Cara Mendapatkan EFIN Pajak Secara Online Mudah untuk Wajib Pajak Pribadi dan Badan

EFIN atau Electronic Filing Identification Number harus dimiliki setiap Wajib Pajak (WP) Orang Pribadi maupun WP Badan. Bagaimana cara mendapatkan EFIN online pribadi dengan mudah? Ketahui caranya di sini.

Dalam dunia perpajakan, peran EFIN sangat penting. Mengapa EFIN begitu penting bagi Wajib Pajak OP atau pun Wajib Pajak Badan?

EFIN adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk WP supaya dapat melakukan transaksi elektronik perpajakan.

Jenis transaksi elektronik yang dimaksud salah satunya untuk lapor SPT pajak melalui e-Filing.

Aturan mengenai EFIN termaktub dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-41/PJ/2015 tentang:

“Pengamanan Transaksi Elektronik Layanan Pajak Online sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-06/PJ/2019.”

Pahami Fungsi EFIN 

Sejatinya, fungsi EFIN adalah untuk menyampaikan SPT Tahunan/Masa Pajak Penghasilan (PPh) Pribadi maupun Badan tanpa harus mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Jadi, pelaporan SPT dilakukan secara online melalui e-Filing bagi WP Pribadi dan e-SPT bagi WP Badan dengan syarat WP harus memiliki EFIN pajak.

Secara rinci, berikut ini manfaat atau fungsi EFIN bagi Wajib Pajak pribadi atau individu dan Wajib Pajak Badan:

  • EFIN berfungsi untuk menyampaikan SPT pajak yang dilakukan secara online dan real time melalui internet
  • WP yang sudah punya kode EFIN akan lebih mudah terenkripsi, data aman dan rahasia
  • EFIN adalah nomor identitas WP setiap kali  melakukan transaksi elektronik dengan DJP
  • Digunakan untuk lapor SPT pajak melalui e-Filing
  • EFIN juga digunakan untuk proses membayar pajak yakni membuat Kode Billing atau SSP (Surat Setoran Pajak)

Lebih jelasnya bagaimana cara mendapatkan EFIN online pribadi ini dengan mudah untuk wajib pajak pribadi dan badan, berikut ulasan dari Klikpajak by Mekari.

Dokumen Persyaratan untuk Mengajukan EFIN

Guna mendapatkan nomor EFIN, ada sejumlah dokumen persyaratan yang harus dipenuhi.

Dokumen yang diperlukan untuk pengajuan EFIN Pribadi dan EFIN Badan tentu saja tidak sama. 

Untuk permohonan nomor EFIN Pajak Pribadi tidak bisa diwakilkan oleh orang lain, kecuali bagi karyawan suatu perusahaan yang mengajukan secara kolektif.

Sedangkan untuk pengajuan permohonan EFIN Pajak Badan, dilakukan oleh pengurus atau orang yang ditunjuk untuk mewakili perusahaan/badan.

Pengurus yang ditunjuk perusahaan akan mengisi, menandatangani, dan menyampaikan Formulir Permohonan Aktivasi EFIN yang semuanya bisa dilakukan secara online.

a. Syarat Mengajukan EFIN Pribadi

Dokumen pengajuan EFIN pajak Pribadi sebagai berikut, namun lantaran pengajuan dilakukan secara online, maka dokumen harus di-scan dan fotokopinya dikirim ke KPP:

  • Formulir aktivasi EFIN yang sudah diisi lengkap
  • Alamat email aktif
  • Fotokopi KTP untuk pemohon yang berstatus WNI. 
  • Fotokopi Paspor, KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) jika pemohon EFIN berstatus WNA 
  • Fotokopi NPWP Pribadi atau SKT (Surat Keterangan Terdaftar)

Bagi karyawan yang ingin mengajukan EFIN secara kolektif, ini persyaratannya:

  • Jumlah harus lebih dari 20 orang
  • Nama karyawan tercantum dalam laporan SPT PPh 21
  • Perusahaan harus menyediakan tempat dan peralatan yang dibutuhkan untuk aktivasi EFIN
  • Karyawan harus hadir saat pengaktifan EFIN

Note: Selengkapnya Cara Daftar, Aktivasi, Permohonan EFIN Online Pajak Pribadi

b. Syarat Mengajukan EFIN Badan

Dokumen pengajuan EFIN pajak Badan dibagi menjadi dua bagian.

Lantaran pengajuan dilakukan secara online, maka dokumen-dokumen ini juga harus di scan (pindai) dan fotokopinya dikirim ke KPP:

1. WP Badan Pusat 

  • Formulir Permohonan Aktivasi EFIN ditandatangani dan diisi dengan lengkap 
  • Fotokopi Surat Penunjukan (semacam surat kuasa pajak)
  • Fotokopi KTP untuk Wakil Wajib Pajak WNI (pengurus yang diberi kuasa)
  • Fotokopi Paspor jika Wakil Wajib Pajak WNA (pengurus yang diberi kuasa oleh Wajib Pajak badan)
  • Fotokopi KITAP/KITAS 
  • Fotokopi NPWP Badan
  • Fotokopi NPWP Wakil Wajib Pajak
  • Alamat email  

2. WP Badan Cabang 

  • Permohonan harus disampaikan oleh pimpinan kantor cabang 
  • Formulir Permohonan Aktivasi EFIN ditandatangani dan diisi dengan lengkap 
  • Fotokopi Surat Pengangkatan pimpinan kantor cabang
  • Fotokopi Surat Penunjukan Pimpinan Kantor Cabang 
  • Jika pimpinan kantor cabang itu WNI, lampirkan KTP
  • Apabila Pimpinan Kantor Cabang WNA, maka harus memperlihatkan Paspor
  • KITAP/KITAS
  • NPWP Badan
  • NPWP Wakil Wajib Pajak
  • Alamat email

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

Cara Mendapatkan EFIN Pajak Online

Guna mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang terjadi sejak awal 2020, DJP telah menerapkan pelayanan pajak yang dilakukan tanpa tatap muka, salah satunya mendapatkan kode dan aktivasi EFIN secara online.

Tahapannya kurang lebih sama dengan pengajuan EFIN secara offline ke KPP.

Nah, yang membedakan hanyalah keseluruhan prosesnya yang dilakukan secara online atau daring.

Berikut ini bagaimana cara mendapatkan EFIN online pribadi ataupun Wajib Pajak badan, yang mana caranya adalah sama (tidak ada beda).

1. Unduh Formulir Permohonan

Formulir pengajuan EFIN dapat diperoleh di laman resmi DJP di www.pajak.go.id.

WP tinggal masuk ke laman itu dan klik PDF Formulir Permohonan EFIN di bagian bawah (button) dan download.

Formulir tersebut bisa digunakan untuk WP Pribadi, WP Badan dan Bendahara, kuasa WP.

2. Isi Formulir EFIN Online

  • Isi formulir permohonan EFIN dengan jelas
  • Centang kolom “Orang Pribadi” dan kolom aktivasi. Untuk Wajib Pajak badan, tinggal centang kolom ‘Wajib Pajak badan’
  • Isi NPWP, nama, tempat lahir, tanggal lahir, dan lain sebagainya. Untuk Wajib Pajak badan, diisi dengan data pengurus yang mendapat kuasa
  • Kolom EFIN dikosongkan 
  • Isi nomor telepon dan alamat email aktif 
  • Bubuhkan tanda tangan di formulir dan jangan lupa tulis tempat dan tanggal formulir diisi

3. Lakukan Swafoto

  • Foto formulir yang sudah terisi dengan lengkap tersebut
  • Swafoto dengan posisi memegang KTP asli dan NPWP asli. Nomor NPWP dan NIK KTP harus terlihat saat swafoto karena akan diperiksa oleh petugas

4. Kirim Permohonan EFIN Online ke Email KPP

Kirimkan permohonan EFIN ke alamat email KPP tempat WP Pribadi atau WP Badan terdaftar.

Tulis dalam judul email “Permohonan EFIN”.

Untuk mengetahui di KPP mana seorang Wajib Pajak terdaftar, tinggal cek pada kartu NPWP.

Cara lain bisa cari lewat google search dengan kata kunci “Unit kerja KPP”.

Lampirkan dalam email itu foto formulir permohonan EFIN dan swafoto WP yang memegang NPWP dan KTP.

Baca Juga: Surat Pernyataan Non-PKP: Fungsi, Contoh dan Cara Membuatnya

5. Menunggu Proses Permohonan EFIN Online

Setelah semua proses dilakukan, permohonan EFIN diproses DJP dan pemohon hanya bisa menunggu.

Untuk mengetahui status permohonan nomor EFIN yang diajukan, Wajib Pajak Badan atau Pribadi bisa menelepon atau mengirim email ke KPP tempat Wajib Pajak terdaftar.

6. Aktivasi EFIN Online

WP biasanya akan menerima email balasan dari DJP dalam tempo kurang dari 24 jam, yang berisi kode EFIN.

Biar cepat, sebaiknya pengajuan EFIN dilakukan pada hari kerja.

Setelah mendapat EFIN pajak, bisa langsung aktivasi EFIN pada situs DJP Online. Caranya  seperti berikut ini:

  • Masuk ke situs DJP Online: https://djponline.pajak.go.id/account/login
  • Klik “Daftar di sini” 
  • Masukkan nomor NPWP, EFIN dan kode keamanan WP
  • Klik “Verifikasi”
  • Buat password untuk login ke aplikasi DJP Online
  • Silakan cek email dan temukan link aktivasi yang dikirimkan oleh DJP
  • Klik link tersebut yang akan membawa Anda masuk ke halaman login aplikasi DJP Online
  • Login menggunakan NPWP dan buat pula password baru
  • EFIN telah teraktivasi dan transaksi pajak online sudah bisa dilakukan. Selesai.

Note: Selengkapnya Cara Daftar, Aktivasi, Permohonan EFIN Badan

Cara mendapatkan EFIN online pribadi mudah, bukan?

Setelah mendapatkan EFIN, kini waktunya Anda menunaikan kewajiban membayar adn melaporkan SPT Pajak Anda tepat waktu.

Agar lebih mudah mengurus perpajakan, gunakan aplikasi pajak online Klikpajak.id.

Klikpajak.id adalah Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau Application Service Provider (ASP) mitra resmi Ditjen Pajak yang disahkan dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-169/PJ/2018.

Cara Mendapatkan EFIN Online Pribadi dan Badan

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

Kenapa Harus di Klikpajak?

Sebab Anda akan lebih mudah mengurus perpajakan, mulai dari menghitung, membayar dan melaporkan pajak kapan saja serta di mana pun Anda berada.

Sistem Klikpajak akan membantu Anda menghitung kewajiban perpajakan Anda dengan akurat, sehingga menghindari adanya kesalahan penghitungan.

Fitur lengkap Klikpajak.id juga memudahkan Anda melakukan administrasi perpajakan dalam satu platform karena sistem yang terintegrasi.

Apa saja fitur lengkap Klikpajak yang semakin membuat urusan pajak Anda efektif dan efisien?

Temukan fitur lengkap aplikasi pajak online mitra resmi DJP yang memudahkan urusan pajak bisnis berikut ini:

Kategori : Berita Regulasi

PUBLISHED14 Dec 2020
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: