Laporan keuangan yang benar menghasilan perencanaan usaha yang tepat pula dan urusan pajak pun lancar. Ketahui cara membuat laporan keuangan pajak dari contoh laporan keuangan untuk pajak berikut ini.
Mekari Klikpajak akan menunjukkan contoh laporan pajak perusahaan atau contoh laporan keuangan pajak untuk SPT Tahunan Badan.
Membuat laporan keuangan bisa menjadi hal yang bikin deg-degan, apalagi bagi staf baru yang belum berpengalaman.
Sebab laporan keuangan ini bisa menjadi acuan bagi pebisnis atau investor dalam menentukan langkah mereka ke depan.
Apakah akan mempertahankan kucuran dana investasi mereka ke perusahaan tersebut atau angkat kaki karena dinilai tak ada lagi prospek.
Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!
Dalam akuntansi, laporan keuangan adalah data yang menunjukkan posisi serta aktivitas keuangan sebuah perusahaan pada periode tertentu.
Laporan keuangan digunakan sebagai referensi perusahaan untuk melihat kesuksesan bisnis serta menentukan langkah ke depannya.
Pada perusahaan-perusahaan besar, laporan keuangan disusun dengan rapi karena dibuat oleh akuntan berpengalaman.
Namun untuk perusahaan yang baru berkembang, ini menjadi sebuah tantangan dan mau tidak mau staf yang ditunjuk harus menyusun laporan keuangan yang sepatutnya sesuai standar akuntansi keuangan.
Bagi Sobat Klikpajak yang mungkin masih pemula, tidak perlu khawatir karena Mekari Klikpajak akan memberikan contoh laporan keuangan yang dapat membantu pembuatan laporan keuangan pajak perusahaan untuk kepentingan administasi perpajakan.
Sebab, laporan keuangan dibutuhkan untuk mengetahui kewajiban pajak yang harus dibayar dan digunakan untuk melaporkan SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Badan.
Selain Klikpajak, Mekari sebagai software bisnis yang dapat menunjang kegiatan operasional perusahaan memiliki aplikasi yang saling terintegrasi satu dengan lainnya. Selain aplikasi perpajakan, terdapat juga produk ERP Mekari yang dapat mengelola keuangan dan sumber daya manusia suatu perusahaan.
Persiapan Membuat Laporan Keuangan Pajak
Membuat laporan keuangan untuk perpajakan atau laporan keuangan pajak dapat menjadi tugas yang menantang, karena tingkat kesulitannya yang cukup tinggi.
Agar membuat laporan keuangan terasa mudah, maka staf tersebut memang harus tahu kaidah-kaidah cara membuat laporan keuangan.
Dalam menyusun laporan keuangan, perusahaan tidak boleh mengabaikan pengeluaran dan pemasukan kecil.
Sebab laporan keuangan dalam skala kecil juga sangat penting.
Walaupun jumlahnya kecil, namun apabila dikeluarkan terus menerus, hal tersebut bisa membuat keuangan perusahaan tekor.
Baca juga: Kenapa Laporan Keuangan Penting Saat Lapor SPT Tahunan Badan?
Berikut ini, hal yang perlu dipersiapkan saat mau membuat laporan keuangan perusahaan:
1. Menyiapkan Buku Catatan Pengeluaran
Fungsi dari buku catatan pengeluaran adalah untuk mencatat semua pengeluaran perusahaan sekecil apapun atau sebesar apapun.
Semua biaya yang dikeluarkan perusahaan, baik sekadar membeli kopi untuk tamu kantor atau peralatan tulis di kantor, harus dicatat.
Memiliki catatan pengeluaran, akan lebih memudahkan saat menyeimbangkan buku kas pada akhir tahun.
Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!
2. Menyiapkan Buku Catatan Pemasukan
Selain pengeluaran, siapkan juga buku catatan pemasukan.
Sesuai namanya, buku catatan pemasukan berfungsi untuk memantau keseimbangan bisnis.
Buku ini mencatat semua uang yang masuk ke rekening perusahaan, termasuk utang yang sudah lunas.
Biasakan mencatat semua pemasukan setiap hari. Sebab buku kas akan sangat dibutuhkan di akhir bulan, kuartal, dan tahun.
Baca juga: Accrual Basis: Perbedaan dengan Jenis Laporan Keuangan ‘Cash Basis’
3. Membuat Buku Stok Barang
Tidak hanya uang, sebuah perusahaan juga perlu mengurusi keluar-masuk barang.
Barang-barang yang dimaksud di sini adalah produk yang dijual atau yang dibeli perusahaan.
Semakin banyak jumlah barang yang keluar dan masuk, penjualan perusahaan otomatis semakin tinggi.
Buku stok barang merupakan contoh laporan keuangan paling sederhana, hanya saja tidak mencantumkan jumlah uang disana.
Tahukah? Kini Sobat Klikpajak lebih mudah dan cepat kelola laporan keuangan pajak. Temukan di sini support system di Klikpajak.id yang terintegrasi dengan Jurnal.id untuk Kelola Laporan Keuangan Pajak Perusahaan.
Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!
4. Membuat Buku Inventaris
Catatan inventaris berguna untuk memeriksa semua barang yang dimiliki perusahaan.
Buku ini berisi tentang semua barang yang dibeli oleh perusahaan untuk menunjang aktivitas pekerjaan.
Buku inventaris juga berfungsi sebagai acuan stabilitas sebuah perusahaan.
Catatan inventaris sangat penting karena bersangkutan langsung dengan laporan keuangan di akhir periode.
Semakin praktis bayar PPN terutang dengan Fitur Baru Klikpajak: Cara Bayar Pajak Terutang dari Halaman SPT PPN
5. Merangkum Buku Catatan Kas Utama
Langkah berikutnya untuk memudahkan pembuatan laporan keuangan adalah merangkum buku kas utama.
Sebab membuat laporan keuangan akan sulit tanpa buku catatan kas utama.
Buku ini merangkum semua pengeluaran dan pemasukan perusahaan, baik itu bentuk uang maupun barang.
Dari catatan ini, bisa terlihat seberapa banyak keuntungan atau kerugian yang dialami perusahaan.
Tak hanya sebagai sumber informasi keuangan, buku catatan kas utama juga merupakan dasar laporan keuangan
Ilustrasi contoh laporan keuangan pajak
Contoh Laporan Pajak Perusahaan
Dalam akuntansi, ada lima bentuk laporan keuangan, yang punya fungsi dan tujuan masing-masing.
Namun secara garis besar, tujuan laporan keuangan itu memberikan informasi keuangan yang menjadi tolok ukur kinerja sebuah perusahaan.
Setelah catatan-catatan di atas lengkap, maka pembuatan laporan keuangan bisa dimulai. Berikut ini empat contoh laporan keuangan yang bisa dibuat sebuah perusahaan.
Baca juga: Rekonsiliasi Fiskal PPh Badan: Begini Contoh Hitungannya
1. Laporan keuangan Neraca
Laporan keuangan neraca adalah data yang memperlihatkan kondisi nilai dan posisi aktiva serta pasiva, yang pada akhirnya harus seimbang.
Apabila nilainya terhitung tidak seimbang pada akhir periode, itu artinya ada permasalahan pada posisi keuangan perusahaan.
Laporan keuangan neraca juga bisa memuat catatan utang, modal, dan kewajiban.
Berikut contoh laporan keuangan neraca:
PT AAA
Laporan Keuangan Neraca
Periode Tahun yang Berakhir 31 Desember 2021
(dalam jutaan rupiah)
Aktiva | |||
Aktivas Lancar: | |||
Kas | 264.750 | ||
Wesel tagih | 200.000 | ||
Account Receivable | 304.400 | ||
Bunga usaha | 1.000 | ||
Persediaan barang dagang | 310.750 | ||
Perlengkapan kantor | 2.400 | ||
Asuransi dibayar dimuka | 13.250 | ||
Total Aktiva Lancar | 1.096.550 | ||
Properti, bangunan dan peralatan: | |||
Tanah | 50.000 | ||
Peralatan usaha | 135.500 | ||
Dikurangi akumulasi Penyusutan | 28.500 | 107.000 | |
Peralatan kantor | 77.850 | ||
Dikurangi akumulasi penyusutan | 23.600 | 54.250 | |
Total Properti, bangunan dan peralatan | 211.250 | ||
Total Aktivas | 1.307.800 | ||
Kewajiban | |||
Kewajiban lancar: | |||
Utang usaha | 112.100 | ||
Wesel bayar | 25.000 | ||
Utang gaji | 5.700 | ||
Sewa diterima dimuka | 9.000 | ||
Total kewajiban lancar | 151.800 | ||
Kewajiban jangka panjang: | |||
Wesel bayar tagihan | 100.000 | ||
Total kewajiban | 251.800 | ||
Ekuitas Pemilik | |||
Modal Pak Kelik | 1.056.000 | ||
Total kewajiban dan ekuitas pemilik | 1.308.250 | ||
Baca juga: Kenapa Laporan Keuangan Penting Saat Lapor SPT Tahunan Badan?
2. Laporan Keuangan Laba Rugi
Laporan laba rugi atau income statement merangkum data kerugian serta keuntungan sebuah perusahaan.
Jika jumlah pemasukan terlihat lebih banyak pada laporan laba rugi, maka itu artinya perusahaan dapat dikatakan sukses.
Akan tetapi, jika angka pengeluarannya lebih besar dari pemasukan, posisi perusahaan artinya sedang dalam keadaan terancam.
Laporan keuangan pajak laba rugi ada dua jenis, yakni single step dan multiple step.
Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!
a. Contoh laporan keuangan laba rugi single step
PT BBB (Perusahaan Asuransi}
Laporan Laba Rugi
Periode Tahun yag Berakhir 31 Desember 2021 dan 2020
(dalam jutaan rupiah)
2021 | 2020 | |
Pendapatan | ||
Pendapatan Premi | ||
Premi Bruto | 10.000 | 8.000 |
Dikurangi: Premi reasuransi | (1000) | (500) |
Dikurangi (ditambah): Kenaikan (penurunan) Premi yang Belum merupakan pendapatan | (1500) | (1000) |
Jumlah Pendapatan Premi | 12.500 | 9.500 |
Hasil Investasi | 2000 | 1000 |
Imbalan Jasa DPLK | 500 | 250 |
Pendapatan lain | 750 | 500 |
Jumlah Pendapatan | 15.750 | 11.250 |
Beban | ||
Klaim dan manfaat | 2000 | 1000 |
Dikurangi: Klaim Reasuransi | (1000) | (500) |
Ditambah (dikurangi): Kenaikan (penurunan) kewajiban manfaat polis masa depan dan estimasi kewajiban klaim | 1500 | 1000 |
Amortisasi biaya akuisisi ditangguhkan | 800 | 400 |
Pemasaran | 500 | 250 |
Umum dan administrasi | 300 | 150 |
Hasil (beban) lain | 100 | 100 |
Jumlah Beban | 4.200 | 2.400 |
Laba (Rugi) Sebelum Pajak | 11.550 | 8.850 |
Pajak Penghasilan | (1.541) | (1.947) |
Laba Bersih Tahun Sekarang | 10.009 | 6.903 |
Dividen | (2.001) | (1.380) |
Saldo Laba Awal Tahun | 8.550 | 3.250 |
Saldo Laba Akhir Tahun | 16.558 | 8.773 |
b. Contoh laporan keuangan laba rugi multiple step
Berikut ini contoh laporan keuangan laba rugi multiple step seperti berikut:
PT.CCC
Laporan Laba Rugi
Periode 31 Desember 2021
Pendapatan Usaha | ||
Pendapatan jasa service | 5.000.000.000 | |
1. Beban gaji | 1.000.000.000 | |
2. Beban penyusutan | 400.000.000 | |
3. Beban asuransi | 250.000.000 | |
4. Beban perlengkapan | 200.000.000 | |
Jumlah beban usaha | (1.850.000.000) | |
Laba usaha | 3.150.000.000 | |
Pendapatan di luar usaha | ||
Pendapatan bunga | 600.000.000 | |
Beban diluar usaha | ||
Beban bunga | 200.000.000 | |
Laba di luar usaha | (400.000.000) | |
Laba bersih | Rp3.550.000.000 | |
Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!
3. Laporan keuangan Perubahan Modal
Dalam istilah akuntansi, laporan perubahan modal dikenal sebagai statement of changes in equity.
Laporan keuangan perubahan modal biasanya dipakai untuk melihat kondisi modal perusahaan dan data baru ketika terjadi perubahan modal.
Walhasil, dalam laporan keuangan perubahan modal akan terlihat jumlah modal awal dan saldo terakhir sebuah perusahaan.
Berikut contoh laporan keuangan perubahan modal:
CV. DDD
Laporan keuangan perubahan modal
Periode yang berakhir pada 31 Januari 2021
Modal | 400.000.000 | |
Tambahan investasi selama periode berjalan | 500.000.000 | |
Laba bersih selama periode berjalan | 277.750.000 | |
777.750.000 | ||
Dana Tarik tunai | 250.000.000 | 527.750.000 |
Modal per 31 Januari 2020 | 927.750.000 |
Baca juga: Mengapa Rekonsiliasi Fiskal Penting untuk Pelaporan Pajak?
4. Laporan Keuangan Arus Kas
Informasi yang dikumpulkan dalam buku catatan kas utama akan dipakai pada laporan keuangan pajak jenis ini.
Laporan keuangan arus kas atau cash flow statement bertujuan mengenai arus keluar-masuk kas.
Lewat laporan keuangan ini, bisa diketahui seberapa banyak uang perusahaan yang sudah dibelanjakan dan apakah jumlahnya sebanding dengan pemasukan.
Data dalam laporan keuangan ini dipakai untuk memperkirakan perputaran uang perusahaan di masa mendatang dan merupakan bentuk pertanggungjawaban kepada investor atau pemangku kepentingan di perusahaan tersebut.
Berikut ini contoh laporan keuangan arus kas:
Laporan arus kas
Periode tahun yang berakhir pada 31 Desember 2020
(dalam jutaan rupiah)
Arus Kasa dari Aktivitas Operasi | |
Penerimaan kas dari pelanggan | 2.522.760 |
Pembayaran kas kepada pemasok | (1.448.290) |
Pembayaran beban usaha | (266.215) |
Penerimaan (pembayaran) kegiatan usaha lainnya | 3.960 |
Pembayaran pajak | (256.780) |
Kas Bersih yang Dihasilkan dari Aktivitas Operasi | 555.435 |
Arus Kas dari Aktivitas Investasi | |
Penambahan aset tetap | (262.755) |
Hasil penjualan aset tetap | 3.895 |
Penurunan aset lain-lain | (4.280) |
Kas Bersih yang Digunakan untuk Aktivitas Investasi | (263.140) |
Arus Kas dari Aktivitas Pendanaan | |
Pembayaran fasilitas utang bank jangka pendek | (80.105) |
Pengiriman (pembayaran) fasilitas kredit investasi | (26.000) |
Pembayaran dividen | (239.820) |
Pembayaran aset sewa pembiayaan | 1.770 |
Tambahan modal yang disetor | (1.970) |
Kas Bersih yang Digunakan untuk Aktivitas Pendanaan | (274.030) |
Kenaikan Kas dan Setara Kas | 18.265 |
Kas dan Setara Kas Awal Tahun | 397.245 |
Kas dan Setara Kas Akhir Tahun | 415.510 |
Setelah menyusun laporan keuangan usaha, sekarang saatnya memenuhi kewajiban pajaknya.
Agar lebih mudah melakukan urusan perpajakan, gunakan aplikasi pajak online Klikpajak.id.
Klikpajak.id adalah Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau Application Service Provider (ASP) mitra resi Ditjen Pajak (DJP).
Pastikan kelola pajak mulai dari hitung, bayar dan lapor pajak melalui mitra resmi DJP untuk pengelolaan perpajakan perusahaan yang aman dan nyaman.
Mudahnya Kelola Pajak Bisnis dengan Klikpajak
Melalui Klikpajak, Sobat Klikpajak dapat melakukan administrasi perpajakan secara efektif dan efisien.
Sebab Klikpajak memiliki fitur lengkap dan terintegrasi dengan aplikasi laporan keuangan online Jurnal.id.
Sobat Klikpajak dapat menarik data transaksi dalam laporan keuangan pajak untuk langsung dibuatkan Faktur Pajaknya maupun Bukti Potong Pajaknya secara langsung, dan saat diperlukan untuk melaporkan SPT pajaknya dengan cepat dalam satu platform.
Bukan hanya itu, Klikpajak juga memiliki fitur lengkap yang semakin memudahkan urusan pajak bisnis.
Berikut adalah Fitur Lengkap Klikpajak yang Memudahkan Pengelolaan Administrasi Perpajakan Perusahaan.
Percayakan urusan pajak perusahaan dengan aman dan nyaman secara efektif hanya di aplikasi pajak online mitra resmi DJP, Klikpajak by Mekari.