitra resmi DJP, seperti Klikpajak.id.

Jadi, ketika Sobat Klikpajak menggunakan e-Faktur Klikpajak, bukan hanya dapat langsung memanfaatkan fitur prepopulated e-Faktur untuk membuat Faktur Pajaknya, tapi juga bisa lapor SPT Masa PPN di e-Faktur tanpa keluar atau pindah platform.

“Langsung saja gunakan aplikasinya, biar Klikpajak by Mekari yang mengurus sistemnya untuk mempermudah pembuatan e-Faktur, pembayaran PPN, hingga pelaporan SPT Masa PPN dengan mudah hanya dalam satu langkah.”

Ingin langsung menggunakan aplikasi e-Faktur 3.0 tanpa install aplikasinya? Langsung saja daftar dan aktifkan akun e-Faktur Sobat Klikpajak di https://my.klikpajak.id/register.

Kenapa urus Faktur Pajak lebih mudah di Klikpajak?

Sebab Sobat Klikpajak dapat membuat berbagai macam Faktur pajak, mulai dari Faktur Pajak Pengganti, Retur, bahkan dapat menghapus draft Faktur Pajak, hingga bayar PPN dan lapor SPT Masa PPN dengan langkah-langkah yang mudah hanya dalam satu platform.

Bahkan administrasi e-Faktur semakin cepat dan praktis karena Klikpajak.id terintegrasi dengan aplikasi akuntansi online Jurnal.id.

Sehingga Sobat Klikpajak dapat menarik data laporan keuangan yang akan dibuat Faktur Pajaknya dengan sangat mudah dan simpel.

Lihat beberapa tutorial penggunaan aplikasi e-Faktur Klikpajak berikut ini:

  1. Alur Pembuatan Faktur Pajak, Bayar PPN dan Lapor SPT Masa PPN di e-Faktur
  2. Tutorial Membuat Berbagai Jenis Faktur Pajak di e-Faktur
  3. Cara Menggunakan Prepopulated Faktur Pajak Masukan di e-Faktur 3.0

e Nofa Online: Cara Instal Sertifikat Elektronik di e-Nofa (e-Nofa Pajak)

Klikpajak by Mekari Solusi Kelola Pajak yang Terintegrasi

Klikpajak.id memiliki fitur lengkap dan cara yang simpel untuk melakukan berbagai aktivitas perpajakan, mulai dari menghitung, membayar dancara lapor pajak maupun badan dalam satu platform.

Klikpajak akan menghitung kewajiban pajak dengan tepat dan akurat sehingga Sobat Klikpajak terhindar dari kesalahan penghitungan yang dapat menyebabkan pengenaan sanksi denda pajak.

Selain mudah untuk bayar dan lapor SPT pajak penghasilan, apa saja fitur lengkap Klikpajak lainnya yang semakin memudahkan urusan perpajakan Sobat Klikpajak?

A. Mudah Membuat Bukti Potong dan Lapor SPT Masa PPh Pasal 23/26 di e-Bupot

Seperti diketahui, baik WP Pengusaha Kena Pajak (PKP) maupun Non-PKP yang melakukan transaksi yang mengharuskan membuat bukti pemotongan PPh 23/26 wajib menggunakan e-Bupot mulai 1 Oktober untuk masa pajak September 2020.

Wajib e-Bupot bagi WP PKP dan Non-PKP ini diatur dalam Kepdirjen Nomor KEP-368/PJ/2020 tentang Penetapan Pemotong PPh Pasal 23/26 yang Diharuskan Membuat Bukti Pemotongan dan Diwajibkan Menyampaikan SPT Masa PPh Pasal 23/26 Berdasarkan PER-04/PJ/2017.

Klikpajak juga dilengkapi dengan fitur e-Bupot yang semakin memudahkan Sobat Klikpajak membuat bukti pemotongan PPh Pasal 23/26 dan melaporkan SPT PPh 23/26 melalui e-Bupot dengan menarik data langsung dari laporan keuangan elektronik.

Langkah-Langkah Membuat Bukti Potong dan Lapor SPT PPh Pasal 23/26 di e-Bupot

Keunggulan e-Bupot Klikpajak

Berikut keunggulan e-Bupot Klikpajak yang dapat membantu bisnis perusahaan:

  • Pengelolaan bukti pemotongan dalam jumlah banyak lebih mudah karena alur pembuatan yang efektif dan ramah penggunaan (user friendly).
  • Penghitungan pajak otomatis pada SPT Masa PPh 23/26.
  • Pengiriman bukti pemotongan pajak langsung ke lawan transaksi.
  • Bukti pemotongan serta pelaporan SPT Masa PPh 23/26 tidak perlu ditandatangani dengan tanda tangan basah.
  • Bukti pemotongan dan bukti pelaporan tersimpan aman, baik di Klikpajak dan DJP.
  • e-Bupot Klikpajak juga terintegrasi dengan sistem pembukuan akuntansi online Jurnal by Mekari, sehingga semakin mudah membuat bukti potong.
  • e-Bupot Klikpajak juga memiliki performa yang dapat di-scale up sesuai kebutuhan.
  • Layanan support pajak yang dapat diandalkan dan tutorial dalam penggunaan aplikasi yang terus diperbarui.
  • Fitur e-Bupot Klikpajak juga menyediakan data untuk kebutuhan rekapitulasi dan rekonsiliasi data Faktur Pajak atas transaksi yang dilakukan.

e Nofa Online: Cara Instal Sertifikat Elektronik di e-Nofa (e-Nofa Pajak)

B. Lapor SPT di e-Filing Klikpajak, Gratis!

Lapor SPT pajak penghasilan melalui e-Filing Klikpajak sangat cepat karena Sobat Klikpajak akan dipandu dengan langkah-langkah yang mudah.

Melalui e-Filing Klikpajak, Sobat Klikpajak dapat melaporkan berbagai jenis SPT Tahunan/Masa PPh dengan langkah-langkah yang mudah.

“Lapor SPT di e-Filing Klikpajak juga gratis selamanya!”

Setelah menyampaikan SPT Pajak, Sobat Klikpajak akan peroleh bukti lapor dalam bentuk elektronik, yakni Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) dari DJP, yang berisi:

  • Informasi Nama Wajib Pajak (WP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Tanggal pembuatan BPE
  • Jam pembuatan BPE
  • Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE)

Sobat Klikpajak juga akan mendapatkan NTTE resmi dari DJP sebagai bukti lapor.

Sebelum menyampaikan SPT pajak, terlebih dahulu Sobat Klikpajak harus melakukan daftar pajak online.

Belum tahu cara daftar pajak online?

Setelah melalui tahap cara daftar NPWP online, berikut cara daftar pajak online dan cara lapor dan cara mengisi SPT Tahunan Badan secara online di e-Filing:

Sobat Klikpajak juga dapat mengetahui cara lapor SPT Tahunan Pribadi berikut ini:

Perlu diingat, ketentuan pengenaan sanksi pajak terbaru diatur melalui Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Sesuai UU Cipta Kerja ini, berlaku tarif bunga sanksi administrasi pajak ditetapkan oleh Menteri Keuangan yang perhitungannya mengacu pada suku bunga bank sentral Indonesia (Bank Indonesia/BI).

Temukan ketentuan terbaru tentang perpajakan dalam UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja pada e-Book “Susunan dalam Satu Naskah UU Perpajakan (UU Cipta Kerja)”, di bawah ini:

UU Pajak

Tarif Sanksi Pajak Terbaru

Bicara sanksi pajak, besar tarif sanksi terbaru diatur dalam Undang-U No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Berikut tarif bunga sanksi administrasi pajak sebagai komponen untuk menghitung besarnya sanksi atau denda pajak:

1. Sanksi denda terkait Surat Pemberitahuan (SPT)

Rumus perhitungannya: (Tarif bunga sanksi pajak + 5% : 12)

Pengenaan sanksi paling lama 24 bulan (2 tahun).

Sanksi denda ini dikenakan pada Sobat Klikpajak yang:

  • Melakukan pembetulan SPT sendiri dan membuat utang pajak jadi lebih besar
  • Kurang bayar karena pembetulan SPT Tahunan/Masa
  • Terlambat membayar PPh Pasal 29 SPT Tahunan
  • Terlambat membayar SPT Masa

Baca Juga: Cara Lapor Pajak Online SPT Tahunan Pribadi: Formulir 1770SS, 1770S dan 1770

2. Sanksi denda tidak melunasi SPT kurang bayar

Rumus perhitungannya: (Tarif bunga sanksi pajak + 10% : 12)

Pengenaan sanksi paling lama 24 bulan (2 tahun).

PPh Pasal 29: Pengertian, Subjek, Tarif, Contoh dan Cara Bayar

3. Sanksi denda tidak melunasi pajak kurang bayar dan mendapat SKPKB

Rumus perhitungannya: (Tarif bunga sanksi pajak + 15% : 12)

Pengenaan sanksi paling lama 24 bulan (2 tahun).

Sanksi denda ini dijatuhkan pada WP yang tidak mau melunasi pajak kurang bayar dan WP sudah mendapatkan Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar (SKPKB).

Baca Juga: Surat Ketetapan Pajak dalam Pemeriksaan Pajak, Pebisnis Wajib Tahu

4. Sanksi denda terkait tindak pidana karena pengungkapan ketidakbenaran

Untuk tarif sanksi denda ini, tidak menggunakan tarif fluktuatif yang mengacu pada suku bunga acuan BI.

Tarif sanksi dijatuhkan karena pengungkapan ketidakbenaran atau ketidaksesuaian data dalam konteks tindak pidana perpajakan, maupun melampirkan keterangan yang isinya tidak benar, sebesar 100% dari jumlah pajak yang kurang bayar saat pengungkapan pelaporan pajak tidak benar.

5. Penghentian Penyidikan

Penghentian penyidikan tindak pidana di bidang perpajakan cuma bisa dilakukan setelah melunasi semua utang pajak yang tidak/kurang bayar/seharusnya dikembalikan.

Sobat Klikpajak juga harus menyelesaikan sanksi administrasi berupa denda sebesar 3 kali jumlah pajak yang tidak/kurang dibayar, atau yang tidak seharusnya dikembalikan.

Note: Tahapan Pengenaan Sanksi Pajak: Pemeriksaan & Penyelesaiannya

Ketahui Batas Waktu Bayar dan Lapor SPT Pajak

Tak perlu bingung kapan waktunya harus bayar lapor pajak untuk menghindari sanksi atau denda telat bayar dan lapor pajak.

Lebih mudah lihat semua jadwal pembayaran dan pelaporan pajak pada kalender saku di Kalender Pajak Klikpajak.

C. Buat Kode Billing Langsung Bayar Pajak di eBilling Online Pajak (Klik Pajak e-Billing)

Sebelum menyetor pajak, harus mendapatkan Kode Billing atau ID Billing terlebih dahulu dari DJP sebagai syarat untuk membayar pajak di eBilling online.

Melalui e-Billing Klikpajak, Sobat Klikpajak dapat membuat Kode Billing untuk semua jenis Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS) dengan mudah dan gratis.

Semua riwayat ID Billing dan SSP akan tersimpan dengan aman sesuai jenis dan Masa Pajak yang diinginkan.

Begitu juga Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) akan disimpan dengan rapi dan aman pada fitur Arsip Pajak di Klikpajak.

Sistem eBilling pajak online akan membimbing Sobat Klikpajak mengisi Surat Setoran Pajak (SSP) elektronik dengan benar sesuai transaksi.

“Klikpajak akan menerbitkan ID Billing Sobat Klikpajak resmi dari DJP dan Sobat Klikpajak dapat langsung membayar pajak tanpa keluar dari platform. Karena klik pajak e-Billing terintegrasi dengan bank persepsi yang ditunjuk DJP untuk menerima pembayaran/setoran pajak.”

Setelah pembayaran pajak selesai, Sobat Klikpajak akan langsung menerima Bukti Penerimaan Negara (BPN) resmi dari Direkorat Jenderal Pajak (DJP).

Langkah-Langkah Cara Membuat Kode Billing dan Bayar Billing di eBilling Online

 

D. Dilengkapi Fitur ‘Multi Users dan Multi NPWP’ Unlimited dan Gratis!

Klikpajak.id juga dilengkapi dengan fitur Multi Users dan Multi Company (NPWP) yang semakin membuat aktivitas perpajakan Sobat Klikpajak lebih efektif.

Fitur ‘Multi Users’ Klikpajak adalah fitur yang memungkinkan Sobat Klikpajak untuk dapat mengatur siapa saja dan berapa banyak pengguna yang dapat mengakses akun aplikasi Klikpajak.id di bawah nama perusahaan yang sama.

Sedangkan fitur ‘Multi Company/NPWP’ adalah fitur yang memungkinkan Sobat Klikpajak untuk mengelola beberapa perusahaan dalam satu akun Klikpajak.

Lebih jelasnya bagaimana cara kerja fitur baru ini, baca Fitur Multi Users dan Multi Company atau Multi NPWP.

e Nofa Online: Cara Instal Sertifikat Elektronik di e-Nofa (e-Nofa Pajak)

Data Sobat Klikpajak Terlindungi

Tenang, Sobat Klikpajak dapat menyimpan berbagai riwayat pembayaran atau bukti pelaporan pajak maupun aktivitas pajak lainnya dengan aman, karena keamanan dan kerahasiaan data terjamin.

Sebab Klikpajak.id sudah bersertifikat ISO 27001 dari Badan Standarisasi Internasional ISO (International Organization for Standardization) yang menjamin standar keamanan sistem teknologi informasi.

Sehingga Sobat Klikpajak tidak perlu khawatir kehilangan bukti bayar atau lapor pajak hilang jika terjadi kerusakan atau kehilangan komputer maupun laptop.

Mudah buat Faktur Pajak dan lapor SPT Masa PPN di e-Faktur Klikpajak. Coba sekarang!

Karena Klikpajak merupakan aplikasi pajak berbasis web (web based) yang didukung dengan teknologi cloud, semakin memudahkan Sobat Klikpajak melakukan semua aktivitas perpajakan hanya dalam satu platform kapan pun dan di mana saja.

Cloud computing atau komputasi awan adalah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna.

Melalui teknologi cloud, Sobata Klikpajak bisa menggunakan aplikasi tanpa harus mengunduh (download) dan memasang (install) aplikasi terlebih dahulu.

Sebab sistem cloud yang berbasis web ini memudahkan Sobat Klikpajak dalam mengakses data dan informasi melalui internet secara cepat.

Bayar Pajak Online di eBilling, dan Cara Mudah Membuat Kode BillingKeamanan data adalah yang utama

Tim ‘Support’ Klikpajak by Mekari Selalu Siap Membantu Sobat Klikpajak!

“Fitur lengkap Klikpajak membantu mempermudah urusan perpajakan bagi Sobat Klikpajak para pelaku usaha, konsultan pajak, maupun bagi Sobat Klikpajak yang berprofesi pada bagian keuangan atau sebagai tax officer di perusahaan.”

Sebagai mitra resmi DJP, Klikpajak akan membantu Sobat Klikpajak dalam menghitung, membayar dan melaporkan pajak Sobat Klikpajak dengan mudah.

Tinggal klik, semua urusan pajak Sobat Klikpajak selesai dalam sekejap!

Ingin melihat bagaimana Klikpajak dapat membantu bisnis atau aktivitas Sobat Klikpajak dalam membuat Faktur Pajak, Bukti Pemotongan Pajak, penyampaian SPT Tahunan/Masa PPh dan PPN, serta berbagai aktivitas perpajakan lainnya secara efektif menghemat banyak waktu Sobat Klikpajak?

Bayar Pajak Online di eBilling, dan Cara Mudah Membuat Kode Billing

“Jangan segan menghubungi kami, karena kami senang berbicara dengan Sobat Klikpajak. Jadwalkan demo dan kami dapat menunjukkan caranya untuk memudahkan urusan perpajakan Sobat Klikpajak. Klikpajak by Mekari mengerti yang Sobat Klikpajak butuhkan.”

Cukup daftarkan email Sobat Klikpajak di www.klikpajak.id dan temukan bagaimana Sobat Klikpajak dapat melakukan urusan pajak dengan sangat menyenangkan. Lebih mudah dari sekadar yang dibayangkan.

Itulan tadi penjelasan eNofa online atau e-Nofa pajak.

Cara instal Sertifikat Elektronik di e Nofa online atau e Nofa pajak (e-Nofa) mudah, bukan?

Kini saatnya Sobat Klikpajak juga dapat mengetahui pemahaman tentang berbagai aktivitas pajak mulai dari cara menghitung, bayar dan lapor pajak secara komprehensif melalui Mekari University.

Asah kemampuan Sobat Klikpajak tentang perpajakan melalui kursus online di Mekari University, gratis!

Setelah menyelesaikan kursus online pajak ini, Sobat Klikpajak akan mendapatkan sertifikat dari Mekari University yang bisa menjadi portofolio Sobat Klikpajak di bidang perpajakan.

Karena belajar pajak itu mudah!

Tak perlu bayar, kemampuan pajak bisa bertambah melalui Kursus Pajak Online bersama Mekari University.

Ingin tahu cara kelola pajak dan keuangan bisnis dengan mudah dan praktis? Klik banner di bawah ini.

 

 

 

 

Kategori : Berita Regulasi

PUBLISHED31 Mar 2021
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: