SSE Pajak: Membuat Kode Billing dan Bayar Pajak UMKM PPh Final

Membuat Kode Billing di SSE Pajak Online dan Cara Bayar Pajak UMKM PPh Final

Sistem Surat Setoran Elektronik atau SSE pajak online sistem yang disediakan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk menerbitkan ID Billing. Ketahui cara membuat Kode Billing di SSE Pajak Online dan cara bayar pajak UMKM PPh Final.

Wajib Pajak (WP) yang ingin membayar pajak melalui saluran Bayar pajak online yang disediakan DJP ini harus melakukan permintaan 

Kode billing ini digunakan untuk berbagai keperluan Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS) yang dibutuhkan dalam proses untuk pembayaran pajak online.

Setelah mendapatkan Kode Billing melalui SSE pajak online (DJP Online) ini, WP baru bisa membayar sejumlah nominal pajaknya ke ATM atau internet banking dan pos persepsi.

Lalu, bagaimana proses pembayaran pajak Usaha Mirko, Kecil dan Menengah (UMKM)? Berikut ulasan dari Klikpajak by Mekari cara membuat Kode Billing di SSE Pajak Online dan cara bayar pajak UMKM PPh Final.

Manfaat SSE Pajak Online 

SSE pajak online adalah suatu sistem pembayaran pajak elektronik yang dikendalikan oleh Biller DJP dan menerapkan billing system.

SSP adalah semacam formulir bukti pembayaran pajak dari WP ke kas negara, melalui tempat pembayaran yang ditunjuk oleh Menteri Keuangan.

Sekarang, mengisi SSP sudah bisa dilakukan secara online, yakni dengan mengakses e-Billing untuk mendapatkan kode billing. Secara sederhana, sistem e-Billing adalah pengganti SSP.

WP atau UMKM yang ingin membayar pajak harus terlebih dahulu mengisi dan menyampaikan Surat Setoran Pajak (SSP) secara manual ke bank atau kantor pos atau secara online melalui PJAP seperti Klikpajak.id.

Berikut ini keuntungan bagi WP membuat Kode Billing secara online:

1. Lebih prakits

WP tidak perlu meluangkan waktu tersendiri untuk datang ke kantor pajak hanya unttuk membuat Kode Billing sebagai syarat proses pembayaran pajak.

2. Dapat menghemat waktu

Penggunaan pembuatan Kode Billing online membuat WP bisa menghemat waktu. Sebab WP bisa mendapatkan banyak kode billing secara bersamaan dalam sekali jalan (proses).

3. Bisa mengurangi kekeliruan 

Pembuatan Kode Billing secara online juga memudahkan WP membayar pajak secara akurat dan meminimalisir kesalahan input KAP dan KJS seperti pernah banyak terjadi pada pembayaran pajak manual.

membuat kode billingIlustrasi mengantre di kantor pajak untuk membuat Kode Billing

Saluran Pembuatan Kode Billing

Seperti disampaikan sebelumnya, untuk membayar pajak dibutuhkan kode billing terlebih dahulu sebelum menyetorkan pajak terutang ke bank atau pos persepsi.

Ada beberapa saluran pembuatan kode billing, mulai dari:

  • Billing-DJP pada KPP/KP2KP
  • Agen Pajak 1500200
  • DJP Online
  • Petugas Bank/Pos Persepsi (Customer Service/Teller)
  • SMS ID Billing Tekomsel (*141*500#)
  • Internet Banking untuk bank tertentu
  • ASP atau Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP)

Salah satu saluran pembuatan Kode Billing melalui PJAP mitra resmi DJP adalah e-Billing Klikpajak.

ebilling klikpajakContoh nomor kode billing terletak pada pojok kanan atas yang akan diinput pada saat membayar pajak

Cara Membuat Kode Billing di SSE Pajak Online

Kali ini, yang akan dibahas oleh Klikpajak cara mendapatkan Kode Billing lewat website SSE Pajak yang sudah dilebur ke dalam DJP online.

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mendapatkan Kode Billing lewat DJP online, WP harus punya akun DJP online.

Jika tidak punya, tentunya tidak bisa mendapatkan kode billing.

Cara Registrasi SSE Pajak atau DJP Online

WP yang ingin memiliki kode billing dengan SSE pajak, yang perlu dilakukan pertama kali adalah mendaftar terlebih dahulu pada laman resmi SSE pajak. Tahapannya seperti berikut:

  • Masukan alamat url sse2.pajak.go.id yang sudah dilebur ke https://djponline.pajak.go.id/account/login
  • Silakan login dan jika belum memiliki akun, silakan pilih “Anda belum terdaftar, daftar di sini” untuk registrasi pengguna baru.
  • Masukkan NPWP, EFIN dan masukan captcha yang tertera di bagian bawah. Kalau semua informasi sudah benar, pilih “Verifikasi”
  • Selanjutnya, silakan login dengan nomor pin yang sudah didaftarkan sebelumnya. Pilihlah warna hijau untuk isi SSE. Isi formulir dengan lengkap dan benar dengan memastikan jenis pajak dan setoran tidak keliru. Tinggal klik “simpan”.

Lalu, bagaimana memperoleh akun DJP Online?

WP bisa datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat untuk meminta nomor e-FIN atau EFIN (Electronic Filing Identification Number) yang digunakan untuk daftar akun DJP online.

Note: Cara Membuat e-FIN dan Cara Aktivasi EFIN yang Mudah untuk Lapor Pajak ‘Online’

Data yang dibutuhkan untuk membuat Kode Billing adalah:

  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Kode Jenis Pajak dan Kode Jenis Setoran
  • Masa Pajak dan Tahun Pajak
  • Jumlah pajak yang akan disetorkan/dibayarkan ke kas negara

Selanjutnya, WP yang sudah memiliki akun DJP Online, bisa langsung ke situs https://djponline.pajak.go.id/account/login untuk mendapatkan kode billing dan ikuti langkah-langkah seperti berikut:

  1. Login dengan memasukkan nomor NPWP, kata sandi, dan kode keamanan di djponline.pajak.go.id/account/login.
  2. Klik menu “Bayar”, selanjutnya klik “e billing”.
  3. Selanjutnya, akan muncul data NPWP, nama, dan alamat yang sudah terisi otomatis. Setelah itu, lengkapi informasi yang masih kosong.
  4. Setelah selesai, klik “Buat Kode Billing”.
  5. Masukkan kode keamanan.
  6. Tampilan preview data Anda akan muncul. WP diimbau melakukan pengecekan bahwa data yang diisikan sudah benar. Lalu, klik “Cetak”

Kode pun e-billing berhasil dibuat.

registrasi efin onlineIlustrasi registrasi EFIN untuk membuat Kode Billing di SSE Pajak DJP Online

Cara Bayar Pajak UMKM PPh Final

Setelah mendapatkan Kode Billing, langkah selanjutnya yang harus dilakukan UMKM adalah bayar billing.

Berikut langkah-langkah bayar Pajak Penghasilan (PPh) Final untuk UMKM:

1. Masuk ke DJP Online. Lalu masukkan nomor NPWP, password dan captcha. Selanjutnya, klik Login

2. Kemudian akan melihat tampilan layanan Single Login. Selanjutnya, klik menu Bayar, dan klik e-billing.

3. Berikutnya akan diarahkan untuk mengisi SSE pajak. Untuk kolom nama, NPWP dan Alamat akan terisi otomatis sehingga WP tinggal mengisi kolom yang masih kosong seperti jenis pajak, jenis setoran, masa pajak, tahun pajak dan lain sebagainya.

WP yang hendak membayar PPh Final UMKM atau PPh Final Pasal 4 ayat (2) atas penghasilan dari usaha yang diterima wajib pajak yang memiliki peredaran bruto di bawah Rp4,8 miliar per tahun, bisa isi jenis pajak dengan kode 411128 PPh Final.

4. Langkah berikutnya, pilih jenis setoran dengan kode 420 Final UMKM Bayar Sendiri jika WP akan membayar PPh Final. Selanjutnya, silakan isi masa pajak dan tahun pajak. Kemudian, isi berapa besar pajak yang akan dibayar.

Bagi WP yang ingin membayar PPh Final UMKM Bayar Sendiri, maka WP tersebut harus memiliki penghasilan bruto atau omzet setahun tidak melebihi Rp4,8 miliar. Kalau lebih, PPh Final tidak bisa dioperasikan oleh WP tersebut.

5. Klik Buat Kode Billing dan masukkan kode Captcha. Klik Submit. Di sini, WP juga akan melihat ringkasan surat setoran elektronik. Cek lagi untuk memastikan data yang dimasukkan sudah benar semua.

Jika ternyata menemukan ada yang keliru atau salah mengisi data seperti kode pajak, masa pajak atau kode setor, maka WP harus melakukan pemindahbukuan. 

Akan tetapi, jika  sudah yakin data yang diisi sudah benar, silakan klik Cetak.

WP secara otomatis mengunduh cetakan Kode Billing. Dengan ini, WP sekarang bisa membayar pajak dengan menggunakan kode billing tersebut ke bank, ATM atau kantor pos terdekat maupun melalui internet banking melalui saluran pembuatan Kode Billing PJAP Klikpajak.id.

Tahukah, Anda dapat membuat kode billing dan langsung bayar billing/pajak hanya dalam satu platform melalui e-Billing Klikpajak.id.

Klikpajak.id adalah PJAP atau Application Service Provider (ASP) mitra resmi Ditjen Pajak yang disahkan dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-169/PJ/2018.

kode billing pphIlustrasi membuat Kode Billing dan bayar billing PPh Final UMKM

Membuat Kode Billing Sekaligus Bayar Pajak di e-Billing Klikpajak

Sebelum menyetor pajak, harus mendapatkan Kode Billing atau ID Billing terlebih dahulu dari DJP sebagai syarat untuk membayar pajak.

Melalui e-Billing Klikpajak, Anda dapat membuat Kode Billing untuk semua jenis Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS) dengan mudah dan gratis.

Semua riwayat ID Billing dan SSP akan tersimpan dengan aman sesuai jenis dan Masa Pajak yang diinginkan.

Begitu juga Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) akan disimpan dengan rapi dan aman pada fitur Arsip Pajak di Klikpajak.

Sistem e-Billing akan membimbing Anda mengisi Surat Setoran Pajak (SSP) elektronik dengan benar sesuai transaksi.

“Klikpajak akan menerbitkan ID Billing Anda resmi dari DJP dan Anda dapat langsung membayar pajak tanpa keluar dari platform. Karena e-Billing Klikpajak terintegrasi dengan bank persepsi yang ditunjuk DJP untuk menerima pembayaran/setoran pajak.”

Setelah pembayaran pajak selesai, Anda akan langsung menerima Bukti Penerimaan Negara (BPN) resmi dari Direkorat Jenderal Pajak (DJP).

Note: langkah-Langkah Cara Membuat Kode Billing dan Bayar Billing di e-Billing

ebilling klikpajakContoh fitur membuat kode billing dan bayar billing di e-Billing Klikpajak

Bukan hanya kemudahan melakukan proses pembayaran pajak, melalui e-Billing Klikpajak, yakni Anda dapat langsung membuat kode billing dan bayar billing di sini tanpa keluar platform, Anda juga dapat mengurus berbagai kewajiban perpajakan lainnya karena Klikpajak memiliki fitur lengkap.

 

Kategori : Perencanaan Pajak

PUBLISHED23 Nov 2020
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: