Tata Cara Permohonan NSFP dengan e-Nofa Online

Tata Cara Permohonan NSFP dengan e-Nofa Online

e-NOFA online atau secara harfiah diartikan sebagai Elektronik Nomor Seri Faktur Pajak adalah laman web berupa formulir elektronik untuk mengajukan permohonan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) online. Laman ini  dibuat oleh DJP untuk mempermudah Pengusaha Kena Pajak untuk meminta NSFP yang sebelumnya harus dilakukan secara manual.

Keberadaan NSFP ini penting dalam proses penerbitan faktur pajak yang wajib dibuat oleh PKP sebagai bukti pemungutan dan pembayaran pajak.

Keberadaan eNofa diatur melalui Perdirjen Pajak  (Peraturan Direktur Jenderal Pajak) Nomor PER-17/PJ/2014. Peraturan ini adalah perubahan kedua dari Perdirjen Pajak Nomor PER-24/PJ/2012 yang mengatur salah satunya tentang pembuatan, tata cara pembetulan/ penggantian serta tata cara pembatalan Faktur Pajak.

Perubahan yang ada dalam PER-17/PJ/2014 adalah sebagai berikut: 

  1. tata cara permohonan Nomor Seri Faktur Pajak / e-Nofa online, 
  2. tata cara permohonan kode aktivasi dan password bagi Pengusaha Kena Pajak (PKP). 

Tata Cara Permohonan NSFP/ e-Nofa Online 

Ketentuan terkait permintaan NSFP berdasarkan PER-17/PJ/2014 menjadi sebagai berikut:

1. Dua Cara Permohonan NSFP:

  1. Melalui KPP tempat PKP dikukuhkan, dengan menggunakan surat permohonan Nomor Seri Faktur Pajak;
  2. Melalui laman website yang ditentukan/ disediakan DJP atau e-Nofa online.

2. Syarat Pemberian NSFP: 

  1. PKP telah memiliki kode aktivasi, password dan sertifikat elektronik;
  2. PKP telah melakukan aktivasi akun Pengusaha Kena Pajak; 
  3. Saat mengajukan NSFP, PKP telah melaporkan SPT Masa PPN untuk tiga masa masa pajak terakhir secara berturut-turut sebagai tanda kepatuhan.

Baca Juga: 3 Hal Penting Terkait NSFP

Permohonan Kode Aktivasi, Password & Sertifikat Elektronik

Sebagaimana disebutkan di atas, kode aktivasi, password dan sertifikat elektronik dibutuhkan oleh PKP untuk Agar dapat mengakses layanan elektronik dari DJP seperti website e-Nofa online dan aplikasi e-Faktur. 

Untuk itu, PKP yang belum memilikinya harus mengajukan permohonan ke KPP tempat PKP dikukuhkan. Ketentuan Peraturan mengenai permohonan kode aktivasi, password dan sertifikat elektronik bagi PKP tercantum dalam pasal 8 dan pasal 9A PER-17/PJ/2014 dan hanya dilakukan satu kali. 

Di dalam proses tersebut ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar permohonan Anda dapat berjalan dengan lancar: 

  1. Saat PKP mengajukan surat permohonan kode aktivasi dan password ke KPP, surat tersebut juga harus ditandatangani,
  2. Apabila surat permohonan tersebut di atas ditandatangani oleh orang lain selain PKP, I maka surat tersebut harus disertai dengan surat kuasa sebagai lampiran,
  3. PKP harus menunjukkan kartu identitas asli, dimana informasi yang tercantum dalam kartu identitas harus sesuai dengan informasi yang tercantum dalam surat permohonan.

Baca juga: Cara Gunakan e-Nofa untuk Meminta Nomor Faktur Pajak

Pelaksanaan Pengadministrasian NSFP

Apabila permohonan Anda telah dikabulkan, Anda dapat melakukan aktivasi website e-Nofa online dan aplikasi e-Faktur guna mendapatkan NSFP setiap tahunnya. Sebagaimana diketahui bersama, DJP melakukan pembaruan penerbitan kembali NSFP baru di akhir tahun pajak.

PKP bisa meminta NSFP terbaru ini sejak Desember setiap tahun pajak berakhir dan perlu merekam nomor referensi faktur pajak. Selain mengajukan permintaan NSFP baru, PKP juga harus mengembalikan NSFP sebelumnya yang tidak terpakai ke DJP.

Baca juga: eNoFa sebagai Solusi Ketersediaan Nomor Seri Faktur Pajak

Klikpajak, Solusi Perpajakan Anda Saat Ini

Saat ini Anda bisa membayar, lapor, dan juga pengarsipan pajak menggunakan aplikasi perpajakan Klikpajak. Aplikasi Klikpajak merupakan penyedia jasa aplikasi perpajakan (PJAP) yang merupakan mitra resmi DJP. 

Dengan Klikpajak Anda bisa membuat ID billing untuk keperluan pembayaran pajak dan juga EFIN untuk keperluan lapor pajak. Selain itu And juga bisa menambahkan NSFP dalam aplikasi Klikpajak.

Note: Simak opini dari Leander Resadhatu R. merupakan Junior Partner di Rusdiono Consulting tentang: Refleksi Hari Pajak, Minimnya Jumlah Konsultan Pajak di Indonesia

Itulah salah satu langkah pembuatan faktur pajak dengan Klikpajak. Anda dapat menggunakan aplikasi Klikpajak secara gratis dengan mengisi formulir berikut ini.

 


PUBLISHED20 Jul 2020
Hafidh
Hafidh

SHARE THIS ARTICLE: