Cara Login Web, Status Aplikasi eFaktur Desktop Belum Registrasi

Status Aplikasi e-Faktur Desktop Belum Teregistrasi? Ini Cara Mengatasi

Mendadak tak bisa mengakses aplikasi e-Faktur bikin urusan kelola Faktur Pajak jadi berantakan. Setelah dicek ternyata aplikasi eFaktur desktop belum aktif. Klikpajak by Mekari akan mengulas status aplikasi eFaktur desktop belum registrasi dan cara registrasi aplikasi eFaktur desktop serta cara login web eFaktur.

Jangan sampai urusan membuat Faktur Pajak elektronik harus tersendat dan tertahan hanya karena masalah teknis seperti ini.

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klikpajak Sekarang!

Jika masalahnya adalah status aplikasi eFaktur desktop belum registrasi, tidak perlu panik.

Terus simak penjelasan cara menindaklanjuti aplikasi eFaktur desktop belum aktif dan cara registrasi aplikasi eFaktur desktop hingga cara login web eFaktur.

Penyebab Muncul Status Aplikasi eFaktur Desktop Belum Registrasi

Jika status aplikasi eFaktur desktop belum registrasi ini terjadi, maka satu-satunya cara adalah set ulang aplikasi e-Faktur.

Namun apa jadinya bila mereset aplikasi e-Faktur pun juga tak bisa.

Penyebab aplikasi e-Faktur harus direset bisa jadi karena:

  • Database terkena virus sehingga database corrupt
  • Lupa password atau username login aplikasi e-Faktur
  • PKP pindah Kantor Pelayanan Pajak (KPP) 

Agar bisa mereset aplikasi e-Faktur, Sobat Klikpajak harus melakukan registrasi ulang dengan aplikasi e-Faktur terbaru.

Akan tetapi sebelum mereset, Sobat Klikpajak harus menginstal dahulu Sertifikat Digital atau Sertifikat Elektronik ke dalam browser untuk otentikasi browser terhadap website e-Nofa online

Jika tidak menginstal Sertifikat Elektronik terlebih dahulu, dapat dipastikan tidak bisa mereset aplikasi e-Faktur.

Biasanya nanti akan muncul notifikasi “Certificate-based authentication failed”. 

Status Aplikasi eFaktur Desktop Belum Registrasi, Cara Login Web eFakturIlustrasi registrasi e-Faktur

Cara Mereset Aplikasi e-Faktur Desktop

Lalu, bagaimana cara mereset aplikasi e-Faktur dan apa solusinya jika tidak bisa reset aplikasi e-Faktur client desktop ini?

Tidak perlu bingung, berikut langkah-langkah cara mereset aplikasi e-Faktur:

  • Masuk ke website efaktur.pajak.go.id, lalu masukan NPWP sebagai username dan password Pengusaha Kena Pajak (ketentuan nomor sebanyak 10 digit).
  • Setelah login, unggah Sertifikat Elektronik.
  • Setelah berhasil diunduh, import Sertifikat Elektronik ke browser yang digunakan.
  • Masuk ke menu pengaturan browser, pilih privacy and security, dan cari kolom certificate.
  • Saat muncul daftar sertifikat, klik impor dan masukan passphrase. Klik ‘OK’ untuk menyimpan Sertifikat Elektronik.
  • Masuk ke menu reset aplikasi.
  • Saat muncul notifikasi registrasi ulang aplikasi e-Faktur Desktop, pilih reset aplikasi.
  • Masukan kode aktivasi aplikasi (dapat dilihat di menu profil PKP dan password PKP).

Akan tetapi,  jika muncul kode ETAX-40005 error, maka dapat disimpulkan proses reset aplikasi gagal atau dengan kata lain tidak bisa reset aplikasi e-Faktur.

Status Aplikasi eFaktur Desktop Belum Registrasi, Cara Login Web eFaktur

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klikpajak Sekarang!

Jika Tidak Bisa Reset Aplikasi e-Faktur

Tidak bisa mereset aplikasi e-Faktur kemungkinan disebabkan PKP pernah melakukan aktivasi e-Faktur dengan kode aktivasi yang pernah digunakan sebelumnya.

Padahal, kode aktivasi e-Faktur hanya dapat digunakan untuk satu kali aktivasi.

Contoh kasus;

Pak Kelik merupakan PKP dan melakukan aktivasi e-Faktur pada 1 Oktober 2020 dengan kode aktivasi 2399BDAA, kemudian muncul gangguan pada komputernya tersebut sehingga membuat aplikasi e-Faktur Desktop hilang.

Saat Pak Kelik tersebut mengunduh ulang aplikasi e-Faktur seminggu kemudian, dan memasukkan kode 2399BDAA sebagai kode aktivasi awal, maka secara otomatis akan muncul kotak dialog peringatan ETAX-40005 error.

Ketahui selengkapnya Cara Mudah Membuat Faktur Keluaran di e-Faktur

Ketika hal ini terjadi, maka lakukan langkah berikut: 

  1. Jika mengalami kesulitan mereset aplikasi client e-Faktur, buka website e-Nofa.
  2. Pada main menu, pilih “Reset Aplikasi Client” sebagai langkah untuk mereset kode aktivasi e-Faktur lama dari website e-Nofa.
  3. Masukan data untuk mereset kode aktivasi e-Faktur lama (buka dari menu profile user).
  4. Setelah mereset aplikasi client e-Faktur dari e-Nofa, maka muncul 16 digit kode aktivasi baru, misalnya: 2345BCDE2345BCDE.
  5. Setelah kode aktivasi e-Faktur sudah diperoleh, sebaiknya segera back-up folder database dari aplikasi e-Faktur sebelumnya di tempat terpisah seperti flashdisk.
  6. Atur ulang kode aktivasi e-Faktur baru pada aplikasi e-Faktur desktop dengan cara memasukannya pada ruas kode aktivasi dan pilih register. 

Baca juga Makin Praktis! Fitur Baru Klikpajak: Cara Bayar Pajak Terutang dari Halaman SPT PPN

Jika kotak dialog muncul peringatan ETAX-40005 error: Tidak Dapat Menghubungi ETaxInvoice Server. Jangan risau, contact center DJP yakni Kring Pajak, telah memberikan langkah-langkah yang bisa dilakukan PKP.

  • Pertama, pastikan komputer terhubung internet. Apabila koneksi dengan proxy, pastikan sudah melakukan setting proxy aplikasi dengan benar di menu Referensi > Setting Aplikasi.
  • Notifikasi error itu juga bisa dikarenakan Sertifikat Elektronik kedaluwarsa atau sudah habis masa berlakunya atau dicabut (revoke).
  • Jika kondisi itu yang terjadi, Anda perlu mengajukan permintaan Sertifikat Elektronik yang baru.
  • Jika setelah dicek rupanya Sertifikat Elektronik masih aktif, maka Anda bisa mengunduh kembali dari e-Nofa.
  • Langkah selanjutnya, lakukan re-impor ke e-Faktur menu Referensi => Adm. Sertifikat ⇒ coba tutup e-Faktur => refresh => akses kembali e-Faktur dan lakukan upload faktur kembali.

Status Aplikasi eFaktur Desktop Belum Registrasi, Cara Login Web eFaktur

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klikpajak Sekarang!

‘Update’ Sistem e-Faktur Terbaru tapi Status Aplikasi eFaktur Desktop Belum Registrasi

DJP terus melakukan pembaruan sistem pada aplikasi pembuatan Faktur Pajak elektronik.

Hal ini untuk mempermudah para WP atau PKP dalam melakukan aktivitas perpajakannya.

Aplikasi e-Faktur versi 3.0 resmi diberlakukan untuk semua PKP yang menggunakan aplikasi e-Faktur client desktop, per 1 Oktober 2020.

Dengan begitu, mulai sekarang seluruh PKP yang menerbitkan Faktur Pajak melalui DJP Online menggunakan aplikasi e-Faktur client desktop, harus memperbarui sistemnya dari versi e-Faktur 2.2 ke e-Faktur 3.0 pada perangkat komputernya.

Tahukah? Sobat Klikpajak tidak perlu melakukan update eFaktur 3.0 sendiri di perangkat komputer. Karena melalui e-Faktur Klikpajak, Sobat Klikpajak dapat langsung gunakan e-Faktur tanpa update maupun install aplikasi.

Dengan e-Faktur 3.0, maka membuat Faktur Pajak dan melaporkan SPT Masa PPN bisa dalam satu aplikasi saja yakni e-Faktur.

Sebelum memahami cara mengatasi saat status aplikasi eFaktur desktop belum registrasi, ketahui terlebih dahulu ketentuan update eFaktur 3.0.

Berikut beberapa fitur tambahan dalam e-Faktur 3.0:

  • e-Faktur 3.0 bekerja dalam sistem otomasi yang menghindarkan kesalahan input data
  • Dilengkapi fitur prepopulated Pajak Masukan (PM) berupa Pemberitahuan Impor Barang (PIB)
  • Prepopulated Pajak Masukan berupa e-Faktur
  • Prepopulated  VAT refund
  • Prepopulated SPT Masa PPN
  • Sinkronisasi kode cap fasilitas pada aplikasi e-Faktur
  • Sistem terintegrasi antara data DJP dengan data DJBC (Direktorat Jenderal Bea Cukai) untuk mengakomodasi ekspor-impor

Dengan sistem e-Faktur terbaru ini, maka seluruh aktivitas Faktur Pajak maupun PIB dan pelaporan SPT Masa PPN akan bersifat real time atau dalam waktu yang sebenarnya.

Status Aplikasi eFaktur Desktop Belum Registrasi, Cara Login Web eFaktur

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klikpajak Sekarang!

Melalui e-Faktur Klikpajak, Sobat Klikpajak tidak perlu repot-repot download patch terbaru e-Faktur ini karena Anda bisa langsung menggunakannya dan memanfaatkan fitur prepopulated e-Faktur.

“Gunakan aplikasinya, biar Klikpajak yang mengurus sistemnya untuk mempermudah pembuatan e-Faktur hingga pelaporan SPT Masa PPN Anda.”

Melalui e-Faktur Klikpajak, Anda dapat mengelola Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) dan memperoleh Surat Pemberitahuan PPN sesuai data yang diunggah ke DJP.

Bahkan pembuatan dan pengelolaan e-Faktur Anda semakin cepat karena salah satu kelebihan Klikpajak adalah terintegrasi dengan aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari – Simple Online Accounting Software.

Ini adalah teknologi canggih berbasis API integration yang membuat proses pengelolaan data pajak dari bagian keuangan (accounting) lebih cepat dan mudah.

Melalui e-Faktur Klikpajak, Anda bisa menarik data langsung dari pembukuan atau laporan keuangan Jurnal.id tanpa harus keluar masuk platform lagi.

Tentu saja, hal ini semakin menghemat waktu Anda, bukan?

Status Aplikasi eFaktur Desktop Belum Registrasi, Cara Login Web eFakturContoh fitur membuat Faktur Pajak di e-Faktur Klikpajak

Cara Membuat e-Faktur dan Pelaporan SPT Masa PPN

Jadi, kemudahan berlipat Anda dapatkan dengan menggunakan e-Faktur Klikpajak adalah:

  • Langsung menggunakan aplikasi e-Faktur tanpainstall terlebih dahulu
  • Tidak perluinput data satu per satu secara manual saat membuat e-Faktur karena bisa langsung menarik data transaksi dari laporan keuangan ‘online’
  • Membuat e-Faktur dan menyampaikan SPT Masa PPN lebih praktis dengan sistem yang terintegrasi dengan Jurnal.id

Makin praktis, Kenalkan! Fitur Baru Klikpajak by Mekari: Cara Mudah & Cepat Rekonsiliasi Faktur Pajak

Lebih jelasnya bagaimana cara membuat:

  • Cara membuat Faktur Keluaran
  • Membuat Faktur Pengganti
  • Cara membuat Faktur Pajak Pembatalan
  • Membuat Faktur Pajak Retur
  • Cara menghapus ‘Draft’ Faktur Pajak

Selengkapya ikuti  Panduan Lengkap Penggunaan e-Faktur ‘Online’

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klikpajak Sekarang!

Daftar Kode ‘Error’ dalam e-Faktur Desktop dan Cara Mengatasinya

Sudah tahu cara mengatasi saat menghadapi status aplikasi eFaktur desktop belum registrasi, ya?

Untuk tambahan informasi, berikut daftar kode error dalam e-Faktur desktop DJP serta cara mengatasinya:

Kode Error Keterangan Error Penyebab Cara Mengatasi
ETAX-10001 Error Database
  1. File di dalam folder db ada yang corrupt atau hilang (misal: Corrupt karena meng-copy database saat aplikasi menyala.
  2.  Di dalam folder db tidak terdapat folder ETaxInvoice atau terdapat folder selain folder ETaxInvoice yang bukan ter-create dari proses tambah database.
  3.  Versi aplikasi tidak sama dengan versi db.
  4.  PC server PKP mati/database belum di-start sebagai server (dalam hal menggunakan konfigurasi network db)
  1. Pastikan dalam folder db > ETaxInvoice terdapat folder log, seg0 dan tmp serta file db.lck, README_DO_NOT_TOUCH_FILE, dan service.properties.
  2.  Pastikan folder db berisi folder ETaxInvoice dengan isi folder sesuai pada nomor (1) dan tidak ada folder selain ETaxInvoice yang ditambahkan sendiri.
  3.  Jalankan aplikasi saat terhubung dengan internet untuk dapat melakukan update database aplikasi.
  4.  Pastikan PC server menyala dan aplikasi e-Faktur berjalan/lakukan start database sebagai server dari menu File > Administrasi Db dan tekan tombol Start DB Sebagai Server.
ETAX-10003 Input ke database tidak berhasil, periksa kembali data yang akan diinput. Koneksi antara server dan client terputus (Network Database) Pastikan PC Server dan Client terkoneksi dengan baik kemudian ulangi proses
ETAX-10005 Database tidak ditemukan Beberapa kemungkinan yang dapat terjadi antara lain folder DB terhapus, terkena virus yang menyebabkan aplikasi tidak menemukan posisi database e-Faktur Pastikan Database e-Faktur terdapat dalam folder DB aplikasi
ETAX-10006 Tidak dapat menstart database sebagai network server Beberapa kemungkinan yang dapat terjadi antara lain folder DB terhapus, terkena virus yang menyebabkan aplikasi tidak menemukan posisi database e-Faktur Pastikan Database e-Faktur terdapat dalam folder DP aplikasi
ETAX-20001 NPWP tidak lengkap
  1. Merekam/mengimpor referensi lawan transaksi dengan isian NPWP kurang dari 15 digit.
  2.  Merekam/mengimpor faktur/dokumen lain dengan isian NPWP lawan transaksi null atau kurang dari 15 digit.
Isikan NPWP dengan benar, baik di form inputan maupun di file CSV yang akan diimpor.
ETAX-20002 Nomor Faktur sudah terdaftar Merekam/mengimpor faktur dengan nomor faktur yang sudah pernah diinput sebelumnya Gunakan nomor faktur baru yang belum digunakan
ETAX-20003 Nomor Faktur tidak ditemukan
  1. Meretur faktur eTax yang belum terapprove
  2.  Merekam/impor dokumen lain pengganti untuk dokumen lain yang belum pernah diinput ke database lokal
Pastikan faktur telah diinput dan diapprove
ETAX-20004 Format angka salah Isian data tidak sesuai dengan format yang ditentukan Isi kolom DPP, PPN, PPnBM, Harga, Jumlah Barang, Diskon dengan angka,…………………Page Break………. Jika ada nilai pecahan, gunakan: ………..
  • Karakter titik sebagai pemisah pecahan untuk mekanisme impor…………….Page Break…….
  • Karakter koma sebagai tanda pemisah pecahan untuk input dari interface
ETAX-20005 Format NPWP tidak sesuai Isian data NPWP tidak sesuai dengan format dan/atau tidak sesuai dengan cek digit Isikan NPWP dengan angka 15 digit dan benar
ETAX-20006 Format tanggal salah Isian data tanggal tidak sesuai dengan format yang ditentukan Isikan tanggal sesuai dengan format yang ditentukan yaitu tanggal/bulan/tahun
ETAX-20007 Nomor Faktur tidak ditemukan Format NSFP tidak sesuai dengan format yang ditentukan Lakukan cek ulang atas NSFP yang diterima pada referensi NSFP
ETAX-20008 Error Validasi
  1. Tidak mengisi inputan mandatori
  2.  Data inputan tidak sesuai dengan format yang ditentukan
  1. Pastikan mengisi semua kolom isian yang mandatori
  2.  Isikan data sesuai format pengisian
ETAX-20013 Lawan Transaksi tidak lengkap
  1. Kolom pertama Baris LT pada file CSV tidak memakai diisi LT.
  2.  Kolom isian pada baris LT kurang atau format isi datanya tidak sesuai dengan skema impor
Periksa file CSV, cek kolom dan isian data pada baris LT. Pastikan sesuai dengan skema impor dari DJP
ETAX-20014 Nilai tidak boleh kosong Field yang tertera pada pesan error belum diisi Pastikan data diisi dengan benar
ETAX-20015 Belum memasukkan pilihan Mengklik tombol buka SPT tanpa memilih SPT yang akan dibuka Untuk membuka SPT, klik baris SPT yang akan dibuka kemudian tekan tombol Buka SPT untuk Diubah
ETAX-20016 Range nomor faktur sudah terdaftar Menginput referensi range nomor faktur yang sama atau beririsan dengan salah satu range nomor faktur yang sudah direkam Periksa kembali range nomor faktur. Pastikan range yang akan direkam belum ada di daftar referensi range nomor faktur
ETAX-20017 Nomor Faktur tidak termasuk dalam range Referensi Nomor Faktur Merekam atau mengimpor faktur keluaran dengan nomor yang tidak ada dalam range di referensi nomor faktur Periksa kembali nomor faktur yang digunakan dan pastikan nomor faktur tersebut berada dalam range di referensi nomor faktur
ETAX-20018 Range Nomor Faktur tidak tersedia, Daftarkan Referensi Nomor Faktur terlebih dahulu
  1. Belum menginputkan range nomor faktur
  2.  Nomor faktur yang terpakai sudah sampai ke range nomor terakhir yang ada
  1. Inputkan range nomor faktur yang diperoleh dari KPP
  2.  Dalam hal nomor merekam faktur dengan nomor yang terlewat dan masih di dalam range, klik OK pada Error dan lanjutkan rekam faktur dengan mengisi 8 digit nomor seri secara manual atau bisa dengan melakukan impor
ETAX-20019 Tidak bisa mengubah data.\Data yang akan dihapus dipakai sebagai referensi Menghapus data referensi lawan transaksi atau barang/jasa yang sudah pernah dipakai dalam pembuatan faktur pajak Data referensi yang sudah pernah dipakai tidak bisa dihapus
ETAX-20020 Kode Barang/Jasa sudah terdaftar\nTidak dapat memakai Kode yang sama Merekam/impor data barang dengan kode barang yang sudah ada di referensi barang/jasa Data referensi sudah pernah dipakai tidak bisa dihapus
ETAX-20021 Nama Barang/Jasa sudah terdaftar\nTidak dapat memakai Nama yang sama Merekam/impor data barang dengan nama barang yang sudah ada di referensi barang/jasa Data referensi yang sudah pernah dipakai tidak bisa dihapus
ETAX-20022 Barang/Jasa tidak lengkap
  1. Baris OF pada file CSV tidak memakai flag OF
  2.  Kolom isian pada baris OF kurang atau format isi datanya tidak sesuai dengan skema impor
Periksa file CSV, cek kolom dan isian data pada baris OF. Pastikan sesuai dengan skema impor dari DJP
ETAX-20023 Format faktur salah Format isian data CSV yang diimpor tidak sesuai dengan skema impor dari DJPP
  1. Periksa kembali file CSV dan pastikan isian data telah sesuai dengan skema impor DJP.
  2.  Periksa karakter pemisah (delimiter) yang dipakai, pastikan karakter pemisah pada form impor sama dengan karakter pemisah di file CSV.
ETAX-20024 Masa Faktur tidak boleh kurang dari tanggal faktur Merekam/impor faktur dengan isian masa kurang dari bulan tanggal faktur Pastikan masa pelaporan faktur keluaran pada form input faktur atau pada file CSV impor diisi dengan benar
ETAX-20025 Masa Faktur melebihi batas ketentuan pelaporan Faktur Pajak Merekam/impor faktur pajak masukan dengan isian masa lapor lebih dari 3 bulan dari tanggal faktur Periksa masa pelaporan faktur masukan, pastikan masa lapor tidak lebih 3 bulan dari tanggal faktur
ETAX-20026 Flag Pengganti tidak sesuai format Kolom fg_pengganti di skema impor diisi selain angka 0 dan 1 Isikan kolom fg_pengganti dengan:
  • 0 untuk faktur normal
  • 1 untuk faktur pengganti
ETAX-20027 Tanggal Faktur Pengganti tidak boleh kurang dari Faktur Pajak Tanggal Faktur Pengganti kurang dari Tanggal faktur Pajak yang diganti Tanggal Faktur Pajak Pengganti minimal sama dengan Tanggal Faktur yang diganti
ETAX-20028 Jumlah DPP, PPN, PPnBM Objek Faktur tidak sama dengan nilai Faktur Nilai Jumlah DPP, PPN dan PPnBM pada baris FK tidak sama dengan total nilai DPP, PPN dan PPnBM pada baris OF Cek file CSV. Kolom jumlah DPP/Jumlah PPnBM baris FK nilainya harus sama dengan total nilai DPP/PPN/PPnBM pada baris OF-nya
ETAX-20029 Masa Faktur lebih besar dari tanggal ETAXReady, Faktur harus direkam dengan ETax Invoice Merekam retur manual untuk Faktur Pajak Keluaran yang seharusnya sudah menggunakan e-Faktur Rekam Pajak Keluarannya terlebih dahulu dan lakukan upload
ETAX-20030 Tanggal Retur tidak boleh lebih kecil dari tanggal Faktur Menginput tanggal Retur lebih kecil dari tanggal faktur yang diretur Isikan tanggal retur lebih besar sama dengan tanggal faktur pajak yang diretur
ETAX-20031 Masa retur tidak boleh lebih kecil dari tanggal Retur Menginput nilai DPP retur lebih besar dari tanggal retur Isikan masa retur sama dengan bulan retur
ETAX-20032 Saldo DPP untuk retur kurang Mengisi nilai DPP retur lebih besar dari nilai DPP faktur yang diretur Isikan nilai DPP retur yang sesuai
ETAX-20033 Saldo PPN untuk retur kurang Mengisi nilai PPN retur lebih besar dari nilai DPP faktur yang diretur Isikan nilai PPN retus yang sesuai
ETAX-20034 Saldo PPnBM untuk retur kurang Mengisi nilai PPnBM retur lebih besar dari nilai DPP faktur yang diretur Isikan nilai PPnBM yang sesuai
ETAX-20035 Masa Faktur kurang dari tanggal ETAXReady, Faktur Non ETax Merekam/impor faktur dengan masa pelaporan sebelum ditetapkan sebagai pengguna e-Faktur Cek tanggal faktur pajak. Faktur pajak dengan tanggal transaksi sebelum diterapkan sebagai pengguna etax tidak bisa dibuat melalui aplikasi e-Faktur
ETAX-20035 DPP tidak boleh lebih kecil dari 0 DPP lebih kecil dari 0 Cek DPP-nya
ETAX-20036 PPN tidak boleh lebih kecil dari 0 PPN lebih kecil dari 0 Cek PPN-nya
ETAX-20037 PPnBM tidak boleh lebih kecil dari 0 PPnBM lebih kecil dari 0 Cek PPnBM-nya
ETAX-20039 Tidak ditemukan faktur yang akan diganti Salah mengisi NSFP yang akan diganti Pastikan kembali NSFP yang akan diganti
ETAX-30044 SPT Kurang Bayar Membuat File CSV untuk SPT Kurang Bayar tanpa merekam SSP terlebih dahulu Dalam hal SPT Kurang Bayar, rekam terlebih dahulu SSP-nya
ETAX-20001 Tidak dapat melakukan enkripsi/deskripsi
ETAX-30002 Tidak dapat melakukan hashing Sertifikat dipindah/hilang Pastikan file sertifikat ada dan tidak berpindah tempat penyimpanan. Dalam hal memindahkan sertifikat, setting kembali dari menu Administrasi Sertifikat.
ETAX-30005 Error objek mapping Format isian data CSV yang diimpor tidak sesuai dengan skema impor dari DJP Periksa kembali file CSV dan pastikan isian data lebih sesuai dengan skema impor DJP
ETAX-30006 File tidak ditemukan File CSV yang akan diimpor tidak ada
  1. Periksa kembali lokasi tempat file CSV yang akan diimpor telah sesuai dengan lokasi file CSV yang ada di form impor.
  2.  Ulangi kembali proses impor dengan mengklik tombol Open dan arahkan ke folder file CSV yang sebenarnya
ETAX-30011 Profile Belum Diregister Belum melakukan update profile pada aplikasi e-Faktur Lakukan update profile pada menu update profile
EATX-30022 File Certificate belum tersedia. Pilih file certificate terlebih dahulu di Administrasi Belum pernah mendaftarkan file certificate pada aplikasi e-Faktur Daftarkan file Certificate yang dimiliki pada menu administrasi sertifikat
ETAX-30023 File Certificate tidak bisa dipakai
  • Format Certificate Salah
  • File Certificate tidak ditemukan
  • Certificate bukan milik terdaftar
  • Tidak ditemukan Certificate yang benar untuk user
Pastikan menggunakan file sertifikat digital yang telah diberikan oleh DJP
ETAX-30024 Harga Barang/jasa tidak boleh lebih kecil sama dengan 0 Harga barang lebih kecil dari 0 Cek harga barang yang diinput
ETAX-30029 Nomor Faktur tidak benar
  1. Nomor Faktur yang diinput tidak sesuai dengan tanggal faktur
  2.  Merekam/impor dokumen lain pengganti untuk dokumen lain yang belum direkam di aplikasi
  1. Cek nomor faktur dan tanggal faktur. Faktur dengan nomor xxx-yy.xxxxxxxx hanya bisa dipakai untuk penyerahan di tahun yy
  2.  Rekam/impor terlebih dahulu dokumen lain yang akan diganti. Setelah itu rekam/impor dokumen lain penggantinya
ETAX-30030 Nomor Retur sudah terdaftar Nomor retur dan nomor faktur pajak yang diretur yang direkam/diimpor sudah ada di database Cek kembali data dokumen retur yang akan direkam. Pastikan nomor retur dan faktur pajaknya sudah benar dan belum pernah direkam/impor sebelumnya
ETAX-30031 Dokumen lain tidak lengkap
  1. Mengisi kolom DK_DM untuk dokumen lain dengan isian selain DK//DM
  2.  Kolom isian kurang atau format isi datanya tidak sesuai dengan skema impor dokumen lain
  • Periksa file CSV, cek kolom dan isian datanya. Pastikan sesuai dengan skema impor dari DJP
ETAX-40001 Tidak dapat menghubungi E-TaxInvoice Server Tidak terhubung dengan internet
  1. Cek koneksi internet, pastikan PC terhubung dengan internet.
  2.  Apabila koneksi internet dengan proxy, pastikan sudah melakukan setting proxy aplikasi dengan benar di menu Referensi > Setting Aplikasi
ETAX-40004 User tidak dapat mengakses service Salah mengisi captcha, password ataupun passphrase
  1. Pastikan sudah menginputkan password, captcha ataupun passphrase dengan benar
  2.  Pastikan PC terhubung dengan koneksi internet
ETAX-50003 Tidak dapat membentuk SPT Terdapat prosedur-prosedur yang belum dilakukan dalam proses membentuk SPT
  1. Pastikan seluruh isian data di Induk dan Lampiran AB sudah diisi dan disimpan
  2.  Dalam hal membuat SPT Pembetulan, pastikan SPT normalnya sudah dibuat
ETAX-50004 Tidak dapat membentuk file CSV Terdapat kolom-kolom dalam aplikasi yang belum diisi dengan lengkap (misalnya: tanggal lapor) atau belum update profile Pastikan kolom-kolom dalam SPT Masa telah diisi dan telah mengisi profile PKP dengan lengkap
ETAX-50005 Tidak dapat membentuk file PDF Terdapat kolom-kolom dalam aplikasi yang belum diisi dengan lengkap (misalnya: tanggal lapor) atau belum melakukan update profile Pastikan kolom-kolom dalam SPT Masa telah diisi dan telah mengisi profile PKP dengan lengkap.

 

Kategori : Perencanaan Pajak

PUBLISHED27 Aug 2021
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: