SSE Pajak online: SSE1 & SSE3 Ditutup, Membuat Kode Billing di SSE2

SSE Pajak: SSE1 dan SSE3 Ditutup, Saluran Membuat Kode Billing di SSE2 Lebur di DJP Online

SSE pajak online DJP ada 3 yaitu SSE1, SSE2, dan SSE3. Tapi dua saluran untuk membuat Kode Billing atau Surat Setoran Elektronik buat bayar pajak ini sudah ditutup. Klikpajak by Mekari akan mengulasnya untuk Sobat Klikpajak.

DJP telah menutup saluran pembuatan kode billing untuk proses pembayaran pajak pada SSE1 dan SSE3 sejak akhir 2019.

Mulai Januari 2020, saluran yang digunakan hanya SSE2 yang sudah dilebur dalam DJP Online (djponline.pajak.go.id).

Bagi Wajib Pajak (WP), kode billing diperlukan sebelum membayar pajak ke bank atau kantor pos persepsi.

Kode billing tersebut bisa dapatkan WP melalui situs DJP Online atau Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) mitra resmi DJP, yaitu e-Billing Klikpajak.

ebilling klikpajak

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

Kode billing adalah kode yang terdiri dari angka yang akan dimasukkan WP saat melakukan pembayaran pajak baik itu melalui ATM, internet banking, maupun aplikasi bayar pajak online mitra resmi DJP seperti Klikpajak.id.

Di Klikpajak.id, membuat Kode Billing dan bayar pajak bisa langsung dilakukan di aplikasi ini tanpa keluar platform.

Menurut DJP berhenti beroperasinya SSE1 dan SSE3 untuk pembuatan kode billing adalah bagian dari integrasi sistem e-Billing dan e-Filing dalam satu tautan guna memudahkan WP dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya.

Dengan integrasi sistem ini, maka PIN (Personal Identification Number) yang digunakan saat mengakses SSE1 dan SSE3 tidak dapat dipakai lagi pada DJP Online.

Sedangkan bagi WP yang ingin membuat kode billing tinggal mengakses ke menu e-Billing DJP Online. 

Lebih jelasnya mengenai saluran pembayaran pajak DJP yang disebut Surat Setoran Eelektronik (SSE) pajak online ini, berikut penjelasan tentang SSE pajak online atau Surat Setoran Elektronik DJP Online dari Klikpajak by Mekari.

Tentang Kode Billing atau Surat Setoran Elektronik / SSE Pajak Online

Seperti dijelaskan sebelumnya, kode billing adalah kode identifikasi yang diterbitkan oleh sistem billing untuk pembayaran suatu jenis pajak yang akan dilakukan oleh WP.

Kode billing terdiri dari 15 digit angka, di mana:

  • Angka digit pertama merupakan kode penerbit billing
  • Angka awal 0, 1, 2, 3 merupakan penanda untuk sistem billing DJP
  • Sedangkan angka awal 4, 5, 6 untuk sistem billing Ditjen Bea dan Cukai (DJBC)
  • Adapun angka awal 7, 8, 9 untuk sistem billing Ditjen Anggaran (DJA)

Untuk memperoleh kode billing inilah DJP menyediakan saluran pembuatannya melalui Surat Setoran Elektronik atau SSE pajak.

SSE Pajak online: SSE1 & SSE3 Ditutup, Membuat Kode Billing di SSE2Contoh membuat Kode Billing di eBilling Klikpajak

SSE Pajak: Tentang SSE2

SSE Pajak online merupakan pengganti dari metode lama yang masih manual dalam pengisian Surat Setoran Pajak (SSP Pajak).

Lewat Surat Setoran Elektronik atau SSE Pajak online, WP tidak perlu datang langsung ke Bank atau Kantor Pos untuk mengisi secara manual Surat Setoran Pajak dan membayar pajak.

Salah satu keunggulan e-Billing SSE2 adalah kemampuan untuk membuat kode Billing Pajak untuk NPWP selain milik WP.

Dengan begitu, WP tidak perlu repot-repot mendaftarkan akun SSE Pajak online untuk setiap nomor NPWP seperti yang terjadi pada e-Billing SSE1.

WP juga tidak perlu menghabiskan waktu mengantre di loket untuk membuat SSP sebelum menbayar pajak.

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

Macam-Macam Saluran Pembutan Kode Billing atau SSE Pajak

Selain SSE2, WP juga bisa mendapatkan kode billing lewat saluran lain karena Sistem Billing DJP terkadang terlalu sibuk sehingga menyebabkan WP gagal membuat kode billing.

Maka dibuat saluran-saluran lain yang dapat digunakan dalam rangka mempermudah WP seperti berikut:

a. DJP Online

Seperti pembahasan di atas bahwa membuat kode billing sebelum membayar pajak dapat dilakukan melalui saluran yang disebut Surat Setoran Eelektronik yang sudah mengalami beberapa perubahan yakni SSE1 dan SSE3 yang sudah ditutup dan SSE2 yang dilebur ke DJP Online.

Setelah mendapatkan kode billing, WP baru dapat membayar kewajaiban pajaknya ke bank persepsi atau di kantor pos persepsi.

b. Kring Pajak atau Datang Langsung

Untuk WP yang masih konvensional atau lebih suka tatap muka dan berbicara langsung untuk mendapatkan kode billing, maka bisa menghubungi telepon Kring Pajak 1500200 untuk meminta kode billing.

Setelah itu kemudian masih harus dilakukan verifikasi data dengan datang langsung ke petugas TPT atau Helpdesk di KPP/KP2KP.

Baca juga tentang Cara Download dan Update Sertifikat Elektronik

c. Laman Penerimaan Negara

Alternatif membuat kode billing dapat dilakukan melalui laman penerimaan negara.

WP dapat mengunjungi situs resmi ini di mpn.kemenkeu.go.id.

d. ‘Customer Service’ Bank

Pembuatan kode billing juga dapat dilakukan melalui customer service pada bank persepsi.

Karena melalui customer service, artinya pembuatan kode billing ini tidak bisa dilakukan secara online, tapi harus dilakukan dengan mendatangi langsung kantor cabang bank persepsi.

e. Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau ASP

Pembuatan kode billing tidak hanya dilakukan di SSE 2 DJP Online saja, tapi juga melalui saluran-saluran lain yang ditunjuk DJP.

Salah satu PJAP atau Application Service Provider (ASP) yang ditunjuk Ditjen Pajak adalah Klikpajak.id.

Klikpajak.id adalah PJAP atau Application Service Provider (ASP) mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang disahkan dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-169/PJ/2018.

SSE Pajak online: SSE1 & SSE3 Ditutup, Membuat Kode Billing di SSE2Ilustrasi membuat kode billing untuk bayar pajak di Surat Setoran Eelektronik (SSE) Pajak

Tempat Membayar Pajak Setelah Membuat Surat Setoran

Perlu diingat, proses pembayaran pajak tidak berhenti pada pembuatan kode billing saja, tapi setelah mendapatkan kode billing tersebut harus membayarkan jumlah nominal yang tertera pada kode billing tersebut memasukkan angka yang tertera pada kode billing.

Jika bayar pajak masih gunakan SSE DJP Online

Apabila bayar pajak masih menggunakan SSE DJP, maka bayar billing-nya dapat dilakukan dengan beberapa pilihan yakni secara langsung mendatangi kantor cabang bank persepsi atau pembayaran elektronik maupun kantor pos persepsi.

Jadi, SSE2 DJP Online hanya sebagai saluran membuat kode billing melalui saluran DJP, setelah mendapatkan kode billing tersebut harus membayar atau setorkan nilai jumlah kewajiban pajaknya ke bank atau kantor pos persepsi.

Baca juga tentang Sertifikat Elektronik Pengganti EFIN Wajib untuk Semua WP Mulai 2022

Berikut beberapa pilihan tempat membayar billing atau bayar pajak setelah mendapatkan kode billing, diantaranya:

a. Bank atau Pos Persepsi

Seperti yang dijelaskan di atas, membuat kode billing dapat dilakukan melalui kantor cabang bank atau pos persepsi.

Pilihan pembayaran ini ada beberapa pilihan, yakni:

  • Teller pada bank dan kantor pos persepsi
  • ATM (Anjungan Tunai Mandiri)

Untuk pembayaran billing/pajak melalui ATM, cukup memasukkan kode billing yang sudah didapatkan tersebut dengan cara memasukan kode yang tertera pada kode billing tersebut sesuai petunjuk di ATM.

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

b. Internet Banking

Pembayaran pajak juga dapat dilakukan secara elektronik atau secara online.

Pembayaran melalui pajak/billing juga dapat dilakukan melalui Internet Banking tersedia pada 10 bank, diantaranya adalah Citibank, Bank Bukopin, CIMB Niaga, BRI, Bank Permata, BCA, Bank UOB, Maybank, Bank Danamon, dan Bank OCBC-NISP.

Sebagai agen laku pandai, yakni BRILink, Mandiri, dan BNI 46 untuk PPh Pasal 21/22/23/25 OP & Badan (masa), PPN Dalam Negeri (masa), PPh Final Bruto Tertentu/PP 23 UMKM.

Sementara itu, pembayaran melalui mesin ATM pada Bank BCA untuk pembayaran PPh Final Bruto Tertentu/PP 23 UMKM.

c. Bayar Pajak Melalui PJAP

Bayar pajak/billing juga dapat dilakukan melalui PJAP mitra resmi DJP.

Melalui PJAP atau ASP mitra DJP, selain dapat membuat Kode Billing sebagai syarat untuk membayar pajak karena harus memiliki kode atau angka yang akan dimasukkan dalam proses pembayaran pajak, membuat kode billing dan bayar billing/pajak juga dapat langsung di PJAP.

Untuk ketahui, selain melalui PJAP atau ASP, antara membuat kode billing dan membayar billing atau pajaknya masih harus berpindah platform.

Kini bayar PPN terutang makin praktis! Fitur Baru Klikpajak: Cara Bayar Pajak Terutang dari Halaman SPT PPN

e-Billing KlikpajakContoh fitur membuat kode billing dan bayar billing di e-Billing Klikpajak

Cara Daftar SSE 2 atau Surat Setoran Elektronik Pajak di DJP Online

Sesuai namanya, Surat Setoran Elektronik atau SSE pajak online merupakan suatu sistem pembayaran pajak elektronik yang diadministrasikan biller DJP dengan menerapkan billing system.

Di perpajakan dikenal istilah sistem billing, yakni sistem untuk mengatur pembayaran pajak secara elektronik.

Sebelum SSE1 dan SSE3 pajak ditutup pada Januari 2020 lalu, kanal yang paling sering digunakan WP adalah SSE1 dan SSE2. Sedangkan, SSE3 pajak dipakai jika terjadi gangguan pada SSE1 dan SSE2.

WP yang ingin membayar pajak secara online, dibutuhkan ID billing atau kode billing. Untuk mendapatkan kode billing tersebut, WP bisa mendapatkannya melalui situs SSE2 pajak DJP Online.

Mengingat SSE2 sudah melebur pada layanan DJP Online, maka WP harus melakukan registrasi ke DJP Online.

Dari sana, untuk mulai menggunakan e-Billing Pajak di DJP Online silahkan WP harus login di https://djponline.pajak.go.id/account/login. Masukkan nomor NPWP dan password.

Setelah login, kembali ke menu DJP Online dan pilih tab LAPOR.

Pada menu ini, WP dapat memilih layanan e-Billing Surat Setoran Eelektornik atau SSE Pajak online dengan cara klik logo e-Billing.

SSE Pajak online: SSE1 & SSE3 Ditutup, Membuat Kode Billing di SSE2Ilustrasi bayar pajak secara langsung selain SSE Pajak

Tahapan Membuat Kode Billing atau SSE Pajak di DJP Online

Bagi WP yang akan membuat Kode Billing di SSE2 atau DJP Online untuk membayar pajak, ada beberapa tahapan sebagai berikut:

a. Sudah Terdaftar DJP Online

WP yang sudah memiliki akun DJP Online, tinggal login dan tambah hak akses e-Billing. Caranya:

  • Pilih menu “Profile Lengkap” di bagian kiri laman
  • Centang pilihan e-Billing pada bagian “Tambah/Kurang Hak Akses”
  • Klik “Ubah Akses”.

Note: Surat Setoran Pajak (SSP) Hilang, Bagaimana Cara Mengurusnya?

b. Belum Punya Akun DJP Online

WP yang belum memiliki akun DJP Online, harus mendaftar akun DJP Online terlebih dahulu.

Namun sebelumnya WP harus mengajukan permohonan aktivasi EFIN.

Permohonan aktivasi EFIN harus dilakukan dengan cara mendatangi secara langsung Kantor Pelayanan pajak (KPP) untuk WP Orang Pribadi atau Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) untuk WP Badan dan Bendahara.

Sekarang, permohonan atau untuk mendapatkan EFIN bisa dilakukan secara online.

SSE Pajak online: SSE1 & SSE3 Ditutup, Membuat Kode Billing di SSE2Ilustrasi laman DJP Online untuk masuk ke Surat Setoran Elektronik (SSE) Pajak

Lebih Praktis! Bisa Buat Kode Billing Sekaligus Bayar Pajak di e-Billing Klikpajak

Sebelum menyetor pajak, harus mendapatkan Kode Billing atau ID Billing terlebih dahulu dari DJP sebagai syarat untuk membayar pajak.

Melalui e-Billing Klikpajak, Sobat Klikpajak dapat membuat Kode Billing untuk semua jenis Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS) dengan mudah dan gratis.

Semua riwayat ID Billing dan SSP akan tersimpan dengan aman sesuai jenis dan Masa Pajak yang diinginkan.

Begitu juga Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) akan disimpan dengan rapi dan aman pada fitur Arsip Pajak di Klikpajak.

Sistem e-Billing akan membimbing Sobat Klikpajak mengisi Surat Setoran Pajak (SSP) elektronik dengan benar sesuai transaksi.

“Klikpajak akan menerbitkan ID Billing resmi dari DJP dan Sobat Klikpajak dapat langsung membayar pajak melalui virtual account bank tanpa keluar dari platform. Karena e-Billing Klikpajak terintegrasi dengan bank persepsi yang ditunjuk DJP untuk menerima pembayaran/setoran pajak.”

Setelah pembayaran pajak selesai, Anda akan langsung menerima Bukti Penerimaan Negara (BPN) resmi dari Direkorat Jenderal Pajak (DJP).

Langkah-Langkah Cara Membuat Kode Billing dan Bayar Billing di e-Billing

Proses bayar pajak di eBilling Klikpajak simpel. bukan?

Sobat Klikpajak juga mudah kelola pajak lainnya melalui Fitur Lengkap Aplikasi Pajak Online Terintegrasi

Sudah punya akun Klikpajak? Segera manfaatkan fitur kemudahan urus pajak bisnis sekarang juga.

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

Kategori : Berita Regulasi

PUBLISHED01 Sep 2020
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: