Penyebab Lain Munculnya ETAX 40001 pada E-Faktur - Klikpajak

Penyebab Lain Munculnya ETAX 40001 pada E-Faktur

Ketika menggunakan aplikasi e-Faktur, terkadang ditemui masalah berupa pop-up massage ETAX 40001. Hal ini tentu saja mengganggu, namun menjadi pertanda bahwa ada yang salah pada hal-hal yang berkaitan dengan aplikasi e-Faktur atau koneksi internet Anda. Pada beberapa artikel sebelumnya telah disampaikan cara mengatasi persoalan tersebut. Tapi jika tidak berhasil, apa yang harus dilakukan? Simak jawabannya dalam artikel ini.

 

Penyebab Munculnya ETAX 40001

Jika mengacu pada artikel sebelumnya mengenai penyebab munculnya pesan ini pada aplikasi e-Faktur yang Anda gunakan, penyebabnya bisa beberapa hal. Pertama adalah ketiadaan koneksi internet pada perangkat yang Anda gunakan. Karena e-Faktur akan bekerja optimal jika terhubung ke internet, maka bisa saja pesan ini muncul karena Anda tidak tersambung ke jaringan internet.

Selanjutnya, penyebab lain adalah adanya virus pada perangkat yang Anda gunakan dan menjangkiti aplikasi e-Faktur yang ada di perangkat Anda. Hal ini sering terjadi jika memasukkan media penyimpanan tidak dilakukan proses pemindaian. Atau juga karena kurang hati-hati dalam mengakses berbagai situs yang ada di internet.

Selanjutnya, bisa juga diakibatkan oleh diblokirnya aplikasi e-Faktur oleh firewall yang ada di perangkat Anda. Untuk mengatasi hal ini tentu solusinya adalah dengan mematikan fitur ini, atau dengan mengecualikan aplikasi e-Faktur dari aplikasi yang diblokir sehingga dapat menghilangkan eror ETAX 40001 yang terjadi.

Terakhir, bisa juga disebabkan karena server yang dikelola DJP memang sedang dalam proses maintenance atau perawatan dan perbaikan. Jika ini terjadi, segera pastikan dengan menghubungi DJP dan meminta keterangan lengkap. Anda hanya harus menunggu hingga proses perbaikan selesai, dan gunakan kembali aplikasi e-Faktur.

Namun bagaimana jika masalah terjadi bukan karena hal-hal di atas? Atau ketika solusi yang diberikan di atas sudah dicoba, namun tetap tidak berhasil?

 

Penyebab Lain Munculnya ETAX 40001

Penyebab lain yang dapat memicu terjadinya ETAX 40001 adalah sertifikat elektronik e-Faktur yang Anda miliki sudah kadaluarsa atau habis masa berlakunya. Penyebab ini yang jarang terlacak karena biasanya pengguna aplikasi tidak memperhatikan dengan cermat masa berlaku sertifikat elektronik yang dimilikinya.

Ketika sertifikat elektronik habis masa berlakunya, otomatis akun yang Anda miliki tidak terlacak dengan baik oleh server. Sebenarnya cara pengajuan kembali sertifikat elektronik tidak berbeda dengan pembuatan baru. Untuk memberikan gambaran serta solusi atas masalah ini, berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

  • Ajukan Surat Permintaan Sertifikat Elektronik yang sudah ditandatangani dan disampaikan oleh pengurus yang bersangkutan.
  • Lengkapi dengan Surat Pernyataan Persetujuan Penggunaan Sertifikat Elektronik dengan materai 6.000.
  • Lampirkan SPT Tahunan PPh Badan asli tahun terakhir.
  • Lampirkan Bukti Penerimaan tanda terima pelaporan SPT Tahunan PPh Badan tahun terakhir, asli dan fotokopinya.
  • Lampirkan KTP atau KITAS pengurus, asli dan fotokopinya.
  • Lampirkan Kartu Keluarga pengurus, asli dan fotokopinya.
  • File digital foto terbaru pengurus.
  • Persiapkan kata sandi permintaan NSFP.
  • Cantumkan nama pengurus dalam SPT Tahunan PPh Badan yang terakhir.
  • Setelah setiap hal ini dipenuhi dan dilakukan, Anda bisa mendatangi KPP untuk meminta lagi sertifikat elektronik sehingga dapat menggunakan aplikasi e-Faktur seperti biasanya.

Kadaluarsanya sertifikat elektronik menjadi masalah yang harus segera diselesaikan karena akan berdampak langsung pada kegiatan bisnis terkait BKP dan JKP yang Anda lakukan sebagai Pengusaha Kena Pajak. Tidak seperti permasalah lain yang cukup ditunggu saja maka akan selesai dengan sendirinya, kemunculan ETAX 40001 karena masa berlaku sertifikat elektronik harus direspon secara cepat sehingga tidak mengganggu.

Baca Juga: ETAX 40005: Penyebab dan Solusi Error di Service Registrasi Null

 

Mengatasi Penyebab Eror yang Terjadi

Penggunaan e-Faktur merupakan hal yang menjadi kebutuhan dari Anda yang berstatus sebagai PKP. Hal ini disebabkan karena kini pemerintah sudah mengalihkan penggunaan faktur pajak berupa kertas atau dokumen fisik, ke bentuk digital. Selain karena lebih sederhana, hal ini juga dianggap jauh lebih aman dengan verifikasi penggunaan Nomor Seri Faktur Pajak yang diterbitkan oleh DJP secara langsung.

Berbagai permasalahan mungkin saja muncul ketika penggunaan aplikasi faktur pajak ini seperti misalnya ETAX 40001. Namun demikian seiring berjalannya waktu, setiap PKP akan terbiasa dengan penggunaan hal ini dan masalah akan berangsur berkurang. Ke depan juga diharapkan pemerintah melalui DJP dapat mengeluarkan jadwal resmi perbaikan sistem. Sehingga wajib pajak dapat menyiasati waktu maintenance yang harus dilakukan.

Baca juga: Pelaporan Pajak Pertambahan Nilai dengan Membuat E-Faktur

 

Pengelolaan perpajakan secara online kini menjadi hal yang sangat umum digunakan. Pemerintah sebagai pihak yang paling bertanggung jawab, juga secara aktif mendukung penggunaan kanal elektronik ini agar dapat memudahkan wajib pajak menyelesaikan kewajibannya.

Munculnya ETAX 40001 sebenarnya bukan masalah yang besar selama Anda menjadi wajib pajak yang cermat dan teliti. Untuk membantu pengadminstrasian pajak yang Anda miliki, Anda juga bisa menggunakan Klikpajak yang merupakan mitra resmi DJP. Setiap transaksi bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan ringkas serta gratis tanpa biaya. Anda juga dapat memastikan setiap transaksi aman, karena layanan ini diverifikasi oleh DJP secara langsung.

 


PUBLISHED28 Oct 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: