Ketahui Syarat EFIN Badan 2019 sebelum Mendaftar - Klikpajak

Ketahui Syarat EFIN Badan 2019 sebelum Mendaftar

Mengelola administrasi perpajakan pada tahun 2019 dengan menggunakan kanal online, mungkin sudah merupakan hal yang sangat wajar. Baik DJP Online atau kanal mitra resmi lain, semua bisa digunakan untuk menyelesaikan segala macam hal yang berkaitan dengan pajak. Tapi sebelum menggunakannya, ada hal yang harus Anda miliki, baik sebagai wajib pajak badan maupun wajib pajak perseorangan, yakni EFIN. Pada artikel ini, secara khusus akan dibahas mengenai syarat EFIN badan 2019 yang harus Anda siapkan sebelum bisa mendapat EFIN dan menggunakan kanal online untuk mengurus pajak.

EFIN (Electronic Filing Identification Number) sendiri merupakan nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak pada wajib pajak yang melakukan transaksi elektronik dengan DJP. Nantinya, kode ini yang digunakan untuk mendaftar dan membuat akun pada kanal administrasi pajak online. EFIN bersifat unik dan berbeda setiap wajib pajaknya.Untuk memberikan gambaran pada wajib pajak badan atau kantor cabang, maka berikut beberapa prosedur yang harus dilakukan, lengkap dengan syarat berkasnya.

Baca Juga : Begini Cara Mudah Dapatkan EFIN Online

 

Prosedur Mendapatkan EFIN

Untuk wajib pajak badan yang berstatus sebagai kantor utama, prosedur yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Isi permohonan aktivasi EFIN, proses ini dilakukan oleh pengurus perusahaan.
  • Datangi KPP tempat Anda mendaftar, KPP harus di area tempat Anda mendaftar dan tidak bisa dilakukan di sembarang tempat.
  • Tunjukkan berkas asli dan salinan surat penunjukan pengurus yang bersangkutan untuk mewakili badan usaha atau perusahaan.
  • Bersamaan dengan surat penunjukan, lampirkan juga salinan KTP dan NPWP atau SKT atas nama pengurus (jika pengurus adalah WNI) atau paspor, KITAS atau KITAP dan NPWP atau SKT (jika pengurus adalah WNA).
  • Tunjukkan berkas asli dan serahkan kartu NPWP atau SKT atas nama wajib pajak badan atau perusahaan Anda.
  • Sampaikan alamat email aktif perusahaan Anda.

Sedangkan untuk mendapatkan EFIN dengann status kantor cabang, begini prosedurnya:

  • Ajukan permohonan EFIN oleh pimpinan kantor cabang tersebut.
  • Datangi KPP tempat kantor cabang terdaftar sebagai wajib pajak.
  • Sertakan surat pengangkatan pimpinan kantor cabang.
  • Sertakan surat penunjukan pimpinan kantor cabang sebagai pengurus yang mewakili badan atau perusahaan.
  • Sertakan salinan KTP, kartu NPWP atau SKT atas nama pengurus (jika WNI) atau berkas asli dan salinan paspor, KITAS atau KITAP dan NPWP atau SKT (jika WNA).
  • Tunjukan dan serahkan berkas asli kartu NPWP dan SKT atas nama kantor cabang.
  • Sampaikan alamat email aktif dari kantor cabang tersebut.

Perlu diperhatikan, prosedur di atas harus dilakukan dengan benar dan berurutan agar proses pengajuan EFIN dapat diproses oleh KPP. Jika ada proses yang terlewati, maka bisa saja pengajuan EFIN tidak dapat diproses dan harus diulang dari awal.

Berkas yang Diperlukan

Dalam pengajuan kepemilikan EFIN, terdapat beberapa berkas yang harus disertakan. Mungkin jika Anda mencermati prosedur di atas, berkas tersebut dapat dilihat secara gamblang. Namun demikian, berikut penjelasan berkas yang diperlukan untuk mengajukan EFIN badan dan EFIN kantor cabang.

Untuk wajib pajak badan, berkasnya adalah sebagai berikut:

  • Kartu NPWP atau SKT (Surat keterangan Terdaftar) wajib pajak badan.
  • Kartu NPWP atau SKT atas nama pengurus yang bersangkutan.
  • Kartu identitas diri pengurus (berupa KTP bagi WNI atau KITAS/KITAP untuk WNA).
  • Surat kuasa atau penunjukan pengurus yang mewakili dari wajib pajak badan.

Untuk wajib pajak badan kantor cabang, berkasnya adalah sebagai berikut.

  • Kartu NPWP atau SKT wajib pajak kantor cabang.
  • Kartu NPWP atau SKT atas nama pengurus yang bersangkutan.
  • Kartu identitas diri pengurus (KTP untuk WNI atau KITAS/KITAP untuk WNA).
  • Surat pengangkatan pimpinan kantor cabang.
  • Surat kuasa atau penunjukan pengurus yang mewakili dari wajib pajak badan.

Baca Juga : 8 Jenis Pajak Penghasilan Badan Usaha yang Wajib Anda Ketahui

Setelah selesai proses pengajuan dan pemenuhan syarat EFIN badan 2019, maka yang harus Anda lakukan hanya menunggu proses tersebut selesai. Jika semua benar dan lengkap, maka EFIN akan Anda dapatkan dalam waktu singkat. Setelah mendapatkan EFIN, Anda bisa mulai membuat akun pada kanal administrasi perpajakan yang ada di Indonesia, baik DJP Online atau kanal lain yang menjadi mitra resmi.

Pemenuhan syarat EFIN badan 2019 merupakan hal mutlak yang harus dilakukan jika ingin mendapatkan EFIN dan menggunakan administrasi perpajakan online. Salah satu yang menjadi mitra resmi DJP, adalah Klikpajak. Dengan fitur lengkap untuk mengelola berbagai pajak serta operasional yang mudah, Klikpajak menjadi pilihan banyak pihak untuk menyelesaikan urusan perpajakannya. Selain itu, fasilitas dan fitur Klikpajak bisa dimanfaatkan secara gratis tanpa perlu membayar biaya keanggotaan dan lain sebagainya. Segera daftarkan dan buat akun Klikpajak sekarang juga, dan manfaatkan fiturnya!


PUBLISHED09 Sep 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: