Lupa Password DJP Online Saat Lapor SPT Pajak? Lakukan ini

Cara Lapor Pajak tapi Lupa ‘Password’ dan Lupa EFIN

Saat lapor Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan tiba-tiba lupa kata sandi untuk masuk dalam aplikasi? Ditambah lagi juga lupa Electronic Filling Identification Number (EFIN)? Jangan panik, lakukan ini saat lupa EFIN lupa password ketika lapor SPT pajak di DJP Online.

Salah satu kendala yang sering dikeluhkan oleh Wajib Pajak (WP) saat lapor pajak online adalah tidak bisa login akibat lupa password pada aplikasi DJP online.

Agar bisa mengganti kata sandi, terkadang permasalahan lain muncul, yaitu wajib pajak lupa EFIN.

Nomor unik EFIN yang terdiri dari 10 deretan angka ini fungsinya sangat penting agar WP bisa mengajukan pergantian password akun DJP online.

Namun, karena memang jarang sekali digunakan, terutama WP Orang Pribadi banyak yang justru lupa dengan EFIN masing-masing.

Jika saat ini Anda sedang mengalami kondisi seperti di atas, apa yang harus dilakukan?

Langkah pertama yang pasti adalah jangan panik. Karena lupa EFIN lupa password ini solusinya.

Simak penjelasan dari Klikpajak by Mekari jika menghadapi masalah lupa EFIN dan lupa password akun DJP Online pada saat akan lapor SPT Tahunan pajak online.

Jika Lupa Password Saat Lapor SPT Pajak

Apabila Anda ternyata lupa password saat ingin masuk ke akun DJP Online, tidak perlu khawatir karena Anda dapat melakukan reset password untuk mendapatkan kata sandi baru.

Untuk melakukan reset password pun tidak sulit.

Anda hanya perlu mengikuti petunjuk permintaan ubah kata sandi pada laman resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP)

Reset ‘Password’ DJP Online Saat Lupa Password

Bagi WP yang mengalami kendala tidak bisa login DJP online akibat lupa password, maka yang harus melakukan adalah mereset kata sandi akun tersebut.

Note: Daftar NPWP Online, Ini Langkah dan Petunjuk Mudahnya!

Berikut langkah-langkah reset password akun untuk lapor pajak di DJP online:

  1. Masuk ke laman resmi DJP online di djponline.pajak.go.id. Lalu Anda akan diarahkan ke halaman login.
  2. Klik menu “Lupa Kata Sandi”, kemudian Anda akan diminta untuk mengisi NPWP dan EFIN.
  3. Klik “Submit”
  4. Lalu akan muncul pop-up message yang bertuliskan Request succeed, link reset password telah dikirim ke email Anda”. Anda bisa langsung klik “OK”.
  5. Cek inbox pada email Anda dari DJP online dan segera klik link “Reset Password”.
  6. Silakan ganti kata sandi atau password Anda dengan yang baru.

Selanjutnya Anda sudah bisa login kembali ke laman DJP online menggunakan password yang baru pada akun lapor pajak online Anda di DJP Online.

Lupa EFIN Lupa Password, Jangan Panik dan Lakukan ini saat Lapor SPT Pajak DJP OnlineIlustrasi reset kata sandi saat lapor pajak lupa password

Jika Lupa EFIN Saat Lapor SPT Pajak DJP ‘Online’

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa untuk dapat mengganti password saat login DJP online, Anda membutuhkan EFIN.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika lupa EFIN saat ingin lapor pajak online.

Baca Juga: Cara Mendapatkan EFIN Pribadi dan EFIN Badan secara Online

Lupa EFIN

Jika saat lapor pajak lupa EFIN maka beberapa opsi di bawah ini bisa Anda lakukan:

1. Cek ‘File’

Pertama, yang bisa Anda lakukan saat lupa EFIN adalah mengecek file.

Anda bisa cek kembali arsip dan berkas-berkas perpajakan yang ada.

Barangkali berkas EFIN Anda terselip di antara berkas tersebut.

2. Cek Email

Kedua, silakan cek kembali pesan masuk atau inbox pada email Anda.

Ketik keyword atau kata kunci ‘EFIN’ pada kolom pencarian.

Cara ini dapat dilakukan hanya jika Anda belum menghapus pesan pada inbox Anda.

3. ‘Chat’ DJP

Ketiga, manfaatkan fitur chat pajak di laman resmi DJP online.

Silakan kunjungi laman resmi DJP online di www.pajak.go.id kemudian cari logo chat pajak di pojok kanan bawah.

4. Lewat Twitter DJP

Keempat, lakukan interaksi dengan akun Twitter resmi Kring Pajak di @kring_pajak.

Anda bisa mention atau kirim Direct Message pada akun tersebut.

Selanjutnya ceritakan permasalahan Anda seputar lupa EFIN melalui fitur DM agar terjamin kerahasiaannya.

5. Hubungi ‘Call Center’ DJP

Kelima, Anda bisa menghubungi call center Kring Pajak di nomor 1500200.

Opsi ini dapat dipilih jika Anda tidak memiliki akses internet.

Namun perlu diketahui bahwa opsi ini hanya tersedia bagi wajib pajak pribadi saja.

Note: Begini Cara Pengajuan Aktivasi EFIN SPT Badan

Lupa EFIN Lupa Password, Jangan Panik dan Lakukan ini saat Lapor SPT Pajak DJP Online

Data yang Harus Disiapkan jika Lupa EFIN

Bagi Anda yang menggunakan layanan Kring Pajak baik melalui chat, Twitter, maupun call center, ada beberapa data yang perlu dipersiapkan, yaitu:

1. Nomor Pokok wajib Pajak (NPWP)

2. Nama WP

3. Alamat terdaftar saat registrasi EFIN

4. Alamat email atau nomor handphone yang terdaftar pada saat registrasi EFIN

5. Tahun pajak SPT terakhir. Anda harus memberikan semua data-data tersebut kepada petugas Kring Pajak.

  • Jika data yang disampaikan cocok dengan data yang ada pada sistem DJP maka Anda akan mendapatkan email dari informasi@pajak.go.id yang berisi informasi EFIN.
  • Email tersebut berbentuk PDF yang terproteksi dengan kata sandi yang tercantum pada email yang sama.

6. Bagi wajib pajak pribadi bisa langsung mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) terdekat.

  • Untuk WP Badan dan bendahara harus mendatangi KPP atau KP2KP terdaftar.

Note: Cara Mendapatkan EFIN Pajak Secara Online Mudah untuk Wajib Pajak Pribadi dan Badan

Lupa EFIN Lupa Password, Jangan Panik dan Lakukan ini saat Lapor SPT Pajak DJP OnlineIlustrasi lupa EFIN via dok. DJP

Jadi tidak perlu bingung lagi saat mau lapor pajak tapi lupa password dan lupa EFIN juga, ya?

Karena untuk mengatasi masalah saat lapor pajak tapi lupa password dan lupa EFIN caranya mudah.

Jika sudah mendapatkan kembali kata sandi dan EFIN sekarang tinggal melaporkan SPT Tahunan Anda.

Agar lebih mudah melakukan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan/Masa PPh Anda, lakukan secara daring dengan memanfaatkan teknologi komputasi awan atau cloud computing.

Anda dapat temukan cara mudah lapor SPT Tahunan pajak online ini melalui e-Filing Klikpajak.id.

Klikpajak.id adalah Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau Application Service Provider (ASP) mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang disahkan dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-169/PJ/2018.

Klikpajak.id mengadopsi teknologi komputasi awan (cloud computing).

Cloud adalah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna.

Melalui teknologi cloud, Anda bisa menggunakan aplikasi tanpa harus mengunduh (download) dan memasang (install) aplikasi terlebih dahulu.

Sebab sistem cloud ini berbasis web (Web Based) yang memudahkan dalam mengakses data dan informasi melalui internet secara cepat.

 

Lupa EFIN Lupa Password, Jangan Panik dan Lakukan ini saat Lapor SPT Pajak DJP OnlineIlustrasi teknologi cloud

Mengapa Lebih Mudah Urus Pajak di Klikpajak?

Karena Klikpajak.id memiliki fitur lengkap dan terintegrasi, mulai dari menghitung, membayar dan melaporkan pajak hanya dalam satu platform yang bisa dilakukan kapan saja dan di mana pun Anda berada.

Sistem Klikpajak akan membantu Anda menghitung kewajiban perpajakan Anda dengan akurat, sehingga menghindari adanya kesalahan penghitungan yang dapat merugikan.

Fitur Klikpajak apa saja yang semakin membuat urusan perpajakan Anda efektif dan efisien?

a. Lapor SPT Pajak di e-Filing Klikpajak Gratis!

Melalui e-Filing Klikpajak, Anda dapat melaporkan semua jenis SPT Tahunan/Masa dengan langkah-langkah yang mudah.

Lapor SPT pajak di e-Filing Klikpajak juga gratis selamanya, seperti:

  • SPT Tahunan Pajak Badan
  • SPT Masa (Bulanan) Pajak
  • SPT Tahunan Pajak Pribadi

Setelah menyampaikan SPT pajak, Anda akan peroleh bukti lapor dalam bentuk elektronik, yakni Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) dari DJP yang berisi:

  • Informasi Nama Wajib Pajak (WP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Tanggal pembuatan BPE
  • Jam pembuatan BPE
  • Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE)

Melalui Klikpajak.id, Anda juga akan mendapatkan NTTE resmi dari DJP sebagai bukti lapor.

Untuk mengetahui cara lapor SPT PPh Pribadi, dapat melihat tutorialnya pada video berikut ini:

Mudah Lihat Batas Waktu Bayar dan Lapor Pajak

Tidak perlu bingung kapan waktunya harus membayar dan melaporkan pajak Anda tepat waktu.

Hindari sanksi atau denda terlambat bayar dan lapor pajak, lebih mudah lihat semua jadwal pembayaran dan pelaporan SPT pada kalender saku di Kalender Pajak Klikpajak.

b. Bisa Membuat Kode Billing Sekaligus Bayar Pajak di e-Billing

Sebelum menyetor pajak, harus mendapatkan Kode Billing atau ID Billing terlebih dahulu dari DJP sebagai syarat untuk membayar pajak.

Setelah mendapatkan Kode Billing dari DJP, selanjutnya Anda harus membayar pajak melalui ATM, internet banking, atau teller bank/pos persepsi.

Melalui e-Billing Klikpajak, Anda dapat membuat Kode Billing untuk semua jenis Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS) dengan mudah dan gratis.

Semua riwayat ID Billing dan SSP akan tersimpan dengan aman sesuai jenis dan Masa Pajak yang diinginkan.

Begitu juga Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) akan disimpan dengan rapi dan aman pada fitur Arsip Pajak di Klikpajak.

Sistem e-Billing akan membimbing Anda mengisi Surat Setoran Pajak (SSP) elektronik dengan benar sesuai transaksi.

“Klikpajak akan menerbitkan ID Billing Anda resmi dari DJP dan Anda dapat langsung membayar pajak tanpa keluar dari platform. Karena e-Billing Klikpajak terintegrasi dengan bank persepsi yang ditunjuk DJP untuk menerima pembayaran/setoran pajak.”

Setelah pembayaran pajak selesai, Anda akan langsung menerima Bukti Penerimaan Negara (BPN) resmi dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Note: Langkah-Langkah Cara Membuat Kode Billing dan Bayar Billing di e-Billing

Lupa EFIN Lupa Password, Jangan Panik dan Lakukan ini saat Lapor SPT Pajak DJP Online

c. Membuat e-Faktur dan Lapor SPT Masa PPN Tanpa ‘Install’ Aplikasi

Seperti diketahui, sejak berlakunya e-Faktur 3.0 1 Oktober 2020, pembuatan Faktur Pajak elektronik harus melalui sistem terbaru dan pelaporan SPT Masa PPN wajib melalui e-Faktur web based.

Seiring pembaruan sistem ini, Wajib Pajak (WP) Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang selama ini menggunakan aplikasi e-Faktur Client Desktop DJP, harus install dan download patch terbaru e-Faktur 3.0 pada perangkat komputernya agar bisa menggunakan aplikasi ini.

Note: Langkah-Langkah Cara Update e-Faktur 3.0

Namun, bagi pengguna e-Faktur Client Desktop DJP tetap harus berpindah ke aplikasi e-Faktur 3.0 Web Based DJP di https://web-efaktur.pajak.go.id/ ketika ingin melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Masa Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Update e-Faktur 3.0 ini juga diharuskan bagi Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) mitra resmi DJP seperti Klikpajak.id.

Jadi, ketika Anda menggunakan aplikasi e-Faktur Klikpajak.id, bukan hanya dapat langsung memanfaatkan fitur prepopulated e-Faktur 3.0 DJP untuk membuat Faktur Pajaknya, tapi juga bisa lapor SPT Masa PPN di e-Faktur tanpa keluar platform.

“Langsung gunakan aplikasinya, biar Klikpajak.id yang mengurus sistemnya untuk memudahkan pembuatan e-Faktur dan pelaporan SPT Masa PPN Anda.”

Dengan fitur prepopulated e-Faktur 3.0 ini, artinya DJP sudah menyiapkan data yang dibutuhkan untuk kemudian WP PKP tinggal mencocokkan saja dan bisa langsung dibuat Faktur Pajaknya atau pelaporan SPT Masa PPN-nya.

Ingin langsung menggunakan aplikasi e-Faktur 3.0 tanpa install aplikasinya, daftar dan aktifkan akun e-Faktur Anda di https://my.klikpajak.id/register.

Kenapa Lebih Mudah di Klikpajak?

Melalui Klikpajak, Anda dapat membuat Faktur Pajak Keluaran, Faktur Pajak Pengganti, Faktur Pajak Retur, dapat menghapus draft Faktur Pajak, hingga bayar PPN dan lapor SPT Masa PPN dengan mudah hanya dalam satu platform.

  1. Cara Impor Faktur Pajak Masukan di e-Faktur 3.0
  2. Alur Pembuatan Faktur Pajak, Bayar PPN dan Lapor SPT Masa PPN di e-Faktur
  3. Tutorial Membuat Berbagai Jenis Faktur pajak di e-Faktur

Bahkan pembuatan Faktur Pajak semakin cepat dan praktis karena Klikpajak.id terintegrasi dengan aplikasi akuntansi online Jurnal.id, sehingga dapat menarik data laporan keuangan yang akan dibuat Faktur Pajaknya.

Lupa EFIN Lupa Password, Jangan Panik dan Lakukan ini saat Lapor SPT Pajak DJP Online

d. Mudah Membuat Bukti Potong dan Lapor SPT Masa PPh 23/26 di e-Bupot

Klikpajak juga dilengkapi fitur e-Bupot yang memudahkan Anda menerbitkan Bukti Potong PPh Pasal 23/26 dan mengelola bukti pemotongan dalam jumlah banyak lebih mudah.

Melalui fitur e-Bupot Klikpajak, Anda juga dapat langsung menarik data laporan keuangan elektronik yang akan dibuatkan bukti pemotongan pajaknya maupun penyampaian SPT PPh Pasal 23/26.

Wajib e-Bupot

Seperti diketahui, baik WP Pengusaha Kena Pajak (PKP) maupun Non-PKP yang melakukan transaksi mengharuskan membuat bukti pemotongan PPh Pasal 23/26, wajib menggunakan e-Bupot mulai 1 Oktober untuk Masa Pajak September 2020.

Wajib e-Bupot bagi WP PKP dan Non-PKP ini diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-368/PJ/2020 tentang Penetapan Pemotong PPh Pasal 23/26 yang Diharuskan Membuat Bukti Pemotongan dan Diwajibkan Menyampaikan SPT Masa PPh 23/26 Berdasarkan PER-04/PJ/2017.

Note: Tutorial Langkah-Langkah Membuat Bukti Potong dan Lapor SPT PPh Pasal 23/26 di e-Bupot.

Keunggulan e-Bupot Klikpajak

Berikut keunggulan e-Bupot Klikpajak yang dapat membantu bisnis perusahaan:

  • Pengelolaan bukti pemotongan dalam jumlah banyak lebih mudah karena alur pembuatan yang efektif dan ramah penggunaan (user friendly)
  • Penghitungan pajak otomatis pada SPT Masa PPh 23/26
  • Pengiriman bukti pemotongan pajak langsung ke lawan transaksi
  • Bukti pemotongan serta pelaporan SPT Masa PPh 23/26 tidak perlu ditandatangani dengan tanda tangan basah
  • Bukti pemotongan dan bukti pelaporan tersimpan aman, baik di Klikpajak dan DJP
  • e-Bupot Klikpajak juga terintegrasi dengan sistem pembukuan akuntansi online Jurnal.id, sehingga semakin mudah membuat bukti potong
  • e-Bupot Klikpajak juga memiliki performa yang dapat di-scale up sesuai kebutuhan
  • Layanan support pajak yang dapat diandalkan dan tutorial dalam penggunaan aplikasi yang terus diperbarui
  • Fitur e-Bupot Klikpajak juga menyediakan data untuk kebutuhan rekapitulasi dan rekonsiliasi data Faktur Pajak atas transaksi yang dilakukan

Lupa EFIN Lupa Password, Jangan Panik dan Lakukan ini saat Lapor SPT Pajak DJP Online

e. Dilengkapi Fitur ‘Multi Users dan Multi NPWP’ Unlimited dan Gratis!

Klikpajak.id juga dilengkapi dengan fitur Multi Users dan Multi Company (NPWP) yang semakin membuat aktivitas perpajakan Anda lebih efektif.

Fitur ‘Multi Users’ Klikpajak adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk dapat mengatur siapa saja dan berapa banyak pengguna yang dapat mengakses akun aplikasi Klikpajak.id di bawah nama perusahaan yang sama.

Sedangkan fitur ‘Multi Company/NPWP’ adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk mengelola beberapa perusahaan dalam satu akun Klikpajak.

Note: Lebih jelasnya bagaimana cara kerja fitur Multi Users dan Multi Company ini, selengkapnya lihat di SINI.

Lupa EFIN Lupa Password, Jangan Panik dan Lakukan ini saat Lapor SPT Pajak DJP Online

f. Terintegrasi Jurnal.id: Administrasi Perpajakan Makin Mudah dan Cepat

Agar semakin mudah dan praktis dalam melakukan administrasi perpajakan Anda, gunakan juga pembukuan dan laporan keuangan dalam aplikasi akuntansi online Jurnal.id.

Karena aplikasi pajak online Klikpajak.id terintegrasi dengan aplikasi akuntansi online Jurnal.id.

Anda dapat menarik data transaksi dalam laporan keuangan untuk langsung dibuatkan Faktur Pajaknya maupun Bukti Potong Pajaknya secara langsung, dan saat diperlukan untuk melaporkan SPT pajaknya dengan cepat dalam satu platform.

Integrasi dengan Jurnal by Mekari ini merupakan teknologi canggih berbasis API integration yang membuat proses pengolahan data pajak dari bagian keuangan (accounting) lebih cepat dan mudah.

Jurnal.id adalah software akuntansi online berbasis cloud dengan laporan keuangan lengkap, seperti:

  • Neraca keuangan
  • Arus kas
  • Laba-rugi

Dan lainnya yang memudahkan Anda mengelola faktur, biaya, stok barang, cash link atau transfer langsung dalam aplikasi, hingga melihat ringkasan bisnis dari smartphone Anda.

Note: Ingin mengetahui bagaimana integrasi aplikasi akuntansi online Jurnal.id dan aplikasi pajak online Klikpajak.id ini semakin memudahkan urusan perpajakan Anda, selengkapnya temukan di SINI

Lupa EFIN Lupa Password, Jangan Panik dan Lakukan ini saat Lapor SPT Pajak DJP Online

Bagaimana dengan Keamanan Data?

Tenang, Anda dapat menyimpan berbagai riwayat pembayaran atau bukti pelaporan pajak maupun aktivitas pajak lainnya dengan nyaman, karena keamanan dan kerahasiaan data terjamin.

Sistem keamanan yang berlapis dan menjaga data Anda dengan aman adalah menjadi komitmen utama.

Klikpajak.id sudah bersertifikat ISO 27001 dari Badan Standar Internasional ISO yang menjamin standar keamanan sistem teknologi informasi.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan bukti bayar atau lapor pajak hilang jika terjadi kerusakan maupun kehilangan komputer atau laptop.

Keamanan data adalah yang utama

Tim ‘Support’ Klikpajak Selalu Siap Membantu Anda!

“Fitur lengkap Klikpajak membantu mempermudah urusan perpajakan bagi Anda para pelaku usaha, konsultan pajak, maupun bagi Anda yang berprofesi pada bagian keuangan atau sebagai tax officer di perusahaan.”

Sebagai mitra resmi DJP, Klikpajak akan membantu Anda dalam menghitung, membayar dan melaporkan pajak Anda dengan mudah.

Tinggal klik, semua urusan pajak Anda selesai dalam sekejap!

Ingin melihat bagaimana Klikpajak dapat membantu bisnis atau aktivitas Anda dalam membuat Faktur Pajak, Bukti Pemotongan Pajak, penyampaian SPT Tahunan/Masa PPh dan PPN, serta berbagai aktivitas perpajakan lainnya secara efektif menghemat banyak waktu Anda?

“Jangan segan menghubungi kami, karena kami senang berbicara dengan Anda. Jadwalkan demo dan kami dapat menunjukkan caranya untuk memudahkan urusan perpajakan Anda. Klikpajak mengerti yang Anda butuhkan.”

Cukup daftarkan email Anda di www.klikpajak.id dan temukan bagaimana Anda dapat melakukan urusan pajak dengan sangat menyenangkan. Lebih mudah dari sekadar yang Anda bayangkan.atu platform.

Jangan Panik Lagi Saat Lupa EFIN dan Lupa ‘Password’ Ketika Lapor SPT Pajak DJP Online, Ya?

Dari penjelasan di atas, ternyata mengatasi masalah lupa EFIN dan lupa password tidak sulit.

Untuk itu, tidak perlu lagi bingung dan panik saat membutuhkan EFIN dan password ketika dibutuhkan untuk melaporkan SPT pajak secara online atau melakukan aktivitas perpajakan lainnya secara elektronik.

Kategori : Berita Regulasi

PUBLISHED23 Sep 2020
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: