e-Nofa Online: Cara Meminta 'Password' dan Kode Aktivasi e-Nofa

Gerbang e-Nofa Online: Cara Meminta ‘Password’ dan Kode Aktivasi e-Nofa

Kata sandi selalu dibutuhkan buat melakukan transaksi daring, begitu juga untuk urusan e-Nofa online atau aplikasi untuk meminta Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) Elektronik. Begini cara meminta password dan kode aktivasi e-Nofa.

e-Nofa sebagai gerbang pertama dalam proses pembuatan Faktur Pajak, yakni media permohonan Nomor Seri Faktur Pajak Elektronik. NSFP dibuat atau dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Sebelum adanya aplikasi e-Nofa, proses permohonannya NSFP dilakukan secara manual. Adanya fasilitas e-Nofa ini tentunya sangat memudahkan Pengusaha Kena Pajak (PKP) dalam pembuatan nomor faktur.

Aplikasi e-Nofa tak bisa begitu saja digunakan, harus memiliki kata sandi untuk melakukan aktivasi a-Nofa. Bagaimana langkah atau cara meminta password dan kode aktivasi e-Nofa ini, berikut ulasan Klikpajak by Mekari.

Ketentuan Penggunaan Aplikasi e-Nofa

Perlu diketahui, sebelum dapat melakukan permohonan NSFP secara online melalui e-Nofa, ada tahapan yang harus dilalukan. Diantaranya, meminta kode aktivasi serta password e-Nofa kepada DJP yang kemudian dilanjutkan dengan permohonan Sertifikat Elektronik (SE).

Fungsi kode aktivasi dan password  e-Nofa adalah agar PKP dapat mengoperasikan aplikasi e-Nofa dalam proses pembuatan Faktur Pajak. DJP memberi tenggat waktu paling lama 3 bulan sejak tanggal pengukuhan sebagai PKP, untuk melakukan permintaan kode aktivasi dan password e-Nofa.

Apabila batas waktu tersebut terlewati, status PKP tersebut dapat dicabut.

Dapat dikatakan proses meminta password dan kode aktivasi e-Nofa adalah gerbang pertama Anda untuk dapat melakukan pengadministrasian Faktur Pajak secara elektronik dan online.

Sehingga siapapun Wajib Pajak yang sudah diperbolehkan membuat Faktur Pajak, harus melalui tahap aktivasi e-Nofa ini.

Ilustrasi menggunakan aplikasi pajak online dan e-Nofa

Minta ‘Password’ dan Kode Aktivasi e-Nofa

Berikut tahapan langkah-langkah permohonan kata sandi dan kode aktivasi untuk menggunakan aplikasi e-Nofa online:

1 . Pengisian Formulir Permohonan

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh WP adalah mengisi formulir permohonan kode aktivasi dan password kepada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di mana PKP terdaftar. Dapatkan formulir permohonan dalam laman resmi DJP Online. 

Anda harus mengisi formulir tersebut dengan benar dan lengkap, yakni:

  • Mengisi nomor surat sesuai administrasi WP
  • Mengisi nama kota dan tanggal permohonan 
  • Mengisi nama KPP tempat PKP terdaftar beserta alamat KPP tersebut
  • Mengisi nama pemohon lengkap dengan jabatannya
  • Mengisi nama PKP serta Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) milik PKP
  • Mengisi alamat PKP serta email yang terdaftar
  • Setelah itu, formulir harus ditandatangani dan ditulisi nama terang pemohon. Apabila terdapat stempel, formulir boleh distempel

Note: Ketahui langkah-langkahnya, begini Cara Gunakan e-Nofa untuk Meminta Nomor Faktur Pajak

2 . Pengiriman Formulir Permohonan

Setelah formulir diisi secara benar dan lengkap, selanjutnya mengiriman formulir permohonan. Formulir permohonan dapat disampaikan langsung kepada KPP tempat PKP terdaftar.

Saat penyampaian pemohon, harus dapat menunjukkan identitas asli sebagaimana sesuai dengan formulir permohonan.

Dalam masa pandemi Covid-19, PKP juga dapat melakukan pengiriman formulir permohonan melalui pos persepsi.

Perlu diingat, apabila surat permohonan password dan kode aktivasi e-Nofa tersebut di atas ditandatangani oleh selain PKP, maka pada surat permohonan harus dilampirkan surat kuasa. 

Setelah permohonan diterima dan disetujui oleh DJP, maka kode aktivasi akan dikirim melalui pos. Sementara untuk password akan dikirim ke email yang tercantum pada formulir permohonan PKP tersebut.

Perbedaan cara pengiriman kode aktivasi (melalui pos) dan password (melalui email) adalah untuk membuktikan bahwa alamat dan kontak PKP tersebut benar adanya atau sesuai dengan yang disampaikan dalam proses pengajuan pengukuhan PKP sebelumnya. 

Contoh fitur aplikasi pajak online Klikpajak yang membantu Anda setelah mengaktifkan e-Nofa untuk membuat Faktur Pajak

Kelola NSFP Mudah di KlikPajak

Apabila Anda telah menerima kode aktivasi dan password e-Nofa, Anda dapat melakukan aktivasi guna mendapatkan NSFP setiap tahunnya.

Untuk memudahkan tahapan-tahapan selanjutnya dalam pengadministrasian Faktur Pajak elektronik atau e-Faktur, Anda dapat menggunakan aplikasi perpajakan KlikPajak.id. KlikPajak adalah mitra resmi DJP.

Melalui Klikpajak, Anda bisa dengan mudah mengelola Nomor Seri Faktur Pajak, sehingga pembuatan dan pengelolaan e-Faktur jadi lebih praktif dan cepat.

Keunggulan dan keuntungan fitur Klikpajak:

  • Mudah mengelola nomor Faktur yang digunakan

Sebagaimana Anda ketahui, PKP bisa meminta daftar NSFP baru sejak Desember setiap tahun pajak berakhir. Kemudian harus melakukan perekaman nomor-nomor seri yang digunakan sepanjang tahun.

Selanjutnya, pada akhir tahun berikutnya, PKP harus mengembalikan NSFP yang tidak terpakai ke DJP. Dengan KlikPajak, Anda dapat dengan mudah melakukan rekapitulasi dan rekonsiliasi NSFP sepanjang tahun secara otomatis dan mudah.

Note: Manfaatkan aplikasi yang makin menghemat waktu Anda dengan Cara Input Faktur Pajak Masukan Lewat Handphone Scan QR Code e-Faktur

  • Integrasi banyak fungsi dalam satu aplikasi

Tidak hanya proses pencatatan NSFP yang dapat dilakukan dalam aplikasi ini, namun pembuatan faktur pajak, pembayaran PPN, hingga pelaporan pajak pun dapat dilakukan tanpa harus berpindah-pindah aplikasi.

  • Otomatisasi perhitungan meningkatkan akurasi

Perhitungan Faktur Pajak mulai dari Faktur Keluaran serta Faktur Masukan secara otomatis, juga perhitungan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang harus PKP setor atau bayar. Dengan demikian perhitungan dapat berlangsung dengan cepat, praktis sekaligus lebih akurat karena meminimalisasi human error.

Ilustrasi aktivitas perpajakan lancar dan mudah dapatkan NSFP melalui e-Nofa

Beragam Fitur Perpajakan Lengkap Ada di Klikpajak

Klikpajak berbasis cloud yang memudahkan Anda mengelola administrasi perpajakan dengan baik kapan pun dan di mana pun.

“Klikpajak memiliki fitur lengkap sebagai aplikasi pajak online yang membantu mempermudah urusan perpajakan bagi Anda para pelaku usaha, konsultan pajak, maupun bagi Anda yang bekerja sebagai tax officer di perusahaan.”

Klikpajak.id merupakan Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau Application Service Provider (ASP) mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang disahkan dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pajak No. KEP-169/PJ/2018.

Anda dapat nyaman menggunakan aplikasi Klikpajak karena keamanan dan kerahasiaan data terjamin. Sebab Klikpajak sudah bersertifikat ISO 27001 dari Badan Standar Internasional ISO yang menjamin standar keamanan sistem teknologi informasi.

Contoh membuat e-Faktur Klikpajak setelah mengaktifkan e-Nofa

Fitur e-Faktur Klikpajak

Di Klikpajak, Anda semakin mudah mengelola administrasi perpajakan perusahaan, seperti:

  • Faktur Pajak Masukan
  • Faktur Pajak Keluaran
  • Faktur Pajak Retur

Anda akan dipandu dengan langkah-langkah penggunaan fitur e-Faktur yang mudah dan sederhana. Fitur e-Faktur Klikpajak juga memudahkan Anda mengelola Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) dan memperoleh Surat Pemberitahuan PPN sesuai data yang diunggah ke DJP.

Note: Langkah-langkah pembuatan Faktur Pajak melalui e-Faktur selengkapnya bisa lihat di SINI

Fitur e-Bupot Klikpajak

Klikpajak juga dilengkapi fitur e-Bupot yang memudahkan Anda menerbitkan Bukti Potong dan mengelola bukti pemotongan dalam jumlah banyak lebih mudah. Karena alur yang efisien dan ramah penggunaan (user friendly).

Note: Seperti diketahui, pembuatan Bukti Potong PPh Pasal 23/26 wajib menggunakan e-Bupot yang berlaku mulai 1 Agustus 2020 yang ditetapkan dalam Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-269/PJ/2020.

Contoh fitur e-Bupot Klikpajak, selain membuat e-Faktur setelah aktivasi e-Nofa

Fitur e-Billing Klikpajak

Sistem e-Billing akan membimbing Anda mengisi Surat Setoran Pajak (SSP) elektronik dengan benar sesuai transaksi. Sebelum menyetor pajak, Anda perlu mendapatkan Kode Billing atau ID Billing terlebih dahulu dari DJP melalui e-Billing.

Anda bisa membuat ID Billing untuk semua jenis Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS) dengan mudah dan gratis.

Semua riwayat ID Billing dan SSP akan tersimpan dengan aman sesuai jenis dan masa pajak yang diinginkan. Begitu juga Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) juga akan disimpan dengan rapi dan aman pada Arsip Pajak di Klikpajak.

Contoh fitur e-Billing Klikpajak untuk proses pembayaran setelah aktivasi e-Nofa

Fitur e-Filing Klikpajak

Anda bisa melaporkan seluruh jenis SPT secara gratis selamanya melalui fitur e-Filing Klikpajak kapan saja dengan mudah.

Setelah menyampaikan SPT Pajak, Anda akan peroleh bukti lapor dalam bentuk elektronik, yakni Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) dari DJP, yang berisi:

  • Informasi Nama Wajib Pajak (WP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Tanggal pembuatan BPE
  • Jam pembuatan BPE
  • Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE)

Melalui Klikpajak, Anda juga akan mendapatkan Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE) resmi dari DJP sebagai bukti lapor.

Note: Langkah-langkah membuat ID Billing dan Lapor SPT Pajak melaluie-Filing selengkapnya bisa dilihat di SINI

Semua jenis SPT bisa dilaporkan melalui e-Filing di Klikpajak, di antaranya:

  • SPT Tahunan Pajak Badan
  • SPT Masa (Bulanan) Pajak
  • SPT Tahunan Pajak Pribadi

Semua itu bisa dilakukan dengan mudah dan cepat karena panduan pengisian SPT yang simpel.

Hindari sanksi atau denda telat bayar dan lapor pajak, lebih mudah lihat semua jadwal pembayaran dan pelaporan pajak pada kalender saku di Kalender Pajak Klikpajak

Kelebihan lain Klikpajak adalah bisa menarik data langsung dari laporan keuangan pengguna aplikasi akuntansi online seperti Jurnal by Mekari – Simple Online Accounting Software.

Ini adalah teknologi canggih berbasis API integration. Membuat proses pengolahan data pajak dari bagian accounting (keuangan) lebih cepat dan mudah. Sehingga proses pengelolaan pajak jadi makin gampang dan tepat hanya dengan Klikpajak.

Ilustrasi tim support Klikpajak yang akan membantu urusan perpajakan setelah aktivasi e-Nofa Anda berhasil

Tim Support Klikpajak Siap Membantu Anda!

Sebagai mitra resmi DJP, KlikPajak akan membantu Anda dalam menghitung, membayar hingga melaporkan kegiatan perpajakan. Tinggal klik, semua urusan pajak Anda selesai dalam sekejap!

Ingin melihat bagaimana Klikpajak dapat membantu bisnis Anda dalam membuat Faktur Pajak secara efektif yang dapat menghemat banyak waktu Anda? Kami senang berbicara dengan Anda. Jadwalkan demo dan kami dapat menunjukkan caranya.

Cukup daftarkan email Anda di www.klikpajak.id dan manfaatkan kemudahan dalam mengurus perpajakan Anda mulai dari menghitung, membayar hingga melaporkan pajak hanya dalam satu platform.


PUBLISHED18 Aug 2020
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: