Klikpajak by Mekari

Cara Mengatasi Web eFaktur Error dan Apa Saja Penyebabnya?

Ada beberapa penyebab web e-Faktur bermasalah. Ketahui apa saja penyebabnya dan cara mengatasi web eFaktur error ini.

Apa itu Web e-Faktur? Web e-Faktur adalah aplikasi berbasis web untuk pelaporan Surat Pemberitahuan Masa Pajak Pertambahan Nilai (SPT Masa PPN).

Penggunaan aplikasi web eFaktur ini membutuhkan jaringan internet dan sistem operasinya sudah terpasang Sertifikat Elektronik apabila menggunakan e-Faktur client desktop DJP Online.

Namun, apabila Anda menggunakan aplikasi e-Faktur Klikpajak sebagai PJAP mitra resmi Ditjen Pajak, maka Anda tidak perlu install Sertifikat Elektronik saat menggunakan web eFaktur ini, karena Anda sudah menaruhnya sekali saja pada saat registrasi aplikasi pajak online Klikpajak..

Lalu, apakah Anda sedang menghadapi kendala web e-Faktur tidak bisa diakses? Tidak perlu bingung bagaimana cara mengatasinya.

Temukan solusi web e-Faktur tidak bisa diakses atau error di bawah ini, Mekari Klikpajak akan mengulasnya untuk Anda.

Mekari Klikpajak adalah penyedia jasa aplikasi pajak online mitra DJP resmi, yang berkomitmen membantu dunia usaha mencapai #Powering Business Growth setiap perusahaan.


Klikpajak hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam mengembangkan dan memajukan bisnis melalui penyediaan support system perpajakan elektronik lengkap dan terintegrasi dengan akuntansi online Jurnal.id, serta didukung dengan sistem Application Programming Interface (API), seperti e-Faktur API dan e-Bupot API yang membuat pengelolaan pajak bisnis makin praktis.


Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

Apa Penyebab Web eFaktur Error?

Web eFaktur error ini jadi masalah yang cukup krusial, mengingat apabila pelaporan SPT PPN dilakukan mendekati batas waktu pelaporan, kemudian ternyata menghadapi kendala ini, maka yang terjadi terlambat lapor PPN.

Berikut beberapa penyebab web eFaktur error seperti pada umumnya:

1. Gangguan sistem e-Faktur DJP

Biasanya muncul gangguan pada sistem ini dikarenakan server web eFaktur DJP sedang bermasalah (down).

Penyebab server web e-Faktur DJP down salah satunya karena banyak yang mengaksesnya secara bersamaan.

2. Sertifikat Elektronik kedaluwarsa

Sertifikat digital pajak atau sertel ini memiliki jangka waktu penggunaan.

Apabila sudah kedaluwarsa, maka Pengusaha Kena Pajak harus memperpanjang masa berlakunya.

Ikuti langkah-langkah berikut Cara Perpanjang Sertifikat Elektronik dan Cara Cek Masa Berlaku.

3. Jaringan internet tidak stabil

Penyebab lain web eFaktur error yakni koneksi internet yang Anda gunakan tidak stabil.

Sehingga jaringan internet tidak mampu menghubungkan dengan server eFaktur DJP.

4. Cache & cookies penuh

Riwayat penggunaan browser pada perangkat komputer juga dapat memengaruhi proses dalam mengakses web e-Faktur.

Lalu, bagaimana solusinya?

Baca Juga: Solusi ERR SUB003-Sertifikat Elektronik Tidak Ditemukan

Penyebab dan cara mengatasi Web eFaktur ErrorIlustrasi web eFaktur error

Bagaimana Cara Mengatasi Web eFaktur Error?

Berikut beberapa cara mengatasi web eFaktur error yang bisa jadi pilihan:

  1. Pastikan jaringan internet dalam kondisi stabil. Karena koneksi internet yang tidak tersendat juga memengaruhi saat mengakses web e-Faktur.
  2. Lakukan pembersihan atau clear cache & cookies pada browser. Sebab cache & cookies yang menumpuk juga bisa menghambat akses web eFaktur.
  3. Gunakan mode private window pada browser yang digunakan. Ini bisa jadi salah satu cara yang bisa dicoba untuk mengatasinya.
  4. Pastikan Sertifikat Elektronik masih berlaku atau belum kedaluwarsa. Jika telah perpanjang sertifikat elektronik (sertel), lakukan download dan pasang kembali sertel pada browser.
  5. Coba gunakan browser atau perangkat yang berbeda. Anda dapat menggunakan komputer yang berbeda ataupun browser yang beda pada perangkat yang sama.
  6. Anda dapat menunggu beberapa saat dan mengecek secara berkala hingga sistem e-Faktur DJP kembali normal dan dapat digunakan.

Apabila masih menghadapi kendala web e-Faktur error, Anda dapat menghubungi Kring Pajak di 1500200 atau melalui akun resmi @kring_pajak.

Baca Juga: Ketahui Keunggulan Aplikasi Berbasis Web untuk Urus Pajak

Lebih Mudah Kelola Faktur Pajak dengan e-Faktur Klikpajak

Anda dapat mengelola Faktur Pajak elektronik lebih mudah dan cepat melalui PJAP mitra resmi DJP yakni e-Faktur Klikpajak.

Melalui Klikpajak, Anda dapat membuat Faktur Pajak Keluaran hingga mengelola Pajak Masukan dan melakukan rekonsiliasi pajak secara otomatis.

Sebab selain terintegrasi dengan pembukuan online Mekari Jurnal, e-Faktur Klikpajak juga dilengkapi dengan sistem API, sehingga Anda dapat menarik data langsung dari sistem laporan keuangan online yang Anda gunakan.

Tunggu apalagi? Aktifkan akun pajak Klikpajak Anda dan nikmati beragam kemudahan kelola administrasi pajak perusahaan hanya dalam satu langkah.

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

Kategori : Tips Pajak

PUBLISHED10 Jan 2023
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: