Klikpajak by Mekari

Tutorial Cara Mendapatkan EFIN Pajak Via Online atau EFIN NPWP

Setiap wajib pajak harus memiliki EFIN pajak online untuk dapat melakukan transaksi perpajakan elektronik. Cara meminta atau mendapatkan EFIN via online sangat mudah. Mekari Klikpajak akan menunjukkan cara mendapatkan EFIN secara online dan penjelasan tentang EFIN NPWP untuk Sobat Klikpajak.

EFIN atau Electronic Filing Identification Number merupakan nomor identitas bagi Wajib Pajak Orang Pribadi maupun WP Badan yang digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas perpajakan secara elektronik.

Salah satunya diperlukan saat registrasi pendaftaran akun DJP online atau akun PJAP atau ASP mitra resmi Dirjen Pajak, seperti Klikpajak.id.

Kini, EFIN Online dengan mudah dapat Sobat Klikpajak peroleh tanpa harus datang langsung ke Kantor Pajak.

Cukup melalui komputer dengan sambungan internet, cara mendapatkan EFIN via online pun dapat dilakukan kapan saja dan di mana pun berada.

Lalu, bagaimana cara meminta atau mendapatkan eFIN pajak online ini? Temukan selengkapnya dengan membaca tulisan ini.

2 Jenis EFIN & Cara Meminta Atau Mendapatkan EFIN Via Online Untuk Wajib Pajak Dengan NPWP

EFIN pajak terbagi menjadi dua jenis yang dibedakan berdasarkan subjek pajak, yakni Wajib Pajak (WP) Pribadi dan WP Badan yang memiliki NPWP.

Maka dua jenis EFIN tersebut adalah:

  • EFIN Pribadi
  • EFIN Badan

Meski beda kategorinya, namun pada dasarnya cara membuat EFIN via online dari keduanya ini sama saja.

Lalu, apa yang membedakan?

Satu hal yang pasti, pembeda antara EFIN Pribadi dan EFIN Badan ini terletak pada dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan EFIN pajak secara daring.

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

Baca juga tentang Hal yang Wajib Disiapkan Sebelum Lapor SPT Online

Perbedaan Cara Mendapatkan EFIN Online Pribadi dan EFIN Badan

Sebelum mengetahui cara meminta atau mendapatkan efin via online, Anda harus tahu perbedaannya terlebih dahulu.

Berikut adalah perbedaan antara EFIN Pajak Pribadi dengan EFIN Pajak Badan yang memiliki NPWP:

a. EFIN Pribadi

Dalam hal aktivasi EFIN, bagi Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP), permohonan aktivasi EFIN dilakukan sendiri atau tidak dapat diwakilkan oleh orang lain.

Setelah mengetahui cara meminta atau mendapatkan EFIN pajak online, langkah selanjutnya adalah melakukan aktivasi di laman https://djponline.pajak.go.id/resendlink.

Setelah mendapat email konfirmasi yang berisi kata sandi sementara, Wajib Pajak dapat mengklik tautan tersebut, kemudian mengganti dengan kata sandi baru untuk melakukan e-Filing SPT Tahunan Pribadi.

Dalam hal dokumen yang harus disiapkan, untuk EFIN pribadi adalah salah satunya NPWP dan beberapa dokumen ini:

  • Bukti asli dan fotokopi dokumen KTP
  • Kartu NPWP
  • Melampirkan alamat email yang aktif

b. EFIN Badan

Bagi Wajib Pajak Badan, permohonan aktivasi EFIN dilakukan oleh pengurus yang ditunjuk untuk mewakili Badan atau perusahaan tersebut.

Pengurus akan mengisi, menandatangani, hingga menyampaikan Formulir Permohonan Aktivasi EFIN di KPP tempat Wajib Pajak terdaftar.

Sedangkan dokumen yang harus dipersiapkan untuk mengajukan permohonan EFIN Badan salah satunya adalah NPWP dan beberapa dokumen berikut:

  • Fotokopi Surat Penunjukan Pengurus
  • Fotokopi Identitas diri  berupa KTP WNI atau Paspor, KITAS atau KITAP bagi WNA
  • Fotokopi kartu NPWP atau SKT atas nama Pengurus
  • Fotokopi kartu NPWP atau SKT atas nama Wajib Pajak Badan
  • Melampirkan alamat email aktif kepada pihak KPP

Cara lapor SPT Tahunan badan dengan Klikpajak!

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

Baca juga tentang EFIN sebagai Kunci Awal Penggunaan Sistem Pajak Online di Situs Resmi DJP

Manfaat dan Pentingnya EFIN bagi Perusahaan

Ada baiknya juga anda mengetahui manfaatnya terlebih dahulu sebelum mulai pelajari cara meminta atau mendapatkan EFIN via online.

Setidaknya ada tiga manfaat EFIN, di antaranya:

1. Efisiensi

Dalam pengelolaan bisnis, efisiensi atau ketepatan menggunakan waktu atau tenaga adalah hal yang sangat penting.

Dengan mengaktivasi EFIN, WP yang memiliki NPWP dapat dengan mudah mengakses sistem pajak online dan melaporkan SPT pajak tanpa perlu mengantre di Kantor Pelayanan Paja (KPP) yang bisa membuang waktu lebih banyak.

2. Jaminan Keamanan

Manfaat EFIN lainnya adalah dari segi jaminan keamanan yaitu dapat menjamin kerahasiaan data perusahaan yang dimasukkan ke sistem pajak online.

3. Pelaporan Pajak Menjadi Lebih Otomatis

Bagi WP Badan, adanya EFIN akan memudahkan dalam melaporkan pajak secara online, data Wajib Pajak Badan sudah terekam secara otomatis di sistem pajak.

Sehingga untuk laporan pajak tahun berikutnya, WP Badan atau perusahaan tidak perlu mengulang isian data lagi.

EFIN Online dan Cara Mendapatkan EFIN Online atau EFIN NPWPContoh EFIN online dan cara mendapatkan EFIN online untuk Wajib pajak yang memiliki NPWP.

Sudah tahu? Sertifikat Elektronik Pengganti EFIN Wajib untuk Semua WP Mulai 2022

Bagaimana Cara Meminta atau Mendapatkan EFIN Via Online Untuk Wajib Pajak Yang Memiliki NPWP?

Proses untuk mendapatkan EFIN pajak tidaklah sulit.

Cara pengajuan EFIN secara daring untuk Badan hampir sama dengan pembuatan EFIN pajak Pribadi dan prosesnya cepat.

Berikut langkah-langkah cara mendapatkan EFIN online untuk WP Pribadi dan WP Badan yang memiliki NPWP:

Bagaimana jika lupa EFIN pajak?

Tidak perlu panik, jika Sobat Klikpajak lupa EFIN pajak, ikuti langkah-langkah berikut ini:

EFIN Online dan Cara Mendapatkan EFIN Online atau EFIN NPWPIlustrasi melakukan aktivitas perpajakan setelah melalui proses cara meminta atau mendapatkan EFIN online

Info Terbaru! Penutupan Layanan EFIN Pajak di DJP Online Untuk Wajib Pajak Yang Memiliki NPWP

Terbaru! Selain mengetahui cara meminta atau mendapatkan EFIN via Online, ada beberapa informasi penting untuk Anda ketahui.

Perlu dicatat sekarang Ditjen Pajak secara resmi telah menutup sementara saluran aktivasi EFIN melalui laman efin.pajak.go.id ini.

Berikut cara aktivasi EFIN terbaru selama penutupan saluran aktivasi eFIN melalui laman efin.pajak.go.id tersebut:

  1. Menyampaikan permohonan aktivasi EFIN melalui surat elektronik (surel) resmi KPP (cek di www.pajak.go.id/unit-kerja untuk mengetahui alamat, telepon, dan surel KPP)
  2. Satu surel wajib pajak hanya untuk satu permohonan layanan aktivasi EFIN
  3. Mengunduh formulir aktivasi EFIN di www.pajak.go.id/id/formulir-permohonan-EFIN
  4. Mengirimkan syarat permohonan aktivasi EFIN yaitu:
    – Scan formulir permohonan aktivasi EFIN
    – Mencantumkan nomor telepon
    – Surel yang ditulis di formulir masih aktif
    – Foto identitas (KTP bagi WNI, KITAP/KITAS bagi WNA)
    – Foto Surat Keterangan Terdaftar (SKT) atau NPWP
    – Swafoto/selfie dengan memegang KTP dan kartu NPWP
  5. Petugas melakukan pengecekan kesesuaian data yang diberikan oleh wajib pajak dengan database DJP.
  6. Apabila semua data sesuai, petugas membuat dan mengirim pemberitahuan EFIN dalam bentuk PDF melalui surel.

DJP mengalihkan layanan aktivasi pajak melalui saluran lain. Permohonan aktivasi EFIN surat elektronik (surel) resmi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdaftar di informasi@pajak.go.id.

Sedangkan jika lupa EFIN, DJP mengarahkan agar menyampakan melalui nomor telepon atau surat elektronik (surel) resmi KPP atau Kring Pajak 1500200.

Setelah mendapatkan dan melakukan aktivasi EFIN pajak secara online, lakukan aktivitas perpajakan Sobat Klikpajak dengan cara yang mudah dengan Mekari Klikpajak yang memiliki Fitur Lengkap Aplikasi Pajak Online yang Terintegrasi untuk semua kebutuhan perpajakan Sobat Klikpajak.

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

Baca juga artikel tentang perpajakan di Indonesia lainnya di blog Klikpajak by Mekari di bawah ini:

Kategori : Lapor Pajak

PUBLISHED07 May 2021
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: