Pelaporan SPT Tahunan Melalui e-Filing, Gimana Cara Mudahnya?

Pelaporan SPT Tahunan Melalui e-Filing, Gimana Cara Mudahnya?

Setiap tahun, pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) wajib dilakukan oleh setiap wajip pajak yang memiliki penghasilan. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah memberikan kemudahan lapor pajak ini, yakni secara online. Begini cara mudah dalam pelaporan SPT Tahunan melalui e-Filing.

Metode pelaporan SPT Tahunan Pajak secara daring ini memberikan banyak keuntungan, salah satunya adalah hemat waktu dan tenaga. Anda tidak perlu lagi mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) untuk lapor SPT Tahunan PPh.

Berbekal kecanggihan teknologi, lapor SPT Tahunan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa khawatir terlambat melalui e-Filing. Begini cara mudah pelaporan SPT Tahunan Pajak melalui e-Filing yang Klikpajak by Mekari rangkum.

Pengertian e-Filing dan Pentingnya e-Filing

Secara sederhana, pengertian e-Filing adalah cara pelaporan SPT Tahunan Pajak melalui layanan DJP online atau saluran aplikasi pajak e-Filing mitra resmi Ditjen Pajak.

Dengan adanya e-Filing, tidak perlu lagi mengantre di KPP untuk lapor SPT Tahunan. Layanan e-Filing adalah sebuah transformasi administrasi di bidang perpajakan yang mampu mempermudah wajib pajak maupun pihak DJP dalam melakukan pengawasan.

Note: Anda juga bisa baca ulasan terkait Pemahaman Pajak Profesi dan Rumus Perhitungan Pajak Penghasilannya

Lalu, apa pentingnya e-Filing?

Inilah pentingnya penggunaan e-Filing bagi wajib pajak:

  • Lapor SPT dapat dilakukan secara cepat dengan proses penerimaan datanya secara online dan realtime
  • Pelaporan SPT Tahunan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja selama terdapat akses internet
  • Penggunaan e-Filing dapat menghemat biaya. Artinya, wajib pajak tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendatangi KPP dan mencetak dokumen secara fisik
  • Layanan e-Filing mampu mendorong wajib pajak untuk lebih taat pajak. Hal ini karena layanan ini dapat diakses secara mudah dan gratis

DJP online Cara Lapor SPT pajak tahunanFitur e-Filing untuk melaporkan SPT Tahunan Pajak Penghasilan

Jenis Layanan e-Filing dan 3 Hal yang Harus Diketahui

E-Filing DJP online menyediakan layanan penyampaian SPT Tahunan bagi wajib pajak orang pribadi (1770, 1770S, dan 1770SS) maupun SPT Tahunan badan (1771). Untuk jenis SPT 1770SS dan 1770S, DJP menyediakan formulir pengisian langsung pada lama web e-Filing. 

Sedangkan untuk pelaporan SPT Tahunan pajak lainnya seperti SPT 1770 maupun 1771, DJP memberikan dua pilihan. Pertama, mengisi dan upload file berformat CSV beserta lampirannya dari aplikasi pelaporan pajak. Atau kedua, dengan mengisi formulir online yang dikenal dengan layanan e-form.

Note: Apakah Anda mengalami Kesulitan Login e-Nofa? Berikut 3 Solusinya!

Tiga Hal yang Harus Diketahui dalam Gunakan e-Filing

Dalam menggunakan layanan e-Filing, terdapat 3 hal penting yang perlu dilakukan, di antaranya:

1. NPWP

Nomor Pokok Wajib Pajak adalah hal utama yang perlu Anda persiapkan saat akan lapor SPT. Identitas dalam NPWP sangat diperlukan untuk proses pengisian e-Filing. 

2. EFIN

Electronic Filing Identification Number adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh DJP kepada wajib pajak yang melakukan transaksi pajak secara online

3. Akun DJP Online

Untuk dapat menggunakan layanan e-Filing dan layanan perpajakan online lainnya, Anda harus memiliki akun DJP online.

Setelah Anda mendapatkan EFIN dari KPP terdekat, Anda dapat melakukan registrasi akun. Berkas yang perlu Anda persiapkan adalah NPWP, EFIN, dan alamat email yang aktif.

NPWP Sudah Terdaftar Tetapi Gagal LoginIlustrasi fitur lapor pajak melalui e-Filing

Akun DJP Online dan Tata Cara e-Filing

Bagi Anda yang sudah memiliki akun DJP online, selanjutnya Anda dapat menggunakan layanan e-Filing. Bagaimana tata cara menggunakan e-Filing?

  1. Masuk ke laman www.djponline.pajak.go,id dengan Akun DJP online
  2. Selanjutnya pilih layanan e-Filing, lalu klik Buat SPT
  3. Jawab semua pertanyaan yang disajikan dalam formulir SPT
  4. Isi data formulir yang ingin Anda laporkan (Tahun Pajak dan Status SPT) 
  5. Masukkan data SPT Anda
  6. Sebelum mengirimkan SPT, ambil dan isis kode verifikasi
  7. Klik Kirim SPT
  8. Selanjutnya, Bukti Penerimaan Elektronik akan dikirimkan melalui e-mail Anda. 

Ilustrasi pelaporan SPT Tahunan melalui e-Filing

Gunakan e-Filing Klikpajak untuk Pelaporan SPT Pajak

Agar lebih mudah dalam pelaporan SPT Pajak, Anda bisa menggunakan Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau Application Service Provider (ASP) yang merupakan aplikasi pajak online mitra resmi DJP yang disahkan dengan Surat Keputusan DJP No. KEP-169/PJ/2018.

Klikpajak merupakan aplikasi pajak online berbasis cloud yang memungkinkan Anda mengelola administrasi perpajakan dengan baik.

Anda dapat nyaman menggunakan aplikasi Klikpajak karena keamanan dan kerahasiaan data terjamin, karena Klikpajak bersertifikat ISO 27001 dari Badan Standar ISO yang menjamin standar keamanan sistem teknologi informasi.

“Klikpajak memiliki fitur lengkap sebagai aplikasi pajak online yang membantu mempermudah urusan perpajakan bagi Anda para pelaku usaha, konsultan pajak, maupun bagi Anda yang bekerja sebagai tax officer di perusahaan.”

Anda bisa melaporkan seluruh jenis SPT secara gratis selamanya melalui fitur e-Filing Klikpajak kapan pun dan di mana pun. Melalui Klikpajak, Anda juga akan mendapatkan Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE) resmi dari DJP sebagai bukti lapor.

Semua jenis SPT bisa dilaporkan melalui e-Filing di Klikpajak, yakni:

  • SPT Tahunan Pajak Badan
  • SPT Masa (Bulanan) Pajak
  • SPT Tahunan Pajak Pribadi

Semua itu bisa dilakukan dengan mudah dan cepat karena panduan pengisian SPT yang simpel.

Anda juga bisa membuat ID Billing untuk semua jenis Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS) dengan mudah dan gratis.

Klikpajak juga memungkinkan Anda jadi lebih mudah mengelola administrasi perpajakan perusahaan melalui fitur e-Faktur Klikpajak yang memudahkan Anda untuk membuat dan mengelola:

  • Faktur Pajak Masukan
  • Faktur Pajak Keluaran
  • hingga Faktur Pajak Retur

Klikpajak juga dilengkapi fitur e-Bupot yang memudahkan Anda menerbitkan Bukti Potong dan mengelola bukti pemotongan dalam jumlah banyak lebih mudah. Karena alur yang efisien dan ramah penggunaan (user friendly).

Kelebihan lain Klikpajak adalah bisa menarik data langsung dari laporan keuangan pengguna aplikasi akuntansi online seperti Jurnal by Mekari – Simple Online Accounting Software.

Ini adalah teknologi canggih berbasis API integration yang membuat proses pengolahan data pajak dari bagian accounting (keuangan) lebih cepat dan mudah. Sehingga proses pengelolaan pajak jadi makin gampang dan tepat hanya dengan Klikpajak.

Dapatkan informasi lengkap mengenai pajak online lainnya dan fitur-fitur apa saja yang bisa Anda manfaatkan untuk kemudahan dan kelancaran perpajakan Anda, daftarkan email Anda di www.klikpajak.id. Tinggal klik, semua urusan pajak Anda selesai dalam sekejap!


PUBLISHED03 Aug 2020
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: