Saat mengurus Faktur Pajak, bisa saja mengalami ETAX-40005 error di service registrasi null. Ketahui penyebab error ETAX 40005 dan solusi kendala eFaktur ini.
Error ETAX 40005 adalah kondisi di mana terjadi kegagalan dalam melakukan registrasi e-Faktur.
Sehingga muncul keterangan ETAX-40005 error di service registrasi null pada aplikasi yang terpasang di perangkat.
Mekari Klikpajak akan menunjukkan bagaimana cara mengatasi error ETAX 40005 untuk Anda.
Penyebab ETAX 40005
Berikut Penyebab Error ETAX-40005:
1. Kode aktivasi pernah digunakan sebelumnya
Kode aktivasi e-Faktur ini dapat dilihat pada menu profil utama.
Selain itu, kode aktivasi e-Faktur ini hanya dapat digunakan untuk satu kali aktivasi, yaitu pada saat aktivasi pertama kali.
2. Salah input kode aktivasi
Kesalahan ETAX 40005 yang seringkali dialami oleh wajib pajak saat mengakses aplikasi e-Faktur di antaranya:
- ETAX-40005: Registrasi Null
- ETAX-40005: Error di service registrasi, ETAXSERVICE-40002: User Tidak Ditemukan
Umumnya, penyebab dari munculnya kode error tersebut karena kode aktivasi atau serial number yang di-input-kan tidak tepat.
Maka, pastikan input Kode Aktivasi atau Serial Number dengan benar.
Kode aktivasi atau serial number merupakan kombinasi huruf kapital angka tanpa format.
Kode aktivasi e-Faktur dapat dilihat di eFaktur.pajak.go.id pada menu “Profil User”.
Baca juga: Error ETAX 40002: Penyebab dan Solusi Error di Service
3. Pengisian passphrase, captcha atau password salah
Selain karena salah input kode aktivasi, munculnya ETAX-40005 juga bisa disebabkan karena salah mengisi passphrase, captcha atau kata kunci (password).
Perhatikan huruf kapital, tanda baca, dan spasi.
4. Proses loading yang bermasalah
Kendala lain yang membuat error pada e-Faktur client adalah proses loading yang tidak sempurna saat pendaftaran.
Ada juga wajib pajak yang memang kurang teliti dalam melakukan registrasi aplikasi e-Faktur.
Dalam hal ini, mungkin saja tidak sabar menunggu loading aplikasi e-Faktur, sehingga terjadi beberapa kali klik register.
Cara yang dapat diakukan adalah, tunggu sampai muncul notifikasi yang menunjukkan gagal maupun sukses terlebih dahulu, baru kemudian bisa lakukan klik ulang.
Baca juga:e-Faktur 4.0 Dirilis: Simak Fitur Unggulan dan Langkah Updatenya
Ilustrasi Error ETAX 40005 & ETAX-40005 Error di Service Registrasi Null
Mungkin masih ada sebagian yang masih belum mengetahui seperti apa error ETAX-40005 eFaktur ini.
Berikut ilustrasi error ETAX 40005 yang bisa jadi gambaran dari kendala ini:
PKP AAA melakukan aktivasi e-Faktur pada tanggal 1 Agustus 2021 dengan kode aktivasi 5678ABCD.
Akan tetapi, pada tanggal 2 Agustus 2021, komputer mengalami kerusakan sehingga database e-Faktur hilang.
Kemudian PKP AAA melakukan download ulang aplikasi e-Faktur di perangkat komputernya dan melakukan aktivasi ulang dengan kode aktivasi yang sama, 5678ABCD.
Pada ilustrasi ini, PKP AAA mengalami kegagalan saat akan melakukan aktivasi dengan error di Service Registrasi Null.
Penyebab utamanya karena kode 5678ABCD telah digunakan sebelumnya oleh PKP AAA.
Baca juga: eFaktur Error? Ketahui Penyebab ETAX-40001 Tidak Dapat Menghubungi e-taxinvoice Server
Solusi Mengatasi Error ETAX 40005
Berikut beberapa cara mengatasi ETAX-40005 error di service registrasi null di e-Faktur:
1. Pastikan pengisian passphrse, kode aktivasi, captcha atau password benar
Periksa kembali pengisian passphrse, kode aktivasi, captcha atau password, dan pastikan huruf kapital, tanda baca, dan spasi.
Pengisian kode aktivasi tidak menggunakana tanda baca atau spasi.
Gunakan database baru, dan registrasi menggunakan kode aktivasi eFaktur desktop baru yang ada di eNofa.
Sedangkan database lama masih dibuka menggunakan user dan password yang lama.
2. Periksa registrasi akun
Secara umum, saat mengalami error ETAX-40005 error di service registrasi null, cara mengatasinya dengan memeriksa apakah akun sudah diregistrasi sebelumnya atau belum.
Lakukan pengecekan akun Pengusaha Kena Pajak (PKP) di website resmi e-Nofa.
Login dan periksalah profil PKP. Jika telah teregistrasi, berarti Anda harus mengatur ulang atau meresetnya terlebih dahulu.
Lakukan atur ulang aplikasi e-Faktur dan ketika telah reset, lakukan registrasi ulang.
Akan tetapi, apabila memang sudah teregistrasi, silakan tunggu dan coba kembali beberapa saat kemudian.
3. Reset aplikasi client desktop
Berikut cara reset aplikasi e-Faktur client desktop DJP:
- Lakukan reset atau atur ulang aplikasi client dari aplikasi e-Nofa
- Buka halaman profile untuk Kode Aktivasi e-Faktur Desktop terbaru. Ingat, ketika input kode aktivasi desktop ke aplikasi e-Faktur, kode harus diketik, dan jangan di-copy-paste.
- Setelah berhasil melakukan reset aplikasi client e-Faktur, maka akan mendapatkan 26 digit kode aktivasi baru. Misalnya 5678ABCD5678ABCD.
- Masukan kembali data untuk reset atau atur ulang Kode Aktivasi e-Faktur lama.
- Lakukan aktivasi ulang dengan menggunakan kode aktivasi baru tersebut.
Sebaiknya bebaskan diri dari panik karena error ETAX 40005 yeng bisa saja terjadi dalam penggunaan e-Faktur client desktop DJP.
Anda tidak perlu mengalami berbagai kendala tersebut di atas dalam mengakses e-Faktur untuk kelola Faktur Pajak elektronik.
Cara lebih mudah mengelola Faktur Pajak elektronik, gunakan aplikasi pajak online mitra resmi DJP e-Faktur Mekari Klikpajak.
Anda dapat mengurus Faktur Pajak elektronik dengan tenang bersama e-Faktur Mekari Klikpajak yang terintegrasi dengan laporan keuangan online Mekari Jurnal.