Daftar Isi
4 min read

Cara Lapor Pajak Online untuk Semua Jenis SPT Tahunan

Tayang 06 Jan 2024
cara lapor pajak online
Cara Lapor Pajak Online untuk Semua Jenis SPT Tahunan

Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) pajak harus benar sesuai ketentuan. Ketahui cara pelaporan pajak online untuk SPT Tahunan, SPT Masa PPh dan laporan SPT PPN.

Mekari Klikpajak akan menunjukkan bagaimana cara pelaporan pajak online  agar terhindar dari kesalahan yang menyebabkan kegagalan pelaporan pajak.

Cara lapor Pajak Online

Setelah mengetahui persiapan apa saja yang harus dipenuhi sebelum menyampaian SPT pajak, hal berikutnya yang bisa dilakukan adalah mulai melaporkan sesuai dengan jenisnya.

Berikut langkah-langkah cara lapor SPT pajak pribadi dari masing-masing jenis pajak yang harus disampaikan ke Ditjen Pajak secara online:

A. SPT Tahunan PPh Pribadi

Lapor SPT Tahunan PPh Pribadi, baik bagi wajib pajak yang berstatus karyawan/pegawai maupun pengusaha/pekerja bebas, sama-sama harus dilakukan secara elektronik melalui e-Filing. dengan cara berikut:

  1. Memiliki EFIN
  2. Buka situs resmi Ditjen Pajak (DJP Online)
  3. Kemudian masukkan NPWP/NIK, kata sandi dan kode keamanan, lalu klik ‘Login‘
  4. Pilih menu ‘Lapor’, lalu ‘Pilih Layanan: e-Filing’.
  5. Pilih ‘Buat SPT’.
  6. Ikuti panduan yang diberikan, termasuk yang berbentuk pertanyaan. Isi SPT mengikuti panduan yang ada.
  7. Jika SPT sudah dibuat, sistem akan menampilkan ringkasan SPT. Untuk mengirim SPT tersebut, ambil terlebih dahulu kode verifikasi. Kode verifikasi akan dikirim melalui email WP.
  8. Masukkan kode verifikasi dan klik ‘Kirim SPT’.
  9. Laporan SPT akan terkirim ke sistem DJP
  10. Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) sebagai bukti penyelesaian laporan akan dikirim melalui e-mail
  11. Jika belum ingin mengirimkan SPT, klik ‘Selesai’ dan SPT akan tersimpan untuk dapat dilihat dan diedit kembali di menu ‘Submit SPT’.

Batas waktu pelaporan SPT Tahunan 2023 untuk wajib pajak pribadi yaitu 3 bulan setelah berakhirnya tahun pajak, yaitu pada 31 Maret 2024.

Bagi wajib pajak yang belum melaporkan SPT Tahunan hingga batas waktu yang telah ditetapkan, maka akan menerima surat pemberitahuan. Surat pemberitahuan ini berisi teguran dan kewajiban untuk mengurus pajak, termasuk ketentuan denda yang dikenakan.

B. Lapor SPT Tahunan PPh Badan

Setelah menyiapkan semua dokumen yang diperlukan untuk lapor pajak penghasilan tahunan badan, lanjukan dengan mengikuti langkah-langkah menyampaikan SPT Tahunan Badan berikut ini:

Batas waktu pelaporan SPT Tahunan 2023 untuk wajib pajak badan yaitu 4 bulan setelah berakhirnya tahun pajak, pada 30 April 2024.

Jenis Aplikasi untuk Pelaporan Pajak Online

Baik Wajib Pajak Badan ( WP Badan ) maupun Wajib Pajak Orang Pribadi ( WP Pribadi ) diharuskan melaporkan perpajakan secara daring.

Secara umum ada dua jenis SPT pajak, yakni jenis SPT Pajak Penghasilan (SPT PPh) dan jenis SPT Pajak Pertambahan Nilaia (SPT PPN).

Keduanya memiliki ketentuan dan tata cara pelaporan pajak yang berbeda dan penggunaan fitur atau aplikasi yang berbeda pula, di antaranya:

1. Aplikasi Lapor SPT Tahunan PPh

Tata cara pelaporan SPT Tahunan PPh antara Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP) dengan Wajib Pajak Badan (WP Badan) tidaklah sama.

Jika cara lapor SPT Tahunan online WP Pribadi bisa melalui e-Filing, sedangkan cara laporan SPT Tahunan online WP Badan melalui aplikasi perpajakan online e-SPT Tahunan Badan Klikpajak.

Cara laporan SPT online WP Pribadi dan WP Badan melalui aplikasi pelaporan perpajakan mitra resmi Ditjen Pajak e-Filing dan eSPT Tahunan Badan Klikpajak.

2. Aplikasi Lapor SPT Masa PPh

Baik WP Badan maupun WP Pribadi pengusaha yang melakukan pemungutan PPh Pasal 21 dapat melaporkan SPT Masa PPh 21 melalui e-Filing.

Sementara itu, apabila pelaporan SPT Masa PPh Pasal 4 ayat 2, PPh 15, PPh 22, PPh 23, PPh 26 melalui  e-Bupot Unifikasi.

3. Aplikasi Lapor SPT Masa PPN

Sedangkan untuk cara pelaporan pajak SPT Masa Pajak Pertambahan Nilai harus dilaporkan melalui e-Faktur.

Lalu, apa saja persiapan yang harus dilakukan dalam cara pelaporan pajak online?

Baca juga: Lapor SPT Tahunan Pribadi Online, Jangan Lupa Siapkan Dokumen ini

Lapor Pajak Lebih Mudah dan Cepat hanya di Mekari Klikpajak

Bukan hanya kemudahan dalam laporan pajak e Filing untuk SPT Masa PPh dan SPT Masa PPN serta cara laporan SPT Tahunan Badan online saja, fitur lengkap Mekari Klikpajak akan membuat administrasi perpajakan lainnya juga semakin efektif dan efisien.

Seperti membuat bukti pemotongan perpajakan dari berbagai jenis transaksi PPh, maupun membuat Faktur Pajak elektronik dan pengisian formulir pelaporan SPT Masa PPN dengan mudah.

Mekari Klikpajak adalah cara simpel untuk melakukan berbagai aktivitas perpajakan Sobat Klikpajak, mulai dari menghitung, membayar dan cara lapor pajak secara online dalam satu platform.

Berikut Fitur Lengkap Klikpajak yang Terintegrasi memudahkan urusan perpajakan bisnis lebih efektif dan efisien.

Kategori : Lapor

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak