Aplikasi Efiling, Cara Mudah dan Cepat Lapor Pajak Online - Klikpajak

Aplikasi Efiling, Cara Mudah dan Cepat Lapor Pajak Online

Sejak berakhirnya tahun pajak, yaitu bertepatan memasuki awal tahun baru, wajib pajak orang pribadi maupun wajib pajak badan diwajibkan untuk melakukan pelaporan pajak. Berkembang pesatnya teknologi, mendorong Direktorat Jenderal Pajak untuk melakukan digitalisasi dalam pelayanan perpajakan bagi seluruh wajib pajak di Indonesia. Aplikasi eFiling, sebagai salah satu produk unggulan layanan perpajakan online yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Sebagai wajib pajak yang “melek” teknologi, Anda dapat memanfaatkan layanan lapor pajak online ini tanpa dibatasi waktu dan ruang.

Apa Pengertian Aplikasi eFiling Pajak?

eFiling pajak merupakan cara penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) atau pemberitahuan pajak pribadi maupun badan tahunan yang dilakukan secara online dan real time melalui laman resmi eFiling. Anda dapat memanfaatkan aplikasi eFiling pajak DJP Online atau layanan lapor pajak online yang disediakan oleh ASP (Application Service provider), eFiling Klikpajak.

Manfaat Layanan eFiling Pajak Online

Anda akan merasakan banyak keuntungan dengan memilih menggunakan layanan eFiling dalam pelaporan pajak tahunan pribadi maupun badan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan keuntungan yang akan Anda nikmati dengan memanfaatkan aplikasi efiling pajak online.

  1. Lapor pajak tahunan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Sejak lahir dan berkembangnya sistem lapor pajak online melalui eFiling, wajib pajak tidak perlu lagi mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) untuk melakukan pelaporan pajak. Cukup bermodalkan koneksi internet, Anda sudah bisa melapor pajak dimana saja dan kapan saja.
  2. Menghemat waktu produktif Anda. Dikarenakan lapor pajak tahunan dapat dilakukan secara online dan tidak perlu mengantre di KPP, wajib pajak dapat menghemat waktu produktifnya lebih banyak untuk dapat melakukan banyak aktivitas produktif lainnya.
  3. Terhindar dari risiko denda akibat keterlambatan lapor pajak tahunan. Hingga saat ini, masih banyak ditemui beberapa wajib pajak yang memilih menunda pelaporan pajak dengan alasan karena tenggat waktu pelaporan masih panjang. Melalui layanan eFiling pajak online ini, Anda diberikan keleluasaan waktu dalam melaporkan pajak. Dengan beberapa keunggulan pemanfaatan eFiling, Anda tidak lagi memiliki alasan untuk menunda waktu pelaporan pajak. Secara otomatis, Anda akan terhindar dari melewati batas waktu pelaporan dan pengenaan sanksi admnistratif akibat terlambat melapor SPT Tahunan.
  4. Bukti lapor akan terjaga dan tersimpan rapi. Ketika Anda melaporkan pajak tahunan dengan metode manual, Anda akan mendapatkan bukti lapor yaitu Bukti Penerimaan Surat (BPS) berwarna kuning atau lebih dikenal dengan bukti kuning. Dalam pelaporan pajak online, Anda akan menerima bukti lapornya yang lebih dikenal dengan Bukti Penerimaan Elektronik (BPE), yang termasuk di dalamnya terdapat Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE).

3 SPT yang Diwajibkan eFiling Pajak Online

Pelaporan ketiga jenis Surat Pemberitahuan (SPT) berikut ini wajib dilakukan secara online melalui aplikasi eFiling. Hal ini menunjukkan bahwa Anda tidak lagi dapat melakukan pelaporan pajak secara manual.

  1. SPT Masa Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 atau PPh Pasal 26
  2. SPT Masa Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atau Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM)
  3. SPT Tahunan Badan khusus bagi Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang menerbitkan eFaktur.

SPT yang Tidak Diwajibkan eFiling Pajak Online

Ketentuan mengenai SPT yang tidak wajib eFiling berlaku sejak diterbitkannya dalam PMK Nomor 9/PMK.03/2018 pada 26 Januari 2018. Sebelum Peraturan Menteri Keuangan ini berlaku, SPT Masa PPh Pasal 21, PPh Pasal 25, dan PPh Pasal 26 Nihil, tetap wajib dilaporkan online meskipun nihil.

  1. SPT Masa PPh 25 Nihil
  2. SPT PPh 25 Kurang Bayar
  3. SPT PPh 21 Nihil
  4. SPT PPh 26 Nihil
  5. SPT Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atau Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) Nihil
  6. PPN Jasa Luar Negeri
  7. PPN Impor Barang Luar Negeri
  8. PPN atas Kegiatan Membangun Sendiri

Memilih Aplikasi eFiling Pajak Online Terbaik

Sebelum menentukan aplikasi e-Filing pajak untuk melaporkan pajak secara online, pastikan terlebih dahulu kanal yang menawarkan layanan e-Filing pajak memenuhi hal-hal berikut ini:

1. Saluran Resmi DJP

Pastikan aplikasi eFiling pajak yang Anda gunakan adalah kanal resmi yang ditetapkan oleh DJP agar Anda mendapat bukti lapor atau Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) yang sah. Jika melakukan pelaporan pajak online melalui penyedia jasa aplikasi (Application Service Provider/ASP), periksalah dahulu Surat Keputusan penunjukan ASP oleh DJP yang biasanya terlampir di website ASP. Klikpajak hadir sebagai solusi lapor SPT online mitra resmi Dirjen Pajak.

2. Berbasis website

Tidak semua layanan eFiling pajak berbasis website. Keuntungan menggunakan aplikasi lapor pajak online berbasis web adalah Bukti Penerimaan Elektronik yang dapat disimpan secara online dan aman. Sehingga Anda tidak khawatir apabila BPE Anda hilang atau terselip. Klikpajak menyediakan fitur arsip pajak dan sangat memudahkan saat Anda membutuhkannya.

3. Terintegrasi

Gunakan aplikasi yang terintegrasi mulai dari hitung, buat Kode Billing, setor hingga lapor atau eFiling pajak. Sehingga Anda menuntaskan administrasi pajak secara cepat dan efisien, tanpa menggunakan aplikasi yang terpisah-pisah. Aplikasi yang terintegrasi pun sangat membantu saat Anda hendak melacak riwayat data yang Anda perlukan dalam satu aplikasi.

4. Memiliki Fitur Impor Data

Tidak semua aplikasi lapor pajak online memiliki fitur impor data. Fitur impor data ini memungkinkan Anda untuk memindahkan dari aplikasi SPT elektronik (e-SPT), aplikasi akuntansi atau SDM (Human Resources). Oleh karena itu, Anda tidak perlu memasukkan data berulang kali ke aplikasi yang berbeda.

5. Pelaporan Semua Jenis Pajak dengan Beragam Status Pembayaran

Tidak semua aplikasi eFiling dapat melakukan pelaporan semua jenis pajak dengan beragam status pembayarannya. Contohnya adalah SPT Masa PPN / PPnBM lebih bayar. Walaupun, saluran pelaporan pajak online tersebut dimiliki pemerintah sekali pun. Karena itu, pastikan aplikasi eFiling Anda dapat mengakomodasi kebutuhan lapor pajak online. Saat ini hanya penyedia jasa aplikasi eFiling KlikPajak yang menyediakan fitur untuk pelaporan semua jenis pajak dengan beragam status pembayaran.

Ayo Lapor Pajak: Lebih Awal, Lebih Nyaman

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sangat mengimbau wajib pajak untuk memenuhi kewajiban melaporkan atau menyampaikan SPT Tahunan lebih awal agar lebih nyaman. Dengan melapor SPT di awal waktu, Anda akan terhindar dari risiko terlambat atau bahkan lupa lapor.

Direktorat Jenderal Pajak telah menyediakan fasilitas aplikasi eFiling pajak yang dapat Anda lakukan secara onlne, dimana saja dan kapan saja. Selain lapor pajak melalui eFiling, DJP juga menyediakan fasilitas e-Form yang dapat diisi dan disimpan secara offline. Formulir ini dapat diunggah ke sistem Direktorat Jenderal Pajak setelah selesai segela kelengkapannya.

Setelah memahami aturan perpajakan terbaru mengenai cara mengisi SPT Online melalui e-Filing, segera persiapkan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan sekarang juga. Jangan tunda waktu pelaporan Anda hingga mendekati batas pelaporan SPT Badan pada 30 April nanti. Lebih awal Anda melapor pajak, lebih baik.

Apabila Anda mengalami kesulitan atau error saat menggunakan DJP Online, solusi lapor SPT Tahunan bisa melalui layanan eFiling Klikpajak. Layanan dari klikpajak sangat mudah dan gratis untuk digunakan selamanya. Klikpajak merupakan mitra resmi dari Ditjen Pajak yang bisa digunakan untuk melakukan eFiling pajak online untuk semua jenis SPT tahunan Pajak. Dengan Klikpajak, urusan perpajakan Anda beres tanpa repot. Daftar sekarang juga di sini!


PUBLISHED08 Apr 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: