Tunaikan Kewajiban Perpajakan Anda dengan Aplikasi Pajak Online

Tunaikan Kewajiban Perpajakan Anda dengan Aplikasi Pajak Online

Pembayaran pajak di Indonesia mengalami pemutakhiran yang cukup signifikan. Beberapa kewajiban pajak yang tadinya berbasis pada layanan di Kantor Pelayanan Pajak kini telah dialihkan untuk menggunakan layanan berbasis online. Tentu dari pihak Dirjen Pajak sendiri telah memberikan kanal berupa aplikasi pajak online yang digunakan untuk melakukan pelaporan dan pembayaran pajak secara online. Hal ini juga mendapat respon positif dari kalangan pebisnis untuk turut serta menyediakan kanal yang bisa digunakan untuk menjalankan kewajiban perpajakan tersebut.

Peralihan ke layanan pajak berbasis online disahkan dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 0/PMK.03/2018. Regulasi ini sendiri secara tersurat bahwa wajib pajak tidak lagi bisa menyampaikan format dokumen elektronik secara langsung ke KPP dan harus melalui aplikasi e-Filing yang sudah disetujui Dirjen Pajak. Laporan yang sudah wajib dilaporkan via layanan online adalah Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan (SPT PPh)) dan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Pertambahan Nilai (SPT PPN).

Aplikasi Pajak Online sebagai Solusi & Saluran Kewajiban Perpajakan

Selanjutnya berkenaan dengan kewajiban perpajakan yang bisa diselesaikan pada aplikasi pajak online, ternyata tidak sedikit juga. Berbagai kewajiban pajak bisa diselesaikan secara online untuk kemudian merespon keputusan Menteri Keuangan yang telah berlaku beberapa saat lalu. Berikut merupakan kewajiban perpajakan yang bisa diselesaikan secara online untuk wajib pajak badan.

  1.   SPT Tahunan Badan

SPT Tahunan Badan merupakan SPT Tahunan untuk melaporkan penghasilan atas segala jenis pemasukan yang diterima, baik penghasilan dengan tarif umum, penghasilan final atau penghasilan yang dikecualikan dari objek Pajak Penghasilan. SPT Tahunan Badan juga berfungsi untuk melaporkan harta dan utang pada akhir periode Tahun Pajak yang maksimal dilaporkan pada kurun waktu empat bulan sejak berakhirnya masa pajak.

  1.   SPT Masa

SPT Masa digunakan untuk melaporkan pajak yang dipotong atau dipungut (pajak orang lain). Terdapat sedikitnya enam jenis SPT Masa yang dilaporkan secara online, yaitu SPT Masa PPh Pasal 4 Ayat 2, SPT Masa PPh 15, SPT Masa PPh 21, SPT Masa PPh 22, SPT Masa PPh 23/26 dan SPT Masa PPN atau PPnBM.

Pelaporan SPT Masa mewajibkan dilampirkannya bukti potong untuk setiap SPT Masa yang dilaporkan dengan aplikasi pajak online. Bentuknya juga berbeda untuk tiap jenis SPT Masa, tergantung tarif dan objek pajaknya.

Sebelum Anda melakukan pelaporan pajak secara online atau disebut e-Filing, Anda terlebih dahulu harus memiliki EFIN, SPT elektronik dan akses ke situs milik DJP Online.

Validitas Aplikasi Pajak Online Dijamin oleh Dirjen Pajak dengan Sertifikasi yang Jelas

Melihat dari validitasnya, mungkin masih banyak orang yang beranggapan aplikasi pajak online ini rawan penyalahgunaan atau cenderung tidak aman karena segala hal yang berbasis online mudah diretas. Untuk aplikasi pajak online sendiri, Dirjen Pajak memiliki aplikasi resmi yang merupakan produk dari Dirjen Pajak. Aplikasi tersebut adalah DJP Online, tentu saja validitasnya tidak perlu diragukan lagi mengingat aplikasi ini resmi dari dinas terkait.

Di sisi lain berbagai aplikasi layanan pajak yang berbasis online juga banyak hadir untuk kebutuhan wajib pajak. Tujuannya bukan untuk menyaingi aplikasi resmi milik pemerintah, namun lebih kepada saluran pembantu DJP Online untuk melaksanakan tugasnya. Dengan tingginya aktivitas yang terjadi di situs DJP Online, maka seringkali terjadi situs yang macet dan kurang responsif. Oleh karena, penggunaan aplikasi layanan perpajakan bisa jadi pilihan.

Selalu ingat untuk memeriksa aplikasi layanan perpajakan yang Anda akan gunakan dan pastikan aplikasi atau layanan tersebut memiliki Surat Keputusan Resmi dari dinas terkait untuk menjamin validitasnya. Klikpajak merupakan salah satu aplikasi pajak online yang telah resmi dan memiliki Klikpajak merupakan Application Service Provider (ASP) resmi dari Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia yang telah diresmikan berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pajak Nomor: KEP-169/PJ/2018.

Manfaat & Kelebihan Menggunakan Aplikasi Klikpajak

Penggunaan aplikasi Klikpajak untuk melakukan kewajiban perpajakan memiliki beberapa kelebihan jika dibanding dengan menunaikan kewajiban perpajakan secara manual di KPP. Kelebihannya adalah :

  1.   Cepat dan Mudah

Lapor pajak secara online melalui Klikpajak dapat memangkas waktu yang Anda gunakan untuk melakukan kewajiban perpajakan. Pengisian formulir SPT bisa dilakukan melalui laptop atau komputer Anda dan mengirimkannya langsung setelah Anda selesai melakukan pengisian. Tanda terima sebagai bukti Anda telah melakukan pelaporan juga akan diterima seketika itu juga.

Jika kemudian Anda menemui kesulitan, biasanya terdapat petunjuk yang jelas atau layanan pelanggan yang bisa dihubungi langsung. Tentu hal ini akan dapat mengurangi kesalahan yang bisa terjadi jika dilakukan secara manual.

  1.   Akurat dan Aman

Dalam melakukan pengisian formulir SPT, akan dilakukan pula validasi untuk menjamin ketepatan data yang dimasukkan. Akurasi data yang dimasukkan dan dilaporkan juga terjamin, sebab aplikasi Klikpajak selalu mengacu pada peraturan pemerintah terbaru yang berlaku di Indonesia. Selain itu, penyampaian SPT yang dikirimkan bersifat langsung, tanpa perantara sehingga data Anda aman dan terjamin kerahasiaannya. Bukan hanya itu, Klikpajak juga telah tersertifikasi ISO 27001 yang menjamin keamanan seluruh data Anda.

  1.   Bisa Dilakukan Kapan Saja dan Dimana Saja

Pelaporan SPT secara online tidak terikat oleh jam dan hari kerja seperti jika Anda lapor ke KPP. Sistem yang terhubung secara online bisa digunakan kapan saja dan dimana saja, sehingga pelaporan SPT lebih fleksibel dan bebas. Tentu hal ini diharapkan agar tidak ada lagi keterlambatan atau tidak dilaporkannya SPT dengan alasan waktu libur dan sebagainya.

  1.   Lebih Tepat dalam Perhitungan

Aplikasi Klikpajak memiliki penghitungan dan format yang default sehingga akan memudahkan Anda dalam menghitung atau melaporkan pajak. Anda tidak lagi perlu melakukan penghitungan manual sehingga kesalahan penghitungan yang terjadi bisa diminimalisasi.

Kelebihan ini akan sangat terasa ketika Anda melakukan pembayaran pajak atau pelaporan secara rutin, baik bulanan atau tahunan. Di samping itu, dengan menggunakan aplikasi Klikpajak juga akan membantu Anda menjadi wajib pajak yang taat hukum karena waktu pelaporan yang terjadwal serta besaran pajak yang terhitung secara akurat. Bukan hanya itu, Klikpajak juga telah terintegrasi dengan software akuntansi online yang mempermudah Anda dalam mengambil seluruh data laporan keuangan Anda dan menghitung pajaknya secara otomatis.

 

Baca juga: Cara Mudah Lapor Pajak Online di Klikpajak

 

Klikpajak, sebagai aplikasi pajak online yang ada dapat membantu Anda memenuhi kewajiban perpajakan dengan tepat, akurat, dan mudah. Klikpajak menyediakan berbagai fitur pelaporan pajak dan SPT serta fitur pembayaran pajak untuk berbagai macam tanggung jawab pajak baik wajib pajak pribadi maupun badan usaha. Penggunaan klikpajak yang mudah dan ringkas tentu akan sangat membantu kewajiban perpajakan Anda secara rutin. Terlebih, aplikasi pajak online ini gratis, tanpa ada tambahan biaya apapun dalam penggunaannya. Daftar sekarang juga di Klikpajak dan dapatkan kemudahan dalam pengelolaan pajak Anda sekarang juga!


PUBLISHED09 Jan 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: