Studi Kasus

Bagaimana Klikpajak Membantu 99 Group Beradaptasi dan Tingkatkan Efektivitas Bisnis

Bagaimana Klikpajak Membantu 99 Group Beradaptasi dan Tingkatkan Efektivitas Bisnis
99 Group

Bagaimana Klikpajak Membantu 99 Group Beradaptasi dan Tingkatkan Efektivitas Bisnis

Temukan bagaimana 99 Group menggunakan Klikpajak by Mekari untuk simplifikasi bagian administrasi keuangan dan perpajakan guna mewujudkan efektivitas bisnis, serta mampu beradaptasi di tengah kondisi pandemi global yang mengubah cara kerja berbagai sektor usaha juga gaya hidup masyarakat.

Tentang 99 Group

Menemukan hunian yang tepat dan harga yang sesuai adalah keinginan setiap orang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Sebagai pelaku bisnis properti ternama di Indonesia, 99 Group hadir membantu para pencari hunian dengan menyediakan portal transaksi jual-beli hingga sewa properti.

99 Group terdiri dari tiga business unit di antaranya Rumah123.com, 99.co, dan Properti Bagus Indonesia. Ketiganya memiliki NPWP Badan yang terpisahkan dan dikelola oleh departemen keuangan.

Hal inilah yang menjadi pemicu Feby Valentina (Supervisor Accounting & Tax dari 99 Group) mencari solusi komprehensif agar dapat melakukan supervisi dan mempercepat proses administrasi keuangan serta perpajakan seluruh transaksi di 99 Group.

Selain itu, perubahan kondisi pandemi secara global berdampak pada sistem kerja perusahaan yang fleksibel.

Akibatnya, 99 Group perlu beradaptasi guna menjaga iklim dan perkembangan bisnis. Termasuk perubahan penggunaan tools yang dapat mendukung fleksibilitas kerja.

Kompleksitas dalam Melakukan Supervisi dan Simplifikasi Pajak Multi NPWP Badan

Memonitor kinerja tim untuk mengelola administrasi keuangan dan perpajakan beberapa perusahaan sekaligus tidaklah mudah.

Belum lagi koordinasi dengan tim dalam mengelola perpajakan perusahaan. Butuh birokrasi panjang dalam pengerjaannya.

Hal ini diakui Feby terutama pada saat dihadapkan dengan sistem kerja yang fleksibel, tidak terikat tempat dan waktu, atau umum dikenal dengan remote working akibat pandemi.

Ia kesulitan mengontrol pekerjaan timnya maupun tim lain yang berkaitan karena metode pengerjaan administrasi keuangan dan perpajakan yang konvensional, seperti penggunaan perangkat pengelolaan perpajakan masih bergantian, mengumpulkan hasil pekerjaan tim hingga memonitornya secara manual.

Seperti halnya pengelolaan Faktur Pajak elektronik mulai dari pembuatannya hingga rekonsiliasi pajak yang membutuhkan birokrasi panjang.

“Sebelumnya kami masih manual pakai e-Faktur yang databasenya tersimpan di laptop. Jika penanggung jawab cuti, mau tidak mau jadi anydesk remote desktop atau sharing screen. Kalau mau report juga susah, sedangkan kami work from home. Akibatnya, tim report pajak harus menghubungi tim lain terlebih dahulu untuk menyalakan laptop setiap tarik data.” – Feby Valentina – Supervisor Accounting & Tax dari 99 Group.

Kondisi tersebut cukup menyulitkan tim Feby dalam mengelola administrasi perpajakan perusahaan yang berdampak pada lambatnya proses pengelolaan Faktur Pajak seperti melakukan rekonsiliasi pajak hingga bayar dan lapor pajaknya.

Feby dan timnya terpaksa lembur setiap akhir bulan untuk melakukan rekonsiliasi pajak. Ia harus menunggu laporan tim AR (Account Receivable) yang membuat Faktur Pajak untuk dilakukan rekonsiliasi dan melaporkan SPT PPN.

“Mendekati lapor SPT Masa PPN, dua atau tiga hari lembur terus buat rekonsiliasi. Karena tim lain baru selesai di akhir mendekati deadline report, lalu merapikan juga biar sama dengan sistem,” ungkap Feby.

Dia menginginkan solusi yang dapat membuat pengelolaan pajak perusahaan lebih efektif dan simplifikasi bagian administrasi keuangan maupun perpajakan pada rutinitas timnya.

Pada saat yang sama, dia juga ingin melakukan semua tanggung jawabnya secara efisien bagi perusahaan.

Bagaimana cara menyederhanakan alur kerja tim accounting & tax melalui sistem pendukung perpajakan perusahaan sangat dibutuhkan.

Simplifikasi administrasi perpajakan jadi kunci 99 Group dalam mengelola pajak perusahaan dengan proses supervisi yang lebih efektif dan adaptif dengan situasi maupun kondisi pandemi yang mengharuskan pekerjaan dilakukan secara daring.

Fitur Multi User and Multi Company Klikpajak Membantu 99 Group Wujudkan Efektivitas Pengelolaan Perpajakan Perusahaan Grup

Sebagai perusahaan yang memiliki beberapa segmen bisnis, 99 Group bisa mewujudkan simplifikasi alur kerja beberapa tim dalam mengelola pajak bisnis dan keuangan perusahaan.

Berbekal pengalaman rumitnya melakukan pengawasan dan pengontrolan serta mengelola administrasi perpajakan dari beberapa perusahaan di bawah naungan 99 Group, Feby mencari sistem pendukung perpajakan yang mampu memenuhi kebutuhan.

“Kami sebelumnya kesulitan melakukan rekonsiliasi pajak, karena ada satu laptop khusus pajak yang dipegang oleh tim AR. Jadi sulit buat rekonsiliasi pajak, harus kirim (data) dahulu, ketemuan kapan, atau tukar laptop dulu,” kata Feby.

Setelah melihat berbagai kemudahan mengelola pajak bisnis melalui sistem pendukung pada aplikasi perpajakan yang terintegrasi, Feby memutuskan untuk mengimplementasikan software perpajakan Klikpajak by Mekari.

Dia memilih solusi perpajakan perusahaan dari e-Faktur Klikpajak untuk mengelola Faktur Pajak elektronik, mulai dari membuat e-Faktur dengan cara yang mudah hingga rekonsiliasi pajak lebih cepat.

Dengan software perpajakan e-Faktur Klikpajak, 99 Group dapat mengelola Faktur Pajak elektronik tanpa install aplikasi, membuat e-Faktur hingga lapor Surat Pemberitahuan (SPT) Masa Pajak Pertambahan Nilai (PPN) hanya dalam satu platform.

Bahkan, dengan fitur Multi User dan Multi Company Klikpajak, Feby mengaku sangat terbantu dalam mengelola administrasi perpajakan dari beberapa perusahaan 99 Group, sekaligus memonitor dan melakukan kontrol kinerja timnya.

“Dahulu (kelola perpajakan perusahaan bergantian), cuma bisa satu user saja (ketika kelola e-Faktur di aplikasi dekstop). Kalau tim saya lagi buka (aplikasi e-Faktur), saya tidak bisa buka (aplikasinya). Jadi otomatis cuma satu orang yang bisa online (untuk kelola e-Faktur),” ungkap Feby.

Fitur Multi User dan Multi Company Klikpajak juga membuat masing-masing tim tidak bisa saling tunjuk menyalahkan dan menjadikannya sebagai alasan pekerjaan tidak terselesaikan.

“Tidak harus menunggu satu orang selesai (mengerjakan sesuatu baru bisa dilanjutkan oleh tim lainnya). Jadi semua orang bisa mengerjakannya dan tidak ada kendala. Maksudnya (tidak ada istilah pekerjaan belum selesai karena) blocker-nya si A sedang mengerjakan, si B sedang mengerjakan, tidak (demikian). Kami bisa langsung mengerjakan dalam satu waktu yang bersamaan,” tutur Feby.

Beberapa fitur yang paling penting bagi Feby dan timnya dalam mengurus administrasi perpajakan 99 Group adalah:

Fitur e-Faktur Klikpajak membantu tim keuangan dan perpajakan perusahaan 99 Group dalam membuat e-Faktur dan lapor SPT Masa PPN tanpa berpindah platform dari desktop ke basis web.

Melalui e-Faktur Klikpajak, Feby dan timnya dapat kelola PPN hanya dalam satu platform. “Kami tidak perlu pindah-pindah platform. Dahulu harus tarik CSV-nya, upload lagi, ribet sekali. Sekarang bisa bikin Faktur Pajak kapanpun dan di mana pun,” ujar Feby.

Sebagai perusahaan yang banyak mempekerjakan karyawan maupun pekerja bebas (freelancer), 99 Group banyak mengelola Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21. Feby menyatakan e-Filing Klikpajak memudahkan 99 Group melaporkan SPT Masa PPh 21.

Feby juga membutuhkan permbuatan Kode Billing lebih simpel dan pembayaran pajak dengan cepat. Melalui e-Billing Klikpajak, tim administrasi perpajakan 99 Group dapat membuat ID Billing dan langsung bayar billing dalam platform yang sama.

Belum semua fitur Klikpajak pernah digunakan, maklum saja karena 99 Group belum lama menggunakan aplikasi ini. Namun, tahun ini bertepatan dengan waktu pelaporan SPT Tahunan Badan.

Feby menyatakan pihaknya akan memanfaatkan fitur e-SPT Badan Online Klikpajak karena proses pelaporan pajak yang mudah dan simpel.

“Saya minta (kelola administrasi perpajakan) semua itu pakai Klikpajak. Jadi SPT dan sebagainya saya bisa lebih mudah generate sendiri,” kata Feby.

Efektivitas dan Efisiensi untuk Pertumbuhan Bisnis yang Optimal

Mewujudkan efektivitas proses kerja dan menciptakan efisiensi perusahaan dapat membantu kinerja perusahaan serta meningkatkan pertumbuhan bisnis.

Dengan fitur lengkap aplikasi perpajakan Klikpajak yang terintegrasi, 99 Group dapat mengelola pajak bisnis dengan lebih efektif dan efisien. Ini sebagai modal perusahaan untuk terus tumbuh dan berkembang.

Feby merasa semua kebutuhan mengurus pajak perusahaan ada pada Klikpajak.id. Dia mampu mengubah sistem kerja panjang menjadi lebih sederhana untuk mengelola pajak bisnis dengan Klikpajak saat dihadapkan pada keharusan beradptasi dengan teknologi.

“Keuntungan yang kami dapatkan dari Klikpajak by Mekari, kami bisa bekerja lebih cepat dan simultan, maksudnya bisa paralel dengan semua tim,” kata Feby.

Ingin mudah kelola pajak bisnis seperti halnya 99 Group, silakan Hubungi Kami dengan tautan di bawah ini:

Saya Mau Tanya Ke Sales Klikpajak Sekarang!