Ketahui Syarat EFIN Badan Sebelum Mendaftar

Guna dapat melakukan transaksi pajak elektronik, setiap Wajib Pajak (WP) harus memiliki EFIN (Electronic Filing Identification Number). Mekari Klikpajak  akan menunjukkan cara mendapatkan, juga seperti apa syarat EFIN Badan sebelum mendaftar. Pastikan untuk simak syarat pengajuan, persyaratan atau syarat permohonan EFIN Badan hanya di blog Klikpajak.

Mengelola administrasi perpajakan saat ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa harus repot-repot datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Era digital bisa dibilang jadi salah satu solusi perpajakan bagi baik WP Pribadi maupun WP Badan dalam menunaikan kewajiban pajaknya dengan mudah melalui aplikasi pajak online.

Tapi Sobat Klikpajak harus memiliki EFIN sebagai salah satu syarat sebelum dapat melakukan transaksi perpajakan elektronik.

Lalu, apa saja syarat syarat yang harus disiapkan dan dilakukan sebelum mendaftar EFIN untuk usaha dan perusahaan atau syarat permohonan EFIN Badan?

“Serahkan semua urusan perpajakan, keuangan perusahaan dan manajemen SDM melalui support system yang lengkap dan terintegrasi guna mendukung kinerja perusahaan serta perkembangan bisnis Sobat Klikpajak.”

Sekilas tentang EFIN Sebelum Pelajari Cara Pengajuan EFIN Badan

EFIN adalah nomor identitas pajak yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) pada wajib pajak yang digunakan untuk transaksi perpajakan elektronik.

Kode ini digunakan untuk mendaftar dan membuat akun pada kanal administrasi pajak online.

EFIN bersifat unik dan berbeda untuk setiap wajib pajak.

Jenis EFIN juga terbagi menjadi dua, yakni EFIN Pribadi dan EFIN Badan.

Jika EFIN Pribadi adalah nomor identitas pajak yang diberikan untuk WP Pribadi, maka EFIN Badan adalah nomor identitas pajak yang diterbitkan DJP untuk WP Badan.

Karena kali ini Klikpajak membahas tentang EFIN Badan, maka penjelasan tentang identitas WP untuk transaksi pajak elektronik ini hanya terkait EFIN yang biasa digunakan untuk badan usaha saja saja.

Namun sebenarnya siapa saja pengguna EFIN yang satu ini?

EFIN Badan ini digunakan oleh WP Badan seperti:

  • Perseroan Terbatas (PT)
  • Perseroan Lainnya
  • Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
  • Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)
  • Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
  • Firma
  • Kongsi
  • Koperasi
  • Dana Pensiun
  • Perkumpulan
  • Yayasan
  • Organisasi Masyarakat
  • Organisasi Sosial Politik
  • Organisasi lainnya dengan nama dan bentuk apapun
  • Lembaga Investasi Kolektif (KIK)
  • Bentuk Usaha Tetap (BUT)

Syarat EFIN Badan Sebelum Mendaftar dan Cara Membuat EFIN BadanIlustrasi Wajib Pajak Badan yang memenuhi untuk kebutuhan persyaratan juga syarat permohonan EFINbadan.

Dear Pebisnis, ketahui cara mudah dan cepat kelola e-Faktur dengan menarik data langsung dari laporn keuangan online hanya di e-Faktur Klikpajak by Mekari. Coba sekarang!

Bagaimana Prosedur Dan Cara Mendapatkanya?

Bagaimana cara mendapatkan atau syarat pengajuan EFIN Badan online untuk perusahaan atau badan usaha?

Cara mendapatkan EFIN Badan dapat dilakukan dengan datang langsung ke KPP atau lebih mudah dengan cara online.

Sesuai Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-41/PJ/2015 tentang Pengamanan Transaksi Elektronik Layanan Pajak Online sebagaimana telah diubah terakhir dengan Perdirjen Pajak No. PER-06/PJ/2019, maka syarat untuk pengajuan EFIN Badan adalah sebagai berikut:

Syarat dan ketentuan untuk aktivasi EFIN Wajib Pajak Badan secara online adalah:

a. Syarat Permohonan EFIN Badan untuk Kantor Pusat

Berikut adalah persyaratan EFIN Badan untuk Wajib Pajak Badan Pusat:

  • Permohonan disampaikan secara langsung oleh wakil Wajib Pajak
  • Formulir Permohonan Aktivasi EFIN ditandatangani dan diisi dengan lengkap
  • Scan atau pindai Surat Penunjukan
  • Wakil Wajib Pajak WNI: Scan/pindai KTP
  • Wakil Wajib Pajak WNA: Scan/pindai Paspor
  • Scan atau pindai KITAP/KITAS
  • Scan NPWP Badan
  • Scan NPWP Wakil Wajib Pajak
  • Email aktif

Mau tahu cara mudah membuat Bukti Potong PPh 23/26? Temukan caranya hanya di e-Bupot Klikpajak by Mekari. Coba sekarang!

b. Persyaratan EFIN Badan untuk Kantor Cabang

Berikut adalah syarat permohonan EFIN Badan untuk Wajib Pajak Cabang:

  • Permohonan disampaikan secara langsung oleh pimpinan kantor cabang
  • Formulir Permohonan Aktivasi EFIN ditandatangani dan diisi dengan lengkap
  • Scan atau pindai Surat Pengangkatan
  • Scan Surat Penunjukan
  • Pimpinan Kantor Cabang WNI: Scan KTP
  • Pimpinan Kantor Cabang WNA: Scan Paspor
  • Scan KITAP/KITAS
  • Scan NPWP Badan
  • Scan NPWP Wakil Wajib Pajak
  • Email aktif

Syarat EFIN Badan Sebelum Mendaftar dan Cara Membuat EFIN BadanIlustrasi contoh mendapatkan EFIN setelah memenuhi kebutuhan persyaratan atau syarat permohonan EFINbadan

Buat Kode Billing dan setor pajak bebas ribet cukup dalam satu platform hanya di e-Billing Klikpajak by Mekari. Coba sekarang, Gratis!

Tutorial Bagaimana Cara Mendapatkan EFIN Badan Secara Online Untuk Perusahaan

Setelah melengkapi persyaratan EFIN Badan, berikut tahapan cara mendapatkan dokumen perpajakan ini secara online:

1. Unduh Formulir Permohonan

Sobat Klikpajak dapat memperoleh formulir pengajuan sebagai syarat EFIN Badan online melalui laman resmi DJP di www.pajak.go.id, caranya:

  • Masuk ke laman resmi DJP
  • Klik PDF Formulir Permohonan EFIN pada bagian bawah (button) dan unduh (download)

2. Mengisi Formulir EFIN Badan Online

Selanjutnya Sobat Klikpajak harus mengisi formulir dari syarat pengajuan EFIN Badan dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Isi formulir permohonan EFIN dengan jelas
  • Centang kolom “Wajib Pajak Badan”
  • Isi NPWP, nama, tempat lahir, tanggal lahir, dan sebagainya dengan data pengurus yang mendapat kuasa
  • Kolom EFIN dikosongkan
  • Isi nomor telepon dan alamat email aktif
  • Bubuhkan tanda tangan pada formulir dan tulis tempat serta tanggal formulir

3. Melakukan Swafoto untuk Syarat EFIN Badan

Langkah cara membuat EFIN Badan berikutnya adalah dengan melakukan swafoto, yakni:

  • Foto formulir yang sudah terisi dengan lengkap tersebut
  • Lakukan swafoto dengan posisi memegang KTP asli dan NPWP asli

4. Kirim Pengajuan EFIN Badan Online ke Email KPP

Setelah melakukan tahapan swafoto sebagai proses cara membuat #EFINBadan, selanjutnya adalah mengirim pengajuan EFIN Badan online dengan cara:

  • Tulis dalam judul email “Permohonan EFINBadan”
  • Untuk mengetahui di KPP mana WP Badan terdaftar, tinggal cek pada kartu NPWP
  • Cara lain untuk mengetahui KPP terdaftar adalah melalui pencarian pada Google Search dengan kata kunci “Unit Kerja KPP”
  • Lampirkan foto formulir permohonan EFINBadan dan swafoto dengan memegang KTP dan NPWP dalam email yang akan dikirim ke KPP

5. Tunggu Proses Permohonan EFIN Badan Online

Apabila seluruh proses permohonan EFIN Badan dilakukan, selanjutnya Sobat Klikpajak tinggal menunggu permohonan tersebut diproses oleh DJP.

Cara mengetahui status permohonan EFINBadan:

  • Menghubungi KPP tempat WP Badan terdaftar
  • Dapat melalui sambungan telepon layanan pajak
  • Atau dengan mengirim email ke KPP
  • DJP biasanya akan mendapatkan email balasan kurang dari 24 jam yang berisi kode EFIN

Buat e-Faktur dan Lapor SPT Masa PPN Langsung di Klikpajak by Mekari

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

6. Melakukan Aktivasi EFIN Online sebagai Syarat Mendapatkan EFIN Badan

Setelah mendapat EFINBadan, Sobat Klikpajak dapat langsung melakukan aktivasi EFIN melalui situs DJP Online dengan cara sebagai berikut:

  • Masuk ke DJP Online https://djponline.pajak.go/account/login
  • Klik “Daftar di sini”
  • Masukkan NPWP, EFIN dan Kode Keamanan
  • Klik “Verifikasi”
  • Buat password untuk login ke aplikasi DJP Online
  • Cek email dan temukan tautan (link) aktivasi yang dikirimkan oleh DJP
  • Klik link tersebut yang akan membawa Sobat Klikpajak masuk ke halaman login DJP Online
  • Login menggunakan NPWP dan buat pula password baru
  • EFINBadan telah teraktivasi dan transaksi pajak elektronik Sobat Klikpajak sudah dapat dilakukan

Ingat ya, aktivasi EFIN harus dilakukan maksimal 30 hari setelah mendapatkan nomor EFIN dari DJP.

Jika melewati batas 30 hari EFIN tidak diaktivasi, maka Sobat Klikpajak harus mengulang kembali permohonan EFIN dari awal.

Bagaimana jika Lupa dengan EFIN Badan? Apa Saja Yang Harus Sobat Klikpajak Lakukan?

Jika Sobat Klikpajak lupa EFIN, DJP memberikan beberapa cara yang dapat dipilih untuk mendapatkan kembali nomor EFIN, yakni beberapa hal berikut:

  • Melalui Live Chat di pengaduan.pajak.go.id
  • Melalui telepon Kring Pajak di 1500200
  • Melalui twitter Kring Pajak di @kring_pajak
  • Mendatangi KPP terdekat langsung
  • Cara lain mendapatkan EFIN kembali

Sobat Klikpajak juga dapat menggunakan cara lain jika lupa EFIN, selengkapnya baca Cara Mendapatkan EFIN jika Lupa EFIN atau EFIN Hilang

Itulah penjelasan tentang cara mendapatkan atau apa saja syarat persyaratan pengajuan persyaratan EFIN Badan untuk perusahaan yang mudah.

Syarat EFIN Badan Sebelum Mendaftar dan Cara Membuat EFIN BadanIlustrasi lupa EFIN dan persyaratan atau syarat permohonan EFINbadan via DJP Pajak Indonesia

Setelah mengetahui syarat pengajuan juga bagaimana cara untuk mendapatkan EFIN Badan, berikutnya Sobat Klikpajak dapat menggunakannya untuk melakukan transaksi perpajakan elektronik seperti:

  • Untuk mengakses sistem pajak online, yakni bayar dan lapor pajak

Agar lebih mudah dan cepat bayar dan lapor pajak, gunakan aplikasi pajak online Klikpajak.id.

Karena urus pajak lainnya lebih cepat dengan fitur lengkap klikpajak by mekari, fitur Klikpajak selengkapnya baca disini.

Baca juga artikel menarik tentang pajak lainnya di blog Klikpajak yang ada di bawah ini:

Kategori : Berita Regulasi

PUBLISHED26 Apr 2021
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: