Error ETAX 40002: Penyebab dan Solusi Error di Service - Klikpajak

Error ETAX 40002: Penyebab dan Solusi Error di Service

Munculnya error e-Faktur ETAX 40002 menunjukkan bahwa aplikasi e-Faktur pajak yang sedang dijalankan tidak dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. ETAX 40002 merupakan error yang tidak dapat melakukan koneksi dengan service. Pesan ini mengartikan bahwa aplikasi e-Faktur tidak berhasil melakukan koneksi dengan sistem Direktorat Jenderal Pajak (DJP), sebagai tujuan server e faktur. Penyebab utamanya adalah masalah pada sertifikat digital yang Anda gunakan.

Lalu, apa sajakah penyebab error dan bagaimana solusi mengatasinya? Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Penyebab dan Solusi ETAX 40002

Keunggulan e-SPT, e-Faktur, dan e-Billing Yang Memudahkan Administrasi Perpajakan

Biasanya, munculnya error ETAX 40002, terjadi pada saat registrasi, start uploader, pembatalan faktur, dan sinkronisasi profil. Berikut ini terdapat 3 hal penyebab utama yang dapat menjadi sumber permasalahan pada file sertifikat digital atau elektronik milik wajib pajak.

1. Sertifikat Digital Corrupt atau Rusak

Pertama, sertifikat elektronik yang Anda gunakan corrupt atau rusak. Virus yang menyerang komputer atau laptop Anda dapat meracuni file sertifikat elektronik. Beberapa penyebabnya di antara lain adanya virus yang terdapat dalam flashdisk yang berpindah ke komputer; antivirus tidak aktif; 7 sertifikat elektronik dan mengunggah kembali pada menu “Download Sertifikat Digital”.

2. Sertifikat Elektronik Sudah Expired

Kedua, sertifikat digital yang Anda gunakan telah expired atau habis masa berlakunya. Perlu diketahui bahwa file sertifikat digital memiliki masa berlaku selama 2 tahun sejak diajukan pertama kalinya. Dengan demikian, berarti setiap 2 tahun PKP harus melakukan permohonan perpanjangan sertifikat. Baik permohonan awal ataupun perpanjangan, prosedurnya tidaklah berbeda dan sama persis.

Cara Mengecek Tanggal Expired

Mozilla Firefox: Klik menu Option > Advanced > Certificates > View Certificates > Your Certificates kemudian cek tanggal pada kolom Expires On

Google Chrome: Klik menu setting > Manage certificates > Personal > kemudian cek tanggal pada kolom expiration date

  • Cek langsung dengan mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat Anda terdaftar.

Error e-Faktur ETAX-40002 yang disebabkan oleh sertifikat digital solusinya Anda cukup mendownload ulang sertifikat secara online. Simpanlah sertifikat digital dalam folder yang sama dengan aplikasi e-Faktur. Mengapa demikian? Sebenarnya kewajiban untuk membuat folder terpisah berlaku antara e-Faktur dan sertifikat elektronik.

3. Passphrase Anda Tidak Tepat

Ketiga, Passphrase Anda tidak tepat. Pastikan kembali passphrase yang Anda masukkan telah benar. Passphrase bersifat case sensitive.

Kesimpulan dari tulisan di atas adalah, e-Faktur error ETAX 40002 terjadi karena kerusakan pada digital certificate. Penyebabnya dapat dimungkinkan bahwa komputer terkena virus atau sertifikat elektronik telah berakhir masa berlakunya.

 

Registrasi Sertifikat Digital

Setelah file sertifikat Anda terkondisi kembali, Anda akan diarahkan untuk melakukan registrasi Sertifikat Digital sebelum dimasukkan ke aplikasi e-Faktur. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Bukalah folder e faktur dan buatlah folder baru dengan nama bebas tidak ditentukan.
  1. Copy paste file sertifikat digital ke dalam folder baru
  2. Akses aplikasi e faktur dan kemudian login
  • Klik pada menu Referensi > Administrasi Sertifikat > klik pada tombol “open” kemudian arahkan ke folder baru
  • Masukkan passphrase kemudian klik OK

Sebagai salah satu Aplikasi Penyedia Jasa (ASP) resmi dari Dirjen Pajak, Klikpajak hadir dengan layanan perpajakan online yang menyediakan berbagai informasi perpajakan terbaru dalam membantu wajib pajak memenuhi kewajiban perpajakannya. Klikpajak membantu meringankan beban Anda dalam menghitung, menyetor, dan melaporkan pajak dengan mudah, cepat, praktis, dan GRATIS selamanya. Segera gabung dan daftarkan akun Anda sekarang di sini!

[adrotate banner=”4″]


PUBLISHED03 Jul 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: