Cara ‘Install’ Sertifikat Elektronik Pajak, Cek di Sini

Cara ‘Install’ Sertifikat Elektronik Pajak

Sebagai salah satu syarat agar dapat menggunakan aplikasi e-Faktur dan e-Bupot adalah memiliki Sertifikat Elektronik. Ketahui cara install Sertifikat Elektronik Pajak di sini.

Sertifikat Elektronik (Digital Certificate) adalah sertifikat bersifat elektronik yang memuat tanda tangan elektronik dan identitas yang menunjukkan status subjek hukum pada pihak dalam transaksi elektronik yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-20/PJ/2014 yang telah diubah dengan SE-69/PJ/2015.

Jika sudah mendapatkan digital certificate langkah yang harus Anda lakukan adalah menginstalnya. Berikut Klikpajak by Mekari berikan langkah-langkah cara install Sertifikat Elektronik Pajak.

Apa Fungsi Sertifikat Elektronik ini?

Mungkin yang masih jadi pertanyaan adalah kenapa Wajib Pajak (WP), khususnya status pelaku usaha atau Pengusaha Kena Pajak (PKP) harus memiliki Sertifikat Elektronik.

Tak lain karena WP pengusaha atau PKP umumnya melakukan transaksi yang mengharuskan membuat Faktur Pajak di e-Faktur ataupun melakukan transaksi terkait Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 23/26 yang mengharuskan membuat bukti potongnya di e-Bupot.

Guna menjaga keamanan (security) dalam pembuatan Faktur Pajak maupun Bukti Pemotongan secara elektronik itulah diperlukan Sertifikat Elektronik.

Jadi, Sertifikat Elektronik sebagai otentikasi pengguna layanan perpajakan secara elektronik yang disediakan oleh DJP.

Ilustrasi install Sertifikat ELektronik

Syarat Mengajukan Sertifikat Elektronik

Apa saja syarat yang diperlukan untuk mendapatkan Sertifikat Elektronik ini tidak banyak.

Begitu juga cara mengajukan Sertifikat Elektronik ini tidaklah sulit.

Note: Berikut Syarat Mengajukan Sertifikat Elektronik

Ilustrasi menginstall Sertifikat Elektronik

Cara ‘Menginstall’ Sertifikat Elektronik

Berikut langkah-langkah mendapatkan dan cara menginstall Digital Certificate ini:

1. Bila permohonan permintaan Sertifikat Elektronik sudah disetujui oleh KPP, selanjutnya PKP akan mendapatkan pemberitahuan melalui email;

2. Masuk ke situs http://efaktur.pajak.go.id lalu login menggunakan kode aktivasi dan password yang diberikan oleh DJP;

3. Pilih halaman Download Sertifikat Digital lalu klik tombol “Unduh”;

4. Pilih folder penyimpanan file sertifikat pajak di PC/laptop;

5. Klik dua kali pada file yang sudah disimpan untuk mengeksekusi dan memulai proses instalasi ke perangkat yang digunakan untuk mengakses aplikasi e-Faktur Klikpajak;

6. Sistem akan menampilkan layar Certificate Import Wizard dan ikuti langkah-langkahnya.

7. Selanjutnya, Perusahaan harus mengimpor Sertifikat Elektronik yang diperoleh ke browser yang digunakan untuk mengakses situs e-NOFA.

Langkah-Langkah Mengimpor Sertifikat Elektronik

Berikut adalah cara mengimpor sertifikat elektronik e-Faktur ke browser:

Browser Chrome

1. Masuk ke menu “Pengaturan/Settings“, yang terletak pada kanan atas layar;

2. Scroll ke bawah lalu klik “More”, pilih “Kelola Sertifikat/Manage Certificates”;

3. Selanjutnya, klik “Import” dan ikuti langkah-langkahnya.

Browser Firefox

1. Klik tombol “Pilihan/Options“, yang berada pada menu kanan atas layar;

2. Pilih tab “Privacy & Security” lalu klik “View Certificates“;

3. Selanjutnya, klik “Import” pada tab “Your Certificates” dan ikuti langkah-langkahnya.

Langkah-Langkah Meminta NSFP

Bila Anda telah selesai mengimpor sertifikat elektronik pajak ke browser Anda, selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengajukan permintaan Nomor Seri Faktur Pajak online:

  1. Akses dan masuk ke https://efaktur.pajak.go.id/pkp/home;
  2. Klik tombol “Permintaan NSFP”;
  3. Pilih sertifikat elektronik yang baru saja Anda impor dari browser;
  4. Lakukan permintaan range Nomor Seri Faktur Pajak Anda.

 Note: Tata Cara Permohonan NSFP dengan e-Nofa Online

Jika sudah beres urusan install Sertifikat Elektronik, kini saatnya membuat Faktur Pajak di e-Faktur ataupun membuat Bukti Potong PPh 23/26 di e-Bupot.

Agar lebih mudah membuat Faktur Pajak elektronik dan Bukti Potong PPh 23/26, gunakan aplikasi pajak online Klikpajak.id.

Klikpajak adalah Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau Application Service Provider (ASP) mitra resmi DJP yang disahkan dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-169/PJ/2018.

Contoh fitur aplikasi pajak online Klikpajak

Cara Membuat e-Faktur yang Mudah

Kenapa membuat e-Faktur di Klikpajak sangat mudah?

Anda dapat membuat Faktur Pajak elektronik dengan cara yang sangat, karena fitur e-Faktur Klikpajak terintegrasi dalam satu platform.

Sehingga Anda dapat mengelola Faktur Pajak Masukan, Pajak Keluaran, Pajak Retur dan lainnya dengan sangat mudah.

Melalui e-Faktur Klikpajak, Anda dapat mengelola Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) dan memperoleh Surat Pemberitahuan PPN sesuai data yang diunggah ke DJP.

Bahkan pembuatan dan pengelolaan e-Faktur Anda semakin cepat karena salah satu kelebihan Klikpajak adalah terintegrasi dengan aplikasi akuntansi online Jurnal by MekariSimple Online Accounting Software.

Ini adalah teknologi canggih berbasis API integration yang membuat proses pengelolaan data pajak dari bagian keuangan (accounting) lebih cepat dan mudah.

Alur atau langkah-langkah membuat e-Faktur, bayar PPN dan lapor SPT Masa PPN selengkapnya lihat di SINI.

Melalui e-Faktur Klikpajak yang terintegrasi dengan Jurnal.id, Anda bisa menarik data langsung dari pembukuan atau laporan keuangan Anda tanpa harus keluar masuk platform lagi.

Tentu saja, ini semakin menghemat waktu dan tenaga Anda, bukan?

Bukan hanya itu saja, melalui Klikpajak Anda juga langsung dapat memanfaatkan fitur prepopulated e-Faktur 3.0 tanpa install sendiri pada perangkat komputer Anda.

Note: Perbedaan e-Faktur 3.0 dan e-Faktur 2.2

Karena Klikpajak merupakan aplikasi pajak online berbasis web (web-based) sehingga update sistem e-Faktur terbaru dari DJP sudah otomatis dilakukan oleh PJAP.

“Gunakan aplikasinya, biar Klikpajak yang mengurus sistemnya untuk memudahkan pembuatan e-Faktur dan pelaporan SPT Masa PPN Anda!”

Note: Ingin mengetahui bagaimana Anda semakin dimudahkan dengan integrasi e-Faktur Klikpajak dengan Jurnal.id, selengkapnya baca di SINI.

Ilustrasi e-Faktur 3.0

Cara Membuat Bukti Potong di e-Bupot yang Praktis

Bukan hanya membuat Faktur Pajak elektronik dan menyampaikan SPT Masa PPN dengan mudah di e-Faktur Klikpajak, melalui aplikasi Klikpajak ini pula Anda akan menemukan cara yang praktis dalam membuat bukti potong dan pelaporan SPT PPh Pasal 23/26 di e-Bupot Klikpajak.

Kemudahan membuat bukti pemotongan dan pelaporan pajak yang praktis di e-Bupot akan Anda temukan karena bukan hanya membuat bukti potong saja, tapi Anda sekaligus dapat membayar pemotongan pajaknya di aplikasi ini.

Keunggulan e-Bupot Klikpajak

e-Bupot Klikpajak memiliki keunggulan yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu bisnis perusahaan, di antaranya:

  • Pengelolaan bukti pemotongan dalam jumlah banyak lebih mudah karena alur pembuatan yang efisien dan ramah penggunaan (user friendly).
  • Penghitungan pajak otomatis pada SPT Masa PPh 23/26
  • Pengiriman bukti pemotongan pajak langsung ke lawan transaksi
  • Bukti pemotongan serta pelaporan SPT Masa PPh 23/26 tidak perlu ditandatangani dengan tanda tangan basah
  • Bukti pemotongan dan bukti pelaporan tersimpan aman, baik di PJAP dan DJP karena Klikpajak menggunakan teknologi cloud. Sehingga tak perlu khawatir bukti potong dan lapor pajak hilang jika terjadi kerusakan atau kehilangan komputer maupun laptop karena Anda tetap bisa mengaksesnya di mana pun
  • Keamanan dan kerahasiaan data terjamin karena Klikpajak sudah bersertifikat ISO 27001 dari Badan Standar Internasional ISO, yang menjadi standar keamanan sistem teknologi informasi
  • E-Bupot Klikpajak juga terintegrasi dengan sistem pembukuan akuntansi online Jurnal.id, sehingga semakin mudah dalam pembuatan bukti potong
  • E-Bupot Klikpajak juga memiliki performa yang dapat di-scale up sesuai kebutuhan
  • Layanan support pajak yang dapat diandalkan dan tutorial dalam penggunaan aplikasi yang terus diperbarui
  • Fitur e-Bupot Klikpajak juga menyediakan data untuk kebutuhan rekapitulasi dan rekonsiliasi data faktur pajak atas transaksi yang dilakukan.

Contoh fitur e-Bupot Klikpajak

Fitur Lengkap Klikpajak

Bukan hanya memudahkan dalam membuat e-Faktur dan e-Bupot, Klikpajak juga dilengkapi dengan fitur pajak online lainnya, seperti:

  1. Aplikasi e-Billing untuk memudahkan Anda membuat kode Billing dan membayar kewajiban pajak Anda
  2. Aplikasi e-Filing yang memudahkan Anda melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan/Masa PPh

Note: Cara Membuat Kode Billing di e-Billing dan Lapor Pajak di e-Filing

Hindari Sanksi Denda Telat Bayar dan Lapor Pajak

Dengan aplikasi Klikpajak pula, Anda tidak perlu khawatir kelupaan dan telat bayar atau lapor pajak. Karena Anda bisa menghindari sanksi atau denda dengan melihat semua jadwal pembayaran dan pelaporan pajak pada kalender saku di Kalender Pajak Klikpajak.

Data Anda Terlindungi

Tenang, Anda dapat menyimpan berbagai riwayat pembayaran atau bukti pelaporan pajak maupun aktivitas pajak lainnya dengan aman, karena keamanan dan kerahasiaan data terjamin.

Sebab Klikpajak sudah bersertifikat ISO 27001 dari Badan Standar Internasional ISO yang menjamin standar keamanan sistem teknologi informasi.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan bukti bayar atau lapor pajak hilang jika terjadi kerusakan atau kehilangan komputer maupun laptop.

Ilustrasi sistem keamanan aplikasi pajak online berbasis web

Tim ‘Support’ Klikpajak Siap Membantu Anda!

“Fitur lengkap Klikpajak membantu mempermudah urusan perpajakan bagi Anda para pelaku usaha, konsultan pajak, maupun bagi Anda yang berprofesi pada bagian keuangan atau sebagai tax officer di perusahaan.”

Sebagai mitra resmi DJP, Klikpajak akan membantu Anda dalam menghitung, membayar hingga melaporkan kegiatan perpajakan Anda. Tinggal klik, semua urusan pajak Anda beres, selesai dalam sekejap.

Ingin melihat bagaimana Klikpajak dapat membantu bisnis atau aktivitas Anda dalam membuat Faktur Pajak, Bukti Pemotongan pajak, penyampaian SPT Tahunan/Masa PPh dan PPN, serta berbagai aktivitas perpajakan lainnya secara efektif yang dapat menghemat banyak waktu Anda?

“Jangan segan menghubungi kami, karena kami senang berbicara dengan Anda. Jadwalkan demo dan kami dapat menunjukkan caranya. Klikpajak mengerti yang Anda butuhkan.”

Cukup daftarkan email Anda di www.klikpajak.id dan temukan bagaimana Anda bisa melakukan urusan pajak dengan sangat menyenangkan. Lebih mudah dari sekadar yang Anda bayangkan.


PUBLISHED09 Oct 2020
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: