10 Formulir e-Reg Pajak untuk Ajukan NPWP Secara Online - Klikpajak

10 Formulir e-Reg Pajak untuk Ajukan NPWP Secara Online

Dalam artikel ini akan dibahas cara dan tahapan mendaftar NPWP secara online melalui e-registration pajak (e-Reg pajak). Caranya praktis, namun memang harus melengkapi beberapa langkah verifikasi serta pengisian beberapa formulir, yang jika sudah Anda persiapkan sebelumnya, niscaya Anda tidak akan mengalami kesulitan yang berarti.

Langkah Mendaftar e-Reg Pajak

10 Formulir e-Reg Pajak untuk Ajukan NPWP Secara Online

tampilan login e-reg pajak

 

Jika Anda belum memiliki akun e-Reg pajak, Anda harus membuat akun terlebih dahulu di laman ereg.pajak.go.id. Pastikan Anda memiliki email pribadi yang aktif, karena proses verifikasi akan dilakukan melalui email. Kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini: 

  1. Isilah kolom email dan salin ulang captcha sesuai petunjuk yang tersedia. Klik Daftar,
  2. Setelah sukses, cek inbox email Anda. Pilih email aktivasi e-Reg, kemudian klik link verifikasi. Dari link tersebut, Anda akan diarahkan ke laman e-registration
  3. Isi data pribadi Anda sesuai petunjuk. Isilah nama sesuai dengan KTP dengan huruf kapital. 
  4. Buat password minimal 6 digit, kemudian ulangi password tersebut. 
  5. Isi nomor ponsel serta pastikan nomor tersebut aktif. 
  6. Pilihlah pertanyaan keamanan, dan pastikan hanya Anda yang tahu jawabannya demi demi keamanan akun Anda. 
  7. Salin ulang kode captcha.
  8. Cek kembali inbox email Anda. Bukalah email aktivasi akun, kemudian klik link aktivasi. Anda telah berhasil membuat akun e-Reg.
  9. Setelah itu klik tulisan ‘Klik disini untuk memulai pendaftaran NPWP’.

Baca juga: Daftar NPWP Online, Ini Langkah dan Petunjuk Mudahnya!

Membuat NPWP Secara Online Melalui e-Reg Pajak 

10 Formulir e-Reg Pajak untuk Ajukan NPWP Secara Online

tampilan formulir e-reg pajak

 

Akses kembali ereg.pajak.go.id, dengan klik tulisan ‘Klik disini untuk memulai pendaftaran NPWP’ pada email e-Reg sebagaimana tersebut di atas. Anda dapat melakukan login ke akun e-Reg Pajak Anda menggunakan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Setelah login berhasil, Anda wajib mengisi beberapa formulir yang terdapat pada e-reg pajak sebagai berikut 

1 . Form Kategori Wajib Pajak

Apabila Anda ingin membuat NPWP untuk wajib pajak orang pribadi, maka pilih opsi Orang Pribadi. Sementara pada opsi status, klik Pusat.

2 . Form Identitas Wajib Pajak

Dalam form ini, isi data pribadi Anda sesuai KTP. Isilah dengan huruf kapital. Pastikan nomor ponsel yang Anda cantumkan adalah nomor yang bisa dihubungi. 

3 . Form Sumber Penghasilan Utama

Anda wajib memilih dari tiga kategori penghasilan utama, yaitu dari pekerjaan dalam hubungan kerja, kegiatan usaha atau dari pekerjaan bebas. 

4 . Form Alamat Tinggal

Isi form ini dengan data alamat tempat tinggal Anda yang sebenarnya. 

5 . Form Alamat Domisili

Berbeda dengan form alamat tinggal, form alamat domisili harus sesuai sesuai dengan KTP. Anda dapat memilih opsi “sama dengan tempat tinggal” jika alamat domisili Anda sama dengan tempat tinggal Anda. 

6 . Form Alamat Usaha

Jika pekerjaan utama Anda adalah menjalankan kegiatan usaha, maka Anda wajib mengisi form ini. Jika tidak, form ini tidak aktif. 

7 . Form Info Tambahan

Dalam form ini, Anda harus mengisi jumlah tanggungan Anda dalam keluarga, jumlah maksimal adalah sebanyak 3 tanggungan. Kemudian, Anda harus mengisi kisaran penghasilan per bulan. 

8 . Form Persyaratan

Anda harus mengunggah file KTP terbaru. 

9 . Form Pernyataan

Dalam form pernyataan, centang kotak benar dan kotak lengkap. Kemudian klik Simpan. Status pendaftaran NPWP Anda akan muncul pada dashboard. Klik “Kirim Token”, isi captcha, kemudian klik Submit.

10 . Form Kirim Permohonan 

Token pada langkah ke-9 akan dikirimkan ke email Anda secara otomatis. Salinlah token pada email Anda, lalu klik Kirim Permohonan. Anda akan diarahkan ke Form Kirim Permohonan. Pada form tersebut, centanglah kotak pernyataan, lalu salin ulang token Anda di kolom isi token, dan klik Kirim

Setelah menyelesaikan 10 formulir e-reg pajak di atas, Anda telah berhasil melakukan permohonan NPWP. Permohonan pendaftaran dianggap selesai jika status pendaftaran Anda adalah Kirim. Persetujuan atau penolakan permohonan akan diinformasikan lebih lanjut melalui email Anda. 

Baca juga: NPWP Pribadi: 5 Syarat dan 2 Cara, Cek Disini!

Selanjutnya Anda tinggal menunggu konfirmasi persetujuan. Apabila tidak disetujui, biasanya ada keterangan dari sistem apa yang menyebabkan Anda tidak disetujui permohonannya. Jika permohonan Anda diterima atau disetujui, Anda juga tetap mendapat pemberitahuan bahwa permohonan Anda diterima.

Setelah lamaran NPWP Anda disetujui, Pihak berwenang akan mengirimkan kartu NPWP Anda melalui POS paling cepat keesokan harinya setelah lamaran Anda disetujui atau paling lambat dua minggu.

Gak Perlu Ribet, Lapor dan Bayar Pajak Kini Hanya dalam Genggaman

Setelah memliki NPWP tentu Anda wajib membayar dan melapor pajak. Untuk memudahkan itu semua, kini banyak aplikasi perpajakan salah satunya adalah Klikpajak.

Klikpajak merupakan aplikasi perpajakan mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang bersertifikasi ISO 27001. Dengan Klikpajak Anda bisa membayar, melapor, membuat e-FIN, dan juga membuat e-Faktur pajak.

Ketahui selengkapnya tentang Klikpajak di sini dan daftarkan diri Anda sekarang!

 


PUBLISHED14 Jul 2020
Hafidh
Hafidh

SHARE THIS ARTICLE: