Pengisian E-Filing 2019, Cara Mudah Melaporkan SPT - Klikpajak

Pengisian E-Filing 2019, Cara Mudah Melaporkan SPT

Melaporkan SPT merupakan salah satu kewajiban perpajakan. Sebelum melakukan pelaporan secara online, setiap wajib pajak harus mengisi formulir laporan SPT. Pengisian e-Filing 2019, sebenarnya sama dengan tahun sebelumnya. Setidaknya terdapat 3 jenis formulir pada pelaporan SPT, yakni formulir 1770 SS, formulir 1770 S dan formulir 1770.

Sebelum melakukan pengisian, pastikan terlebih dahulu Anda mengisi formulir SPT yang benar sesuai peruntukkannya. Pasalnya, jika formulir SPT yang Anda gunakan tidak benar, maka bisa saja ada beberapa data yang tidak sesuai. Setiap formulir diciptakan untuk dapat digunakan sesuai dengan peruntukkannya, sehingga harus dipelajari terlebih dahulu ketentuan dari tiap formulir.

 

Ketentuan Penggunaan Formulir

Formulir 1770 SS

Formulir 1770 SS, diperuntukkan bagi wajib pajak sesuai dengan 3 kriteria berikut:

  • Penghasilan wajib pajak kurang dari Rp. 60.000.000 dalam satu tahun pajak.
  • Pekerjaan yang dilakukan adalah pegawai swasta, PNS atau ASN, TNI atau POLRI atau pegawai BUMN atau BUMD.
  • Wajib pajak bukan merupakan pengusaha atau pekerja bebas.

Formulir 1770 S

Formulir 1770 S, diperuntukkan bagi wajib pajak sesuai dengan 3 kriteria berikut:

  • Memiliki penghasilan di atas Rp. 60.000.000.
  • Merupakan pekerja swasta, ASN atau PNS, TNI atau POLRI serta pegawai BUMN atau BUMD.
  • Tidak berstatus sebagai pengusaha atau menjalankan pekerjaan bebas.

Formulir 1770

Formulir 1770, diperuntukkan bagi wajib pajak sesuai dengan 3 kriteria berikut:

  • Wajib pajak yang menjalankan pekerjaan bebas yang bersifat profesional, di antaranya akuntan, dokter, notaris dan sejenisnya.

Baca Juga  : Panduan Lengkap Tentang Cara Mengisi SPT 1770 S

 

Cara Mengisi Formulir

Setelah mengetahui formulir mana yang digunakan, setiap wajib pajak dapat mengisi formulir tersebut. Berikut cara pengisian e-Filing dari setiap formulir:

 

Cara Melaporkan SPT

Setelah mengisi formulir dengan cara di atas, hal yang harus Anda lakukan berikutnya adalah melaporkan SPT. Anda dapat melaporkan pajak secara online, baik melalui DJP Online dengan fitur e-Filing ataupun melalui mitra resmi DJP seperti Klikpajak. Di bawah ini akan dijelaskan langkah-langkah lapor pajak melakui Klikpajak:

  1. Masuk ke akun Klikpajak Anda melalui my.klikpajak.id/login, masukkan email beserta password yang Anda miliki, kemudian klik ‘Masuk’.
  2. Anda akan masuk ke halaman utama dashboard Klikpajak. Pastikan Anda telah mendaftarkan e-Filing (melalui ‘Settings’), jika belum, maka akan muncul pilihan daftar e-Filing, klik dan ikuti langkah yang ada.
  3. Klik pada ‘Prepare Tax’, pilih ‘Lapor Pajak’, pilih SPT yang ingin dilaporkan (SPT Normal atau SPT pembetulan), lalu pilih jenis pajak (pilih sesuai dengan keperluan Anda), kemudian pilih masa pajak yang ingin dilaporkan. Setelah selesai, klik ‘ Lanjutkan’.
  4. Akan muncul satu pertanyaan pada laman berikutnya. Jika Anda belum pernah melaporkan SPT Tahunan melalui Klikpajak, maka tandai pilihan pertama, yang menyatakan bahwa akan dilakukan penghitungan dan pembayaran pajak terlebih dahulu. Jika Anda ingin langsung melaporkan SPT, tandai pilihan kedua yang menyatakan bahwa Anda akan langsung melaporkan SPT Anda. Klik ‘Lanjutkan’.
  5. Berikutnya Anda akan menghadapi pertanyaan kembali, dan disarankan untuk menandai pilihan pertama demi mudahnya proses pelaporan SPT. Klik ‘Lanjutkan’
  6. Setelah itu, Anda akan masuk pada dashboard pelaporan SPT Tahunan masa pajak 2019. Langkah selanjutnya cukup sederhana, yakni Anda tinggal mengunggah file CSV dan PDF dengan nama yang sama yang Anda miliki. Klik ‘Lanjutkan’.
  7. Akan muncul pemberitahuan melalui email bahwa pelaporan SPT Tahunan Anda telah selesai dilaksanakan. Bukti lapor yang ada akan diterima melalui email dan dapat diperiksa beberapa menit kemudian.
  8. Setelah selesai, Anda bisa memeriksa status pajak yang telah dilaporkan pada menu ‘Status Pajak’. Di sini akan muncul data mengenai pajak yang pernah Anda laporkan melalui Klikpajak, dan dapat digunakan sebagai arsip penyimpanan bukti pelaporan pajak yang Anda lakukan.

Langkah lebih jelasnya dapat dilihat di sini berupa video tutorial.

 

Keuntungan Lapor Pajak secara Online

Salah satu keuntungan yang paling terasa adalah wajib pajak tidak perlu menghabiskan waktunya untuk mendatangi KPP dan antri selama berjam-jam membawa seluruh berkas yang diperlukan. Semua proses bisa dilaksanakan secara online di mana saja.

Selain itu, pengisian e-Filing 2019 seperti ini juga kedepan akan terus ditingkatkan layanannya sehingga dapat makin diandalkan dalam urusan pelaporan pajak. Bayangkan, jika proses pelaporan pajak yang tadinya diselesaikan dalam waktu beberapa jam kini hanya dalam hitungan menit.

 Baca Juga : Manfaat Lapor Pajak Online via E-Filing untuk Bisnis Perusahaan

 

Senada dengan upaya mempermudah proses e-Filing 2019, pemerintah juga menggandeng pihak swasta seperti Klikpajak. Dengan layanan yang terverifikasi secara resmi oleh DJP, setiap prosedur yang dilakukan dalam Klikpajak sudah disesuaikan dengan aturan yang berlaku dan dalam pengawasan DJP secara langsung. Ini mengapa, Klikpajak menjadi salah satu kanal pelaporan pajak favorit.

Disamping merupakan mitra resmi, Klikpajak dapat digunakan oleh siapa saja, kapan saja, dan bebas biaya. Segera buat akun Klikpajak dan manfaatkan semua fiturnya!

 


PUBLISHED04 Oct 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: