Pembayaran dan Pelaporan Pajak Online, Solusi Perpajakan Masa Kini

Pembayaran dan Pelaporan Pajak Online, Solusi Perpajakan Masa Kini

Pembayaran pajak menjadi hal yang wajib untuk setiap orang berpenghasilan di Indonesia. Prosesnya sendiri biasanya mengharuskan Anda untuk datang ke kantor pajak dan mengurus semua berkas dan dokumen secara langsung. Pada masa sekarang, hal ini dirasa tidak lagi relevan, mengingat iklim dunia usaha yang semakin dinamis dan menuntut setiap pengusaha untuk meningkatkan mobilitasnya. Hal ini yang kemudian menjadi dasar munculnya ide untuk melakukan pembayaran dan pelaporan tidak lagi manual, namun menjadi pajak online.

Dirjen Pajak sendiri memahami hal ini, maka kemudian mengeluarkan aplikasi resmi yang diberi nama DJP online. Aplikasi ini merupakan layanan resmi dari dinas untuk melaporkan serta membayar pajak. Pada prakteknya, kemunculan DJP online terbukti meningkatkan partisipasi pajak oleh masyarakat Indonesia. Pembayaran dan pelaporan pajak online dirasa sangat cocok karena praktis dan bisa dilakukan tanpa perlu mendatangi kantor pajak secara rutin.

Aturan Ketat Dari Dirjen Pajak Untuk Menjamin Keamanan Data Wajib Pajak

Pembaruan sistem yang dilakukan DJP selaku dinas terkait untuk melakukan inovasi ini, direspon baik oleh elemen pengusaha. Hal ini terlihat dari munculnya beberapa layanan pajak yang memiliki fungsi sama dengan DJP online, namun dengan tampilan lebih modern dan penggunaan lebih praktis. Tentu saja layanan swasta yang kemudian ikut meramaikan layanan pajak online harus melewati berbagai syarat dan ketentuan ketat yang diterapkan DJP, mengingat segmen pajak merupakan segmen yang sangat krusial untuk perekonomian negara.

Hal ini dikarenakan pembayaran dan pelaporan pajak harus mencantumkan data rahasia, baik wajib pajak pribadi maupun wajib pajak badan usaha, yang tentu merupakan data yang tidak boleh bocor. DJP paham benar mengenai hal ini, karena itulah ketika ada pihak pengusaha yang ingin ikut serta membantu proses pelaporan dan pembayaran pajak online, standar yang ditetapkan cukup tinggi, untuk menjamin layanan swasta tersebut aman dan memiliki kualitas yang baik.

Kerjasama Resmi Penyedia Layanan Pajak Online Dengan DJP

Penyedia layanan swasta kemudian harus memenuhi syarat ketat tersebut untuk ikut serta membantu proses pelaporan dan pembayaran pajak. Penyedia layanan tersebut kemudian akan mendapat sertifikat resmi berupa surat keputusan dari DJP yang menyatakan bahwa layanan tersebut kredibel dan merupakan mitra yang sah.

Layanan swasta yang telah mendapat sertifikasi ini kemudian bisa mulai melakukan proses yang serupa dengan apa yang bisa dilakukan pada situs DJP online. Layanan swasta diberikan akses agar dapat digunakan untuk melaporkan dan membayarkan pajak online untuk berbagai jenis pajak. Meski demikian, pembuatan NPWP dan EFIN sebagai identitas utama dalam sistem pembayaran pajak, baik online maupun manual, masih harus diurus dan dilakukan langsung pada situs resmi DJP online atau mendatangi KPP terdekat.

Meski demikian, layanan penyedia jasa pajak online tetap dapat menjadi pilihan untuk membayar dan melaporkan pajak. Situs DJP online hingga saat ini masih sangat banyak dikunjungi wajib pajak yang ingin melaporkan pajaknya secara online. Hal ini menyebabkan situsnya menjadi padat dan terkadang sulit diakses. Kesulitan akses ini yang kemudian menjadikan layanan pembayaran dan pelaporan pajak online sebagai hal penting demi kelancaran pelaporan dan pembayaran pajak. Keberadaan layanan swasta bisa membantu DJP untuk mengakomodir antusiasme wajib pajak untuk menggunakan sistem online yang ada.

Kelebihan Layanan Swasta Dibandingkan DJP Online

Cara Registrasi e-Filing atau Daftar DJP Online

Situs resmi yang diterbitkan pemerintah tentu jadi situs utama pelaporan dan pembayaran pajak, namun jika dibandingkan dengan situs resmi, situs swasta biasanya memiliki beberapa kelebihan. Dari sisi tampilan, situs swasta cenderung lebih menarik dan variatif sehingga tidak membosankan ketika digunakan. Disamping itu, situs-situs swasta memiliki layanan hotline berupa chat atau layanan telepon yang bisa merespon dengan cepat pertanyaan Anda seputar perpajakan.

Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan dari situs swasta pengurusan pajak online adalah sistemnya yang lebih jelas dan mudah karena disertai dengan panduan dari situs tersebut. Hal ini bertujuan agar proses perpajakan yang Anda lakukan bisa berlangsung secara benar dan tepat. Selain itu, Anda juga mendapatkan ruang arsip tersendiri yang digunakan khusus untuk Anda atau perusahaan, sehingga setiap laporan dan transaksi yang terjadi bisa disimpan dengan rapi dan mudah diakses.

Kelebihan tersebut bisa Anda dapat pada layanan klikpajak. Selain telah menjadi mitra resmi DJP, klikpajak juga memiliki tampilan menarik serta fitur perpajakan yang lengkap sehingga Anda bisa mengurus berbagai hal terkait pajak online pada satu situs saja. Segera laporkan urusan perpajakan Anda lewat klikpajak! 

Daftar Klikpajak di sini!

 


PUBLISHED14 Jan 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: