Syarat Daftar, Cara Formulir Permohonan EFIN Pajak Badan Online

Lupa efin pajak? Begini syarat daftar, hingga cara unduh form atau formulir permohonan EFIN Pajak Badan Online! Selengkapnya baca di blog Mekari Klikpajak saja!

Keberadaan EFIN NPWP jadi faktor penting untuk mengurus pajak.

Apakah Anda sudah tahu cara mendapatkan EFIN online?

Temukan cara membuat EFIN online, syarat, dan cara mengatasi jika lupa EFIN pajak di blog Klikpajak.id ini ya.

Karena sebelum melaporkan Pajak Penghasilan (PPh) yang telah dibayarkan atau disetorkan ke kas negara, Wajib Pajak harus memiliki EFIN Pribadi untuk WP Orang Pribadi, sedangkan EFIN Badan untuk Wajib Pajak Badan.

Selain itu, perbedaan tenggat waktu pelaporan SPT Tahunan PPh antara WP Orang Pribadi dengan WP Badan hanya berselang satu bulan saja.

Jika tenggat waktu penyampaian SPT Tahunan Pribadi paling lambat 31 Maret setiap tahunnya, sedangkan untuk pelaporan SPT Tahunan Badan berakhir pada 30 April setiap tahunnya.

Lalu, apakah EFIN Pajak Pribadi dan EFIN Pajak Badan sendiri adalah hal yang berbeda? Mekari Klikpajak akan mengulas semuanya di bawah ini!

Sekilas Mengenai EFIN NPWP dan Cara Unduh Atau Mendapatkan Formulir Permohonan EFIN Online Dan Offline

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu EFIN?

EFIN atau Electronic Filing Identification Number adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Ini adalah nomor identitas untuk Wajib Pajak yang melakukan transaksi elektronik dengan lembaga itu.

Salah satunya, untuk lapor SPT pajak melalui e-Filing.

Bicara EFIN tentu erat kaitannya dengan NPWP ( Nomor Pokok Wajib Pajak ).

Sebab sesuai fungsinya, NPWP merupakan nomor identitas wajib pajak.

Sehingga EFIN akan selalu bersinggungan karena NPWP digunakan untuk melakukan proses cara mendapatkan EFIN online.

Baca juga: Cara Lapor SPT Tahunan UMKM Online di e-Filing dan Dokumen yang Disiapkan

a. Perbedaan EFIN Pribadi dan EFIN Badan

Meski sama-sama merupakan nomor identifikasi yang digunakan untuk mengakses layanan elektronik pelaporan SPT pajak, namun ada pembeda antara e FIN Pribadi dan EFIN Badan.

Perbedaan itu terletak pada yang mengurus permohonan e-FIN itu sendiri.

1. Permohonan EFIN Badan

Untuk mengajukan permohonan EFIN Pajak Badan, dilakukan oleh pengurus yang ditunjuk untuk mewakili perusahaan/badan.

Hal ini sesuai Pasal 4 ayat (4) PER-6/PJ/2019, berbunyi permohonan aktivasi EFIN dilakukan oleh salah satu pengurus yang namanya tercantum dalam akta pendirian atau dokumen pendirian WP Badan.

Pengurus yang ditunjuk perusahaan akan mengisi, menandatangani, dan menyampaikan Formulir Permohonan Aktivasi e-FIN.

2. Permohonan EFIN Pribadi

Sedangkan permohonan EFIN Pajak Pribadi ketentuannya adalah harus dilakukan oleh yang bersangkutan/wajib pajak sendiri dan tidak dapat diwakilkan atau dikuasakan kepada pihak lain.

WP mengisi, menandatangani dan menyampaikan Formulir Permohonan Aktivasi EFIN dan menunjukkan asli serta fotokopi dokumen berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan kartu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan alamat email aktif.

3. Permohonan EFIN Bendahara

Permohonan e-FIN bendahara harus dilakukana oleh yang bersangkutan dengan menunjukkan surat keputusan pengangkatan sebagai bendahara.

WP harus mengisi dan menandatangani serta menyampaikan formulir permohonan eFIN dengan melampirkan KTP bendahara maupun NPWP atau SKT.

Lupa efin pajak? Begini syarat daftar, hingga cara unduh form atau formulir permohonan EFIN Pajak Badan Online!

Artikel ini membahas jika Anda lupa efin pajak, hingga syarat daftar, hingga cara unduh form atau formulir permohonan EFIN Pajak Badan Online!

Tempat Cara membuat EFIN Pajak Dimana?

Cara mendapatkan eFin pajak dapat dilakukan dengan beberapa cara yakni:

  • Kantor Pelayanan Pajak ( KPP )
  • Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP)
  • Lokasi lain yang ditentukan oleh KPP atau KP2KP
  • Pembuatan e-Fin pajak secara online

Syarat, Unduh Formulir Permohonan, Hingga Cara Mendapatkan EFIN Online

Setelah mengetahui perbedaan e-FIN Pribadi dan EFIN Badan, selanjutnya pahami ketentuan syarat cara mendapatkan EFIN online ini.

Berikut syarat cara membuat EFIN online:

a. Syarat cara membuat EFIN online (e-FIN Pribadi)

Secara garis besar cara mendapatkan EFIN online bagi wajib pajak pribadi adalah:

  1. Mengisi formulir permintaan EFIN. Klik di sini untuk mengunduh Formulir Permohonan EFIN ( Dalam format PDF unduh disini )
  2. Foto formulir pengajuan e-FIN tersebut
  3. Lakukan swafoto memegang KTP asli dan NPWP asil
  4. Kirim formulir permohonan eFIN online dengan email: PERMINTAAN NOMOR EFIN
  5. Tulis nama lengkap, nomor NPWP, NIK, alamat tinggal, alamat email dan nomor telepon pada badan email
  6. Lampirkan foto formulir permohonan EFIN online dan swafoto memang KTP serta NPWP tersebut
  7. Tunggu proses cara mendapatkan EFIN online ini selesai dan mendapatkan balasan dari DJP

Selengkapnya baca di sini Cara Mendapatkan, Daftar, Aktivasi, EFIN Pajak Pribadi

b. Syarat cara mendapatkan EFIN online ( e FIN Badan )

Perihal permohonan mendapatkan EFIN Pajak Badan ini diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-41/PJ/2015 tentang Pengamanan Transaksi Elektronik Layanan Pajak Online sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-06/PJ/2019.

Syarat dan ketentuan untuk aktivasi EFIN Wajib Pajak Badan adalah:

1. Pusat

  • Permohonan e-Fin disampaikan oleh wakil Wajib Pajak
  • Formulir Permohonan EFIN (PDF isian) yang ditandatangani dan diisi dengan lengkap ( bisa unduh disini )
  • Asli dan Fotokopi Surat Penunjukan jika pengurus berhalangan
  • Wakil Wajib Pajak WNI: Asli dan Fotokopi KTP
  • Wakil Wajib Pajak WNA: Asli dan Fotokopi Paspor
  • Asli dan Fotokopi KITAP/KITAS
  • Asli dan Fotokopi NPWP Badan
  • Asli dan Fotokopi NPWP Wakil Wajib Pajak
  • Email aktif

2. Cabang

  • Permohonan e Fin disampaikan oleh pimpinan kantor cabang
  • Surat pengangkatan pimpinan kantor cabang
  • Formulir Permohonan EFIN (PDF isian) ditandatangani dan diisi dengan lengkap ( unduh disini )
  • Asli dan Fotokopi Surat Pengangkatan
  • Asli dan Fotokopi Surat Penunjukan
  • Pimpinan Kantor Cabang WNI: Asli dan Fotokopi KTP
  • Pimpinan Kantor Cabang WNA: Asli dan Fotokopi Paspor
  • Asli dan Fotokopi KITAP/KITAS
  • Asli dan Fotokopi NPWP Badan
  • Asli dan Fotokopi NPWP Wakil Wajib Pajak
  • Email aktif

b. Syarat cara mendapatkan EFIN online ( eFIN bendahara )

  • Permohonan e Fin disampaikan oleh bendahara
  • Formulir Permohonan EFIN (PDF isian) ditandatangani dan diisi dengan lengkap ( download disini )
  • Asli dan fotokopi KTP bendahara
  • Asli daan fotokopi NPWP atau SKT

Baca juga: Cara Membuat NPWP Usaha Dagang atau NPWP Badan Usaha Online

 

Daftar EFIN Online: Cara dan Formulir Permohonan EFIN Badan OnlineIlustrasi mengajukan EFIN Badan

Cara Daftar, Unduh, Mendapatkan Formulir Permohonan, Hingga Aktivasi EFIN Pajak Badan secara Offline dan Online

Dari penjelasan di atas, sudah jelas apa yang membedakan cara permohonan juga syarat EFIN Pajak Badan.

Berikutnya adalah bagaimana tata cara atau tahapan dalam mengajukan EFIN Badan ini.

Sama seperti EFIN Pajak Pribadi, pengajuan EFIN Pajak Badan juga dapat dilakukan dengan 2 cara.

Yakni secara langsung mendapatangi KPP (offline) atau dapat dilakukan secara online melalui aplikasi daftar EFIN online.

Berikut 2 cara pembuatan EFIN Pajak Badan:

a. Permohonan EFIN Pajak Badan atau e-FIN Bendahara secara Offline

Berikut adalah langkah-langkah tahapan permohonan atau aktivasi dan daftar EFIN Pajak Badan secara langsung ke Kantor Pajak:

1. Unduh Formulir Permohonan EFIN Badan untuk Daftar secara Offline

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengajukan permohonan EFIN Badan adalah mengunduh formulir pengajuan EFIN di laman resmi DJP, www.pajak.go.id.

Setelah masuk ke laman formulir permohonan EFIN, klik PDF Formulir Permohonan EFIN di bagian bawah (button) dan download.

Unduh FORMULIR PERMOHONAN EFIN di Sini.

Jika terdapat kendala saat mengunduh formulir EFIN, WP Badan dapat langsung datang ke KPP.

2. Mengisi Formulir Permohonan EFIN Badan / e-FIN Bendahara untuk Daftar e FIN secara Offline

Pengurus yang mewakili WP Badan atau Bendahara harus mengisi dan manandatangani formulir permohonan EFIN Badan.

Isi formulir permohonan EFIN yang sudah diunduh tersebut secara lengkap di kolom yang telah disediakan.

Panduan pengisian Formulir Permohonan EFIN Badan atau e FIN Bendahara:

  • Pada formulir permohonan EFIN, centang kolom Badan dan kolom aktivasi
  • Selanjutnya, isi nomor pokok wajib pajak ( NPWP ), nama, tempat lahir, tanggal lahir, dan lainnya. Untuk kolom EFIN kosongkan saja.
  • Berikutnya, isi nomor telepon dan alamat email aktif Wajib Pajak Badan. Alamat email jangan sampai salah karena DJP akan mengirimkan kode EFIN melalui email tersebut
  • Langkah berikut, bubuhkan tanda-tangan di formulir tersebut, tulis tempat, tanggal dan nama orang yang bertanggung jawab di perusahaan (Badan).

Cara Mendapatkan EFIN Online atau Lupa EFIN Pajak efin npwpContoh formulir permohonan EFIN Badan atau EFIN bendahara

3. Melengkapi Dokumen Pengajuan EFIN Badan / Bendahara secara Offline

Lengkapi semua dokumen yang diperlukan untuk mengajukan permohonan EFIN Badan sebagai syaratnya yang terdiri dari:

  • Formulir Permohonan EFIN yang telah diisi lengkap berikut tanda tangan
  • Surat Keterangan – Surat Penunjukan – dari pimpinan tertinggi, dalam hal pengurus yang mengajukan permohonan EFIN tidak tercantum dalam akta/dokumen pendirian, tapi berwenang mengambil keputusan atau kebijakan
  • Identitas pengurus berupa KTP bagi WNI atau Paspor jika pengurusnya WNA
  • Kartu NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar (SKT) atas nama pengurus, baik itu WNI maupun WNA
  • Jika pengurus merupakan WNA tidak terdaftar sebagai WP, maka tidak perlu menyampaikan NPWP atau SKT
  • Kartu NPWP dan SKT atas nama WP Badan
  • Surat kuasa menyampaikan formulir permohonan dan penerima EFIN, dalam hal permohonan disampaikan oleh selain pengurus
  • Alamat email yang aktif

4. Mandatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP)

Setelah dokumen pengajuan EFIN Pajak Badan lengkap, selanjutnya tinggal membawa berbagai dokumen persayaratan tersebut ke KPP atau Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) terdaftar.

5. Mendapatkan EFIN Badan / Bendahara secara Offline

Jika semua proses di atas dilakukan, selanjutnya tinggal menunggu untuk mendapatkan EFIN Badan dari petugas KPP atau KP2KP.

6. Aktivasi EFIN Badan / Bendahara dari Daftar secara Offline

Setelah mendapatkan kode EFIN dari petugas pajak, selanjutnya segera melakukan aktivasi EFIN melalui tautan aktivasi yang dikirim DJP melalui email.

Email tersebut berisi konfirmasi permohonan EFIN.

Proses aktivasi dilakukan dengan mengklik tautan aktivasi dari email yang dikirimkan DJP tersebut

Dengan demikian, pengurus sudah dapat mendaftarkan perusahaannya di situs web DJP Online dan bisa melakukan e-Filing untuk menyampaikan SPT Tahunan Pajak Badan.

Baca Juga : Bentuk Usaha Tetap: Tarif Pajaknya dan Bentuk Lain Dikategorikan BUT

Lupa efin pajak? Begini syarat daftar, hingga cara unduh form atau formulir permohonan EFIN Pajak Badan Online!Ilustrasi mengantre pengajuan permohonan EFIN Badan di kantor pajak

b. Cara Membuat EFIN Online untuk Badan / Bendahara

Tahapannya kurang lebih sama dengan pengajuan EFIN Badan secara offline ke KPP, namun yang membedakan adalah secara keseluruhan prosesnya benar-benar dilakukan secara online.

Berikut cara mengajukan EFIN Pajak Badan atau daftar EFIN badan online:

1. Unduh Formulir Permohonan EFIN Badan Online / eFIN Bendahara secara Online

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengajukan permohonan EFIN Badan dengan cara daftar EFIN badan online adalah mengunduh formulir pengajuan EFIN badan online di laman resmi DJP, www.pajak.go.id.

Setelah masuk ke laman formulir permohonan EFIN, klik PDF Formulir Permohonan EFIN di bagian bawah (button) dan download.

Unduh FORMULIR PERMOHONAN EFIN di Sini

Formulir tersebut bisa digunakan untuk WP Pribadi, WP Badan dan Bendahara, kuasa WP.

2. Mengisi Formulir EFIN Badan / Bendahara dari Daftar EFIN Online

  • Isi formulir permohonan EFIN dengan jelas
  • Centang kolom orang pribadi dan kolom aktivasi
  • Isi NPWP, nama, tempat lahir, tanggal lahir, dan lain sebagainya
  • Kolom EFIN dikosongkan dahulu
  • Isi nomor telepon dan alamat email aktif Sobat Klikpajak karena DJP akan mengirimkan kode EFIN melalui email tersebut
  • Selanjutnya, bubuhkan tanda tangan di formulir dan jangan lupa tulis tempat dan tanggal serta nama Sobat Klikpajak

3. Lakukan Swafoto untuk Daftar EFIN Online WP Badan / Bendahara

  • Foto formulir yang sudah terisi dengan lengkap tersebut
  • Berikutnya, swafoto atau selfie sembari memegang KTP asli dan NPWP WP Badan asli
  • Saat swafoto, nomor NPWP dan NIK KTP harus terlihat karena akan diperiksa oleh petugas

4. Kirim Permohonan EFIN Badan / Bendahara dari Daftar EFIN Online ke Email KPP

Setelah rangkaian proses tersebut selesai, kirimkan permohonan EFIN online ke alamat email KPP tempat WP Badan / Bendahara terdaftar.

Untuk mengetahui di KPP mana WP Badan terdaftar, cek pada kartu NPWP WP Badan / Bendahara.

Cara lain bisa cari lewat google search dengan kata kunci ‘unit kerja KPP’.

Atau lebih singkatnya Sobat Klikpajak dapat klik tautan ini UNIT KERJA.

Setelah menemukan email KPP yang dituju, mulai kirimkan email permohonan EFIN online.

Pengiriman data ini bisa lewat fax, selain email.

Dalam email tersebut, tulis subjek email‘Permohonan EFIN’.

Lampirkan dalam email itu scan formulir permohonan EFIN dan swafoto WP yang memegang NPWP  Badan dan KTP.

Umumnya, email balasan akan segera masuk atau kurang dari 24 jam.

Agar proses mendapatkan nomor EFIN ini berjalan lancar, baik pengajuan EFIN dilakukan pada hari kerja. Email balasan yang akan diterima nanti berisi kode EFIN.

5. Menunggu Proses Permohonan EFIN Badan Online / Bendahara dari Daftar EFIN Online

Setelah semua proses dilakukan, Sobat Klikpajak tinggal menunggu permohonan EFIN diproses DJP.

Untuk menanyakan kabar permohonan nomor EFIN Sobat Klikpajak, hubungi pihak terkait KPP tempat Sobat Klikpajak terdaftar dan mengirimkan email permohonan EFIN online Sobat Klikpajak.

Cara Lapor SPT Tahunan Badan dengan eFiling Klikpajak!

6. Aktivasi EFIN Badan / Bendahara dari Daftar EFIN Online

Langkah terakhir, Sobat Klikpajak akan menerima email balasan dari DJP dalam tempo kurang dari 24 jam, yang berisi kode EFIN.

Sebaiknya, pengajuan EFIN dilakukan pada hari kerja.

Setelah mendapat EFIN pajak, bisa langsung mengaktivasikannya pada situs DJP Online.

Langkah-langkah aktivasi EFIN Badan / Bendahara setelah daftar EFIN online adalah seperti berikut:

  • Masuk ke situs DJP Online: https://djponline.pajak.go.id/account/login
  • Klik “daftar di sini” 
  • Masukkan nomor NPWP, EFIN dan kode keamanan WP
  • Lalu klik “verifikasi”
  • Silakan buat password untuk login ke aplikasi DJP Online
  • Cek email dan temukan link aktivasi yang diberikan oleh DJP
  • Klik link tersebut yang akan membawa Sobat Klikpajak masuk ke halaman login aplikasi DJP Online
  • Login menggunakan NPWP dan buat pula password baru
  • EFIN telah teraktivasi dan transaksi pajak online siap dilakukan

Bagaimana Jika Lupa EFIN Pajak?

Jika sudah mendapatkan e FIN namun pada suatu waktu menghadapi lupa EFIN pajak saat membutuhkannya, maka apa yang harus dilakukan?

Tidak perlu panik saat lupa EFIN pajak.

Lakukan langkah-langkah di bawah ini ketika mengalami lupa EFIN pajak.

Selengkapnya baca Lupa EFIN Pajak atau EFIN Hilang, Ini Cara Mendapatkannya Lagi!

Segera setelah aktivasi EFIN Badan / e FIN Bendahara, Sobat Klikpajak akan mendapat nomor yang bisa digunakan untuk layanan elektronik pajak seperti e-Filing melalui aplikasi DJP Online atau Penyedian Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) mitra resmi DJP seperti Klikpajak.

Klikpajak.id adalah PJAP atau Application Service Provider (ASP) mitra resmi Ditjen Pajak yang disahkan dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-169/PJ/2018.

Setelah mengisis formulir pendaftaran EFIN online dan memperoleh EFIN, sekarang tiba saatnya untuk melaporkan SPT Tahunan Badan secara online melalui e-Filing atau e-SPT Tahunan Badan.

Sobat Klikpajak dapat mudah lapor SPT pajak badan online melalui e-Filing dan e-SPT Tahunan Klikpajak.

Setelah menyampaikan SPT Pajak, Sobat Klikpajak akan peroleh bukti lapor dalam bentuk elektronik, yakni Bukti Penerimaan Elektronik ( BPE ) dari DJP, yang berisi:

  • Informasi Nama Wajib Pajak ( WP )
  • Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP )
  • Tanggal pembuatan BPE
  • Jam pembuatan BPE
  • Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE)

Sobat Klikpajak juga akan mendapatkan NTTE resmi dari DJP sebagai bukti lapor.

Tutorial cara lapor SPT Tahunan PPh Pribadi dan SPT Tahunan PPh Badan baca di bawah ini:

Cara membuat kode billing untuk bayar pajak online di Klikpajak.

Kelola Pajak Lainnya Lebih Mudah & Cepat dengan Klikpajak

Bukan hanya mudah lapor SPT pajak saja, melalui aplikasi pajak online mitra resmi DJP, Klikpajak.id, mengelola perpajakan lainnya juga lebih cepat.

Sebab Fitur Lengkap Aplikasi Pajak Online Klikpajak Terintegrasi yang membuat kelola administrasi perpajakan bisnis menjadi lebih simpel.

Melalui Klikpajak, membuat berbagai jenis bukti pemotongan pajak seperti PPh Pasal 23, PPh Pasal 26, PPh Pasal 22, PPh Pasal 15 maupun PPh Pasal 4 ayat 2 lebih praktis melalui e-Bupot Unifikasi Klikpajak.

Bagi Sobat Klikpajak yang berstatus Pengusaha Kena Pajak (PKP) mengelola Faktur Pajak juga semakin mudah dan cepat melalui e-Faktur Klikpajak yang terintegrasi dengan laporan keuangan online Jurnal.id.

Berikut berbagai kemudahan kelola e-Faktur di Klikpajak:

Nah, sekarang Anda tahu bagaimana yang harus dilakukan jika Lupa efin pajak, juga bagaimana syarat daftar, hingga cara unduh form atau formulir permohonan EFIN Pajak Badan Online seperti yang telah diulas blog Mekari Klikpajak diatas.

Ingin langsung gunakan aplikasi pajak online untuk kelola pajak bisnis lebih mudah dan cepat? langsung saja coba Mekari Klikpajak!

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

Kategori : Perencanaan Pajak

PUBLISHED10 May 2022
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: