Klikpajak by Mekari

Permohonan EFIN Badan Online : Syarat, Download, Cara Daftar

EFIN adalah nomor identitas pajak untuk transaksi perpajakan elektronik. Belum punya EFIN Badan dan bagaimana cara daftarnya?

Ketahui apa saja syarat permohonan pembuatan efin perusahaan, cara download atau unduh form e-Fin, contoh pengisian formulir dan cara daftar Efin badan online

Terus simak ulasannya, Mekari Klikpajak juga akan menunjukkan syarat efin badan, bagaimana cara aktivasi dan apa yang harus dilakukan jika lupa EFIN pajak.

Sebelum mendapatkan e-Fin, wajib pajak terlebih dahulu harus memiliki NPWP.

Karena keberadaan EFIN dan NPWP jadi faktor penting untuk mengurus pajak, salah satunya melaporkan SPT pajak penghasilan.

Sebelum melaporkan Pajak Penghasilan (PPh), baik wajib pajak pribadi maupun badan harus memiliki EFIN.

Sementara itu, tenggat waktu penyampaian SPT Tahunan Pribadi paling lambat 31 Maret dan pelaporan SPT Tahunan Badan berakhir pada 30 April setiap tahunnya.

Oleh karena itu, menyiapkan EFIN dari jauh hari sebelum batas akhir pelaporan pajak berakhir sangat penting, agar proses pelaporan SPT pajak lancar.

Untuk mengajukan permohonan pembuatan e Fin, Anda harus memenuhi ketentuan dan syarat yang ditetapkan Ditjen Pajak, serta melakukan tahapan cara daftar dengan benar.

Mekari Klikpajak adalah penyedia jasa aplikasi pajak online mitra DJP resmi, yang berkomitmen membantu dunia usaha mencapai ‘Powering Business Growth‘ setiap perusahaan.


Klikpajak hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam mengembangkan dan memajukan bisnis melalui penyediaan support system perpajakan online lengkap dan terintegrasi dengan akuntansi online Jurnal.id, serta didukung dengan sistem Application Programming Interface (API), seperti e-Faktur API dan e-Bupot API yang membuat pengelolaan pajak bisnis makin praktis.

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!


Tentang EFIN NPWP dan Perbedaan e Fin Pribadi dengan Badan

Apa itu eFin? EFIN atau Electronic Filing Identification Number adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Jadi, eFin adalah nomor identitas untuk Wajib Pajak yang melakukan transaksi elektronik dengan lembaga itu, dalam hal ini DJP, maupun digunakan buat mendaftar dan membuat akun pajak pada kanal administrasi pajak online.

Bicara EFIN tentu erat kaitannya dengan NPWP ( Nomor Pokok Wajib Pajak ).

Sebab sesuai fungsinya, NPWP merupakan nomor identitas wajib pajak yang digunakan untuk melakukan proses cara mendapatkan EFIN online.

Apa saja manfaat dari EFIN?

  • Digunakan sebagai syarat untuk melakukan transaksi perpajakan secara elektronik melalui saluran layanan perpajakan online.
  • Memudahkan WP untuk mengakses sistem pajak online dan melaporkan SPT pajak, sehingga tidak perlu antre di Kantor Pelayanan Pajak.
  • Menjamin kerahasiaan data yang dimasukkan ke sistem pajak online dan otomatis terekam dalam sistem DJP.
  • Memudahkan untuk melaporlan pajak tahun berikutnya secara online karena tidak perlu mengulang isian dari awal lagi.

Baca juga: Cara Lapor SPT Tahunan UMKM Online di e-Filing dan Dokumen yang Disiapkan

A. Perbedaan e-FIN Pribadi dan EFIN Badan

Meski sama-sama merupakan nomor identifikasi yang digunakan untuk mengakses layanan elektronik seperti pelaporan SPT pajak, namun ada pembeda antara e FIN Pribadi dan EFIN Badan atau perusahaan.

EFIN Pribadi adalah nomor identitas pajak yang diberikan untuk WP Pribadi.

Sedangkan EFIN Badan adalah nomor identitas pajak yang diterbitkan DJP untuk WP Badan, seperti:

  • Perseroan Terbatas (PT)
  • Perseroan Lainnya
  • Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
  • Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)
  • Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
  • Firma
  • Kongsi
  • Koperasi
  • Dana Pensiun
  • Perkumpulan
  • Yayasan
  • Organisasi Masyarakat
  • Organisasi Sosial Politik
  • Organisasi lainnya dengan nama dan bentuk apapun
  • Lembaga Investasi Kolektif (KIK)
  • Bentuk Usaha Tetap (BUT)

Selain itu, terdapat perbedaan mendasar di antara keduanya.

Perbedaan itu terletak pada yang mengurus surat atau formulir / form permohonan e-FIN itu sendiri.

1. Permohonan EFIN Badan

Untuk mengajukan permohonan EFIN Pajak Badan, dilakukan oleh pengurus yang ditunjuk untuk mewakili perusahaan/badan.

Hal ini sesuai Pasal 4 ayat (4) Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-06/PJ/2019, berbunyi permohonan aktivasi EFIN dilakukan oleh salah satu pengurus yang namanya tercantum dalam akta pendirian atau dokumen pendirian WP Badan.

Pengurus yang ditunjuk perusahaan akan mengisi, menandatangani, dan menyampaikan Formulir / form atau surat Permohonan Aktivasi e-FIN.

2. Permohonan EFIN Pribadi

Sedangkan permohonan EFIN Pajak Pribadi ketentuannya harus dilakukan oleh yang bersangkutan/wajib pajak sendiri dan tidak dapat diwakilkan atau dikuasakan kepada pihak lain.

WP mengisi, menandatangani dan menyampaikan surat atau Formulir Permohonan Aktivasi EFIN dan menunjukkan asli serta fotokopi dokumen berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan kartu NPWP dan alamat email aktif.

3. Permohonan EFIN Bendahara

Permohonan e-FIN bendahara harus dilakukana oleh yang bersangkutan dengan menunjukkan surat keputusan pengangkatan sebagai bendahara.

WP harus mengisi dan menandatangani serta menyampaikan surat atau formulir permohonan eFIN dengan melampirkan KTP bendahara maupun NPWP atau SKT.

B. Tempat cara membuat EFIN Pajak dimana?

Cara mendapatkan eFin pajak dapat dilakukan dengan beberapa cara yakni:

  • Kantor Pelayanan Pajak ( KPP )
  • Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP)
  • Lokasi lain yang ditentukan oleh KPP atau KP2KP
  • Pembuatan e-Fin pajak secara online

Lupa efin pajak? Begini syarat daftar, hingga cara unduh form atau formulir permohonan EFIN Pajak Badan Online!

Contoh nomor efin pajak setelah melakukan permohonan mendapatkan EFIN

Prosedur dan Cara Mendapatkan EFIN Online

Setelah mengetahui perbedaan e-FIN Pribadi dan EFIN Badan, selanjutnya pahami ketentuan syarat cara mendapatkan EFIN online atau prosedurnya.

Berikut syarat pembuatan EFIN online atau cara mendapatkan eFin Badan maupun Pribadi:

A. Syarat cara membuat EFIN Pribadi

Secara garis besar cara mendapatkan EFIN online bagi wajib pajak pribadi adalah:

  1. Mengisi formulir permintaan EFIN. Klik di sini untuk mengunduh Formulir Permohonan EFIN ( Formulir dalam format PDF unduh di sini )
  2. Foto formulir pengajuan e-FIN tersebut
  3. Lakukan swafoto memegang KTP asli dan NPWP asil
  4. Kirim formulir permohonan eFIN online dengan email: PERMINTAAN NOMOR EFIN
  5. Tulis nama lengkap, nomor NPWP, NIK, alamat tinggal, alamat email dan nomor telepon pada badan email
  6. Lampirkan foto formulir permohonan EFIN online dan swafoto memang KTP serta NPWP tersebut
  7. Tunggu proses cara mendapatkan EFIN online ini selesai dan mendapatkan balasan dari DJP

Selengkapnya baca di sini Cara Mendapatkan, Daftar, Aktivasi, EFIN Pajak Pribadi

B. Syarat Pengajuan EFIN Badan

Perihal permohonan mendapatkan EFIN Pajak Badan ini diatur dalam PER – 41/PJ/2015 tentang Pengamanan Transaksi Elektronik Layanan Pajak Online sebagaimana telah diubah terakhir dengan Perdirjen-pajak Nomor PER-06/PJ/2019.

Syarat dan ketentuan untuk aktivasi EFIN Badan adalah sebagai berikut:

1. Syarat Permohonan EFIN Badan untuk Kantor Pusat

  • Permohonan e-Fin disampaikan oleh wakil Wajib Pajak
  • Formulir Permohonan EFIN (PDF isian) yang ditandatangani dan diisi dengan lengkap ( Formulir bisa unduh di sini )
  • Scan atau pindai Surat Penunjukan jika pengurus berhalangan
  • Wakil Wajib Pajak WNI: scan/pindai KTP
  • Wakil Wajib Pajak WNA: scan/pindai Paspor
  • Scan/pindai KITAP/KITAS
  • Scan/pindai NPWP Badan
  • Scan/pindai NPWP Wakil Wajib Pajak
  • Email aktif

2. Syarat EFIN Badan untuk Kantor Cabang

  • Permohonan e Fin disampaikan oleh pimpinan kantor cabang
  • Surat pengangkatan pimpinan kantor cabang
  • Formulir Permohonan EFIN (PDF isian) ditandatangani dan diisi dengan lengkap ( unduh formulir di sini )
  • Scan/pindai Surat Pengangkatan
  • Scan/pindai Surat Penunjukan
  • Pimpinan Kantor Cabang WNI: scan/pindai KTP
  • Pimpinan Kantor Cabang WNA: scan/pindai Paspor
  • Scan/pindai KITAP/KITAS
  • Scan/pindai NPWP Badan
  • Scan/pindai NPWP Wakil Wajib Pajak
  • Email aktif

C. Syarat cara mendapatkan EFIN Bendahara

  • Permohonan e Fin disampaikan oleh bendahara
  • Formulir Permohonan EFIN (PDF isian) ditandatangani dan diisi dengan lengkap ( download formulir e-Fin di sini )
  • Asli dan fotokopi KTP bendahara
  • Asli daan fotokopi NPWP atau SKT

Baca juga: Cara Membuat NPWP Usaha Dagang atau NPWP Badan Usaha Online

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

Cara Daftar, Download, Mendapatkan Formulir Permohonan dan Aktivasi EFIN Badan

Berikutnya bagaimana tata cara atau tahapan dalam mengajukan permohonan EFIN Badan dan pengisian formulir eFin ini?

Sama seperti EFIN Pajak Pribadi, pengajuan EFIN Pajak Badan juga dapat dilakukan dengan 2 cara.

Pengajuan secara langsung mendatangi KPP (offline) atau dilakukan secara elektronik melalui aplikasi daftar EFIN online.

Berikut 2 cara pembuatan EFIN Pajak Badan, yakni permohonan secara online dan offline:

A. Permohonan EFIN Pajak Badan atau e-FIN Bendahara secara Offline

Berikut adalah langkah-langkah tahapan permohonan atau aktivasi dan daftar EFIN Pajak Badan secara langsung ke Kantor Pajak:

1. Unduh Formulir Permohonan EFIN Badan untuk Daftar secara Offline

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengajukan permohonan EFIN Badan adalah mengunduh formulir pengajuan EFIN di laman resmi DJP, www.pajak.go.id.

Setelah masuk ke laman formulir permohonan EFIN, klik PDF Formulir Permohonan EFIN di bagian bawah (button) dan download.

Unduh atau downlod FORMULIR PERMOHONAN EFIN Badan di Sini.

Jika terdapat kendala saat mengunduh formulir EFIN, WP Badan dapat langsung datang ke KPP.

2. Mengisi Form eFin / Formulir Permohonan EFIN Badan / Bendahara untuk Daftar e FIN secara Offline

Pengurus yang mewakili WP Badan atau Bendahara harus mengisi dan manandatangani formulir permohonan EFIN Badan.

Isi formulir permohonan EFIN yang sudah diunduh tersebut secara lengkap di kolom yang telah disediakan.

Panduan contoh pengisian Formulir Permohonan EFIN Badan atau e FIN Bendahara:

  • Pada formulir permohonan EFIN, centang kolom Badan dan kolom aktivasi
  • Selanjutnya, isi NPWP, nama, tempat lahir, tanggal lahir, dan lainnya. Untuk kolom EFIN kosongkan saja.
  • Berikutnya, isi nomor telepon dan alamat email aktif Wajib Pajak Badan. Alamat email jangan sampai salah karena DJP akan mengirimkan kode EFIN melalui email tersebut
  • Langkah berikut, bubuhkan tanda-tangan di formulir tersebut, tulis tempat, tanggal dan nama orang yang bertanggung jawab di perusahaan (Badan).

3. Melengkapi Dokumen Permohonan EFIN Badan / Bendahara secara Offline

Lengkapi semua dokumen yang diperlukan untuk mengajukan permohonan EFIN Badan sebagai syarat mendapatkan e Fin yang terdiri dari:

  • Form / Formulir Permohonan EFIN yang telah diisi lengkap berikut tanda tangan
  • Surat Keterangan – Surat Penunjukan – dari pimpinan tertinggi, dalam hal pengurus yang mengajukan permohonan EFIN tidak tercantum dalam akta/dokumen pendirian, tapi berwenang mengambil keputusan atau kebijakan
  • Identitas pengurus berupa KTP bagi WNI atau Paspor jika pengurusnya WNA
  • Kartu NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar (SKT) atas nama pengurus, baik itu WNI maupun WNA
  • Jika pengurus merupakan WNA tidak terdaftar sebagai WP, maka tidak perlu menyampaikan NPWP atau SKT
  • Kartu NPWP dan SKT atas nama WP Badan
  • Surat kuasa menyampaikan formulir permohonan dan penerima EFIN, dalam hal permohonan disampaikan oleh selain pengurus
  • Alamat email yang aktif

4. Mandatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP)

Setelah dokumen pengajuan EFIN Pajak Badan lengkap, selanjutnya tinggal membawa berbagai dokumen persayaratan tersebut ke KPP atau Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) terdaftar.

5. Mendapatkan EFIN Badan / Bendahara secara Offline

Jika semua proses di atas dilakukan, selanjutnya tinggal menunggu untuk mendapatkan EFIN Badan dari petugas KPP atau KP2KP.

6. Aktivasi EFIN Badan / Bendahara dari Daftar secara Offline

Setelah mendapatkan kode EFIN dari petugas pajak, selanjutnya segera melakukan aktivasi EFIN melalui tautan aktivasi yang dikirim DJP melalui email.

Email tersebut berisi konfirmasi permohonan EFIN.

Proses aktivasi dilakukan dengan mengklik tautan aktivasi dari email yang dikirimkan DJP tersebut

Dengan demikian, pengurus sudah dapat mendaftarkan perusahaannya di situs web DJP dan bisa melakukan e-Filing untuk menyampaikan SPT pajak.

Baca Juga : Bentuk Usaha Tetap: Tarif Pajaknya dan Bentuk Lain Dikategorikan BUT

Lupa efin pajak? Begini syarat daftar, hingga cara unduh form atau formulir permohonan EFIN Pajak Badan Online!Ilustrasi mengantre pengajuan permohonan EFIN Badan di kantor pajak

B. Cara Mendapatkan EFIN Badan / Perusahaan / Bendahara Online

Tahapannya kurang lebih sama dengan pengajuan EFIN Badan secara offline ke KPP, namun yang membedakan adalah secara keseluruhan prosesnya benar-benar dilakukan secara online.

Berikut cara mendapatkan EFIN Pajak Badan atau daftar EFIN badan online:

1. Download Formulir Permohonan EFIN Badan / Perusahaan / Form eFIN Bendahara Online

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengajukan permohonan EFIN Badan dengan cara daftar EFIN badan online adalah download formulir permohonan EFIN badan online di laman resmi DJP, www.pajak.go.id.

Setelah masuk ke laman formulir permohonan EFIN, klik PDF Formulir Permohonan EFIN di bagian bawah (button) dan download.

Unduh atau download form / FORMULIR PERMOHONAN EFIN di Sini

Forn atau formulir tersebut bisa digunakan untuk WP Pribadi, WP Badan dan Bendahara, kuasa WP.

2. Pengisian Formulir EFIN Badan / Perusahaan / Bendahara dari Daftar EFIN Online

  • Isi formulir permohonan EFIN dengan jelas
  • Centang kolom orang pribadi sebagai pengurus perusahaan dan kolom aktivasi
  • Isi NPWP, nama, tempat lahir, tanggal lahir, dan lain sebagainya
  • Kolom EFIN dikosongkan dahulu
  • Isi nomor telepon dan alamat email aktif Anda karena DJP akan mengirimkan kode EFIN melalui email tersebut
  • Selanjutnya, bubuhkan tanda tangan di formulir dan jangan lupa tulis tempat dan tanggal serta nama Sobat Klikpajak

3. Lakukan Swafoto untuk Daftar EFIN Online WP Badan / Bendahara

  • Foto formulir yang sudah terisi dengan lengkap tersebut
  • Berikutnya, swafoto atau selfie sembari memegang KTP asli dan NPWP WP Badan asli
  • Saat swafoto, nomor NPWP dan NIK KTP harus terlihat karena akan diperiksa oleh petugas

4. Kirim Permohonan EFIN Badan / Bendahara dari Daftar EFIN Online ke Email KPP

Setelah rangkaian proses tersebut selesai, kirimkan permohonan EFIN online ke alamat email KPP tempat WP Badan / Bendahara terdaftar.

Untuk mengetahui di KPP mana WP Badan terdaftar, cek pada kartu NPWP WP Badan / Bendahara.

Cara lain bisa cari lewat google search dengan kata kunci ‘unit kerja KPP’.

Atau lebih singkatnya Anda dapat klik tautan berikut ini UNIT KERJA.

Setelah menemukan email KPP yang dituju, mulai kirimkan email permohonan EFIN online.

Pengiriman data ini bisa lewat fax, selain email.

Dalam email tersebut, tulis subjek email‘Permohonan EFIN’.

Lampirkan dalam email itu scan formulir permohonan EFIN dan swafoto WP yang memegang NPWP  Badan dan KTP.

Umumnya, email balasan akan segera masuk atau kurang dari 24 jam.

Agar proses mendapatkan nomor EFIN ini berjalan lancar, baik pengajuan EFIN dilakukan pada hari kerja. Email balasan yang akan diterima nanti berisi kode EFIN.

5. Menunggu Proses Permohonan EFIN Badan Online / Bendahara dari Daftar EFIN Online

Setelah semua proses dilakukan, Anda tinggal menunggu permohonan EFIN diproses DJP.

Untuk menanyakan kabar permohonan nomor EFIN, hubungi pihak terkait KPP tempat Anda terdaftar dan mengirimkan email permohonan EFIN online Anda.

6. Aktivasi EFIN Badan / Perusahaan / Bendahara dari Daftar EFIN Online

Langkah terakhir, Anda akan menerima email balasan dari DJP dalam tempo kurang dari 24 jam, yang berisi kode EFIN.

Sebaiknya, pengajuan EFIN dilakukan pada hari kerja.

Setelah mendapat EFIN pajak, bisa langsung mengaktivasikannya pada situs DJP Online.

Langkah-langkah aktivasi EFIN Badan / Perusahaan / Bendahara setelah daftar EFIN badan online adalah seperti berikut:

  • Masuk ke situs DJP Online: https://djponline.pajak.go.id/account/login
  • Klik “daftar di sini” 
  • Masukkan nomor NPWP, EFIN dan kode keamanan WP
  • Lalu klik “verifikasi”
  • Silakan buat password untuk login ke aplikasi DJP Online
  • Cek email dan temukan link aktivasi yang diberikan oleh DJP
  • Klik link tersebut yang akan membawa Anda masuk ke halaman login aplikasi DJP Online
  • Login menggunakan NPWP dan buat pula password baru
  • EFIN telah teraktivasi dan transaksi pajak online siap dilakukan

Ingat ya, aktivasi EFIN harus dilakukan maksimal 30 hari setelah mendapatkan nomor EFIN dari DJP.

Jika melewati batas 30 hari EFIN tidak diaktivasi, maka Sobat Klikpajak harus mengulang kembali permohonan EFIN dari awal.

C. Contoh Surat Permohonan EFIN Perusahaan atau Badan

Berikut contoh formulir permohonan untuk mendapatkan eFin Badan:

Cara Mendapatkan EFIN Online atau Lupa EFIN Pajak efin npwpContoh formulir permohonan EFIN Badan atau form eFIN bendahara

Bagaimana jika Lupa EFIN Pajak?

Jika sudah mendapatkan e FIN namun pada suatu waktu menghadapi lupa EFIN pajak saat membutuhkannya, maka apa yang harus dilakukan?

Tidak perlu panik saat lupa EFIN pajak.

Lakukan langkah-langkah di bawah ini ketika mengalami lupa EFIN pajak atau bahkan belum melakukan aktivasi e-Fin pajak.

Berikut langkah-langkah cara cek EFIN yang belum dilakukan aktivasi dan cara cek e Fin yang sudah diaktivasi.

A. Cara cek nomor EFIN yang belum dilakukan aktivasi

Bagaimana jika e Fin yang sudah diajukan belum dilakukan aktivasi?

Anda dapat mengecek nomor e-Fin online yang belum dilakukan aktivasi tersebut melalui email yang ditujukan pada DJP.

Berikut langkah-langkah cara cek nomor EFIN yang belum diaktivasi:

  1. Buat email baru dengan keterangan pada subjek email Permohonan Nomor EFIN.
  2. Pada badan email di isi dengan nomor NPWP, NIK, nama lengkap, alamat rumah, alamat email dan nomor telepon aktif dan telah didaftarkan sebelumnya.
  3. Tautkan dokumen dari swafoto yang memperlihatkan wajah secara jelas dengan memegang KTP dan NPWP.
  4. Kirim email permohonan tersebut ke ke alamat email KPP tempat Anda berada yang bisa dicek di laman www.pajak.go.id/unit-kerja.
  5. Setelah itu petugas pelayanan pajak akan mengecek kesesuaian data Anda dengan database DJP.
  6. Apabila semua data sesuai, petugas pelayanan pajak membuat dan mengirim pemberitahuan EFIN dalam bentuk PDF ke email Anda.

B. Cara cek nomor EFIN yang sudah dilakukan aktivasi

Cara cek nomor EFIN yang sudah pernah dilakukan aktivasi adalah sebagai berikut:

  1. Hubungi Kantor Pajak, siapkan data berupa NPWP, nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email yang didaftarkan.
  2. Nomor EFIN bisa diperoleh melalui saluran telepon 1500200, Twitter, @kring_pajak, dan live chat di www.pajak.go.id.
  3. Untuk layanan Twitter, cukup mention satu kali untuk masuk ke dalam antrean layanan lupa EFIN, berikutnya cek Direct Messages untuk ditindaklanjuti pada hari kerja berikutnya.
  4. Untuk layanan telepon dan live chat, dapat diakses mulai Senin – Jumat pukul 08.00 sd 16.00 WIB.

Anda juga dapat mengikuti panduan berikut ini jika lupa EFIN Pajak atau EFIN Hilang, Begini Cara Mendapatkannya Lagi!

Segera setelah aktivasi EFIN Badan / e FIN Bendahara, Anda akan mendapat nomor yang bisa digunakan untuk layanan elektronik pajak melalui aplikasi DJP Online atau Penyedian Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) mitra resmi DJP seperti Klikpajak.

Setelah melakukan pengisian formulir pendaftaran EFIN badan online dan memperoleh EFIN, Anda dapat menggunakannya untuk melaporkan SPT Tahunan Badan secara online melalui e-SPT Tahunan Badan.

Anda juga dapat mudah lapor SPT Masa pajak online melalui e-Filing dan e-SPT Tahunan Klikpajak.

Setelah menyampaikan SPT Pajak, Anda akan peroleh bukti lapor dalam bentuk elektronik, yakni Bukti Penerimaan Elektronik ( BPE ) dari DJP, yang berisi:

  • Informasi Nama Wajib Pajak ( WP )
  • Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP )
  • Tanggal pembuatan BPE
  • Jam pembuatan BPE
  • Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE)

Anda juga akan mendapatkan NTTE resmi dari DJP sebagai bukti lapor.

Tutorial cara lapor SPT Tahunan PPh Badan baca di bawah ini:

Kelola Pajak Lainnya Lebih Mudah dengan Klikpajak

Bukan hanya mudah lapor SPT pajak saja, melalui aplikasi pajak online mitra resmi DJP, Klikpajak.id, mengelola perpajakan lainnya juga lebih cepat.

Sebab Fitur Lengkap Aplikasi Pajak Online Klikpajak Terintegrasi yang membuat kelola administrasi perpajakan bisnis menjadi lebih simpel.

Melalui Klikpajak, membuat berbagai jenis bukti pemotongan pajak seperti PPh Pasal 23, PPh Pasal 26, PPh Pasal 22, PPh Pasal 15 maupun PPh Pasal 4 ayat 2 lebih praktis melalui e-Bupot Unifikasi Klikpajak.

Bagi Anda yang berstatus Pengusaha Kena Pajak (PKP) mengelola Faktur Pajak juga semakin mudah dan cepat melalui e-Faktur Klikpajak yang terintegrasi dengan laporan keuangan online Jurnal.id.

Ingin langsung gunakan aplikasi pajak online untuk kelola pajak bisnis lebih mudah dan cepat? Langsung saja coba Mekari Klikpajak!

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

Kategori : Perencanaan Pajak

PUBLISHED24 Nov 2022
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: