Seputar e-Faktur Pajak yang Pengusaha Wajib Tahu. Apa itu?

Seputar e-Faktur Pajak yang Pengusaha Wajib Tahu. Apa itu?

Berdasar Peraturan Direktur Jenderal Pajak No.PER-16/PJ/2014 Pasal 1 ayat (1), berlaku Faktur Pajak berbentuk elektronik. Ada hal-hal seputar e-Faktur Pajak yang pengusaha wajib tahu. Apa sajakah itu?

Definisi faktur pajak sendiri adalah bukti pungutan pajak yang telah dilakukan oleh Pengusaha Kena Pajak (PKP). Faktur Pajak sangat penting karena terkait dengan perhitungan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Masukan dan PPN Keluaran, yang akan mempengaruhi jumlah PPN yang harus disetorkan oleh PKP.

Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai Faktur Pajak elektronik ini, berikut ulasan seputar e-Faktur Pajak dari Klikpajak by Mekari untuk Anda.

Sejarah Singkat e-Faktur

Sebelum ada mekanisme e-Faktur, Faktur Pajak dibuat secara manual. Namun proses penerbitan Faktur Pajak secara manual ternyata menimbulkan beberapa permasalahan.

Permasalahan ini muncul baik karena proses administrasi yang banyak dan menjadi beban bagi PKP, maupun karena adanya fraud seperti adanya:

  • Faktur Pajak fiktif,
  • Nomor seri ganda
  • Penyalahgunaan faktur
  • Hingga masalah sulitnya menelusuri penerbitan Faktur Pajak yang dilakukan pihak yang tidak berwenang

Oleh karena itulah 2014 Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mulai memperkenalkan e-Faktur. Kemudian mekanisme ini diwajibkan sejak 1 Juli 2016. 

Melalui aplikasi e-Faktur tersebut, PKP tidak perlu lagi membuat faktur secara manual, karena faktur dibuat melalui aplikasi elektronik yang telah disediakan oleh DJP.

Di satu sisi PKP dimudahkan karena beban administrasi Faktur Pajak menjadi lebih ringan. Di sisi lain, DJP pun diuntungkan karena menjadi lebih mudah dalam melakukan pengawasan. 

Ilustrasi PKP yang membuat Faktur Pajak di e-Faktur

Siapa yang Wajib Membuat Faktur Pajak?

Tidak semua Wajib Pajak harus membuat Faktur Pajak. Pihak yang memiliki kewajiban untuk membuat Faktur Pajak adalah wajib pajak yang dikukuhkan sebagai PKP oleh DJP.

Berdasarkan Undang-Undang No.42/2009 tentang PPN dan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah), definisi PKP adalah pengusaha yang melakukan penyerahan barang kena pajak (BKP) dan/ atau penyerahan jasa kena pajak (JKP).

Note: Tak sulit, begini Cara Membuat Faktur Pajak Digunggung

Manfaat e-Faktur Pajak bagi PKP

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, mekanisme e-Faktur Pajak memiliki beberapa manfaat dalam mengatasi permasalahan yang timbul dalam penerbitan Faktur Pajak Manual. Berikut adalah rincian manfaat faktur pajak yang diterbitkan secara elektronik bagi PKP, baik PKP Penjual maupun PKP Pembeli:

Manfaat e-Faktur Pajak Bagi PKP Penjual

  • Keamanan identitas pribadi, karena tanda tangan basah dapat digantikan tanda tangan elektronik
  • Hemat biaya cetak dan biaya penyimpanan dokumen karena e-Faktur tidak harus dicetak hard copy
  • Praktis karena melalui aplikasi e-Faktur, PKP dapat membuat Surat Pemberitahuan (SPT) Masa PPN sekaligus, sehingga meminimalisasi proses administrasi yang berulang
  • Dapat dilakukan dimana saja selama ada jaringan internet, karena PKP yang menggunakan e-Faktur Pajak dapat meminta Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) secara online dan tidak harus datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP)

Manfaat e-Faktur Pajak Bagi PKP Pembeli

  • PKP Pembeli lebih terlindung dari penyalahgunaan faktur pajak yang tidak sah dari penjual, karena e-Faktur dilengkapi dengan QR code (Quick Response Code) yang dapat di-scan dengan mudah menggunakan smartphone atau gawai lainnya.
  • Hal ini dapat digunakan oleh PKP Pembeli untuk memeriksa informasi tentang transaksi, penyerahan nilai DPP dan informasi lainnya tentang kevalidan e-Faktur Pajak.

Fitur membuat Faktur Pajak yang mudah di e-Faktur Klikpajak

Aplikasi e-Faktur

Semakin banyak transaksi yang dilakukan oleh PKP, maka frekuensi membuat e-Faktur pun akan semakin besar. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena proses penerbitan e-Faktur secara elektronik dapat dilakukan secara online dengan dua cara sebagai berikut:

1. Melalui Website DJP

Cara pertama adalah melalui website DJP, pada laman https://efaktur.pajak.go.id/aplikasi. Pada laman tersebut Anda dapat mengunduh aplikasi e-Faktur versi 2.1 yang merupakan versi paling mutakhir. Untuk penerbitan nomor seri Faktur Pajak, Anda juga dapat menggunakan aplikasi e-Nofa dari DJP.

Note: Sebagai wajib pajak, Anda perlu mengetahui Jenis Aplikasi Pajak dan Manfaat Penggunaannya

2. Melalui ASP yang Ditunjuk DJP

DJP juga telah bekerja sama dengan Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau application service provider (ASP). Pastikan ASP yang ingin Anda gunakan adalah ASP yang ditunjuk secara resmi oleh DJP.

Salah satu PJAP mitra resmi DJP adalah Klikpajak by Mekari yang disahkan dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pajak No. KEP-169/PJ/2018.

Keamanan dan kerahasiaan data juga terjamin karena Klikpajak bersertifikat ISO 27001 dari Badan Standar Internasional ISO yang menjamin standar keamanan sistem teknologi informasi.

“Klikpajak memiliki fitur lengkap mulai dari e-Billing, e-Faktur, e-Bupot dan e-Filing dengan langkah penggunaan simpel yang membantu mempermudah urusan perpajakan bagi Anda pelaku usaha, konsultan pajak, maupun Anda yang bekerja sebagai tax officer di sebuah perusahaan.”

Salah satu keunggulan Klikpajak adalah bisa menarik data langsung dari laporan keuangan pengguna aplikasi kuntansi online seperti Jurnal by Mekari – Simple Online Accounting Software.

Teknologi canggih berbasis API integration yang membuat proses pengolahan data pajak dari bagian accounting (keuangan) lebih cepat dan mudah dengan pemakain Klikpajak.id. Sehingga proses pembuatan, pembayaran, pelaporan pajak jadi makin gampang dan tepat.

Note: Anda bisa melihat langkah-langkah membuat Faktur Pajak di Cara Membuat e-Faktur yang Mudah dan Praktis Bisa di Klikpajak

Kunjungi www.klikpajak.com untuk secara lengkap mengetahui layanan perpajakan bagi perusahaan Anda. Nikmati kemudahan cara bayar, lapor, dan kelola pajak dalam satu aplikasi yang terintegrasi langsung DJP. Semua kebutuhan perpajakan Anda, ada di Klikpajak!


PUBLISHED31 Jul 2020
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: