Daftar Isi
4 min read

Mengenal Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan: Beda PJAP dan DJP

Tayang 21 Nov 2023
Mengenal Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan: Beda PJAP dan DJP

Ditjen Pajak menggandeng penyedia aplikasi perpajakan untuk wajib pajak dapat mengelola administrasi perpajakannya. Lalu, apa perbedan layanan DJP dan PJAP ini?

Mekari Klikpajak akan mengulas seputar PJAP agar Anda dapat mengenal penyedia jasa aplikasi perpajakan dan fitur yang ditawarkannya untuk mengelola pajak.

Apa itu PJAP?

PJAP adalah singkatan dari Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan.

PJAP atau Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan adalah perpanjangan tangan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk melayani perpajakan wajib pajak secara elektronik.

Sehingga proses pengelolaan administrasi perpajakan real time karena fitur perpajakan yang disediakan PJAP terhubung langsung dengan sistem DJP.

Namun terdapat beberapa perbedaan dalam sistem pelayanan pada fitur perpajakan yang ditawarkan PJAP dibanding fitur yang disediakan DJP.

Beberapa perbedaan tersebut bisa dari sisi fitur tambahan dalam mengelola perpajakan hingga fungsi tambahan dari masing-masing fitur e-Faktur, e-Bupot Unifikasi dan lainnya.

Siapa pihak penyedia jasa aplikasi perpajakan rekanan Ditjen Pajak ini? Salah satu PJAP mitra DJP resmi adalah Mekari Klikpajak.

Mekari Klikpajak menyediakan fitur perpajakan online yang memudahkan wajib pajak dalam mengelola administrasi perpajakannya

Apa Keunggulan atau Kelebihan Menggunakan PJAP vs DJP?

Berikut perbedaan atau keunggulan dan kelebihan menggunakan PJAP dibanding DJP:

A. Aplikasi PJAP Mekari Klikpajak

  • Multi-user dan multi perangkat, permudah kelola administrasi pajak perusahaan, karena dapat mengelola banyak NPWP dan dikerjakan oleh beberapa user di beberapa perangkat sekaligus secara bersamaan.
  • Terintegrasi dengan teknologi API, sehingga pembuatan dokumen perpajakan otomatis dari sistem yang digunakan perusahaan secara end-to-end.
  • Pengelolaan pajak dalam satu dasbor, terintegrasi dengan sistem perusahaan. Sehingga akses hitung, upload, kirim dan download Faktur Pajak, Bukti Potong, bukti bayar/setor dan bukti lapor secara online serta digital langsung terkoneksi dengan DJP.
  • Sistem berbasis web, sehingga dapat langsung menggunakan fitur perpajakan tanpa install aplikasi.

B. Aplikasi DJP

  • Single-user, DJP hanya bisa diakses oleh satu akun saja, menyulitkan untuk akses bersamaan bagi perusahaan yang memiliki banyak NPWP atau usaha cabang.
  • Sistem tidak terintegrasi dengan API, sehingga proses administrasi pajak dilakukan secara manual antar sistem perpajakan dan sistem akuntansi yang digunakan perusahaan.
  • Pengelolaan pajak berbeda dasbor, sehingga proses pengelolaan administrasi pajak kurang efektif.
  • Sistem berbasis client desktop, sehingga harus install aplikasi dan update e-Faktur sendiri.

Baca Juga: Tutorial Cara Bayar Pajak di eBilling dengan Mekari Pay

Mengenal Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan atau PJAP mitra DJP

Fitur Apa Saja yang Ditawarkan PJAP Mekari Klikpajak?

Mekari Klikpajak menyediakan berbagai fitur pajak online yang lengkap untuk mengelola administrasi perpajakan perusahaan, mulai dari menghitung, menyetor atau membayar dan melaporkan pajak.

Berikut fitur pajak online Mekari Klikpajak yang memudahkan mengurus pajak perusahaan:

  1. Fitur kelola Faktur Pajak dalam satu platform dengan e-Faktur web based

Anda dapat membuat Faktur Pajak dan melaporkan SPT Masa PPN hanya dalam satu platform e-Faktur tanpa install aplikasi, sehingga prosesnya lebih simpel dan cepat.

  1. Fitur kelola bukti potong PPh di e-Bupot unifikasi Mekari Klikpajak

Anda dapat membuat bukti potong Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 4 ayat 2, PPh 15, PPh 22, PPh 23 dan PPh 26 serta langsung lapor SPT pajaknya melalui e-Bupot Unifikasi Mekari Klikpajak.

  1. Fitur kelola banyak NPWP perusahaan dan diakses beberapa user melalui Multi User & Multi Company Mekari Klikpajak

Beberapa pihak internal yang mengurus administrasi perpajakan perusahaan dapat menggunakan aplikasi pajak dengan satu akun secara bersamaan di beberapa komputer/perangkat sekaligus.

Selain itu, Anda dapat mengelola perpajakan perusahaan cabang karena fitur ini memungkinkan Anda mengelola banyak NPWP sekaligus.

  1. Fitur pembuatan kode billing dan bayar billing satu platform dengan e-Billing Mekari Klikpajak

Pembuatan kode billing dan membayar atau menyetorkan pajaknya dapat dilakukan dalam satu platform di e-Billing Mekari Klikpajak dan Anda dapat memilih metode pembayarannya dengan virtual account bank, QRIS maupun Mekari Pay.

  1. Fitur lapor SPT Masa dan Tahunan pajak

Anda dapat melaporkan berbagai SPT Masa PPh di e-Bupot Unifikasi Mekari Klikpajak dan SPT Masa PPh 21 di e-Filing Mekari Klikpajak dengan cara yang simpel.

Kemudian Anda juga dapat melaporkan SPT Tahunan pajak penghasilan perusahaan di e-SPT Badan Online Mekari Klikpajak dengan langkah-langkah yang mudah.

  1. Fitur rekonsiliasi pajak otomatis

Mekari Klikpajak menyediakan fitur rekonsiliasi pajak otomatis karena Anda dapat menghubungkan software akuntansi online Mekari Jurnal atau aplikasi laporan keuangan online yang perusahaan Anda gunakan untuk dikelola pajaknya.

  1. Fitur arsip pajak untuk simpan riwayat transaksi pajak

Riwayat transaksi perpajakan yang Anda lakukan otomatis tersimpan aman dalam fitur Arsip Pajak Mekari Klikpajak, sehingga Anda dapat mudah mengeceknya secara online sewaktu-waktu dibutuhkan.

Baca Juga: Panduan Lengkap Penggunaan e-Faktur ‘Online’ Klikpajak

Manfaatkan Layanan PJAP untuk Mempermudah Pengelolaan Pajak

Layanan DJP dengan layanan PJAP sama-sama memberikan kemudahan bagi wajib pajak untuk mengurus administrasi pajaknya.

Namun PJAP Mekari Klikpajak menawarkan layanan lebih bagi wajib pajak badan dalam mengelola perpajakannya.

Sebab Mekari Klikpajak memiliki fitur lengkap dan terintegrasi serta terhubung dengan akuntansi online Mekari Jurnal dan dilengkapi dengan sistem API (Application Programming Interface) yang membuat pengelolaan pajak semakin lebih cepat

Ingin langsung gunakan layanan PJAP pajak untuk kemudahan mengurus administrasi pajak perusahaan Anda? Aktifkan Akun Mekari Klikpajak sekarang juga dan nikmati kelola pajak bisnis yang efektif dan efisien.

Kategori : Edukasi

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak