EFIN Pajak Pribadi, Cara Daftar dan Aktivasi EFIN

EFIN pajak pribadi diperlukan ketika Sobat Klikpajak akan melakukan transaksi perpajakan elektronik. Apa itu EFIN Pajak Pribadi dan Syarat EFIN Pribadi? Klikpajak by Mekari akan mengulas cara daftar dan aktivasi EFIN Pribadi untuk Sobat Klikpajak.

Sebelum itu, Klikpajak.id akan kembali mengingatkan Sobat Klikpajak tentang pentingnya kelola pajak dan keuangan bisnis yang efektif dan efisien untuk mendukung kinerja perusahaan.

Ingin tahu cara mengelola perpajakan dan keuangan bisnis? Gunakan saja klikpajak.id!

“Serahkan semua urusan perpajakan, keuangan perusahaan dan manajemen SDM melalui support system yang lengkap dan terintegrasi guna mendukung kinerja perusahaan serta perkembangan bisnis Sobat Klikpajak.”

Apa itu EFIN Pajak Pribadi?

EFIN atau Electronic Filing Identification Number merupakan nomor identitas bagi wajib pajak yang digunakan pada saat registrasi pendaftaran akun DJP online atau akun aplikasi pajak online PJAP resmi Dirjen Pajak, seperti Klikpajak.

EFIN digunakan sebagai salah satu alat autentikasi agar setiap transaksi perpajakan elektronik dapat dienkripsi sehingga data perpajakan Sobat Klikpajak terjamin kerahasiannya.

Nomor EFIN dapat diperoleh melalui Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat terdaftarnya Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Sobat Klikpajak.

Belum punya NPWP Pribadi?

Syarat EFIN Pribadi secara Kolektif

Pengajuan pembuatan EFIN Pajak Pribadi juga dapat dilakukan secara kolektif.

Berikut ketentuan dan syarat EFIN Pribadi yang harus dipenuhi dalam pengajuannya:

  1. Pemohon EFIN Pajak Pribadi atau jumlah karyawan paling sedikit 20 orang.
  2. Nama lengkap pemohon atau karyawan harus dicantumkan pada laporan SPT PPh Pasal 21.
  3. Fasilitas berupa tempat dan peralatan yang dibutuhkan harus disediakan oleh perusahaan untuk kelancaran aktivasi EFIN.
  4. Unduh formulir EFIN kolektif pada situs resmi DJP Online
  5. Isi formulir EFIN kolektif secara benar dan lengkap.
  6. Jangan lupa lampirkan dokumen-dokumen, seperti KTP (asli dan fotokopi).

Temukan cara mudah & cepat kelola e-Faktur dengan menarik data langsung dari akuntansi online hanya di e-Faktur Klikpajak by Mekari. Coba dan buktikan sekarang juga!

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

EFIN Pajak Pribadi: Apa itu EFIN Pajak Pribadi & Syarat EFIN Pribadi

Tahapan Cara Mendapatkan EFIN Pajak Pribadi

Tata cara pengajuan Kode EFIN Pajak ribadi sangatlah mudah.

Sobat Klikpajak dapat dengan cepat mendapatkannya dalam satu hari kerja.

Berikut ini tahapan cara pengajuan EFIN Pajak Pribadi atau EFIN Pribadi:

a. Mengisi formulir permohonan

Caranya cukup mudah, hanya dengan mengisi, menandatangani, dan menyampaikan formulir  permohonan aktivasi EFIN.

Permohonan dilakukan secara langsung dengan mendatangi Kantor Pelayanan Pajak tempat Sobat Klikpajak terdaftar.

Permohonan aktivasi EFIN ke KPP tidak dapat diwakilkan oleh orang lain. Kecuali bagi karyawan, permohonan dapat dilakukan secara kolektif.

Sebelum datang ke KPP, Sobat Klikpajak dapat mengisi formulir sesuai format formulir EFIN.

Tentu saja, pembuatan EFIN Pajak Pribadi atau daftar EFIN Pribadi dapat dilakukan secara online atau daring.

b. Siapkan dokumen persyaratan permohonan EFIN

Wajib pajak harus menyiapkan sesegera mungkin beberapa dokumen untuk permohonan EFIN. Berikut ini adalah beberapa dokumen asli yang wajib dibawa dan ditunjukkan kepada KPP:

  • Formulir aktivasi EFIN Pajak yang telah dilengkapi.
  • Alamat email aktif.
  • KTP asli dan fotokopi bagi WNI atau KITAS/KITAP bagi WNA.
  • Kartu NPWP asli dan fotokopi.

c. Jangan lupa registrasi EFIN pajak Sobat Klikpajak

Setelah Sobat Klikpajak mendapat kertas EFIN, maka segeralah lakukan aktivasi dengan mengakses djponline.pajak.go.id.

Ikuti tahapan atau prosedur registrasi yang tertera dengan benar dan lengkap.

Langkah terakhir pada tahapan aktivasi EFIN pajak ini, Sobat Klikpajak akan mendapatkan email konfirmasi yang berisikan password sementara.

Silahkan klik tautan pada email tersebut dan ganti password Sobat Klikpajak.

Untuk mengetahui lebih detail tutorial cara mendapatkan EFIN Pajak Pribadi, selengkapnya baca Cara Daftar, Aktivasi dan Cara Membuat EFIN Online

Buat e-Faktur dan Lapor SPT Masa PPN Langsung di Klikpajak by Mekari

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

Bagaimana jika Lupa EFIN Pajak Pribadi?

Begini solusi jika lupa EFIN Pajak Pribadi atau cara mendapatkan kembali EFIN Pajak yang hilang.

Perlu ketahui, terdapat cara yang dapat Sobat Klikpajak lakukan untuk mencari dan mendapatkan kembali EFIN yang hilang.

  1. Bongkar berkas perpajakan Sobat Klikpajak. Carilah dengan teliti, mungkin saja kertas yang memuat informasi EFIN Sobat Klikpajak terselip.
  2. Cek kembali Inbox notifikasi email Sobat Klikpajak, ketik “EFIN” pada kolom ‘search’.
  3. Bagi Sobat Klikpajak Wajib Pajak Orang Pribadi, segera telepon Kring Pajak di 1500200. Siapkan juga Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan konfirmasi data diri Sobat Klikpajak.
  4. Namun, apabila Sobat Klikpajak tidak mendapatkan EFIN dengan cara-cara di atas, silakan datang kembali ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat . Jangan lupa membawa fotokopi KTP dan NPWP beserta dokumen aslinya untuk meminta cetak ulang Electronic Filing Identification. Penuhi segala persyaratan aktivasi EFIN sebagaimana telah diatur dalam PER-06/PJ/2018. Selamat mencoba!

Jika sudah memiliki EFIN Pajak Pribadi, segera penuhi kewajiban perpajakan Sobat Klikpajak salah satunya melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan pajak penghasilan.

EFIN Pajak Pribadi: Apa itu EFIN Pajak Pribadi & Syarat EFIN PribadiIlustrasi lupa EFIN Pajak Pribadi via DJP.

Kategori : Perencanaan Pajak

PUBLISHED04 May 2021
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: